Tips Berfoto di Taj Mahal


Sebelum berangkat ke Taj Mahal atau tepatnya ke India, hampir setiap hari saya nonton dan baca blog tentang bagunan cantik ini. Setiap hari haha. Segitu niatnya ya.

Jadi begini, hampir di setiap foto yang saya lihat di Instagram pasti kalau foto di Taj Mahal itu rame banget. Pokoknya kayak nyempil-nyempil gitu, sementara ada beberapa yang bisa foto dalam keadaan sepi. Penasaran dong. Gimana itu caranya. Saya nonton beberapa seleb Vlogger yang sampai nyewa polisi supaya bisa berfoto dengan nyaman. Emang ya, demi konten apapun dilakukan haha. Tentu saja saya gak mampu menyewa sekawanan polisi hanya untuk berfoto.

Dari 1 tulisan di blog akhirnya saya nemu deh, tips untuk bisa berfoto dalam keadaan yang lumayan sepi tanpa banyak turis lainnya. Tipsnya saya bagikan di sini ya :

01. Belilah tiket masuk pagi-pagi buta. Counter tiket dibuka sekitar jam 06.00 pagi. Kami datang jam 05.30 pagi dan langsung antri. Sebelum memutuskan beli tiket di gerbang yang mana, sebaiknya kalian harus riset dulu hehe. Harga tiket untuk turis 1.000 rupee.

https://www.tajmahal.gov.in/ticketing.html

Ticket Outlets 
(Buying a Taj Mahal Ticket From Entry Gate Ticket Counter)
  • Taj Mahal Western Gate :- Tickets are available on Western Gate near Saheli Burj. (Timing-from Sunrise to Sunset).
  • Taj Mahal Eastern Gate :- Tickets are available at Shilpgram (about 750 meters from Eastern Gate of Taj Mahal. (Timing-from Sunrise to Sunset).
  • Taj Mahal Southern Gate :- The entrance & ticket selling has already been stopped from the south entrance gate of tajmahal. (Letter attached of ASI, SA, AGRA CIRCLE).

Tickets may be purchased at all three Taj Mahal entry gates. There are separate queues for Foreign tourists and Domestic tourists and signs will direct you accordingly.

Sebenarnya bisa juga beli tiket online tapi begitu saya buka koq banyak banget website agent jadi akhirnya kami putuskan untuk langsung ke gate nya aja pagi-pagi.

02. Antri mulai jam 05.30

Iyaaa….saya tau ini kayaknya ambisius banget ya haha. Temen-temen saya pun gak percaya kalau harus antri segitu pagi. Masalahnya berdasarkan riset saya kalau mau foto yang sepi, yah harus berkorban. Jam 05.30 pagi kami antri sudah ada sekitar 15 turis Western lainnya. Kalau ada yang baru muncul, kita langsung ketawa-ketawa bareng. Semua bahas betapa antusiasnya kita.

03. Jam 6 Pintu dibuka

Jam 6 atau kurang kadang-kadang penjaganya baik pintu gerbang sudah dibuka. Kayak kita kemaren hehe. Jadi begitu dibuka, langsung antri untuk pemeriksaan. Untuk yang cewek bakalan diperiksa sama security wanita juga koq. Saya hanya bawa kamera, paspor dan duit yang dimasukin kedalam tas pinggang. Mendingan jangan bawa tas karena mereka lumayan ketat dan kalau gak salah air minum juga gak boleh dibawa deh. Mungkin supaya gak nyampah.

Kalaupun mau bawa kamera + lensa mending pastikan aja yang memang kalian akan pakai, soalnya serius bakalan ribet banget nanti diperiksa-periksa tas kita sampai badan diraba-raba.

04. Langsung lari ke kolam

Yes, itu yang saya lakukan haha. Jadi walaupun masih terkagum-kagum, saya langsung lari ke kolam kedua yang persis didepan Taj Mahal. Jadi ada 2 kolam. Kolam pertama dekat pintu masuk (lewati aja) dan lari lah ke kolam kedua karena di sini masih sepi. Turis-turis masih bingung jadi semua berkerumun di kolam pertama padahal yang paling bagus sih foto dari kolam kedua.

karena sepi saya sempet ngambil foto lumayan banyak sendirian dan bahkan duduk di kursi tamannya sambil ngeliatin Taj Mahal. Tidak terbayangkan saya bisa duduk sendirian di sana tanpa manusia lainnya. Teman saya lainnya sudah kocar kacir dengan semua tukang foto mereka haha.

