5 Website Foto Gratis Untuk Blogger


Sebagai seorang blogger (hihihi) salah satu kebutuhan saya adalah pemakaian foto. Kadang-kadang sebenarnya saya punya sih stock foto yang dibutuhkan tapi males untuk bukanya dari external memory atau ngedit lagi. Jadilah beberapa website penyedia foto gratisan ini berguna banget.

01. Foodiesfee.com

https://www.foodiesfeed.com

Website ini paling berguna untuk yang emang fokus dengan blog tentang makanan. Sesuai namanya hampir keseluruhan koleksi foto adalah makanan. Semuanya cantik-cantik banget dan kita bisa gratis menggunakannya. Disini ukuran foto yang disediakan pun dalam high resolution.

02. https://freestocks.org/

https://freestocks.org/

Di website ini kita bisa mendapatkan banyak sekali koleksi foto. Tinggal cari saja sesuai kebutuhan dan ukurannya pun cukup besar.

03. https://deathtothestockphoto.com/

https://deathtothestockphoto.com/

Saya suka website ini sebenarnya karena tone foto-fotonya hehe. Bagus-bagus banget dan kalau kita berlangganan website mereka, tiap bulan bakalan dikirimin foto. Seru ya.

04. https://picjumbo.com

https://picjumbo.com

Picjumbo juga punya banyak sekali koleksi foto. Ada beberapa photographer yang memperbolehkan foto2nya dipakai untuk komersial, ada juga yang minta donasi, ada yang memang gratis. Jadi kita harus bener-bener cek syarat dan ketentuannya ya.

05. Pixabay

https://pixabay.com/

Nah, ini adalah website yang selalu saya gunakan kalau lagi gak punya stock foto atau pas lagi males nyari foto. Disini koleksinya cukup lengkap dan tentu saja gampang banget mencari foto yang kita perlukan.

Beberapa waktu lalu saya posting foto tentang hotel tempat saya bekerja menggunakan stock foto dari hotel. Dari awal orang IT kasih tau kesaya kalau foto bebas dipakai untuk apapun selama untuk keperluan hotel, karena merupakan koleksi hotel. Suatu hari saya posting foto di IG saya yang isinya tentang restoran dan orang-orang yang tertarik kesana bisa follow IG si hotel. Ehhhh, tiba-tiba si photographernya mention saya minta kalau fotonya harus mention namanya. Padahal selama ini saya gak pernah tau dia dan menurut orang kantor gpp foto dipakai. Cuma, yah begitu deh, namanya juga karya seni walaupun katanya koleksi yang boleh digunakan tapi “sebaiknya” mungkin emang selalu mencantumkan nama photographer nya 🙂

Untuk beberapa website yang saya mention diatas, sebaiknya selalu membaca syarat dan ketentuannya gimana, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

 

 

Advertisements

18 comments

  1. terima kasih infonya Non,
    aku paling2 pakai Pixabay, dan tetap nyari yang CCO, senengnya di sini ada foto2 dari Indonesia yang bisa kupakai buat di blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s