Kenali Barangmu!


Foto was  taken by Ellen
Foto was taken by Ellen

3 hari yang lalu sewaktu pulang dari kantor ke rumah, saya liat kaca spion mobil bergeser dari yang biasanya. Karena sudah di tengah-tengah macet, susah buat menggeser kaca tersebut. Saya tahu ada tombol didekat stir yang bisa mengganti posisi kaca spion tanpa harus melakukannya dengan cara manual, masalahnya saya gak tau tombolnya yang mana. Ini mobilnya belon yang canggih padahal, kalau udah yang canggih bisa-bisa saya ke bengkel haha. Mau nyari-nyari tombolnya koq yah ribet, takut keserimpet kendaraan lain. Saya tahankan nyetir dengan posisi spion yang “aneh” itu sampai didepan kantor si Matt.

Begitu ketemu Matt, dia langsung ngomong “kenapa gak diganti aja, kan tombolnya disini ini nih” narik tangan saya buat ngerasain tombolnya trus nunjukin buku manual mobil ada di dashboard.

Ini bukan sekali dua kali. Dari dulu sejak pertama bawa mobil, rasanya saya hampir gak mengenali detail kendaraan saya itu. Dimana tombol ini, dimana tombol itu. Akhirnya kalau ada masalah repot sendiri. Begitu mobil mogok, saya sih sok paten buka kap mobil tapi bengong ngeliatin banyak kabel dan mesin. Yang mana ini yang bermasalah 🙂 Udah gitu bukannnya kapok tapi setiap kali ganti mobil (sok sering gitu kesannya padahal jarang banget) yah tetep aja saya gak cek cek ombak setiap tombol di mobil.

Perkara gak mengenali barang yang saya miliki gak cuman mobil tapi juga barang lain terutama gadget. Saya lumayan suka gonta ganti kamera. Kamera ganti-ganti tapi pengetahuan saya sama benda tersebut, duh……cetek banget. Hape juga sama nasibnya. Makanya sejak nikah ama si Matt, dia suka ngomong “ah…kamu sih gak perlu ganti-ganti hape, yang ini aja belon dipake maksimal” tuh, sampai sekarang saya gak ganti-ganti hape karena……… gak punya duit buat gantiinya hihihi.

Kejadian paling menggelikan sewaktu saya baru mengganti tv tahun 2008. Ini ceritanya tv baru. Eh baru beli tv koq gak bisa nyala. Saya kutak katik gak nyala juga. Udah mulai ngomel-ngomel. Trus telp temen cowok yang kebetulan emang mau pergi bareng. Begitu dia datang ternyata remote tv kehabisan baterai. Hadew…padahal saya udah nelp tekhnisi buat benerin tv haha.

O,ya menyambung soal hape. Jadi beberapa hari lalu saya mengundang 2 blogger ke kantor. Kita ngobrol-ngobrol. Salah seorang dari mereka photographer. Saya dan dia ngobrol seru soal hape. Si photographer ini make xiomi, yang ternyata hape Cina canggih. Saya baru tahu loh. Kita ngobrol sampai dia nunjukin semua fitur-fitur canggih dari hapenya dan saya komen begini “ahhh….koq hape aku gak ada sih fitur kayak gitu?” trus dia ngomong gini “mba…..ini loh ada” ngambil hape dan nunjukin ke saya. huhahahaa. Adow…..

Sampai dirumah dan cerita ke Matt, dia cuman ngomong “makanya kalau beli barang itu dibaca buku manualnya, jangan cuman dikutak katik tapi gak dibaca”

 

Advertisements

76 comments

  1. hikhikhik..kalo aku soal komputer paling. shortcut ini itu gak ngerti, tapi harus kerja pake program itu. alhasil ngomel2 di sms ke suami “ini begimana siiih?”, trs pas udah dikasih tau cuma: “oh.”

    :))

  2. yaa si MB juga beli sepeda motor saja dia baca buku manualnya sampai habis, saya sama bapak ku ketawa ngakak seumur hidup barusan ada yang beli motor baca sampai habis buku petunjuknya…

  3. Nonik sama deh ama gw, kadang gw juga lupa ama fungsi2 tombol di mobil sendiri. Palagi kalau lagi driving, udah bener2 gugup deh. Masalah teknologi juga, gw sih gaptek banget. Untuk cellphone, tv, computer, gw selalu minta Jake nolongin he he he he.

  4. Ini kayaknya nggak mungkin kejadian sama aku, karena aku paling demen yang namanya ngutek barang. Begitu punya barang baru langsung diutak atik, baru nanti bosen setelah tau semua “rahasia”nya haha

    • Ah andai kamu tetanggaku EV haha. Dulu di kantor ada temen aku paling suka kutak katik hape. Begitu aku beli hape baru, langsung kasiin ke dia buat diberesin, setelah beres baru deh aku pakai haha

  5. hahaha….udh didepan mata padahal tapi tetap aja gk tau males…, samalah kyk aku non, 🙂 kita taunya cuma make doang, untuk hal-hal yg belum dianggap perlu ntar2 ajalh, kan ntar tau dgn sendirinya, padahal pas giliran perlu gk tau juga…hahaha.

  6. Hehehe ada2 aja mbak Noni. Kalo aku biasanya baca dulu buku manualnya tp yang garis besarnya aja.. Detailnya belakangan. Klo utk org2 tertentu ada istilah RTFM: read the f*ckin’ manual, lol 😀

  7. Akhir-akhir ini baru baca buku manual. Ternyata membantu banjeet. Karena pake hape baru dengan baca manual jadi bisa cepet banget proses sesuatu. Ngeblogpun lewat hape terus kebanyakan. Kalo mobil sih sebisa mungkin fungsi standar tanya sama teknisi pas servis pertama ato pas dianter pertama ke rumah. Mihihihi.

  8. Hahahaha yang TV rusak itu kocak banget deh mbaaa 😀 Eh tapi aku juga gak pernah baca2 buku manual sih. Seringnya cuma utak atik sendiri, trus kalo bingung, cara gampangnya tanya simbah gugel 😀

  9. Hahaha, aku biasanya baru buka buku manual kalau ada masalah dengan barangnya Non 😛 . Atau kadang kalau mau tahu caranya menggunakan satu fitur tertentu sih, hehe 😀 . Eh tapi sekarang enak loh soalnya biasanya manualnya ada versi pdf-nya di internet. Tapi mungkin tergantung produk dan merk-nya juga sih ya, hehe 🙂 .

    • Mungkin karena biasanya penjelasan tekhnis gitu kali ya Zi, jadi buat aku gak menarik sama sekali. Cowok kayaknya emang udah dari sononya kan suka kutak katik dan bener2in barang elektronik hehe.

  10. haha kocak…jadi ingat dulu pas lagi jaman kuliah dan banyak ujian, eh komputer ane ngadat ga mo nyala…udah dibongkar ga ada yg aneh, trs pas dibawa ke kampus kata temen abis dia periksa, memorinya kotor dan abis dibersihin lgsg nyala..haish..tau gtu kan dibersihin di kost ajeee 😛

  11. Hahahaha GUA BANGET!!
    Non kapan hari tiba2 remot 1st media d kamarku mati tp remot kamar anak2 bisa.. jd kita pake 1 remot buat 2 tv.. ribeut.. pas telp CSnya dia bilang cek batre bu.. mungkin abis.. cek posisi batre bu apa dah bener.. dia dah khatam kli kelakuan ibu2

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s