Ide Ngeblog


Pic source : www.socialappshq.com
Pic source : http://www.socialappshq.com

Saya menerima beberapa komen, email dan juga ada yang mention di IG dengan pertanyaan koq selalu ada ide ngeblog sih? Saya gak posting-posting tulisan soal ini karena saya pikir gak ada yang istimewanya Β juga proses saya ngeblog. Hampir mirip dengan rata-rata blogger.

Ok…… sebelum saya jadi jumawa gak ketulungan hehehe. Makasih ya yang udah nanyain. Sekarang mari kita ceritain proses saya ngeblog. Oya, abaikan judul postingan ini yang kayaknya keren banget πŸ™‚

Dari kecil saya suka banget nulis tapi sayangnya tulisan saya gak pernah bagus. Saya suka nulis diary, saya suka nulis cerita yang zaman SMP dan SMA berakhir di mading sekolah. Sejak kenal blog tahun 2003 saya jadi ketagihan nulis. Saya sempet nulis blog berdua dengan pacar saya Kukuh (hallow…. Kukuh, blog kita masih ada gak?) , sempet punya blog rame-rame dengan 5 orang temen saya yang sebenarnya isinya hampir 80% tulisan saya doang haha, lalu nyantol di Multiply lama banget sampai akhirnya ngeblog di WordPress karena multiply ditutup.

Dulu saya ngeblog cuman karena iseng doang. Bener-bener gak ngarepin ada yang baca. Makanya pas Kukuh ngasih tau saya kalau ada yang komen dan kirim email untuk blog saya, hua…. saya senengnya bukan main. Koq ada yang baca blog percintaan konyol-konyol itu hehe. Cuman karena masalah internet saya agak-agak susah ngeblog. Zaman Multiply dulu saya lumayan rajin ngeblog tapi males BW. Males BW karena susah banget inetnya. Di kantorpun saya gak punya akses internet dan pulang kantor udah capek. Biasanya abis posting di Multiply, ya….. udah selesai. Abisnya sekali posting bisa ngabisin 2-3 jam sangking lamanya haha.

Bulan September 2012 rame-ramenya tuh Multiply ditutup, saya pun migrasi ke WordPress. Total tulisan saya yang bisa di transfer ke WP saat itu sekitar 1200 tulisan dan sekitar 300 tulisan hilang karena memang di set private di MP sehingga gak bisa di transfer. Saya juga kehilangan semua postingan foto2 karena gak bisa di transfer juga .

Bulan-bulan setelah itu saya hampir gak pernah ngeblog di WP karena saya sakit, terlalu banyak kerjaan karena saya mau berhenti kerja dan internet di kos-kos’an juga jelek banget. Pokoknya aktivitas ngeblog berhenti sampai feb 2013. Saya lumayan rajin ngeblog dan blogwalking sejak berhenti kerja di Feb 2013 sampai hari ini.

Trus apa dong yang bikin saya jadi rajin nulis? emmm mungkin karena saya sebenarnya gak terlalu suka ngobrol (ini kata bos saya loh) tapi saya sebenarnya suka cerita. Jatoh-jatohnya akhirnya ditulis. Saya bisa asik banget ngobrol kalau emang ketemu orang yang pas atau emang udah deket.

Setiap kali nulis saya selalu ngangap ada orang di depan saya. Kata Matt imaginary friends, hehe. Makanya buat yang baca blog ini mungkin bakalan ngerasa saya kayak ngobrol ama temen.

Selama saya nulis, tulisan saya kan santai banget. Bisa dibilang “dangkal” karena gak pake riset, gak mesti mikir nulisnya maupun bacanya. Jadinya setiap kali nulis biasanya saya paling lama ngabisin waktu 30 menit. Kalau sama ngedit foto biasanya sekitar 1-2 jam. Tergantung mood. Udah gitu biasanya saya nulis gak pake mikir yang baca bakalan suka atau enggak. Pokoknya kalau menarik untuk saya, yah udah ditulis aja. Contohnya waktu saya sebel banget dengan anak kucing yang lahir di teras rumah, saya nulis aja tentang si kucing. Dipikir-pikir sekarang saya malah ketawa. Haduw…. anak kucing apa menariknya.

