Temen Jadi Bos


Foto was taken by Dini
Foto was taken by Dini

Apa rasanya temen baik kita jadi bos? seneng atau sebel, hayoooo…..

Sejauh ini saya belon pernah sih ngerasain temen baik saya jadi bos. Soalnya kerjanya jauh-jauhan tapi kalau kenalan lama yang akhirnya jadi bos tidak langsung, Β pernah. Sekarang ini di kantor yang baru. Pas ketemu pertama kali saya sama dia sama-sama kaget. Gak nyangka sama sekali. Akibatnya dia jadi salah satu temen saya dikantor. Temen ngobrol sama temen makan siang. Kalau ngomongin kerjaan sih saya males, Β haha.

Yang lucu temen saya beberapa waktu lalu curhat. Jadi temen baiknya menjadi bosnya. Baru diangkat. Begitu diangkat jadi bosnya, dia langsung ngerasa gak enak. Gak enak karena ada banyak hal-hal yang dulu mereka lakukan berdua sekarang gak bisa dilakukan bareng lagi secara si bos harus menjaga harkat dan martabat hehe. Belon lagi kalau dulu cuek semisal ngelanggar aturan-aturan kecil, sekarang mana bisa lagi. Bosnya yang ngomelin temen sendiri, kebawa-bawa dihati lah.

Nah persoalan dibawa-bawa kehati ini yang suka jadi masalah. Kayak temen saya itu hehe. Sebenarnya bos dan si temen saya ini keduanya adalah temen-temen juga. Si temen baik saya ketika buka EO kan merekrut banyak temen-temen main saya dulu zaman masih di radio. Jadi kenal semuanya. Sewaktu si temen deket ngamuk-ngamuk karena kinerja mereka kurang seperti yang dia harapkan, ehhh…..berakhir dengan perasaan-perasaan gak enak. Sama aja kalau kita diomelin bos tapi karena temen jadinya ditambahin embel-embel “kesel deh diomelin si A, dia kan temen sendiri harusnya ngerti dong” semisal begitulah, padahal yang namanya temen kalau urusan kerja harusnya profesional, kan πŸ™‚

Yang lucu juga sewaktu di radio. Kebetulan senior/temen saya diradio dulu akhirnya jadi program director. Kerjaan dia ngurusin siarannya kita. Kalau jelek diomelin dan harus diperbaiki, masalahnya ketika jatoh ke kita yang temen-temennya dia gak bisa terlalu keras. Belon sempet ngomel, kita udah galak duluan, hahah. Bener-bener deh, untung saya cuman beberapa bulan aja sebelum akhirnya resign.

Ini juga yang kadang-kadang bikin berbisnis dengan temen atau saudara sendiri sering bikin “masalah”. Soalnya dibawa-bawa ke hati. Masuk ke hatinya lebih dalam hehe.

Punya cerita temen jadi bos atau malahan kamu yang jadi bos, share dong πŸ™‚

Advertisements

95 comments

  1. Aku pernah jadi bosnya, aduh serba salah kalau ngomongin. Suka ga didengerin.

    Sebenarnya ga cuma temen jadi bos aja yang ga menyenangkan, temen jadi kolega juga ga enak. Apalagi kalau ternyata kinerjanya jauh di bawah harapan.

    • iya bener πŸ™‚ aku ngerasain juga sih karena sekarang bosku itu “temen” zaman dulu hahaha. Kayaknya kalau dia mau ngomel sama aku, bawaanya jadi gak enak walau kerjaan kita gak berhubungan sih

  2. Boss ku skrg adalah tanteku, hehehe. Kerjanya jauh2an sih, LDW. Long Distance Work. Tp ada beban lbh ya klo sama sodara, lbh kuatir akan mengecewakan beliau.

  3. Pernah ngalamin dua orang temen jadi bos. Mereka nanganin dua tim berbeda dan kebetulan yang nanganin tim saya berubah jadi alamaaaaak… Hahahaha. Yang satunya tetep nyante. Galak sih yang nyante ini tapi dia pinter orangnya. Dia blakblakan bilang kalo soal kerjaan dia galak tapi kalo waktunya maen ya maen gak usah bahas kerjaan. Nah yang di atas saya. Olalalalalalalaaa. Hahahahaha.

  4. nih skrg yg jd bos ku, temenku mbk..bukan yg tmn deket sih cuma temen seangkatan dl waktu masuk kerja..dia mah kalo mau ngomel ya ngomel aja..tapi aq aja yg cuek..kadang diksh kerjaan masih suka nawar dulu..hahaha

  5. Pernah banget Non.. Dulu dikantor pertama gw, masuknya barengan, tp beda dept, dia HRD gw GA trs 2taon kmudian dia dipindah ke GA gantiin bos gw.. Dia kan cowo dan dia tetep minta dipanggil nama dong, klo yg lain sih manggilnya Pak hehehe.. Pas gw mau resign, dia nahan surat resign gw 3bln aja, dsuruh pikirin hahahhaa lucu klo inget itu..

