Kenapa Hujan Membuat Mellow?


Marriott Gourmet
Marriott Gourmet

Kenapa, ya, kalau hujan bawaannya jadi mellow?

Suatu sore saya dan beberapa teman terjebak hujan besar di kantor. Semuanya pusing mikirin buat pulang kerumah. Mondar mandir gak karu-karuan. Jum’at sore, pengen pulang cepat, ehhh ujan gede banget. Di Medan mirip Surabaya, hujan besar sebentar aja langsung banjir. Si Matt cerita beberapa hari lalu dia kena banjir hampir sebetis di jalan Dr. Mansur. Jadilah kalau hujan bawaannya deg-degan, Β apalagi kalau mobilnya pendek semacam mobil sedan. Saya udah beberapa kali kelelep air soalnya hehe.

O,ya balik lagi ke perasaan mellow dan galaw (pake W) ternyata ada penjelasan ilmiahnya, loh. Saya baru baca dari Kompasiana jadi langsung di copas. Untuk lengkapnya bisa klik di sini.

β€œKetika hujan dan cuaca menjadi mendung, apalagi jika berada di dalam ruangan, tubuh terutama mata akan menerima cahaya jauh lebih sedikit dibandingkan ketika cuaca cerah. Sedikitnya cahaya yang masuk ke mata akan diterima sebagai sinyal oleh otak dan melewati bagian otak yang disebut Hipothalamus. Bagian ini bertanggung jawab mengontrol beberapa proses seperti tidur dan mood. Ketika mencapai hipothalamus, sinyal akan diteruskan ke Glandula pineal yang dalam kondisi kurang cahaya seperti hujan dan mendung akan memproduksi banyak hormon Melatonin. Melatonin inilah yang mendorong seseorang menjadi lebih mudah mengantuk dan melamun.

Di sisi lain ketika hujan turun dan langit menjadi lebih gelap, kulit manusia mendapatkan lebih sedikit cahaya matahari menyebabkan vitamin D di dalam tubuh menjadi sedikit. Rendahnya level vitamin D ternyata mempengaruhi level Serotonin di dalam otak. Serotonin adalah protein pembawa sinyal (neurotransmitter) yang bertugas meneruskan sinyal dari sel syaraf ke sel target. Selain bertanggung jawab pada pengaturan mood, Serotonin juga memegang peranan dalam proses mengingat. Ketika hujan, mendung dan lingkungan sekitar menjadi lebih gelap, Serotonin dapat mengalami penurunan level sehingga mood akan berubah dan orang akan cenderung melamun dan akhirnya mellow.

Perubahan biologis yang mempengaruhi mood tersebut menjadi lebih rentan karena secara psikologis dalam kondisi melamun atau mengantuk, alam bawah sadar manusia cenderung memanggil banyak memori termasuk ingatan-ingatan lama seperti ingatan tentang masa kecil, orang tua juga tentang mantan”.

Lucunya kemaren sore sewaktu hujan besar banget, saya dan satu orang temen ngeliatin hujan dari jendela kantor. Dia tiba-tiba ngomong gini

“Non, ada temen aku setiap kali hujan pasti nangis. Katanya dia jadi kangen suaminya, padahal suaminya ada , loh hehe. Lucu ya”

Ini bukan pertama kalinya saya denger orang komentar kayak gitu. Terkadang saya sendiri ngerasain juga. Setiap kali hujan (apalagi kalau dirumah lagi bengong) selain takut (banjir dan takut terbang) saya suka jadi ngelamun. Mulai dari ngelamunin makanan sampai ngelamun jorok hahaha. Kalau lagi sama si Matt, otomatis dia ke dapur, bikin minuman panas trus keruntelan di sofa nonton dvd.

Di beberapa tempat saya kerja, kalau lagi hujan pasti ada aja yang nyeletuk “Beli pisang goreng enak, nih. Eh…titip gorengan, yuk. Makan indomie panas pake cabe rawit dan telur 2 paling enakkkk sekarang. Pesen yuk” pokoknya gak jauh-jauh dari makanan hahaha.

Selain hujan enaknya makan-makan atau minum-minum yang panas, yang saya sebelin lainnya adalah kalau bawa mobil malem-malem trus ujan. Cahaya lampu dari mobil lain bikin mata keriyep-keriyep susah ngeliat huhu.

Kalau kamu gimana kalau lagi hujan? ngapain aja?

Eh…iya karena sore kemaren saya dapet kopi dan tiramisu (korban foto2 kantor), gimana kalau kita nikmatin hujan sambil ngemil πŸ™‚

Xoxo

Dari Medan yang mendungnya mengundang……..mengundang hujan maksutnya hehe.