Ini beda banget dengan proses saya nulis blog untuk website kantor. Mikirnya bisa berjam-jam padahal tulisannya seiprit. Soalnya kerjaan hehehe dan biasanya pun menurut saya kurang menarik. Gak pernah puas dengan isi blog kantor hehe. Apa-apa yang bukan kerjaan biasanya saya bisa kerjain lebih cepat.

Trus idenya dari mana aja? emmm dari manapun dan apapun hehe. Lampu jalanan yang mati, kota Medan, temen yang baru curhat, Matt yang konyol makanya lahirlah “percakapan bodoh”, soal go green (saya suka banget issue ini makanya kadang-kadang saya nulis soal go green), diet yang saya lakukan dan gagal trus menerus, daily life, traveling, foto, dan masih banyak lagi.

Ini mungkin juga karena dulu saya sempet siaran. Ada satu modul ketika belajar siaran di radio adalahΒ Β untuk ngeliat hal-hal yang menarik untuk kita dan bisa dishare untuk orang lain. Karena ini mungkin saya terbiasa untuk melihat hal-hal kecil yang mungkin buat orang lain kurangΒ menarik tapi ketika kita ceritakan ulang jadi keliatan seru. Keliatan loh….. belon tentu juga beneran menarik. Hidup ini kan sebenarnya kerjanya kita cuman mencoba terus menerus, ya kan.Β 

Kalau soal mati ide pernah gak sih? pernah banget, contohnya hari ini hehe. Saya bingung banget mau nulis apa sampai akhirnya kepikiran nulis ini aja.

Dulu saya sempet kepikiran setiap weekend saya cuman mau nulis soal traveling dan restoran tapi ternyata saya malah terlalu bersenang-senang setiap weekend. Makanya setiap weekend saya hampir gak punya postingan. Kalau lagi liburan saya juga gak posting blog (ada tapi gak selalu). Jadi niat saya yang berencana bikin postingan bertema semacam wiken posting tentang traveling dan resto, senin soal kerjaan, selasa soal kehidupan, rabu soal ini itu kayaknya gak bisa saya lakukan karena saya orangnya bosenan dan gak konsisten hehe. Payah ya πŸ™‚ gak bangga sama sekali soal itu.

Saya juga kerepotan banget kalau disuruh nulis dengan topik-topik yang sudah ditentukan. Makanya saya hampir gak pernah ikutan challenge hehehe. Kadang-kadang saya pengen paksa sih tapi akhirnya saya pikir lagi ngeblog kan supaya saya happy dan santai, jadi saya tulislah hal-hal yang saya pikirkan ketika membuka laptop. Mungkin suatu hari saya harus paksa beneran untuk ikutan.

Selain itu foto-foto….. entah kenapa setiap liat foto saya biasanya dapet ide untuk posting sesuatu. Paling enggak posting tentang kisah perjalanan yang saya lakukan.

Biasanya saya nulis itu ketika pulang kerja karena biasanya abis pulang kantor Matt lanjut kerja dan saya bikin postingan untuk blog atau pas dikantor (jam istirahat ), edit foto biasanya malam-malam, trus besok paginya jam 8-10 biasanya saya tinggal posting aja dari ipad atau komputer. Gitu deh prosesnya.

Yah kira-kira kayak gitu deh ceritanya, gak istimewa dan kayaknya hampir sama dengan semua orang yang ngeblog.

Ada yang bisa nambahin tips-tips nya? atau ada yang mau share cerita ngeblog-nya…. boleh banget loh. Gimana kalau rame-rame bikin hestek #ceritangeblog haha. Udahlah ini ngada2 aja saya.

 

Advertisements

100 comments

  1. Ngga ada tips. Hahah.. πŸ˜€ Kurang lebih sama sih Mbaaaak, kalok nulis ya nulis aja. Si Febri tuuuuh yang sukak ribet. Semuanya serba salah kalok dia. Hih.

  2. Samaa saya juga gak gt doyan ngobrol kecuali sama yg emg deket banget. Makanya dibuatlah si lama page. Dan saya setuju, makin kita sering nulis, bakal makin peka kita sama lingkungan sekitar buat dijadiin bahan tulisan.

