Yin Yoga, You’re “killing” Me


The Journey Junkie I Yoga + Life Inspiration Tips Read it
The Journey Junkie I Yoga + Life Inspiration Tips

Tulisan kali ini tentang Yin Yoga (ini kelas yoga yang lagi saya suka banget)  saya ambil dari Anggie. Anggie ini temen jalan kaki dan yoga yang dari dulu suka “maksain” saya masuk kelas Yin. Jadi kelas yin ini semacam agak-agak horor gitu buat saya haha.

Yin yoga itu capek, sakit dan membosankan kata beberapa temen saya. Begitu denger komentar kayak gitu, si males sakit ini kan langsung mundur teratur. Sampai akhirnya hampir 2 bulan kelas yin dibuka di studio yoga,  saya gak pernah ikutan. No way!

Trus, karena saya ikutan kelas therapy juga, guru yoganya bilang “kamu ikutan yin aja, cukup koq sekarang buat kamu itu. Malahan bagus buat lutut juga” Ya udah akhirnya saya ikutan deh. Yin yoga ini biasanya hari Senin pagi. Jadi kayak memulai yoga dalam satu minggu gitu deh. Biasanya Jum’at ditutup dengan kelas yoga workout yang isinya bikin ngakak dan lompat-lompat.

Saya ikutan sambil deg-deg’an dan males-malesan. Perlengkapan untuk masuk kelasnya pun lebih banyak. Selimut untuk lutut kalau terasa sakit, guling keras, balok kayu dan terkadang belt. Saya paling males yoga pake alat bantu haha. Udah gak jago ehh belagu haha.

Pertama ikutan, rasanya kayak dibakar itu semua kaki dan semua badan pas pose. Pose nya gak terlalu susah sih tapi karena lamaaa banget so rasanya kayak “amazing“. Jadi satu pose itu antara 2-5 menit biasanya. Aduh….kaki saya berasa panas kebakar, terkadang kalau sakit banget kayak ngerasa ada darah yagn keluar haha.

Satu-satunya yoga yang bisa bikin saya tidur setelah kelas cuman yoga ini doang padahal menurut banyak orang yoga beginian membosankan dan gak keluar keringat sama sekali.

Makanya, yuk ah….baca tulisan Anggie aja yaa selengkapnya.

——————————————————————————————-

Satu hal yang saya pelajari dari Yin Yoga yaitu Yin yoga teaches me to accept my limitation. Dengan mencoba beberapa postures dari Yin Yoga saya jadi menyadari bahwa tubuh saya mempunyai keterbatasan. Mengajarkan saya jadi lebih rendah hati. Gerakan pada Yin Yoga memberitahu saya limitations alias keterbatasan pada physical, mental and emotional. This help me to develop an awareness and allow me the opportunity to accept or change.