Sepertinya saya hanya menikmati waktu sendirian itu hanya sekitar 10 menit aja sih, setelah itu langsung hilir mudik turis bermunculan dan berebutan foto di spot ini. Ini emang spot favorite sih kalau menurut saya 🙂

05. Mesjid

Salah satu spot yang sepertinya banyak terlewati adalah mesjid disebelah bangunan Taj Mahal. Mesjid ini cantik sekali dan ketika matahari jatuh menyinari mesjidnya cahayanya beneran luar biasa bagus. Untuk yang demen foto pasti bakalan seneng di sini.

semua difoto dengan hape

06. Naik Kapal

Nahhhhh ini kelewatan deh. Saking serunya kami menghabiskan waktu hampir 7 jam di sini. Trus pas saya mau naik kapal, semua temen saya sudah males dan kita mau ngejer pesawat di New Delhi.

So yeah…..ini 6 tips untuk berkeliling Taj Mahal dan saya yakin kalian gak keberatan untuk bangun pagi demi bisa berfoto dengan bangunan super cantik ini.

 

36 comments

  1. waaaa!
    Setuju lagi! Aku tim orang yang ga suka kalo foto-foto backgroundnya manusia mba Nonii. Makanya kalo di Indo, bela-belain deh tuh liburan pas bulan puasa. Hhaha.

    Tips nya oke oyey buat foto tanpa manusia di taj mahal. Nice sharing! 🙂

  2. intinya bangun pagi yaaaa…sama kayak waktu ke arashiyama yang di Kyoto ituuu, rela bangun pagi2 demi spot yang sepi hihihi 😀

    makasih tipsnya mba, semoga dikit lagi bisa ke India

  3. Woow pantesan aku liat fotonya kok kece banget bisa ngga ada orang… rupanya dateng pagi2 banget toh hehehe. Akan kuingat kalo kapan2 aku kesampean kesana Non, thanks for sharing 🙂

  4. Gila Non sampe nyewa polisi segala, niatnyaaaaaa, hahahahaha 😆 .

    Ahhh, mesti niat ya kalau jam 5:30 pagi gitu, hahaha. Dulu aku kesana siang-siang gitu, jadilah rame!!! Hahaha 😆 . Tapi bagian masjidnya itu memang sweet spot banget sih yang nggak banyak orang yang tahu. Sewaktu aku di sana juga bagian ini relatif sepi.

    Iya kalo mumpung sepi gitu mah yang penting cepet-cepet ambil tempat dulu, mengagumi Taj Mahal-nya belakangan ya Non.

    • Demi konten Zi. aku juga bingung pas liat videonya. Maksutnya segitu ya niatnya hahaha.

      Aku sebenarnya paling suka sih mesjidnya itu. Cantik banget tapi kurang terawat

  5. kirain aq ada petugas yang jagain gitu mbak non buat foto dengan hasil maksimal seperti yang diinginkan, jadi nanti petugasnya yg bikin turis pd antri terus gantian foto2nya,, taunya ternyata harus ada pengorbanan yang luar biasa yah…

    • Gak ada tapi ada yang teriak2 gitu gak bolehin kita pose yoga di depan kolam. Jadi kan banyak turis mau pose yoga atau aneh2 gitu, nah sama mereka diteriakin atau disemprit

    • Hahahhaa………kayaknya mereka pake tour dan endorse gitu kan ya, jadi mungkin udah diurusin deh haha *nuduh*

      Padahal ke Taj Mahal itu bukan bucket list aku. termasuk yang aku gpp banget kalau skip ke sini ehhh tapinya paling niat coba baca dan nonton vlog 🙂

  6. Pantesan sepi gitu ya kak, pagi2 kesananya. Boleh juga tuh. BTW emang ribet banget deh masuk kesini, tripod kecil gopro pun ga bisa lewat. Laptop harus masuk ke gedung beli tiket, jd bolak balik karena ga ngeh diperiksa banget kyk giti. Makanan pun ga boleh masuk. Kmrn sempat ‘nyolong’ buat foto endorse krn ga keliatan pas cek hahaha

Leave a comment