  3. semua idenya sih berawal dari apa yang kita lihat, yang kita dengar dan yg kita rasa…pokoknya terus aja menulis…pasti nanti ada ide sendiri…bukan begitu mbak non?

  4. Ahhhh mbak Noni, boleh kali ya kapan2 aku mau ikutan bikin #ceritangeblog. Kalo aku mulai berani “membuka diri” baru2 aja kok mbak.. awal ngeblog sampe beberapa waktu lalu aku nggak brani berinteraksi dgn blogger lain.. blog invisible deh. Padahal ya udah lumayan lama sih ngeblog dari 2009. Sekarang ngerasa lepaaassss gitu, dan jujur seneng nambah temen2 blogger. Eh ini komennya nyambung ga sih :”))).

    • iya bolehh πŸ™‚ ayoo tulis aja. emang ngebuka diri itu awalnya takut2 ya, takut kenapa2 hehe. Cuman kalau yang diceritain masih soal2 yang umum kayaknya gak usah takutlah. aku juga ngersa blog ini bikin tambah banyak temen ya.

  5. Mau oot nih komennya.. Kayaknya waktu aku masih di Medan seringggg denger Mba Noni siaran deh hihihi. Kalo pas denger suaranya dulu suka bayangin gimana ya rupa ni penyiar. Alhamdulillah sekarang udah liat πŸ˜€
    Sama, aku juga ‘ngiri’ liat postingan mba. Banyak idenyaaa. Mudah-mudahan nanti aku bisa seproduktif Mba Noni juga xixiixix! #kencengin ikat kepala

    • Oya…. waduh makasih ya πŸ™‚

      moga2 jadi semangat ngeblog ya, kan pasti setiap orang punya cerita menarik yang bisa dibagi ke orang lain. Sesederhana apapun ceritanya.

  6. ahaha sama Non aku ngeblog kadang gak pake mikir, nulis aja gitu plus kalau ada foto lama dieditnya ama uploadnya. kecuali kaya yang kemaren itu aku sempet simpen beberapa hari didraft takut ntar salah nulis lagi

  7. Jadi, ngeblog itu sebenernya bebas juga ya ._. yang penting kita nulis, kita share, tulisan kita menarik atau enggak kan tergantung pembaca :’

    Yah, bener kata si Bebay. Aku kadang selalu mikir ‘bagus ngga ya tulisannya’ padahal kan yang nilai orang lain, kita bisa memperbaiki setelahnya kalau udah ada yang menilai. Yah, kayaknya mulai sekarang nyoba ngeblog lepas kayak Mbak Non, Bebay, dan blogger lainnya deh πŸ˜€

    • Mba sih gitu Feb. Lagian mba mikirnya kan yang penting mba nulis aja dulu. Apalagi dulu gak kepikiran ada yang baca blog ini hehe. Kalau tulisan2 yang serius emang sih mikirnya jadi lama. takut salah juga kan ya πŸ™‚

      lagian kayaknya kalau udah kebiasaan nulis, lama2 jadi gak ada beban lagi deh tulisannya.

      yang paling penting kan kita dulu yang seneng. Orang lain nyusul itu senengnya

      • Mbak Noni emang sesepuhku banget, nasehatnya bener-bener banget :’ segera diterapin itu konsepnya mbak. Menulis lepasss dulu :’D makasiiiih mbak πŸ˜€

  8. setuju nih sama mba noni yg jadi dasar penulis karena peka sama keadaan sekitar. kalo saya karena kegelisahan dan jd bingung utk ungkapinnya kemana. jadi ya tersalurkan ke blog. di blog saya dpt byk pengalaman hidup byk org. termasuk mba.

  9. lingkungan, pengalaman, pengamatan, peristiwa, kejadian baik diri sendiri maupun pihak ketiga adalah sumber ide blog yang tidak akan ada habisnya. saya ngeblog juga ga pakai mikir lama meskipun saya akui yang saya tulis terasa dangkal, mentah dlsb. hehehe

  10. Setiap namamu muncul di readerku, pasti langsung kepikiran “Noni ini rajin banget nulisnya. Sudah gitu, ada aja idenya”

    Sebagai pembacamu, aku sering takjub sama tema2 tulisanmu loh Non. Keseharian tapi seru kalo diceritakan. Hihihiiihi
    Ajari dong Non biar bisa menulis asyik

    • Hua… aku tuh harusnya yang belajar ama kamu soal nulis. Tulisannya selalu bagus dan rapih.