Yin Yoga
Yin Yoga
Kita mungkin sering mendengar kata-kata Yin dan Yang. Gerakan pada “Yin” berbeda dengan gerakan ataupun posture pada “Yang.” Sebagian orang menganggap bahwa semua gerakan yoga adalah sama. Saya juga dulu berpikir begitu. Sampai akhirnya saya belajar Yin Yoga yang kebetulan menjadi jadwal rutin pada hari senin di OneHomy Yoga Studio.
Kali pertama saya mencoba kelas Yin Yoga, saya pikir saya akan kabur selamanya dan akan bolos kelas ini. Kenapa? Karena Yin Yoga bener-bener menguras emotional (in postive way). Sangat berbeda dari beberapa gerakan pada “Yang.”
Selama ini Miss Arita Tanjung mengajarkan beberapa jenis Yoga seperti : Hatha, Vinyasa, Anusara, Iyengar, Ashtanga, Kapha, dance yoga, bahkan body workout.
Yin Yoga merupakan hal yang baru buat saya, yang sebenernya sangat tubuh saya butuhkan.
Saya punya keluhan pada lower back dan beberapa teman lainnya ternyata juga mempunyai keluhan lain seperti sering kesemutan, sering sakit pada punggung, nyeri berkepanjangan pada lutut dan berbagai keluhan yang berhubungan dengan muscle, sacrum dan spine.
Dua bulan yang lalu saya pernah terjatuh di kamar mandi dalam posisi terjatuh yang tidak biasa, yaitu split. Bisa di bayangkan gimana rasanya terjatuh dalam posisi kaki terbuka lebar satu di depan dan yang satunya di belakang?Untuk bangkit saja susah, apalagi meluruskan kaki.
16992350_10155099777249577_5118492883211732436_o
Saya tidak dianjurkan untuk pergi ke tempat pijat atau kem-kem atau apalah namanya di Medan ini.. saya cuma di suruh berlatih Yin yoga sendiri setiap hari selama lebih kurang 45 menit.
Bisa dibayangkan betapa sulitnya bagi saya untuk bisa fokus dalam keadaan sakit dibagian dalam paha saya.
Dalam keadaan sehat walafiat saja melakukan gerakan Yin berasa sakit apalagi pada saat sakit. Saya benar-benar tidak fokus dan bolak-balik meringis kesakitan. Akhirnya dalam waktu satu minggu saya sudah bisa berjalan normal lagi, dan kedua kaki saya bisa digerakkan dengan leluasa.
17015983_10155099802054577_4211273539168504278_o
Yeaaaay..! This is the power of Yin Yoga!
Yin yoga membantu mereduce pada keluhan tersebut. Tidak hanya itu, beberapa postures dari Yin yoga juga membantu bagi mereka yang mempunyai masalah pada anxiety (rasa khawatir/cemas), migraines (migren), karena gerakan pada Yin ini mempunyai benefits seperti Calming and balancing, lowering your stress levels, deeper relaxation dan juga menambah flexibility pada sendi dan connective tissue, khususnya the joints and hips.
Yin Yoga sangat berbeda karena Yin postures are PASSIVE.
16804440_10155099894184577_2948784766057206051_o
You’re asked to relaxed in the posture. Soften the muscles.
Jadi pada saat melakukan Yin Yoga, tidak boleh kaku. Kita harus bener-bener dalam keadaan relax, melemaskan seluruh tubuh kita seperti tidak berdaya, menutup mata dan fokus hanya pada diri kita sendiri. So, through the postures as if you were trying to meditate. Kita hampir sama seperti sedang meditasi.

How to practice Yin Yoga?

Kaki kiri berada grounded di depan, kaki kanan menumpu tubuh (lakukan secara bergantian)
Close your eyes. Semua pose di lakukan dalam kondisi menutup mata. Kalaupun harus membuka mata, itu hanya pada saat pergantian pose.
Softness : The muscles are relaxed and cool. Avoid any thought (just like meditation, talk to yourself, feel and listen to your body). Gerakan pada Yin Yoga ini sama sekali Pasif. Kita seperti tidak bertenaga. Melemaskan seluruh otot-otot pada tubuh.

Tidak boleh ada ketegangan pada leher, bahu dan wajah. Kaki grounded, tubuh passive.
Tidak ada tekanan pada kaki, tangan, bahu, bahkan wajah tidak boleh mengkerut alias cemberut. Walaupun sakit dan nyeri, nikmati aja (emang enak…?!) :p
Stillness : Remain still without moving, fidgeting/adjusting (unless there is pain). Dari setiap pose yang di lakukan, kita harus pada posisi tersebut tanpa bergerak kecuali kita merasa nyeri.

