Rebutan


 

pic source : myvitrina.blogspot.com
pic source : myvitrina.blogspot.com

Udah beberapa hari ini temen kantor saya kesenangan setengah mati. Ceritanya dia baru dapat kaftan @febianihermaini . Kalau misalnya masih agak-agak bingung siapa si Febi ini, bisa cek IG-nya yang rame banget itu.

Saya mulai ngeh soal si Febi pas puasa taon lalu. Trus follow buat liat-liat doang (sekarang udah unfollow). Saya tau diri gak cocok pake kaftan karena ukuran tubuh yang gak terlalu tinggi dan gak kurus langsing. Jadilah cuman nonton aja sambil senyum-senyum. Baru posting dalam hitungan detik ehhh….. udah laku aja. Itu yang kirim SMS buat pesen sampai rebutan pastinya.

Temen kantor saya ini juga sama. Udah nyatronin IG-nya si Febi sejak taon lalu dan baru sekarang berhasil. Itupun gara-gara ada satu orang pembeli yang gak cocok ama motifnya jadi dijual balik. Gila ya. Pas udah dapat dia sampe yang seneng banget dan ngabarin saya. Sekarang lagi nunggu barangnya datang. Berdedikasi banget temen saya itu berjuang dapetin kaftan si Febi sampai lebih dari 9 bulan.

Nah yang lebih seru adalah harga kaftan-nya sendiri gak murah loh tapi yang pengen beli banyak banget. Luar biasa. Ini sama dengan pembukaan satu restoran Fish & Co di Medan. Ngantrinya mengular. Buat makan aja orang rela ngantri segitu panjangnya. Padahal yah kalau dipikir-pikir makanannya gak murah juga. Kalau sampai lapar dan ngantri lama kayak gitu koq rasa-rasanya gak masuk akal banget, mending ke rumah makan Padang. Trus pernah juga pembukaan es cream di Medan, ramenya gak ketulungan. Ngantri panjang. Kita nyobain setelah 1 bulan buka jadi gak pake ngantri dan rasanya gak enak haha.

Kemaren saya ngobrol lewat komen dengan @riemikan trus berakhir dengan komen soal daya beli masyarakat yang menurun. Issue ini juga lagi sering diomongin di kantor soalnya hehe. Nah, kalau ngeliat rebutan-rebutan beli barang-barang bahkan IPhone 6 koq rasanya gak ada yang namanya mesti berhemat ya. Ya iyalah ngeliatnya cuman orang yang mampu beli doang soalnya huhahaha.

Biasanya nih saya termasuk orang yang males kalau udah ngantri-ngantri kayak gitu apalagi nunggu. Sekepengen apapun sampai hari ini rasanya saya belon pernah sampai tahan ngantri apalagi nungguin sampai dapat. Saya pernah penasaran sama satu barang tapi koq yah gak pernah kebagian. Selalu kehabisan. Saya email ownernya OLS itu dan nanya kira-kira saya bisa dapet gak? dia jawab gak bisa karena emang sold out trus-trusan. Ya wis saya unfollow dan gak pernah mau inget-inget lagi. Agak-agak sedih sih pas unfollow tapi setelah itu ternyata saya gak penasaran lagi hehe. Kayaknya nih kalau saya ya, selama saya masih ngeliat, jiwa kompetitif dan penasaran trus bergelora, jadi mendingan ditutup supaya gak ngeliat. Ini cerita yang sama kalau lagi berburu tiket murah haha.

Dulu saya getol banget berburu tiket murah. Dibela-belain gak tidur, dibela-belain terjaga dengan beberapa temen demi tiket murah. Getol banget pokoknya. Trus karena gak dapet-dapet juga akhirnya sekarang saya gak penasaran lagi. Selain itu yang gak bikin penasaran lagi adalah Matt itu suka gak bisa diperkirakan kapan bisa cutinya haha. Daripada hangus mending gak usah beli walaupun diiming-imingin 0 rupiah.