      Kalau tips dari aku apa ya hehe, coba aja nulis kayak ngobrol ama temen Dian πŸ™‚ *gak bantu ya haha*

  11. Iyasih mbak aku ngeblog karena cuma bisa ngobrol sama orang tertentu aja. Punya blog juga buat cerita cerita santai aja. ide buat nulis itu muncul kalo lagi beres-beres rumah atau lg dikamar mandi *hahaha* cuma begitu mau nulis di kompu buyar semuanya :’)

    • HIhi kadang2 aku juga ngalamin kayak gitu. Kebanyakan ide trus pas didepan kompie malah bengong. Biasanya kalau kayak gitu aku posting foto aja dulu trus nanti tiba2 ngalir aja. Tulisannya gak perlu panjang kan πŸ™‚ kepanjangan pun kayaknya bakalan bikin bosen.

  12. aku syukaaaa sekali blognya mbak non, semuanya ada.. blog palugada, apa lu mau baca, gue adaa πŸ˜€ πŸ˜€
    aku juga mbak, ngeblog karena pengen nulis aja. trus blog aku pertamaaa banget dulu, di friendster ilang musnah ditelan bumi 😦

    • Makasih ya San πŸ™‚
      singkatannya rada2 gahar gitu ya hahaha.
      iya sih enaknya ngeblog itu gak pake beban ya, entar lama2 kalau emang blognya asik pasti rame.

      friendster ama mp itu emang menyedihkan nasibnya huhu

  13. Kalo gue suka gini nih Non, ide mah banyak apalagi pas di jalan trus mau ngomel ah panjang lebar di blog, gitu udah nyampe tujuan lupa…mau nulis apa.
    Contohnya nih, mau nulis soal bike2work yang udah 7 bulan ini dijalanin aja belom kejadian πŸ˜€ trus mau review banyak resto juga belom ajah… makanya si Food on Friday mangkrak gitu aja…
    Salut sama kamu yang rajin ngeblog, seru tiap hari ada posting. Kan aku jadi terhibur, meskipun nggak selalu komen yaaa… :*

    • Ruth… hampir sama dengan kamu. Pas jalan ide bisa kayak melimpah ruah trus pas dirumah aku lupa aja semuanya hahaha. Kayaknya besok2 kita mesti catat ya idenya.

      Hihihi…. food on Friday-nya ditulis yang banyak pas rajin dan banyak ide. Jadi setiap jumat kamu tinggal posting deh.

      Makasih Ya Ruth πŸ™‚

  14. Klo aku sih malah kuatir: ini kenapa aku sering banget posting yah?? Sehari bisa 2x. Di blog yg satunya yo maksudku; bukan yg whileinSydney hehehe.

    Aku mikir: gangguk gak ya klo keseringan posting? Tp setelah dipikir lagi, ini kan blog pribadi. Ya blog aing kumaha aing lah…. Klo pemirsanya gak mau baca ya tinggal di-skip aja, gitu πŸ™‚

  15. Inspirasi ngeblog datang dari pengamatan sekitar, foto, kejadian sekitar, buku, film, event penting, berita dunia dan lokal, pikiran dan ide dll. Terakhir ada beberapa temenku yang cerita tentang sejumlah hal. Dia bilang aku boleh narasi ulang dan tulia di blog tapi sampe sekarang baru draft aja Non.