Marriott Gourmet
Marriott Gourmet
Advertisements

140 comments

  1. Aaaaa.. Ternyata ada penjelasannya secara ilmiah toh, Mbak.. Aku kira emang kerjaan hujan aja yang selalu meresonansi masa lalu.. Bahahah.. πŸ˜€

    Biasanya kalok ujan, aku malah tidor.. Biasa lah kebo.. Tapi sering jugak akhirnya bikin indomie pakek kuah telor plus dikasih cabe rawit yang banyak.. Hihihi.. πŸ˜›

    • “Perubahan biologis yang mempengaruhi mood tersebut menjadi lebih rentan karena secara psikologis dalam kondisi melamun atau mengantuk, alam bawah sadar manusia cenderung memanggil banyak memori termasuk ingatan-ingatan lama seperti ingatan tentang masa kecil, orang tua juga tentang mantan.”
      pantesan mellow….inget mantan sih… hehehe. hujan yang apalagi kalo datengnya sore-sore gitu. bawaannya ngantuk dan mendadak dramatis. ditambah lagi dengan nonton film india atau serial korea, Kak Non. makin melloww…hihihihi

      • Waduh jangan nonton film mellow kalau gitu. DItahan2 haha. Nonton film action aja ya πŸ™‚
        Iya ya, hujan itu kayak manggil2 buat terkenang2 akan masa silam, halah.

  2. Kalau hujan gede yang ada di pikiran bocor mba bocor. Haha kalau gerimis dan mendung gelep ini yg sering bikin galaw. Ngegalawnya Sambil ngopi biar makin kreyes-krenyes

  3. hoo jadi begitu ya penjelasannya πŸ™‚ saya sangat mengalaminya, terutama tiap sore emang selalu lebih mellow, apalagi ditambah hujan haha biasanya saya inget orang tua, pokoknya inget yg jauh, kalo lg jauh dari suami ya inget suami jg. Dan tidak menyangkal memang klo ditambah lagi PMS (duh combo banget) beberapa kali saya jadi nangis πŸ˜€
    Tapi terlepas dari itu, saya selalu suka hujan, karena ya itu..bikin jadi syahdu πŸ™‚

  4. takut terbang gimana maksudnya mba non?? kalo udah mendung aku was2 kalo belom angkat jemuran tapi kalo udah sih aku santai ajaaa.. oh iya sama aku takut rumah bocor.. aduh ga banget.. mudah2an jangan sampe ada yg bocor..

  5. Saya suka hujan, tapi takut petir menyambar air hujan yg turun deres banget bikin saya takut banjir atap bocor kuatir banget bawaannya. Kalo hujan banyak2 berdoa konon salah satu doa yg diijabah adalah saat turun hujan *koreksikalosalah πŸ™‚

  6. Gw suka hujan.. Tp klo salah satu anggota keluarga blm pulang rasanya deg2an *lebay*
    Tp klo udah kumpul semua dan hujan, enaknya ngeteh sambil nyemil atau ga kelonan sama suami dan anak.. Ahhh seruuuu hihihi

    • Iya bener, apalagi kalo ada yang terbang. Stress aku hahaha. Kalau ngumpul semuanya sih gpp. Inget zaman masih kecil kalau ujan angin, nyokap langsung ngumpulin semua anak2nya haha.

  7. ahhaha.. yg nulis alasan ilmiah.nya. kyknya lagi galaw juga deh.. penting bngt tuh terakirnya ada ‘ingat mantan’ hahaha. kalo lagi ujan enaknya makan indomie emang.. rasanya enak dan hangat. haha.. plus nonton dvd di rumah.. haha..

  8. Aku sukaa ujan mbak non (emang dasarnya mellow nih :P). Bikin suasana adem, tapi bikin kita jadi males ngapa2in juga. Ternyata ada ya penjelsn ilmiahnya. Di jkt juga tuh, kl udah ujan menjelang jam pulang ktr (apalagi jumat), bikin stres!

  9. ulasan ilmiah yg sama tentang kenapa winter di negeri empat musim menaikkan angka bunuh diri terutama di negeri negeri dekat kutub. hence, winter festival was created, nothing to do with religion so they said.

  10. ulasan ilmiah yang sama menjelaskan kenapa angka depresi dan bunuh diri meningkat ketika winter terutama di negeri negeri empat musim deket kutub sana. hence the creation of winter festival which had nothing to do with religion so they said.

