Cedera Ketika Yoga


Pixabay

Setelah beberapa tahun ini saya mengikuti yoga ternyata tanggal 11 Oktober kemaren saya mengalami “cidera” karena kepala terantuk ke lantai.

Sebenarnya ada beberapa kali saya merasa terkadang yoga, emm bukan yoga sih tapi pas melakukan satu pose yang mungkin pada saat itu saya kecapek’an atau kurang pemanasanan, menyebabkan cedera-cedera ringan. Sebenarnya sih, bukan cedera ya, tapi kayak agak sakit-sakit gitu deh hehe.

01. Bakasana

Pixabay

Iya harapannya bisa setinggi itu hhaha, nah awal-awal belajar ternyata lengan saya memar biru-biru. Kayaknya ada beberapa minggu saya punya memar-memar itu sampai akhirnya saya males-malesan belajar gaya ini haha. Emang dasarnya gak “bakat” juga kali ye.

Eh tapi sebenarnya tangan memar-memar itu wajar sih, jadi kalau mengalami hal yang sama jangan khawatir.

02. Paha bagian depan sakit

Ustrasana
Pixabay

Sebenarnya saya lumayan sering melakukan pose Ustrasana atau camel ini karena katanya pose ini bagus untuk penderita endometriosis. Suatu hari di kelas yoga, kita diminta untuk melakukan pose ini dan seperti biasanya dong, gerakan saya dikoreksi. Besok harinya paha bagian depan saya kayak gak bisa bergerak. Swaktiiiiiiiiii………hahahhaa.

Tips : kalau lagi kesakitan pas kita melakukan gerakan baru, jangan dipijat. Kasih minyak aja atau koyok hehe.

YOGA.com

Nah, pose ini juga. Duh, saya stres sendiri kalau ada pose ini hahaha. Jadi biasanya guru yoga kita itu nyobain pose ini dalam 15-30 hitungan nafas dalam 3 pose yang berbeda tapi kaki harus lurus ya. Itu sakitnyaaaaa…….besoknya sudah pasti, saya pasti kayak nenek-nenek harus jalan pelan-pelan apalagi kalau harus ke toilet huhahha. Swakittttt……

03. Leher

YouTube

Nah, kita lagi belajar pose Pinch Mayurasana. Kira-kira proses belajarnya kayak di foto lah. Biasanya kalau saya pegangan dengan wheel, dorong kakinya ke dinding sudah mulai bisa. Nah, suatu hari pas guru saya lagi ngajar teman yang lain. Satu teman saya ngomong, ehh cobain yuk Non. Saya iyain aja. Bruk……..kayaknya saya kejauhan ngambil kuda-kuda apa gimana dan terjatuhlah. Saya sempet ngerasain kalau leher saya itu kayak bunyi, krek. Langsung diem aja karena takut cedera parah. Seharian setelah pulang yoga saya kompres leher dengan es hehe. Besok-besoknya ogah nyoba lagi, terutama kalau gak ada guru yoga lagi.

04. Acro yoga

Pixabay

Walau acroyoga itu keren tapi saya gak pernah suka apalagi ukuran badan saya bukan mini jadi selalu aja kebagian dibawah. Ih….saya males hahaha. Gak pernah mau juga karena takut orang lain jatuh dibadan saya trus saya yang cedera. Pernah sekali nyoba. Orang yang naikin saya kurus dan kecil sih tapi kayaknya dia belon terlalu bisa menjaga keseimbangan badannya, jadi seluruh berat badannya kayak jatuh ke punggung saya. Itu sakitnya berhari-hari sampai si Matt bete karena urusannya jadi kedia. Minta-minta dipijet punggungnya soalnya hahaha.

Jadi walau bagus untuk foto biasanya saya menolak untuk nyobain acroyoga kecuali yang tidak membuat saya harus jadi pondasi orang lain hehe.

05. Kepala kejedut

DOYOUYOGA
Visit

Ini kejadian tanggal 11 Oktober 2017. Jadi kita nyobain pose ini. Saya emang semangat banget dengan pose ini karena kayaknya koq gampang. Penasaran dong. Sekali, 2 kali, tangan saya masih belon bisa keduanya menyentuh lantai. Nyoba lagi sampai kelima kali. Mungkin sudah kecapek’an dan saya pikir kayaknya lantainya gak jauh lagi, ehhh jatuh dong. Kepala saya kebentur lantai daripada matras yoga.