Sama kayak cerita Black Friday yang pernah diceritain ibunya si Matt. Sangking semangatnya buat dapetin harga discount kadang-kadang orang udah ngantri sehari sebelumnya (lebay), trus pas masuk toko langsung beli apa aja yang keliatan padahal gak butuh. Begitu nyampe rumah nyesel deh. Gak perlu. Akhirnya malah gak dapat murah karena udah beli barang yang gak dibutuin.

Yang paling saya suka dari cerita-cerita berburu barang kayak gini adalah gimana usaha orang-orang mendapatkannya. Dari mulai kirim email langsung, rajin browsing, sengaja nungguin, udah menyiapkan format sampai-sampai sebelum foto terlihat mereka udah kirim sms langsung. Saya ngikik dengernya. Ini nih kali ya, makanya banyak barang yang dijual balik, soalnya belinya pake emosi haha.

Ada yang punya cerita berburu barang? share dong πŸ™‚

 

Advertisements

146 comments

  1. Kalo baby attire lokal di IG ada tuh @little_sachi, rame gila deh pokonya itu. Sistemnya pake upload per batch dan biasanya langsung jadi rebutan. Apalagi kalo liat komen konsumen di IG mereka, kadang ada yg ampe nyolot gara-gara gak kebagian. Produknya bagus sih, cuma rasanya overprice jd pengn bisa bikin sendiri hahaha
    Kalo di luar negeri, black friday itu sesuatu banget ya kayaknya, kebayang kalo ada di sini gimana.

  2. itu namanya nafsu … saya juga dulu ikut euphoria beli tiket promo tapi skrg ngga terlalu. kalau mau jalan ya udah beli aja, kalo ada promo alhamdulilah..
    beberapa kali pernah ikut belaja kalap liat org rame2 diskonan dan akhirnya nyesel krn ngga butuh2 amat.

    semua itu nafsu xixixiixi… skrg sih kontrolnya, langsung bilang ke diri senidiri “kebutuhan atau keinginan?”

    • Samalah Nan, kalau emang rejeki pasti pergi ya πŸ™‚ AA pasti sayang banget ama kita hauhaha.
      Ehh mba juga suka pake matra itu. pengen atau butuh. Biasanya jawabannya selalu butuh hihi

  3. Ummm..apa ya kak?
    Aq kbtulan krg suka belanja2 brg kya gt,ehehe
    Coba gt bahan mskn diobral murah mgkn aq baru ikutan antri.
    Aq jg pnh beli brg2 ga penting gara2 join atau follow grup ini itu dan ujung2mya malah ngabisin duit.jiaaahh

    • Salam kenal Nonik. Duluuu awal kenal ols. Emang hobby rebutan. Yaitu batik kompeni. Kira kira thn 2009 an. Krn batik kompeno khan susah di dapat diluar ols. Dab saat itu harganya masih masuk budget. Kalo sekarang disuruh rebutan. Ogah ah..mending nunggu reda eranya. Dan kompetitor pada muncul. Nah peminat berkurang. Baru deh ikutan beli. Satu lagi. Paling alergi ama ols yg udah renbutan konsumennya. Dan jutek pula..langsung onfollow. Walopun barang nya keren

  4. popok mbak! :))
    sampe skrg nih, stiap minggu (jumat-minggu) pasti ada sale bbrp merk popok.rasanya kalo udh bisa beli di hari pertama dan nenteng minimal 3 kantong bahagia luar biasa hahaha.

    aku juga loh follow IG kaftan itu. penasaran doang sih, dan bener sampe sgitunya banget yang pada beli. ckckc. untung kalo resto2 gitu aku ga pernah tertarik.

