Cara Mudah Mengurus Visa Australia Sendiri di Medan


Pixabay

Selalu deh masalah saya ketika ingin bepergian ke luar negeri salah satunya adalah VISA. Kalau bikin visanya bisa di Medan, sebenarnya masih agak enakkan sih, soalnya gak perlu keluar duit beli tiket, hotel, dll. Kalau mesti ke Jakarta nih yang PR banget. Kadang-kadang budget ada tapi saya emang malas banget terbang sendirian ke Jakarta. Makanya salah satu alasan saya suka milih-milih traveling yang kalau bisa gak perlu pakai visa, kalaupun pakai visa sebisa mungkin bisa diurus dari Medan. Terbang dari Medan – Jakarta bolak balik itu beneran tegangan tinggi banget untuk saya soalnya.

Salah satu negara yang cukup bersahabat dengan saya adalah Australia dan New Zealand ternyata haha. Jadi 2 negara ini walaupun harus ngurus visa, ternyata bisa dilakukan di Medan. Tepatnya di alamat dibawah ini :

Australian Centre

Address: Jl. R. A. Kartini, Madras Hulu, Medan Polonia, Kota Medan, Sumatera Utara 20151
Untuk detail pembuatan visa Australia di Medan, bisa klik link dibawah ya
Syarat Untuk Pengurusan Visa Australia

Persyaratan Dokumen Visa Australia

  • Formulir Pengajuan Visa Turis yang telah diisi, Formulir visa turis (Subclass 600) bisa didownload disini (http://www.immi.gov.au/forms/Documents/1419.pdf). Daftar dokumen yang diperlukan dan dipersiapkan bisa dilihat disini(http://www.immi.gov.au/Visas/Pages/checklists/600-tourist.aspx).
  • Paspor Asli yang masih berlaku minimal 6 bulan kedepan. Foto copy sampai stempel-stempel dari negara yang pernah dikunjungi. Semuanya.
  • Paspor lama yang sudah tidak berlaku (jika ada paspor lama). Yang ini saya hanya fotocopy halaman depan saja.
  • Foto Copy KTP.
  • Foto Copy Kartu Keluarga.
  • Foto Copy Akte Kelahiran.
  • Foto Copy Surat Nikah (jika sudah menikah).
  • Surat Sponsor Asli Dari Perusahaan Tempat Bekerja. Isi surat ini adalah menerangkan bahwa kita benar-benar bekerja di tempat tersebut. Dan memastikan kita akan kembali bekerja dan tidak untuk menetap di Australia dengan visa turis ini. Untuk istri atau suami yang ikut dan bekerja, sebaiknya juga menyertakan Surat Sponsor Asli Perusahaan.  Karena saya tidak bekerja, jadi kantor Matt kasih surat pernyataan kalau saya ikut traveling dengan Matt.
  • Foto copy Passport suami karena travelingnya dibayarin dia. Kalau bayar sendiri kayaknya gak perlu.
  • Pasfoto 3×4 dan 4×6, latar belakang putih, masing-masing 1 lembar, tampak zoom wajah.
  • Bukti tiket pesawat dan hotel. Katanya sih sebenarnya tidak wajib tapi karena kita sudah beli dan sudah booking jadi di print hehe.
  • Foto copy Rekening Koran Tabungan, selama 3 bulan terakhir. Saya print buku tabungan milik sendiri dan juga Matt sebagai orang yang membayari perjalanan. Selain itu Matt bikin surat pernyataan kalau perjalanan yang kami lakukan sepenuhnya pengeluaran dia yang tanggung.
  • Biaya visa turis Australia Subclass 600 adalah AUD 135 (Untuk data yang selalu update bisa dilihat disini : http://www.immi.gov.au/Help/Pages/fees-charges/visa.aspx).
  • Tidak wajib punya asuransi perjalanan tapi kalau ada bagus.
  • Itinerary – gak wajib kayaknya tapi kita tetep kasih sih.

Biaya Pengurusan Visa Australia Terbaru 2017 (Non Refundable) di Medan

  • Subclass 600 Visitor / Traveler Rp1.850.000 (awal Februari 2017) Selalu cek biaya visa terbaru di sini.

Setelah semua lengkap, tidak perlu buat janji, langsung aja datang ke Australian Centre pas jam kerja. Saya datang jam 09.00 pagi dan ternyata cuman sendirian. Ketemu petugasnya yang baik banget. Si ibu petugasnya malah sempet bantuin fotocopy paspor karena saya lupa fotocopy stempel-stempel passpornya. Jadi jangan lupa di fotocopy. Setelah semuanya dicek dan lengkap, paspor asli kita dikembalikan. Oya, dokumen asli juga dibawa ya, nanti di cek trus dikembalikan bersama dengan paspor asli.

Setelah semua ok, langsung deh bayar ke kasir. Btw, kalau di Medan, mereka bisa terima debit BCA or Cash. Kalau pakai kartu kredit belum bisa sepertinya. Setelah bayar, kita bakalan dikasih tanda terima. Prosesnya selama 2 minggu (kurang lebih) tapi ternyata belum 10 hari kerja, Alhamdullilah visanya sudah di approve.

Visa yang di approve bakalan dikirim lewat email. Sebenarnya sewaktu di Imigrasi, petugasnya gak minta sih, cuman saya dan Matt (kebetulan kami berdua sama-sama harus urus visa) jadi kita tetap print untuk jaga-jaga.

So far, menurut saya ngurus visa Australia ini cukup bersahabat sih. Gak mesti bolak balik juga dan karena ada di Medan, jadi lebih hemat untuk saya. Prosesnya pun jelas dan petugasnya cukup membantu.

Oya, visa saya diapprove untuk 1 tahun dengan masa tinggal 6 bulan (multiple). Lumayan ya, segitu bayarnya bisa 1 tahun kalau mau bolak-balik hehe. Temen saya setelah ngurus 2 kali, di approve 3 tahun.

So, buat yang mau jalan-jalan ke Australia, semangat!

Info lainnya bisa cek disini ya http://blog.reservasi.com/cara-mudah-membuat-visa-turis-australia/

 

Advertisements

17 comments

  1. Asik banget kak, ga usa ke Jakarta!
    Emang sih ke Jakarta itu emang walaupun ada budgetnya, tetep aja. Malesin banget! Nyampe2 disana langsung bete disambut sama macet nya 😛 Hehe.

  2. duh pas banget pas aku lagi mau ngurus visa ke aus,, tapi sempat ketar ketir juga karena kata temen susah banget padahal tiket sudah aku beli semua… Makasih infonya mbak Noni 🙂
    ohya, kalo pake invitation latter kita perlu ngak ya lampirin rekering pengundang?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s