  16. Aku selalu suka baca tulisan Mbak Non karena kayak lagi dengerin Mbak Non ngobrol. Makanya aku pengiiin banget ketemu dan duduk ngeteh sama Mbak. πŸ™‚

    I adore you, Mbak πŸ™‚

  17. Sebenernya saya bingung mau komen apa ditulisan mba noni ini, tapi kalau gak komen ditulisan mba noni itu rasanya gatel. Kenapa? Karena postingan2nya mba noni itu menurutku walaupun hanya sekedar curhatan pun menarik, ringan dan tidak mengintimidasi orang hahaha…Walaupun kelihatannya biasa saja, tapi kalau sudah dibaca ada aja sesuatu yang menarik untuk dikomentarin hehehe…

    Mungkin karena itu tadi mba noni hobbynya nulis kali ya, jadi walaupun kelihatannya biasa tapi aslinya ruarrr biasa. Jujur kalau saya gak hobby nulis, kalau mau posting di blog mikirnya itu bisa seharian 😦 jadilah blogku gado-gado bingung mau nentuin topik soalnya hahaha…Oiya, tapi akhir-akhir ini lagi seneng BW soal blogging tips, makannya akhir-akhir ini juga postinganku seringnya soal blogging tips hehehe…

    Keknya sepanjang aku komen di blognya mba noni ini komentar yang terpanjang deh hahaha…

    Happy Blogging Mba Noni! πŸ™‚

    • Han… mba juga suka koq baca blog kamu karena banyak tips2nya. Jadi nambah pengetahun. Orang kan seleranya beda2 ya. Ada yang suka bagi2 ilmu dan itu bagus bagnet dong. Karena mba ilmunya gak seberapa banyak makanya suka meracau hehehe. Yang penting apapun yang kita tulis mudah2an bisa bermanfaat dan menghibur orang lain.
      btw… makasih yaaa udah baca2 blog mba

      • sama2 mba noni, makasih juga sudah baca blog aku πŸ™‚
        pokoknya blog pertama yang aku kunjungi mesti punya mba noni dulu ahaha…entah kenapa πŸ˜€

  18. Yang bagian weekend itu sama mbak, aku juga kalo weekend malah gak nulis apa2, soalnya itu adalah waktu full bareng keluarga, jadi aku malah gak terpikir untuk nulis apalagi bw πŸ˜€

    Soal ide, karena isi blog cuma curhatan doang, jadi ya nulis aja apa yang terjadi ato yang diamatin…

  19. Inspirasimu banyak banget Non.
    Paling suka ini:
    Hidup ini kan sebenarnya kerjanya kita cuman mencoba terus menerus, ya kan

    Nah yang itu ditulis banyak banget kan ya hasilnya.

    • makasih Ryan πŸ™‚
      Iya kan, hidup ini emang coba dan coba lagi aja. Kalau sukses alhamdullilah, gak sukses cobain lagi (setelah nangis dan ngamuk2). Cie… positive banget aku.

  20. iya sih mbak Non, kalo nulis aku jg kyk lg ngobrol sm laptop, beneran bibirku bergerak2 barengan jari2 yg ngetik tuts hihihihi kalo dipikir2 kayak orang gila ya kalo lg nulis πŸ˜›

  21. Mbak Non, kok gak berasa ya kalo dirimu gak suka ngobrol? Pas ketemu seru aja tuh ngobrolnya. Padahal bentar doang ya. hihihi. Tapi emang deh, keknyabrerata blogger kurang suka ngobrol ya. Lebih ke mengamati. Dan pas nulis emang kek ngobrol.

    • Karena kita cocok berarti hehehe. Kalau enggak biasanya aku banyak diem dan meratiin aja. Pas kita ketemu, baru ketemu Etik aja aku udah ngakak setengah mati. Trus sama Ade dan Maya udah sering ngobrol di WA juga beberapa kali, makanya ketemu yang lain udah kayak ngalir aja

  22. mantab… kyknya kalo temanya keseharian gitu mungkin ide ngeblog ga akan habis kali ya, karena yg kita tulis ya tentang keseharian kita (pengamatan, pengalaman, sampai hal-hal yang paling remeh sekalipun)… yg jadi masalah *pengalaman pribadi* adalah ketika mempunyai standar soal postingan sendiri… maksudnya standar bagus menurut kita sendiri, apakah cukup layak atau tidak di-post di blog… tp memang itu sangat bergantung bloggernya masing-masing sih… kalau mematok standar yang terlalu tinggi akibatnya jd susah nulis yg remeh temeh.. padahal yg terkesan remeh temeh juga belum tentu ga menarik untuk di-post…

    • Itu kata bos aku loh Feb ahhaha. Aku sebenarnya suka sih ngobrol tapi tergantung temennya kayaknya. Kalau yang cocok dan deket pasti ngobrol trus. Kalau sama bos aku yah males ngobrol hahaha.