  5. ga perna mbaa…. eh pernah siih… waktu itu tenun ikaat… pengeen bgt tapi ga pernah dpt.. trus unfollow deh.. abs itu dpt langganan tenun ikat di tempat lain
    ;D

  6. Seinget ku aku gak pernah sampe rebut2an gitu, mbak….soalnya kayaknya gak pernah kepengenan yang sampe pengen banget dan bikin rela ngantri dan rebut2an. Salut sama yang mau ngantri lama demi dapat barang yang dimauin πŸ˜€

  7. Kenapa ya kaftan-kaftan itu laris manis bak kacang goreng? Apa dibuat dari benang emas, Mbak? #eh. Habisnya agak ekstrem, baru hitungan detik sudah sold out :hehe.
    Tapi saya setuju, ilmu memisahkan keinginan dan kebutuhan itu tidak mudah untuk dipelajari. Hanya saja sekarang sedang mencoba, kalau melihat sesuatu dan kepingin, disimpan dalam ingatan dulu, tunggu 3 hari, setelah 3 hari dilihat lagi barangnya, kalau masih kepingin ya silakan beli… dan biasanya sih akhirnya nggak jadi beli soalnya kesimpulannya adalah saya belum butuh :haha.

    • cewek2 banyak yang suka soalnya. Buat kondangan dan lebaran sama kumpul2. udah gitu artis2 juga make makanya tambah rame.
      iya kalau ampe 3 hari masih pengen maka dibeli aja. ini gak berlaku sewktu traveling ya hahaha.

  8. Ga pernah Non, soalnya aku kan tipe “yang beli barang kalau butuh”.
    Kalau ga butuh, ya ga beli. Karena butuh, ya ga mau antri. Pengennya cepet dapet barangnya. Lha wong lagi butuh jeh hehhehhee

  9. Hihihihi sama, pernah follow IG kaftan yg disebut diatas tapi unfollow setelah bbrp bulan, awalnya penasaran karena dikantor heboh bgt, tapi ternyata gitu doang dan ngga masuk budget harganya πŸ˜€ Jd ya unfollow ajah. Eh btw salam kenaaal πŸ˜€

  10. Hi Mba.. saya juga males ikutan antri gitu mba..
    kmren pas openingnya H&M di CP kan pada ngantri tuh, padahal masih pagi banget, ngeliat antrinya nguler kaya gitu males dong ikut antri… ternyata katanya yang antri pada dapet voucher sampai pengunjung ke 300.. hahaha, nyesel deh.. tau gitu kan ikutan antri..hahaha..

  11. aku juga pernah liat IG’nya mbak, harga kaftannya kalo buat aku sih maharani, mending jahit sendiri atau beli yang lain. sekarang masih pantengin mukena yang di pake dian sastro, bukan beli sih, tapi di contoh modelnya aja trus bikin sendiri lebih bersahabat harganya, kalo beli sayang duit banget dan dilihat di IG’nya sold out terus.

  12. Belom pernah ngalamin sampe berburu gitu sih Mbak Noni. Palingan kemaren aja pas pre ordernya Galaxy Note 4. Sampe deg degan takut kehabisan pre-order. Padahalan ya ada deadlinenya. Eh ternyata deliverynya telat. Wkwkwkw. Kalo barang lain sih belom pernah, apalagi makanan. Hueeeee. Males deh antri di warung makan, tunggu aja sepi dulu. Wkwkwkw. Rasanya sama aja kan pasti.

    • kalau makanan emang malesin banget Dan, aplaagi kalau minggu2 pertama biasanya mereka juga gak ready gitu. Entah service atau makananya suka banyak yang gak asik. Hii… inget cerita betenya kamu soal Galaxy Note 4

  13. Kita doooongs kalok uda belanja bareng, apa aja dibeli padahal ngga butuh-butuh amat. Huahahah.. πŸ˜€ Tapi senengnya itu loh, Mbaaaaak.. Milih-milih, trus liat-liat, pas bayar sih tetep sakiiiiit.. Hihihi πŸ˜›

  14. gw jarang kena euforia rebutan ini-itu sih Non, soalnya seringnya kemeditan πŸ˜€
    yang febiance hermaince itu, temen kantor gw ada yang beli dan gw nyobain dong, hikss jelek banget jatohnya di badanku yang sintal menggemaskan ini..