Belt dapat di pergunakan jika tidak dapat menjangkau tangan sebelahnya.
Sesekali kita boleh stretching sekitar 2 detik, kemudian kembali melanjutkan pose tersebut.
Steadiness : Stay in the posture passively (45 secs – 2 minutes). For the beginner, you can try each poses only 45 secs to 1 min. Setiap gerakan di lakukan minimal 1 menit. 1 menit aja kadang udah buat wajah mengkerut hehehe…

Frog posture. Pertama sekali kita di latih dengan menggunakan bolster. Bagian paha terbuka lebar tapi tidak boleh menyentuh lantai sepenuhnya.
If you feel pain, don’t worry. Most of us have trouble being still for 10 seconds. That’s okay, you need a break and adjust for 3 seconds then continue the posture again. Kalau merasa sakit, jangan langsung stop, stretching aja dulu 2 detik kemudian sambung lagi. Pergantian ke pose lainnya setelah 1 menit.
Jadi, sebelum memulai postures Yin Yoga, saya mau memberitahu kepada kamu yang ingin mencoba kelas Yin agar siap-siapin mental dan emosi menahan rasa sakit pada beberapa bagian tubuh.

Tangan dapat bertumpu pada balok jika tidak dapat menjaga keseimbangan pada posture ini.
You will uncomfortable at first and feel pain while stick in the same posture in 2 minutes. Because here the practitioner such as the connective tissue and fascia and many of the postures focus on the areas that encompass a joint (hips, sacrum, spine).
Kadang pada saat menutup mata dan melakukan posture Yin, kita agak kehilangan balance pada tubuh. Pada kelas yoga, kita di perbolehkan bertumpu pada balok dan kemudian berlatih untuk melakukan posture tanpa balok. Setiap posture di latih secara bertahap.
Perlengkapan yang di sediakan pada saat melakukan Yin Yoga seperti : Bolster (guling), balok, selimut tebal yang lembut, handuk, belt.

Tangan kiri bertumpu di lantai, tangan kanan meraih kaki kiri (begitu juga sebaliknya).
Perlengkapan tersebut berguna untuk membantu kita melakukan posture. Misalnya, bolster (guling) berguna untuk menahan bagian dada pada saat berlatih frog posture. Selimut dipakai untuk menahan lutut. Balok dipakai untuk menahan di bagian punggung, untuk menahan keseimbangan pada saat melakukan dragon pose, balok sangat banyak fungsinya.
So be ready to get intimate with yourself, with feelings, sensations, and emotions. Yin Yoga teaches you to really come face to face with yourself, teaches you how to really listen your body.
It brings long periods of time in an uncomfortable position and all these postures asks you to learn to be to accept what is in that given moment.
Saya gak sabar untuk mempelajari gerakan Yin lagi di kelas berikutnya. Kalau poses yang saya share sekarang adalah untuk beginner, gimana poses untuk yang advanced yah … Wheeeewww!
I can’t wait to conquer my limitation!
-Angie-
Penasaran pengen nyobain yin yoga di rumah, cek video dibawah atau langsung aja main ke studio yoga terdekat yang emang punya kelas yin yoga.
Advertisements

29 comments

  1. aaaih, jadi pensaran rasanya sama yin yoga, pengen tau limition of my body. kalo yuntuk pemula, coba yin yoga ini bisa ga yah mba?
    selama ini cuma ikut kelas zumba & aerobic..

  2. kamarnya rapi dan bersih *salah fokus*…. aku nggak ngerti istilah2 yoga, ternyata ada macam2 yaa… kayaknya yang setiap minggu diajarin guru yogaku lebih ke vinyasa deeh…

  3. Tadi udah comment di HP tapi kayanya ga ke send haha. Mba Noni, aku mulai rutin yoga lagi nih, ikut Introductory Course Iyengar, semoga survive.

