Cara Pembayaran Mudah Dengan QR


pixabay
pixabay

Bedanya orang-orang saat ini dengan 20 tahun lalu untuk urusan belanja salah satunya adalah cara pembayaran, ya kan. Saya masih inget banget beberapa puluh tahun lalu melihat seorang bapak membeli sebuah mobil dengan membawa sekarung uang untuk pembayaran. Iya bener sekarung uang untuk membayar mobilnya. Ribet banget 🙂

Coba bandingkan dengan kita-kita saat ini, untuk beli apapun kita sebenarnya saat ini gak perlu bawa uang cash lagi. Cukup transfer atau gesek aja,  mudah sekali dan tentu saja lebih aman dibandingkan jika membawa uang tunai kemana-mana.

Bicara soal keamanan selain kartu kredit yang sekarang sudah dilengkapi dengan pin/chip dan tentu saja telp atau sms dari pihak bank untuk konfirmasi mengenai transaksi yang kita lakukan sebenarnya ada satu lagi system pembayaran yang cukup aman dan ok banget untuk digunakan untuk orang-orang yang aktif dan tentu saja memiliki smartphone.

Beberapa hari ini saya coba browsing mengenai system pembayaran selain menggunakan kartu kredit atau pergi ke ATM. Iya……saya tukang belanja online hehe. Ngakuuu sambil malu. Nah, karena lumayan sering belanja-belanja dan tentu aja sering kebagian bayar-bayar saya pengen tau dong, cara pembayaran lainnya yang lebih aman. Baru Ketemu nih, dari blognya Didut mengenai pembayaran dengan menggunakan Smartphone.

Apaan pula nih bayar belanjaan lewat smartphone? Saya tadinya juga gak ngerti sih, jadi asik bolak balik nonton videonya haha. Soalnya selama ini kan bayarnya cuman lewat kartu doang jadi pas tau ada cara pembayaran baru malah kepo.

Yang paling penasaran untuk saya saat ini adalah pembayaran dengan menggunakan system QR. Kalau kita udah biasa punya Line biasanya sih ngeh dengan system ini hehe. Jadi si QR tinggal di deketin aja ke hape kita trus udah  langsung bisa transaksi. Emang keliatannya gampang sih tapi saya pikir bisa lebih aman juga.

QR ini emang masih jarang sih di Indonesia padahal orang Indonesia kan tukang belanja dan tukang mainin hape ya hehehe. Saya termasuk didalamnya dan baru ngeh minggu-minggu ini. Kalau dari blognya si Didut, tentu aja saya copy nih, ya.

Harus diakui di Indonesia jumlah pengguna kartu credit masih kalah jauh dengan pengguna smartphone dan akan menyamai jumlah pengguna kartu debit di tahun 2016 ini (laporan dari emarketer). Ini merupakan kesempatan besar untuk perusahaan start up dalam bidang financial technology karena belum banyak pengembang dalam pasar mobile payment.

Tapi kenapa sih mobile payment? Karena 2 tahun lagi pengguna smartphone yang aktif di Indonesia akan melebihi 100 juta orang. Gila gak tuh pasarnya?

Kenapa saya bilang QR ini lebih aman dan lebih memudahkan pembeli atau customer kayak kita-kita ini? Begini kita kan tinggal download app aja trus setiap kali transaksi tinggal di dekatkan ke QR nya. Otomatis kita yang melakukan transaksi. Lebih aman dan lebih mudah juga Karena gak mesti bolak balik masukin no kartu, security number dll. Nonton deh videonya

 https://www.youtube.com/watch?v=R7C2W_4Cf6k

Memang saat ini belum terlalu banyak tempat yang memiliki system pembayaran seperti ini di Medan, saya baru liat di luar negeri tapi bukan gak mungkin dalam waktu dekat restoran deket rumah kamu pun sudah memiliki system ini. Jadi kalau gak mau ketinggalan yuk ah dicobain 🙂

Yang punya pengalaman tentang QR payment atau mobile Payment cerita dong 🙂

Advertisements

30 comments

  1. Nyimpen saldonya di mana gitu ya Mbak *belum nonton videonya haha*? Hebat ya QR ini, ke mana-mana jadi cukup bawa smartphone-nya doang, langsung bisa belanja.

  2. Kedepannya Indonesia bakal makin Less Cash Society ya mbak Non. Semoga cepat ‘membumi’ deh QR system ini biar ga was-was masukin nomor cc dll ketika transaksi online 🙂

  3. Aku belum pernah bayar pake QR Non. Btw disini malah ada mesin kartu yang keren loh. Bayarnya kartunya tinggal ditempelin aja ke mesinnya kaga perlu dimasukin, hahaha 😆

  4. kalo naik bus privat disini, mereka nge check pembayaran kita dengan sistim qr ini mbak. saya biasanya nunjukin tab dimana registrasi code pembayaran, si bapak itu dekatin hapenya, di scan, udah. keren memang, praktis. tapi untuk semacam pembayaran dengan transaksi sendiri, saya belum pernah nyoba mbak.

  5. wah… keren nih kalo di indonesia bisa gitu.. gw taunya nonton dari drama korea..
    mereka belanja di mini market bayarnya cukup sodorin hp.
    jadi mau kemana2 gampang deh.. cukup bawa hp aja 😀

  6. Indonesia itu pasar basah yang begitu menggiurkan untuk pengembangan start-up.
    Aku sempat searching soal QR ini juga tapi belum pernah pakai sebelumnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s