Hey Tom


Pixabay

Sejak punya Tom ada banyak yang berubah di saya dan juga di rumah. Mungkin awalnya gak berasa apalagi saya sudah lama sekali gak punya peliharaan. Mungkin ada sekitar 10 tahunan gitu. Makanya begitu punya kucing lagi rada-rada kagok dan bingung-bingung plus Tom juga bukan kucing yang ramah. Dia penyendiri, galak dan moody banget.

Tadinya saya setuju untuk menerima Tom di rumah karena kita pikir kalau misalnya kita nonton tv, kucing bakalan datang buat dusel2 atau nemenin nonton. Pokoknya seperti sifat kucing kebanyakan. Kita juga sempat cek kalau kucing jenis Himalayan itu ramah, penyayang dan banyak sifat positif lainnya. So, yes kita adopsi deh dia dari temen saya yang saat itu sakit.

Ternyata sifat Tom sungguh berbeda 100 persen dari semua kucing yang saya kenal. Dia gak suka interaksi dengan manusia. Awal-awal datang, dia curiga terus dengan saya dan Matt, apalagi kita bolak balik bawa dia ke dokter hewan karena ada saja masalah kesehatannya. Mulai dari matanya yang sakit, telinga, bokong yang infeksi, belon lagi masalah jamur yang gak kelar-kelar. Pokoknya si Tom ini kenyang ke dokter diawal tinggal dengan kita haha.

Setelah 1 tahun lebih hidup dengan kita, beberapa minggu ini Tom mulai menunjukkan gejala-gejala khas kucing haha. Apa sajakah itu?

01. Sembunyi tapi bokong keliatan

Jadi ya, awal datang Tom ini kalau sembunyi gak kreatif banget. Kita kebetulan masih punya kandangnya (2 bulanan sejak datang) tapi dia udah gak dikandang lagi. Kalau ada orang asing atau kalau dia ngerasa terancam dan pengen sembunyi, dia cuma masuk kandang. Yah semua orang juga bisa liat hahaha.

Setelah kandang gak ada, dia sembunyi palingan di sudut rumah. Jelas keliatan juga. Pokoknya dia ini gak pinter banget main sembunyi-sembunyian.

Minggu-minggu belakangan ini Tom mulai pinter haha. Pernah saya marahin trus dia melipir masuk ke belakang lukisan. Ekornya doang yang keliatan (so kucing.) Lain waktu dia sembunyi dibawah Quilt atau bed cover gitu. Kita cari-cari dia gak ada, trus pas saya shalat ehh keliatan kumisnya doang keluar hahaha. Sekarang dia pikir, kita masih dodol gak tau kalau dia sembunyi di balik itu, so…..masih aja dia sembunyi disana haha.

02. Jago Lompat

Awal kedatangan Tom, kita berdua cek anatomi dia yang agak-agak buntet hehe. Kakinya pendek gendut gitu dan dia gak suka lompat. Kalau disuruh lompat gak mau. Kalau ditarok ditempat yang agak tinggian gak mau lompat. Minta tolong mulu supaya diturunin. Belakangan ini dia mulai agak mengkhawatirkan. Tiba-tiba dia lompat diatas meja makan padahal semua barang-barang si Matt di meja makan. Dia jalan dong berasa catwalk (runway) kali ya. Matt yang ketakutan setengah mati apalagi kalau dia kerja. Takut jatoh laptopnya.

Selain meja makan, ternyata oh ternyata Tom juga bisa lompat ke sofa, lompat keatas tempat tidur. Jadi ya selama ini mungkin dia belon terbiasa aja. Kucing tetep kucing. Jago lompat walau kaki gendut haha.