  23. Menarik banget untuk bikin #ceritangeblog rame-rame…mungkin nanti saya ikutan yaa…Kalau saya ini dapat ide-nya pagi-pagi pas lagi jalan sama anjing-ku sebelum ke kantor..terus pas nyetir ke kantor atau pulang dari kantor biasanya dapat ide. Entah kenapa nyetir itu ternyata banyak bawa pencerahan, mungkin karena terjebak macet jadi pikiran ngelantur..hahaha…

  24. Wah, itu berarti Mbak sangat menikmati kegiatan menulis, dan ketika sudah menikmati, ide pun mengalir dengan sendirinya, dan kalau kasus saya kadang-kadang idenya agak berlebih sampai-sampai di draft itu menumpuk… tapi ya sudahlah, dinikmati saja, dibawa fun saja :hihi.
    Having fun is indeed, fun :hehe. Thank you for sharing!

  25. Aku dapat ide nulis dari hasil pengamatan, mendengarkan, baca dan berdiskusi. Biasanya aku simpen dulu dalam bentuk kerangka karangan dan aku draft. Terus kalau mati ide aku tinggal lihat-lihat draft itu.

    Non, 1200 tulisan itu luar biasa. Aku ga menyelamatkan satupun tulisan di Multiply karena bingung ga tahu caranya :p

  26. menginspirasi. salah satunya yg tentang ide itu bisa dari mana saja dan apa saja. etapi, kadang2 yang susah itu memulainya. membuka jalan untuk memulai ceritanya πŸ™‚ itu yg saya alami.
    btw, salam kenal

  27. Non! Aku juga dulu anak MP, loh hahaha.. tapi kenalnya sama Ajeng aja alias MissKepik hihii.. Sama, nih, tulisan saya juga santai. Cuma cerita sehari-hari aja, mungkin karena memang pekerjaan kita yang nuntut gitu (baca: penyiar). Jadi kebiasaan menceritakan apa yang kita lihat dan rasa. Dan emang beda prosesnya kalau mau nulis buat majalah, butuh riset. Nanti mau ikutan juga, deh, bikin #ceritangeblog πŸ˜€

  28. sama non.. aku jg dari kecil krn apa2 ditulis (dulu diary) tp aku jarang ngobrol, jd sering dianggap pendiam.. pdhal klo dah ketemu tmn yg cocok, akrab.. aku malah ngomong trus ga bs brenti hahahaha… makany pas tau ada blog, aku anggap diary online, suka aku tulis aja tanpa bw, tanpa tau apakah akan di komen apa ga, krn blm ngerti hahaha.. sjk tau fungsi blog sbnr nya, malah tambah semangat ya hehe

  29. saya termasuk org yang rajin BW ke mba noni meski g selalu komen dan dirapel beberapa hari sekali baca postingan2nnya. sukaa.. sm crta daily life gitu. soalnya sya susah nulis begitu πŸ˜€

    dan bener bgt kaya mba noni, saya meski suka nulis blog dan kerjaan saya adalah nulis website dan majalah kantor, ttp aja pas nulisnya berjam-jam hanya untuk seuprit kalimat dan bisa 2 hari lebih untuk beberapa lembar a4 πŸ˜€

  30. Ahh nulis diary, sama bgt *tos* akupun berlanjut ke multiply tapi ga selamat semua tulisan karena ga tau caranya 😦 trus ke wp juga baruu.. apalagi berinteraksi sama blogger lain, baru2 ini banget.

    Tapi Mba aku kan tipenya silent reader, pas baca tulisan Mba Noni itu berpotensi kayak temen kul aku yg nulis blog kambing jantan (dulu) skr blog nya udah berubah jadi nama dia. Ga menutup kemungkinan tulisan Mba jadi buku, serial, bahkan film *langsung minta tanda tangan sama foto bareng Mba Noni*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s