Cruelty Free Make Up


Sejak beberapa bulan ini saya emang lagi ngurang-ngurangin pembelian makeup atau skin care yang bukan cruelty free. Sebisa mungkin kalau beli yang baru itu harus dari brand yang aman. Sementara produk yang sudah ada sebelumnya tetep saya pakai untuk dihabiskan tapi gak bakalan repurchase.

Sebenarnya apa sih Cruelty Free itu? koq tiba-tiba ribet amat hidup ini mesti ikut-ikutan beginian. Jadi begini, mungkin titik saya ngerasa gak mau beli lagi itu karena punya binatang peliharaan, trus pas nonton itu sedih banget. Saya pikir-pikir karena masih ada alternatif yang lain, jadi pilih yang aman ajalah.

Cruelty Free ini adalah label atau aktivitas yang tidak membahayakan atau menggunakan hewan sebagai uji coba. Jadi, kalau kita pengen beli satu produk, gak cuma make up atau skin care sih sebenarnya. Saya baru kepikiran kayak barang-barang kebutuhan kita sehari-hari mungkin juga menggunakan binatang untuk uji cobanya. Misalnya shampoo, odol, dan masih banyak lagi. PR kita tambah banyak ya. Oya, kalau ada label Cruelty Free, artinya produk tersebut tidak menggunakan hewan sebagai uji cobanya.

Sedangkan Animal Testing adalah pengujian produk terhadap binatang selama 28-90 hari. Biasanya binatang akan ditarok di lab, dicukur bulu-bulunya, trus produk yang mau diuji dioleskan di telinga dan mata mereka. Binatang-binatang ini secara tidak langsung dipaksa untuk memakan, menghirup dan menggunakan produk yang akan diuji coba. Nyeritainnya aja sudah sedih banget ya. Selain itu binatang2 ini juga akan dibedah untuk dilihat reaksi tubuh mereka terhadap produk tersebut. Gak jarang binatang yang digunakan dalam keadaan hamil. Kita ngomongin nyawa loh ini. Jadi carilah produk yang NOT ANIMAL TESTING!

Selain Cruelty free dan not animal testing, pas saya di US, ada juga produk yang punya sertifikat Vegan atau Vegetarian. Nah, untuk Vegan ini produknya hanya menggunakan tumbuhan. Jadi semisalnya ada madu didalamnya belon tentu vegan, bisa jadi vegetarian aja.

Selama ini saya pikir kalau sudah no animal testing berarti sudah tidak menggunakan binatang lagi, ternyata beda. Jadi kalau no animal testing belon tentu dia cruelty free karena ada banyak produk kecantikan yang juga menggunakan produk cochenial atau darah kepik (serangga) yang sudah dipakai sejak zaman Cleopatra.

Coba cek link dari MUI ini terutama kalau kamu konsen dengan HALAL produk.

http://www.halalmui.org/mui14/index.php/main/detil_page/48/2270

Saya memang ada memilih beberapa produk lokal kayak Wardah atau Makeover untuk pilihan make up dan skincare belakangan ini karena HALAL. Kemungkinan menurut saya ya, kalau HALAL kan gak menggunakan hewan sebagai uji cobanya. Mudah-mudahan teori sotoynya bener.

https://www.crueltyfreekitty.com/ultimate-guide-to-cruelty-free-makeup/

Diatas itu adalah list produk make up yang cruelty free.

Sewaktu di US kemaren, saya sempet belanja beberapa make up yang memang beneran saya sering pakai seperti maskara, bedak, blush on, eyeshadow dan juga lipstik (saya pakai lipstik Makeover, Wardah, Milani dan Jordana sekarang.) Produk yang saya beli rata-rata The Balm, Wet and Wild, Elf dan juga Catrice. Semuanya produk drugstore dengan harga terjangkau.

Saat ini sudah ada beberapa negara yang memulai kampanye soal cruelty free. Inggris dan Australia salah satunya. Satu MUA dari Inggris pernah ngomong kalau produk yang sudah masuk Inggris seharusnya sudah cruelty free. Enak juga ya, gak repot-repot jadinya nyari-nyari haha.

Pada Maret 2013 Europian Cosmetics Regulation juga sudah melarang produk kosmetik dengan bahan yang diuji coba pada binatang. Tapi hal ini hanya berlaku di Eropa. Sementara beberapa negara masih menerapkan uji coba binatang pada produknya. Makanya kalau emang kita pengen ikutan kampanye ini, emang harus dicek bener-bener list produknya.

Yah, walaupun belon semuanya saya pakai produk yang cruelty free paling gak saya mulai menguranginya. Lagian produk-produk yang saya pilih sama bagusnya dengan produk yang tidak termasuk dalam list. Plus harganya pun terjangkau.

Nah, sekarang PR saya adalah cari informasi mengenai produk-produk skincare nih. Beberapa sudah saya pilih yang aman tapi masih ada beberapa lagi yang masih belon huhu.

https://wildwoodandsage.blog/cruelty-free-kbeauty-brands/

 

Advertisements

11 comments

  1. Jadi kepikiran non, kita ga tau ya dibalik kosmetik kita korbannya apa aja. Kalo kita terus beli ya mereka akan terus makan korban binatang2 yg lucu itu. Setelah chattingan kita kemarin, aku jadi lebih concern dan mulai sorting nih. Yg ada kemungkinan animal cruelty ga akan aku repurchase. Untung skin care udah settle sama TBS 😃

  2. ah aku jadi browsing soal make up2 dan skin care yang aku pake, untung semuanya cruelty free… dan aku jadi makin cinta sama ELF karena selain murmer ternyata juga cruelty free hehehe 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s