Sampai tulisan ini dibuat tanggal 23 Oktober 2017, saya masih suka pusing-pusing pas kebetulan mens juga sih. Mudah-mudahan gpp ya.

Sekarang kayaknya saya kapok deh pose-pose aneh lagi. Yaudahlah yoga aja yang untuk kesehatan hahaha. Balik lagi ke niat awal.

 

Advertisements

42 comments

  1. aq baru sekali yoga mbak non 2 minggu lalu, belum nyobain pose-pose baru nyobain kayang. itupun setelahnya langsung kliyeng-kliyeng,, balik ke lari sama senam aja deh kayanya.. hehehe

  2. Yoga ini kayaknya kalau posenya ga bener pas persis risiko cederanya luar biasa, dulu yang bikin keder yoga dirumah ya ini, soalnya nggak ada instrukturnya. Eh ternyata begitu yoga di studio malah bosen. Akhirnya pilates aja, jelas ada instrukturnya dan biasanya lebih gampang diikutin.

    • Ev, iya bener banget. Yoga itu kalau gak bener ada aja yang salah dan berakibat fatal juga. Aku gak berani yoga sendiiran dirumah karena takut cedera. Minimal ada Matt lah.
      Pilates di Medan mesti ke tempat gym, nah itu yang aku kurang suka

  3. Sebaiknya yoga dg pose yg nyaman sesuai kemampuan badan πŸ˜‡ jangan dipaksakan sampai terasa sakit πŸ˜‡ aku selalu yoga dg nyaman gak pernah terasa sakit dan dg cara ini memang lama untuk bisa satu pose tertentu tp dg latihan yg rajin lama2 bisa kok tanpa bersakit2an. Bakasana setelah 3bulan aku baru bisa tinggi seperti di foto itu. Dan setelah 1 tahun πŸ˜‚ lenganku juga bisa lurus 😍 haha satu tahun loh πŸ˜… yoga kan mesti nyantai πŸ˜‡ untuk camel pose aku butuh 1 tahun 3 bulan untuk benar2 melenturkan tulang punggung dan sekarang udah lumayan tambah lentur 😍 untuk pincha props haha itu aku butuh 1tahun 6 bulan lol πŸ˜† sekarang dah bisa terbang ke pincha 😍 wildthingpose kalo camelpose udah bisa pasti berasa gampang 😍 forwardfold pose yg paling gampang buatku daripada yg lainnya. Tiap orang beda2 sih krn badan kita beda2 aku masih latihan handstand blm bisa tahan agak lama, temanku jago handstandnya tp wildthingpose dia belum bisa πŸ˜‡ intinya sih kudu sabar dan rajin serta sesuaikan dg badan masing2 😍
    Anyway play yoga savely πŸ˜‡ namaste πŸ™‡

    • waduh bny amat icon nya πŸ™‚

      Iya setuju yoga emang sebisa dan semampu kita tapi kalau gak di challenge yah aku gak bakalan bisa apa2 haha. Jadi emang harus dicobain tapi harus ada gurunya.

  4. Mbak, aku gak pernah ikut yoga sama sekali. Tapi aku selalu suka pose, aku tidur, lalu tangan dan kaki naik keatas angkat badan si Teona yang telentang. Muka kita hadap2an. Kata Teona : “I’m flying”. Lumayan 3 menitan.

  5. udah lamaa gak yoga hahaha. yg bikin aku kadang maless mau yga tuh karena badan aku ga lentur trus kayaknya udah ketuaan buat jadi lentur. Jadi udahan yoga pasti sakit2 badannya, I know mungkin akunya aja yg kurang ulet ya hahahah

  6. Aku suka banget lihat foto pose-pose gaya Yoga. Pernah juga belajar. Jadi tahu foto2 puisi yang berjudul Instagram dan ternyata melalui proses belajar yang panjang. Jadinya ya gitu deh, aku quite dari Yoga hahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s