Suatu Pagi Di Jawa (Taman Nasional Alas Purwo)


somewhere near Taman National Alas Purwo
Somewhere near Taman National Alas Purwo\

Pagi itu setelah terguncang-guncang lebih dari 6 jam di atas mobil van akhirnya kami mulai memasuki areal Taman Nasional Alas Purwo. Dari kejauhan langit berwarna jingga dan sinar mentari menerobos masuk di sela-sela hutan kayu. Geliat kehidupan mulai terasa. Ini pemandangan yang selalu saya impikan. Bangun dipagi dengan sinar mentari yang bersinar lembut di sela pepohonan, suara burung-burung, ayam, derit rantai sepeda yang lama tidak di minyakin, suara tawa ibu-ibu bercaping di pinggir jalan dan tentu saja ketika saya membuka jendela mobil yang berjalan perlahan karena jalanan yang berkerikil mereka menyapa kami dengan teriakan nyaring.

Yah, saya di Jawa. Di salah satu tempat paling cantik dan mistis di Indonesia. Pernahkan kamu mendengar cerita-cerita mistis dari Alas Purwo? tempat banyak orang berguru ilmu kedigjayaan. Sesekali saya mendongakkan kepala dan berharap bertemu pria yang melayang di antara pepohonan atau mungkin juga pendekar beradu ilmu seperti di cerita radio yang saya ikutin ketika masih kanak-kanak, misteri Gunung Berapi.

Sayangnya saya hanya menemukan beberapa orang anak kecil di pinggir hutan yang membawa seikat belalang gendut. Belalang sebanyak itu hanya saya beli Rp 10.000. Kata mereka bisa di goreng atau disambal dan rasanya sungguh nikmat. Oklah, tidak ada salahnya mencoba kan. Setelah saya memberikan uang tiba-tiba saja mereka menghilang……hahaha…..gak koq, mereka senang bukan kepalang. 2 anak lelaki tanpa sandal kaki berlari kencang setelah menerima uang. Entah berapa jam mereka mengumpulkan belalang sebanyak itu haha.

Perjalanan ini sudah cukup lama dan hari ini saya merindukan kampung kecil itu lagi, sinar mentarinya dan tentu saja orang-orang yang saya temui.

2622_57586453201_7349440_n

2622_57586443201_5500268_n

2622_57586438201_5390311_n

2622_57587048201_1521614_n

2622_57586463201_2385577_n

2622_57586458201_1964545_n

2625_67313034514_4224214_n

2625_67313289514_433763_n

2625_67313064514_2553966_n

Advertisements

71 comments

  1. you really eat that? gimana rasanya?
    tapi ngiri lihat foto pertama… seperti postcard. atau jadikan postcard aja Non… saya jadi pemesan pertama… ๐Ÿ˜€

  2. Loh.. Itu belalang toh.. Ku kira kacang edamame, Mbak Non.. Wakakakk ๐Ÿ˜€

    Cakep ya.. Dari foto aja bagus, apalagi aslinya. Huh.. Sirik nih, jadi pengen ke sana juga.. Oh ya, semoga kura-kuranya bisa survive sampe sekarang ya. Kiyuuut :3

      • Banyak banget.. Enak Mbak, belalangnya?

        Serius, Mbak Non? Berarti tempatnya emang bagus banget yak.. Aku paling suka foto yang pertama. Kirim ke majalah travelling aja Mbak, pasti lolos.. ๐Ÿ˜€
        Ngga papa, tetep matching kok, Mbak. Tapi sempat mikir juga sih, di mana itu pantainya. Hahah.

    • yah gak abislah Pit hehe. aku cuman makan 4 biji kalo gak salah ๐Ÿ™‚ belon kenal Matt waktu itu hehe. aku baru kenal Matt 2011 dan dia gak terlalu sering traveling. Aku lebih sering traveling dengan temen2 aku, keluarga atau sendirian.

  3. Merinding banget Buuuuuu lihat potonyaaaaa. Apalagi dikasih deskripsi ituh. My lifetime dream bangun setiap hari menemukan itu semua… Haishh beneran merinding gak selese-selese nih!

  4. Alas Purwo selalu menimbulkan kesan mistis buat yang ngerti ya Mbak. Aku juga sering ngebayangin hal-hal aneh kalau pas jalan ke tempat-tempat yang aku tahu ada cerita-cerita mistisnya ๐Ÿ™‚
    Ngomong-ngomong, itu belalang jadinya di goreng apa disambel? Enak?

    • kalo yg ngerti Alas Purwo emang bawaannya gimana gitu ya MAs. Manalah pas disana aku nemu bapak2 rambut panjang gitu pake baju2 gombrong dgn banyak aksesoris yang gak taunya peneliti hahaha.
      belalangnya di goreng dan rasanya cukup enak, kayak udang hehe

  5. Foto fotonya mbak Noni indah banget!! Selalu suka hasil jepretannya mbak Noni
    Gimana mbak rasanya makan belalang? aku masih belum berani kalau ditawarin buat nyoba makan itu x_x

    • enak Pungky, kayak udang koq hehe. Aku sih awalnya geli tapi karena ini belalang aku makan aja haha. Cuman karena ada kaki2nya itu jadi rada2 nyangkut di mulut. Pas di Cambodia aku juga nyoba makan kalajengking, belalang dan dulu ada OB kantor bawain aku ulat pohon jati goreng nyuruh aku cobain dan semuanya yah enak2 aja hahaha

  6. hi mba non….salam kenal ya…selama ini jadi silent reader dan gak pernah komen. Tapi kali ini pengen gatel pengen komen karna suka banget sama tulisannya sama dan gambar2nya yang kece abis. (btw mba penulis ya?)

    • ini taman nasional Py, tempat ngeliat Banteng, rusa gitu deh ๐Ÿ™‚ sayangnya kemaren yang keliatan rusa ama burung2 doang hehe. Katanya tempat ini tempat berguru ilmu gitu hehehe. Makasih yaa PY

  7. Akhirnya terjawab sudah penasaran aku pas lihat poto.poto ini di instagramnya mb noni.
    Temen aku ad yg usaha belalang goreng tp aku blm pernah coba. Katanya kaya udang ya mb?

    • dicoba dong, masa aku beli aja haha. Aku itu orangnya mangapan soalnya Aq ๐Ÿ™‚ dan suka di tantangin hehe. Rasanya emang mirip udang tapi yang gak kuat bisa alergi, mirip udang juga ya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s