  15. Paling banter antri burger Blenger. Seporsi 14ribu, yang bikin ngecesnya adalah mayonaisenya yang emang enak bgt. Tapi antrinya tuh masih manusiawi. Emang selalu antri klo di Blenger. Cuma sesekali lah kl pengin bgt. πŸ™‚

  16. gw jadi ngecek ig-nya febi gitu lho.. trus mbatin “aduh kok beginian ampe heboh sangat sih??” terus gw nyadari kalo… selera gw gak disitu.. kalopun punya, trus kapan pakenya :))

    gak pernah suka barang rebutan kecuali kalo itu worthy sih oke yah…

  17. Aaaaaak bisaaaan aja ngena bgt postingannya mbak. Jilbab! Ulala.. baru tau ternyata beli jilbab online aja sikut2annya udah kaya apaan tau. Akupun baru tau karena masih beginner make jilbab. Upload nya di jam2 tertentu, jadi yang pada mau beli udah standby duluan. Aku gpp sih ngantri2, tapi nunggu adminnya ngeread-trus bales-trus konfirmasinya ituloh yg bikin amsyong. Belom kalo ternyata sold out barangnya..phew. Tp krn cocok bgt sama brand itu ya dibelain deh.. kalo kaftan febi aku pernah dapet beli dr temen mbak, tp ternyata emang tubuh ini gak kaftangenic ya sudah lah ya :’))

  18. aku juga mba pengen banget punya kaftan febi hahaha 3 bulan nyantronin tiap hari buka ig pencet sms ga dapat2 abis itu aq unfollow ajah trus beli yg mirip banget modelnya di IG yg lain yg lebih murah errrrr ga murah juga sik huaaa hahhaha pas barangnya nyampe suka banget jd baju favorit pas kondangan. tapi baru 2x dipake hahhaha secara kondagan temen2 kuliah malu juga klo baju itu muluk hhiihihih abis itu aq insaf gamau lah ikutan yg ngetren2 *kalo duitku ga berseri mau juga sih * haha
    pernah juga pengen banget rok yang waktu jaman kmaren itu musim yg megar2 gt bagus buat kondangan kaya princess ngantri nungguin barang datang di thamrin city hahahha pas datang saingan aq ibu2 n tante2 yg mau jualan hoahhh sikut2 an akhirnya dpt eh malah blm pernah dipake soalnya merasa bingung mau dipake kemana hahahhaha emasng gabole emosihhh

    • wah apa itu yang lebih murah? entar aku mau kasih tau temenku haha. Biar dia makin menggila beli kaaftan. Hahaha… sekarang kayaknya dimana2 orang emang pake kaftan ya buat acara2 agak resmi. Kalau dikantor aku biasanya liat juga ibu2 arisan juga rame2 pake kaftan. lucu2 juga modelnya.

      rok lebar dan megar itu aku juga suka sih. Suka banget πŸ™‚ pas kemaren ke Bangkok beli beberapa biji trus pas make si Matt bilang gini “aku haru beli sepatu kaca juga untuk kamu?” ishhhh

      • hahahhaha suaminya lucu mbak noni mau beliin sepatu kacahhh :p

        btw IG nya namanya @chloevictoriaze sama @rinjaniofficial πŸ™‚

        tapi emang enak juga sih mba pake kaftan tinggal sret apalagi aq berjilbab trus jilbab nya yg instan aja hahahhaha males ribet huhuhu tapi ya harganya mayan bgt *kekepinATM*

      • iyah banget apalagi ga mungkin dipake trus2an buat kondangan nti foto di IG nya pake baju itu2 aja kaan *cetek * hihihih sama2 mba noni πŸ™‚