  6. kalau jadi atasan langsung….
    serba salah mbak Noni πŸ˜†
    tapi emang kudu profesional sih ya kalau di tempat kerja, pas waktunya maen bareng, ya maen aja tanpa bawa embel-embel kerjaan

  7. Sama kayak ira nuraini, aku pernah juga ngalamain temen-seangkatan-masuk-kerja jadi bosku. Dan ya sama.. aku kalo dikasih kerjaan nawar melulu, sampe keliatan banget muka “tersiksa”nya kalo lagi kasih kerjaan ke aku. Hahaha…

  8. Balik lagi ke profesionalisme masing-masing mungkin ya Mbak, bisa atau tidak memisahkan urusan kerjaan dengan persahabatan, dan bener, dimasukin ke hatikah bagi masing-masing orang :hihi.
    Untungnya saya belum pernah punya teman yang jadi bos (maklum, angkatan kami masih pegawai baru semua). Tapi beberapa tahun ke depan, siapa tahu…

  9. Sejauh ini belum pernah ngerasain sih kak, tp kl sampe kejadian kembali lagi ke tipe orangnya sih, bisa sama2 santai atau malah mau keki-keki-an πŸ˜€

  10. pernah ngalamin dua2nya.
    awalnya kita bertiga itu satu team. trus yang satu naik pangkat jadi bos kita berdua. gak berasa gimana2 sih abis kerjanya beda2 juga, gak berasa kayak dia bos gua. hahaha. akhirnya gua protes juga sih ke bos yang lebih tinggi karena gua merasa kok temen gua itu bos gua tapi gak pernah supervisi kerjaan gua juga. jadi akhirnya gua dapet promosi dan temen gua itu pindah ke bagian lain. jadi yan temen gua satunya sekarang jadi anak buah gua. so far sih gak ada masalah juga. πŸ˜€

  11. Hahaha ini lucu banget, “…menjaga harkat dan martabat” berasa nonton sinetron. πŸ˜›

    Aku pernah Mbak Non berada di bawah temanku yang jadi bos. Mmm…ya biasa aja. Malahan dia yang sungkan ngasih aku kerjaan hahaha…

  12. Belom pernah sih non tapi kebayang ga enaknya. Kalo aku sih berasanya bakal awkward. Tapiii kalo dari bosa jadi temen sih ada, malah lebih asik kerjanya

  13. belum pernah ngerasain, ada sih temen yg bosnya itu temen nya jg..tp kayaknya santai2 aja malah suka cela2an ga jelas πŸ˜€

  14. Kalau jadi bos di kepanitiaan pernah ngalamin, tapi karena udah hapal banget sama temen sendiri yang emang profesional banget, pas dese ngomel-ngomel ya trima aja ahahahaa :)))

  15. temen jd boss gak pernah mba. saya jd boss-nya temen pernah. wkwkwkwk … tp cuma bertahan sebulan krn boss pilih orang lain tapi aku dinaikkin sih jabatannya πŸ˜€ . yg merasa gak enak, akunya. temenku sih jd sinis sm aku. krn denger2x dia ngarepin posisi itu sblmnya. pas dipindahin lagi akunya, dia baru baik lg sm aku πŸ™‚ .

  16. Hahaha, teorinya memang gitu ya Non. Kerja ya kerja jadi harus profesional. Tapi kenyataannya memang lebih susah dipraktekin kalo sama temen atau keluarga sendiri, hehehe

  17. Bakalan canggung banget ini. Kecuali si temen yang udah jadi bos itu bisa bersikap lebih cair. Dan temen yang jadi anak buah bisa tahu diri hehe. Jadi kalo selama temen yang jadi bawahan gak melakukan hal-hal di luar peraturan perusahaan kayaknya hubungan komunikasi sebelumnya waktu masih statusnya temen sama temen bisa tetap dilanjutkan.

  18. Wah.. belum pernah ngalami dua2nya Mbak Noni.. tapi kalo ngalami pasti saya kagok dech…saya selalu nggak mau cari temen deket di kantor karena udah nggak organic relationships-nya dech kalo sama co-worker πŸ™‚

  19. Iya bgt mb non. Been there. Temen yg baek blm tentu jd partner kerja/ bisnis yg baek, slh satu ya gegara uda temenan baek itu. Mau apa2 perasaan yg dipikirin duluan hahaha

  20. belom ada temen yg jd bos, mungkin beberapa tahun mendatang teman-teman seangkatanku bisa jadi atasanku. Kalo begitu bingung juga ya ga bisa manggil elo gue lagi dan bisa jadi kaku haha.
    Kalo temen sekelasku jadi dosenku ada, aneh juga manggil dng sebutan ibu πŸ˜€

  21. Mbaaaa fotonya keren! πŸ˜€ kalau temen jd bos iri dong haha seneng lah mba apa2 jadi lebih mudah kan.. bisa langsung d sampaikan kalay masalah kebiasaan berdua aku rasa harus d kesampingkan dulu lah ya waktunya serius ya serius πŸ˜€

    • Makasih Lim πŸ™‚ udah kayak patung fotonya ya πŸ™‚
      Harusnya emang lebih enak sih, karena apa2 kan bisa diobrolin baik2. Mungkin yang bikin gak enak cuman kalau berasa iri doang

  22. dikantor terakhir aku kerja dijakarta dulu temen ku yang akhirnya jadi bos buat divisi terkait gitu. yang awalnya kita baik2 aja pas dia jadi bos langsung gak enakin banget. ngerasa diatas angin gitu. sebell.

  23. Pernah… tapi aq suka sebel klo urusan pribadi nyampur ke kerjaan.. biasanya aq ngomel β€œyg profesional dong!!”.. makanya aq males temenan ama bos.. bisa2 pertemanan disalah gunakan…

    Klo skg anak buahku yg temen rumah.. dri awal aq bilang klo aq di kerjaan jgn harap sama spt dirumah… biar tau posisi kapan guyon kapan serius..

  24. akuuu…boss aku suami aku! hadeeew… rempong mba. gak prof. sering urusan kerjaan kebawa ke ranjang, ujungnya pingin manja2 klu di kamar, bawaannya malah tegang. hahaha… mauku urusan kerjanya di kantor aja, rumah santai2, minta diberhentikan, doi gak mau. hiiisssss…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s