  11. sesuai tag line blog aku mbak Noni, minum cokelat anget sambil mandangin hujan πŸ˜€
    kalau ada novel, sambil baca novel, bisa sambil makan bakso, makan indomie rebus, atau ngelamun

      • yang ada beberes barang-barang di rumah biar ga kena banjir. Kalau kena banjir di jalan, berdoa supaya mobil ga mati mbak Noni

      • Iya, apalagi kalau mobilnya pendek. Aku pernah pulang tengah malam dari radio. Mobilnya udah kelelep gitu tapi kan mesti pulang. Bokap mandu lewat telp, soalnya mobil itu kalau kelelep remnya suka blong. Dijalan mati satu2. Mulai dari radio, klakson sampai mati total persis didepan pintu pagar rumah hahaha. Tengah malam loh sendirian, hujan deras dan banjir hahaha.

      • waduh mbak Noni serem banget x_x
        untung mati totalnya udah nyampe rumah ya. Kebayang kalau masih di tengah jalan. Ternyata ga cuma Jakarta atau Bandung yang suka banjir, Medanpun suka banjir yaaaa

      • Medan juga sering banjir, ujan gede bentar aja banjir hehe. Iya itu serem banget, soalnya matinya kan satu2 gitu termasuk lampu haha. Bokap aku yah cuman nemenin di telp aja, bukan dijemput anaknya. ck…ck….

  12. Klo pas di Smg, hujan=siap2 ngangkut berkas di kantor krn sering bgt kerendem. Sampe motor juga udah mutasi genetik jadi kapal selem harus ngelewatin area banjir mulu tiap ngantor.

  13. Kalu ujan and gw di rumah sih oke2 aja, Tapi paling bikin watir kalau ujan dan gw kudu nyetir krn kadang vision nya gga bagus. Palagi kalau ujannya deras banget. Kalau masalah banjir disini sih gga terlalu dikuatirkan krn emang jarang sih banjir. Emang paling enak minum dan makan yg anget2 kalau pas ujan, Tp kalau gga ujan selama Winter dingin sampe minus 15 Celcius gini sih kayaknya gw pengen deh minum dan makan yg anget2

  14. Seingetku tadi dah comment, kok ngak ada yaaa ????? hehehe
    Kalo aku ngak mellow tapi mau nya keruntelan di kamar trus setelah ujan mencium bau tanah yg basah itu bikin horny #kagakNyambung tapi aku suka dan selalu merindu bau tanah bekas ujan

  15. ujan dingin enaknya sambil makan bakso hoh..kuah2 pedes..bayanginnya jadi ngeces πŸ˜€
    dan bau tanah abis kena ujan itu enak

  16. Klo ujan ingatan pasti ke rumah, pengen pulang. Nah disini klo Winter bawaannya ga ceria, begitu nemu matahari orang orang jadi mendadak ramah, pasti nyapa sekedar say hello. Oh ya aku pun minum vitamin D, orang orang dr negara yg asalnya dr negara yg berlimpah matahari pasti dianjurkan minum vitamin D

    • Oh gitu ya, harus minum vitamin D, aku baru tau loh hehe. Kata ibu si Matt kalau winter susah nyapa2 orang karena kan dingin banget, jadi males ngobrol2 hahaha. Kecuali ketemunya didalam ruangan, kalau diluar, duh….pengen buru2 pergi aja.

  17. kalau hujan paling enak bobo2an aja kak non hahaha.. kruntelan di kasur selimutan πŸ˜› kalau si Mas sama kaya om matt pasti nyari minuman yg anget2.

  18. Hujan di Medan hari Rabu kemarin yang heboh… Deras lama dan berulang kali… Kirain dah reda, selang berapa menit mulai lagi orkestra airnya. Mantap bah kalo buat mandi hujan.

    Eh tahunya berlanjut juga di Kamis siang hujan lagi… Mantap…

  19. Kalo di kantor : beli indomie rebus
    Kalo dirumah sendiri : baca novel sambil denger john mayer/nonton film the house lake nya mas nunu reeves
    Kalo dirumah sama suami : kruntelan di kasur pake selimut hihihi

  20. Kalau hujan pas di rumah ya enaknya masuk kamar lagi trus kruntelan di kasur, Mbak. Kalau hujan pas di kantor . . ya tetap kerja, habis mau kruntelan juga gak mungkin kan πŸ˜€

  21. Non aku paling suka sama hujan.. Bawaannya jadi pengen santai2 meluluu, hahaha. Paling enak kl lagi hujan ngumpet di bawah selimut sambil dvdan atau ngerajut dan bikin tehh. Enaaakk πŸ™‚ πŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s