    Yin ini mirip Iyengar ya, pakai props dan cenderung kalem, nanti kucobain juga ah

    • Iyegari banyak pake props ya, mirip deh hehe. Sebenarnya kan pose nya yah gitu2 juga tapi ini nahan pose nya lebih lambat. Jadi kayak lebih gelap gitu kalau kata guruku. Lawannya yang

  4. ini yang dulu noni bilang cocok buat aku itu ya, penasaran tapi ngeri hahaa
    cuma pernah yoga sekali doang, abis itu pinggang langsung sakit kaga sembuh2 menahun, ga tau ini gara2 yoga apa gimana, tapi yang pasti sebelum si pinggang ini sakit, aku emang lagi gempur olahraga, berenang, gym, yoga, eh besokannya langsung sakit, dan itu ga sembuh2, udah di pijet sana sini, sempet chiropractic juga, katanya sih tulang belakang aku itu udah ga ada yang bener, jadi ya terus2an sakit, tapi mau terapi chiro muahal bg, ku tak sanggup huhu

    • Fey, percaya gak ada beberapa temen aku yang katanya punay syaraf kejepit (ringan) kebantu sama si yin yoga ini. Kalau aku berasanya sama bungkuk sih hehe. Agak berkurang sekarang. Kalau dulu lumayan bungkuk banget. Kamu cobain aja kalau ada kelas yin yoga disana. Jangan lakuin sendiri dullu karena takutnya kenapa2. Kalau ada guru kan dia bisa liatin.

    • Pedes gitu Zi pas ngelakuinnya tapi setelahnya sumpah enak banget. Ini yoga yang paling aku suka walau pas ngejalaninnya mau maki2 hahaha. Kamu cobain dong, alternatif selain tenis haha

  5. Aku juga ikut class yin yoga mbak biarpun kelihatannya slow tapi nguras keringat tau2 begitu selesai udah banjir keringat tapi memang jadi enak bgt sih cuma pas posenya itu aku sambil merintih dan dalam hati karena gak tahan sakitnya,hahahaha

    • Kata guru aku itu detox kalau keringetan hehe. Aku jarang banget keringetan. Kalaupun keringetan biasanya ada 1-2 pose tertentu yang aku ngerasa sakit banget, trus kayak keluar keringat dingin di tengkuk sampai punggung doang.

  6. Duh, tertarik banget! Kayaknya aku lagi butuh bgt gerakan2 belakangan ini. Tapi kalo di rumah bisa2 suami mengernyitkan alis, apalagi pas frog pose. Bayangin ekspresi dia kalo liat aku kyk gt bkin ngakak sndiri.

    • Hahaha pas ngelakuinnya frog pose yakin deh gak bisa ketawa Nad, sakitnya bukan main huhahaha. Coba yang lain aja. Yang ringan2. Aku suka kalau bangun tidur kayak pose jinjit tapi jongkok gitu sekitar 3 menitan.

  7. Duuh.. itu posisi kakinya bisa sampe kayak gitu ya Mbak Non? Selalu suka liat jenis-jenis Yoga, dari gerakan sama kombinasi cara pernafasan kadang memotivasi buat nyoba, emm.. tapi jadinya malah takut, wong di senggol keras dikit aja gue udah kesakitan. Halaahh.. emang guenya aja mager :))

    • Temen aku yang jadi model di yoga ini emang lentur banget badannya 🙂
      ayo coba deh, pasti sakit sih kalau baru mulai. Olahraga apapun kalau baru mulai kan pasti sakit ya

  8. Aku coba YouTube videonya dan fokusnya di hip/panggul/pinggul. Sepanjang pose isi kepala antara nyoba fokus sama misuh2 karena sakit. Ga punya balok yoga akhirnya pake numpuk buku yg ada di rumah. Sakit tapi lumayan nagih juga sih, very relaxing.

  9. Kalo dari yg aku baca, relaxing banget gerakannya.. sbenernya yoga itu olahraga yg fungsinya lebih ke ‘ peace of mind’ daripada fisik ya?? ada efek setelah cobain yoga-kah??

    Aku pernah coba yoga biasa dg step beginner.. bosan jg lama2, hahahaha.. jadi back to lari pagi ajah ^^;

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s