Rajasthani Moustache


Rajasthan People

Ketika akan berangkat ke India, salah satu yang menarik perhatian saya adalah bentuk kumis dari laki-laki (biasanya yang sudah agak tua) Rajasthan yang tidak seperti biasanya. Kumis mereka melintang, melintir dalam bentuk super gede.

Hari pertama tiba di Rajasthan, saya mencari-cari sosok laki-laki seperti dalam foto-foto yang saya lihat. Menurut supir kami, laki-laki seperti itu biasanya bisa dilihat di kerajaan, benteng-benteng atau di kampung-kampung. Rata-rata laki-laki muda di Rajasthan tidak lagi memiliki kumis melintang seperti itu karena dirasa kurang keren, padahal menurut saya KEREN BINGIT!

Dan kalau kalian penasaran sebenarnya ada kompetisi untuk kumis hehe. Namanya Rajasthani Moustache Competition. Aduh, kayaknya saya dan Matt mesti deh hadir di kompetisi ini, pasti seru. Sayangnya ketika saya kirimin foto bapak diatas ke Matt, komentar dia “Euwwwwww geli banget Babe”

Pertama kali saya lihat laki-laki tua ngebut dengan motornya. Kami sedang di mobil dan saya lihat janggut dan kumisnya berkibar-kibar layaknya bendera diterjang angin. Supir kami sampai ketawa-ketawa ngakak dan dia bilang jangan khawatir nanti perjalanan dari Udaipur ke Jodhpur, saya pasti ketemu banyak bapak berkumis. Oklah 🙂

Masih terlihat normal ya di 3 foto ini 🙂

Lalu setelah kami meninggalkan Udaipur menuju Jaipur, hampir sepanjang jalan kita melewati daerah-daerah pedesaan. Masalahnya dibanyak daerah harus extra hati-hati. Ada banyak orang yang kurang ramah dan miskin sehingga begitu melihat turis apalagi pengen foto langsung pada rame-rame minta foto atau minta duit. Si supir kami saat itu sempet beberapa kali turun nanyain ke segerombolan bapak-bapak buat difoto dan mereka kayak yang gak ramah atau pada minta duit haha. Satu bapak yang beneran berhasil kita foto dan dia baik banget. Bapak ini bekerja sebagai security di desa. Jadi pas saya lihat dia lagi nongkrong pagi-pagi dipinggir jalan.

Rajasthan People
Rajasthan People

Paling lucu sewaktu supir minta ijin si bapak ini untuk foto, dia langsung rapihkan kumisnya dan bilang maaf karena dia abis cukup janggut haha. Trus karena saya ngotot pengen foto yang juga pakai turban, dia kasih tau ke supir kalau dia gak bawa turbannya hahhaha. Aduh cerewet sekali saya ya. Bapak ini salah satu orang di India yang saya temui dan sangat baik hati.

Selanjutnya hanya foto-foto curi-curi atau ketemu bapak-bapak di istana atau di benteng. Mereka biasanya sudah terbiasa difoto jadi hampir gak ada masalah. Kalaupun gak mau difoto biasanya kasih tanda gak bersedia atau kalaupun mau minta duit, dari awal sudah kasih tau kita minta uang. Meh….

Rajasthan People
Rajasthan People
Rajasthan People
Rajasthan People
Rajasthan People

 

Rajasthan People
Rajasthan People
Rajasthan People
Rajasthan People
Rajasthan People

Sepertinya sih kalau kepengen motret laki-laki tua Rajasthan dengan kumis yang spektakuler saya mesti mengunjungi festival-festival di Rajasthan. Contohnya festival unta di Puskhar.

Rajasthan People
Rajasthan People
Rajasthan People
Rajasthan People
Rajasthan People

Sebenarnya kumis seperti ini tidak hanya dimiliki pria-pria India. Saya sempat lihat beberapa di US (gedeeee banget, terutama yang naik motor-motor besar) di Eropa bahkan di Australia. Jadi mungkin ini trend juga kali ya. Mungkin loh.

Saya sendiri bukan penggemar kumis besar kayak ini tapi selalu suka melihat orang-orang di India dengan kumis besar. Gak tau kenapa. Bayangin saya sampe nyari-nyari loh.

So yeah……beberapa bapak di atas cukup ramah, ada yg minta-minta duit pas difoto, ada yang langsung pasang aksi, ada juga yang cuek.

Kalau kamu suka gak lihat laki-laki berkumis besar?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s