03. Kedip mata

Kalau kalian liat kucing atau panggil kucing trus dia kayak nutup/kedip matanya malas (slow motion gitu) itu artinya dia juga cinta kalian. Tom gak pernah melakukan itu. Belakangan ini ajaibnya dia kedip mata malas tiap kali saya panggil dia. OMG……aku terharuuuuuu *nangis tersedu-sedu 13 tetes air mata*

04. Perut gak boleh disentuh

Dulu setiap kali disentuh ngamuk kayak perempuan PMS. Dokter, tukang mandiin, saya sendiri pernah digigit sampe berdarah-darah. Sekarang kayaknya dia mulai gak masalah perutnya dipegang atau disisir asal gak lama-lama. Pokoknya ada beberapa waktu dia gak masalah kita pegang atau sayang-sayang. Cenderung suka malahan. Masih mau gigit atau terkadang terlalu semangat jadi dia suka pikir kita main, sehingga gak bisa kontrol kekuatannya cuma saya dan dokter-dokternya gak lagi digigit sampe berdarah-darah.

Oya yang paling manis kalau dia abis gigit saya dan saya menjerit, biasanya Tom langsung jilatin bekas gigitannya. OMG……….my Jahat kucing bisa manis juga. Ini semacam Nikolas Saputra, senyum padahal selalu jutek kan ya hahaha.

05. Tom cinta kamu

Kita gak pernah tau apakah kucing ini cinta kita atau gak tapi menurut Matt, Tom sayang banget saya. Contoh, kalau saya didapur dan dia ada didepan pintu rumah. Trus saya tiba-tiba menjerit atau mengaduh, Tom bakalan datang untuk cek setelah itu dia bakalan ganti tempat duduk di dapur sampai saya kelar masak atau cuci piring. Ini sudah beberapa kali kita perhatikan. Kalau Matt yang ada diposisi saya, Tom cenderung cuek dan gak terlalu perdulian.

Lalu soal tamu yang datang. Tiap kali pintu diketok dan ada orang datang, Tom juga ikutan liat. Semacam kucing kepo haha. Selalu seperti ini baik itu Matt atau saya. Jadi kita asumsikan kalau dia sebenarnya pengen protect kita walau dengan cara-cara yang kita tidak mengerti.

06. Mau dekat kita

Ini ajaib banget, seperti yang saya tulis diawal, Tom gak suka manusia. Sekarang kucing ini mulai suka dekat kita terutama kalau ac nyala. Walaupun bukan dusel-dusel ya. Misalnya nih, pas saya nonton tv, dia datang di dekat saya trus mau duduk dan tidur (dia punya karpet khusus yang dia suka dan kita tarok di lantai karena dia hanya mau duduk disana) di lantai dekat kita sambil kaki atau tangan kita deket-deket dia. Lain waktu dia naik ke sofa dan duduk dikepala sofa sambil mantatin saya atau Matt yang lagi nonton. Manis kan ya haha.

07. Tom bikin kita seneng

Saya tahu punya binatang peliharaan itu banyak sekali positifnya selain katanya bisa mengurangi stres. Punya Tom di rumah untuk saya pribadi sebenarnya membuat rumah lebih seru. Berdua pun kita seru sih, tapi ada Tom itu kayak lebih lucu-lucu dodol gitu loh. Contohnya dia tidur kayak pingsan dekat kaki kita, trus mulutnya kebuka sambil bergetar-getar. Tidur loh itu haha.

Tom juga suka marah-marah atau langsung ingetin kita untuk bersiin liter box setelah dia selesai bab/pipis karena menurut dokter dia ini termasuk kucing OCD. Gila kebersihan.

Makan cuma mau ditemenin kita, kalau gak dia ajak kita duduk di sekitar makanan dia. Dia ngapain? yah duduk juga coba ya hahaha. Sungguhlah Tom ini semacam kucing kacaw banget but he makes me soooooo happy šŸ™‚

08. Pelepasan Emosi

Kata si Matt, sebenarnya dia bukan cat person tapi dia harus berterima kasih karena ada Tom. Ada banyak sekali kelebihan emosi saya akhirnya “jatoh” ke Tom. Contoh kalau dulu saya selalu ngamuk ke Matt, sekarang karena ada Tom jadinya kayak 60 % ke Tom karena dia lebih sering dengan saya dan Matt sisanya hahaha. Kayaknya nih ya, saran saya untuk semua #endomonster coba deh punya binatang peliharaan untuk menjaga kewarasan dan baikan hubungan haha.