  19. Ya ampun masih ya Non kaftan feby itu jadi idola aka banyak yang oenasaran heheheheeh… Aku so far belum pernah berburu sesuatu yang sampai gimana2 gitu. Oh tapi pernah ding bbrpa waktu lalu ikutan nungguin bajunya sonnetjames yang di love taza itu. Karena harus pre order dulu lamaaa. Ujug2nya baru dapat notif emailnya minggu lalu gak dapat . Padahal nunggu udah berbulan2 hueheheh. Yoweslah bye bye nunggu klo balik ke amrik aja kali ya lebih gampang katena masuk ke beberapa butik. (Walopun entah kapan baliknya 😞)

  20. Bwetul banget kaftan ini memang cocok-cocokan sama bentuk badan πŸ™‚ lagi nge-trend banget ya di Indonesia..
    Belum pernah sih berburu barang sampai segitunya..eh tapi pernah ikutan giveaway foto software yg kebetulan aku pingin banget punya tapi mahal harganya jadi gak pernah beli. Yang nawarin kebetulan memang photo blog yg aku sering kunjungi, jadi emang sering mampir ke website itu untuk belajar dan terinspirasi sama foto-fotonya gitu, bukan untuk dapetin giveaway-nya. Waktu aku menang itu senangnya luar biasa banget dan makin cinta sama website-nya πŸ˜€ πŸ˜€

    • Ngetrend parah mba Ind. Kalau ibu2 arisan biasanya suka deh pake dressnya itu kaftan. Cantik juga sih karena warnanya kan menarik gitu, cuman kalau gak cocok yah jadinya kayak buntelan.
      Hihihi… kalau suka ama foto pasti yang dicari software foto ya πŸ™‚

  21. mungkin karena ga inget id IG jadi ga terlalu nafsu ama barang2 yg di IG…
    tp soal olshop di korea banyak tuh ol shop yg suka ngasih penawaran harga murah..kayak misalnya sepatu New Balance ampe 200rb rupiah..suka pengen beli tp ukuran gw yg gede suka jarang jadi suka bete duluan..akhirnya liat2 diskonan yg laen..kadang diskonnya ampe 90% buat barang bermerk hihi…klo ga ingat duit pengennya tinggal klak klik trs barang dikirim πŸ˜›

  22. Aku Pernah kepengen Nike Roshe yg special edition Liberty London, Non. Di Instagram ada yg jual tp harganya ampir 2x lipat, nitip nyariin pacarku di amrik dia sampe nelpon coast to coast ngga ada, nitip temen di Inggris udah sold out juga, akhirnya pasrah hahaha. Ampe skrg tetep ga kebeli, kemahalan kalo beli di Indo hihi

  23. Hahahahaa.. aku follow akun-akun yang laris manis tanjung kimpul gini biasanya buat baca komen-komennya sama cuci mata. Pokoknya kalau out of budget ya nggak akan dibeli, kecuali memang ingin banget dan udah nabung. Terus nggak pernah juga antri barang biar dapet duluan, mantranya “kalau rejeki pasti nggak kemana” πŸ˜€ Lagian, duit belanja nggak selalu stand by, sih, hahaha *permasalahan*

  24. Wkkwkwkwkwk aku tuh dulu suka manfaatin black friday terutama klo mau beli laptop baru ato gadget. Nah di Amrik kan kita udh bisa cek dl ke tokonya apa barang itu bakal di sale ato gak jadilah ada 3 kali aku camping depan toko elektronik demi savings. Rata2 sih aku dah nongkrong ma teman2 di depan tokonya dari jam 4 – 5 subuh. Trus kita pasti bawa kursi lipat piknik, pakaian 4 layer wool, bawa selimut fleece, topi, hooded coat dan pastinya bertermos2 hot choco/coffee/tea (tepatnya tiap orang bawa satu jadi banyak kan hihihi). Toko biasanya buka jam 9-9.30 on black friday. Habis lumayan banget harganya klo sale jauuuhhhhh tapi ya itu dia harus dipastiin karena gak semua barang elektronik sale. Perjuangan banget memang karena udah winter kan. Habis itu kita biasanya breakfast ato brunch bareng trus lanjut ke mall deh shopping baju huahahaha..klo black fridah guaranteed deh baju2 salenya gilaaaakkkk. Worth it abis!!!