And it’s true

09. Gak bisa Marah

Sebenarnya ini gak berlaku untuk Matt. Dulu Matt selalu marah kalau saya “ngamuk” ke Tom karena dia salah *bab di lantai coba yaaa*. Belakangan kalau saya gak ada, dan Matt harus bersih-bersih haha, saya baru tahu dia mulai marah juga. Ngomongnya lumayan tinggi ke Tom atau bunyiin sempritan. Fyi, kucing gak akan pernah mengerti kalau dia dimarahin. Jadi dia cuma tau kalau dia gak nyaman dengna suara tinggi plus bisa bikin parno.

Nah, kalau Tom salah biasanya kan kita berdua tetep ngomel-ngomel. Tom itu kalau diomelin posisinya biasanya tegak duduk atau santai aja kayak gak bersalah. Belakangan ini kalau kita omelin, dia natap kita sambil kedipin matanya atau kepalanya nunduk tapi mata biru jernih besarnya itu natap kita sendu. Haduh….udahlah gak jadi marah, yang ada kita ngakak-ngakak liat mukanya. Dungu banget!

10. Tom dan Burung

Di belakang rumah kita ada beberapa pohon cemara. Kalau pagi atau sore suka ada burung datang main di pohon. Tom si pemburu pun ngeong-ngeong minta dikeluarin. Saya agak malas ngeluarin Tom ke halaman sebenarnya selain takut ada pacet, trus dia jadi bikin kotor sewaktu masuk rumah bawa banyak daun-daun kering yang kesangkut di rambutnya. Jadi kalau gak dikeluarin dia nongkrong depan pintu. Lama-lama saking gemesnya dia mungkin sama si burung, bibirnya gemeteran huhahaha. Astaga itu sumpah lucuuuu banget. Tiap saya ketawain sampai ngakak terguling-guling, dia balesin saya sambil ngeong tinggi banget trus ditinggal pergi hahahhaa.

Tapiiii karena sekarang saya terlalu dekat ke Tom, jadinya saya susah banget pergi lama-lama. Kangen kucing trus huhuhu…….

Advertisements

33 comments

    • Masihlah Dit. Tau gak sampe kalau ada orang datang itu semuanya pada ketawa liat TOm. Itu mukanya asli gak ada ramah-ramahnya tapi dia punya banyak fans. Matt sih yang bikin semua orang suka liat dia. Kemana-mana dia pamerin foto TOm. Akhirnya kenalan2 kita suka nanyain TOm dan minta dikirimin foto muka galaknya itu.

  1. Mba non, lain kali ada videonya tom dong, mau liaaat, hahaha. Biar ikutan gemessh. Lucu ya emang kucing judes yang jadi peliharaan, sayang sama kita, tapi kayak ga mau nurunin kesombongan/kejudesannya itu demi pride nya dia #halaaah šŸ˜‚šŸ˜‚

  2. Hahahaha dulu kucingku juga suka sembunyi di undakan tangga dengan nongolin kepala setengah, sambil pantatnya megol2 siap nyerang. Dia pikir kita ga tau apa yaa pdhl badannya sebenernya keliatan semua hahahaha

  3. waktu nonton natgeo tentang cat katanya sih kalau ada sifat kucing yang rada beda itu karena ada sesuatu yang dulu dia pernah alamin (misal dari majikan lama)…jadi harus kembali build trust dulu…untuk jadi normal…
    foto dong mba kalau dia ngumpet keliatan bokong hahaha

    • Sama adek, Ai. DUlu tetep di rumah karena ada yang bantu2 juga datang bersih2 dan adek aku datang 2 kali sehari ke rumah. Skr karena gak ada lagi yang bantu bersih2 jadi diangkut ke rumah mereka.

  4. yes, kelakuan para kucing2 memang menggemaskan banget, mereka memahami kita sebagai pemilik dengan cara mereka, aku pernah nangis gara-gara berantem sama suamiku, eh kucingku nyamperin terus duduk dekatku dan ngeong sambil ngelus-ngelus badannya di aku, seperti berusaha nenangin aku, yang ada ga jadi nangis lagi malah senyum2 ngeliat kelakuannya. :))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s