  25. Kalau Ince mbak, udah mundur duluan liat keramaian. Bikin pusing dan panik, jadinya ga pernah ikutan antri belanja offline 😁 Kalau belanja online, masih belum berani…takut barangnya ga sesuai harapan. Harus diliat2 dulu, cek sana-sini…apalagi kalau harganya mahal, ga akan dah dilirik. Cuma penyakitnya neh mbak, Ince ga bisa liat buku dan peralatan masak or barang rumah…kalap akut dah πŸ˜‚ (tapi tetap kalau harganya mahal, mikir berkali2).

  26. kdg suka bingung.. misalnya ada bazaar, trus cewek2 (terutama) antriiiiiii… panjang dan lama.. rela nungguin (antri) demi dpt benda idaman.. pdhal biasanya cuma keburu nafsu aja awalnya.hahahahha.. aku klo dah antri mengular gtu dah males duluan.. kcuali klo emang butuh.. πŸ˜€

  27. Eike jg ga napsu liat overrated dan overpriced Kaftannya yg heboh itu. Selain emamg ga doyan kaftan karena ga sesuai body, saya termasuk anti belanja online pakai berebutan. Intisarinya belanja online kan supaya ngga kesel nunggu/ngantri dah..beat all the purposes dong kalo tetep rebutan. Etapi khusus tiket AA masi suka nungguin sih tapi udah ga serajin dulu.

  28. hah, jd keinget gimana gencarnya aku kalo nyari bahan makanan etnik n gourmet Indonesia, yg rata2 diekspor ke LN, smape nyarinya di Indo aja susah..
    cthnya: lobster hidup, abalone hidup, jamur kulat pelawan bangka, teripang/haisom dll

  29. Kaftan febiani itu emang HITS parah, Mba *curhatan yg blm dpt* tp aku ga ngoyo sih. Sebenernya jadi suatu fenomena loh, orang mau bayar produk mahal tanpa bisa megang bahkan ngepas-in di badan mereka. Cuma krn bahan kaftan itu emang bagus trus desainnya juga susah buat disamain. Pernah suruh ke penjahit bikin kyk gitu tp dia udah blg ga bisa mirip. Yowis ga jadi. Cuma sih balik lg karena aku ga ngoyo dapet ya sukur ga dpt ya gpp. Santai aja πŸ™‚

    • huahhaha…. kamu juga ya πŸ™‚ coba deh liat hestek febianisale, ada banyak orang2 yang beli trus jual lagi πŸ™‚
      temenku baru dapet 2 dari browsing dengan hestek itu.

  30. hahahah akuuu pernah mbak jadi korban kaftan heits itu..
    dipantengin terooos timeline IG, refresh-pantengin-refresh gitu bolak balik. ampe nyiapin format sms segala yang hasilnya selalu gagal.. trus tak unfollow juga — dan alhamdulillah ga nyesel tuh
    untung ga jadi kebeli.. bakalan ga kepake deh itu. fotonya doang kliatan bagus abis mbak modelnya cakep tinggi gitu – lah di eike, belom cencuuu

  31. Belum pernah sampai sekarang ke resto es krim yang katanya cuma sebentar. Trs nanti ditutup itu. Pas lihat. Aje gile antrinya. Ruarrr biasa. Eh gak lama ke sana kok masih buka ya? Dulu blgnya tutup deh perasaan. Jadi smp skrg blm mau ke sana juga sih. Pas tanya yang dah ke sana, katanya ya makan es krim doang di piring.

    Kalau beli karena butuh. Bukan karena dorongan promo ataupun tempat baru, mungkin akan beda Non, imho ya. Nah yang kejadian kayak gini kan org marketing tahu kalau impulse kita tiap denger promo itu gimana. Dimanfaatkanlah itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s