Salah Kaprah


foto was taken by Matt
foto was taken by Matt

Kali ini saya mau nulis tentang hal-hal yang dulunya saya selalu pikirin tentang US atau orang-orang disini. Biasalah kebanyakan nonton film sama baca novel haha. Sebenarnya sih dari awal pacaran ama si Matt ada banyak hal-hal yang dulunya saya pikir begini begitu ehhh ternyata menurut si Matt gak bener. Ehh iya yang saya tulis belon tentu bener ya, kan yang saya liat disini bener-bener terbatas banget. Baik waktu maupun orang-orangnya. Kemungkinan salah pasti banyak banget tapi kalau mau di koreksi silahkan di kolom komen or ditambahin jika emang ngerasa ada yang harus di tambahin ๐Ÿ™‚ .

01. Orang Amerika Itu Sombong

Ternyata salah banget. Mereka super duper ramah. Awalnya karena saya pikir kita tinggal di suburban jadi semua orang ramah tapi beberapa kali kita ke Chicago saya gampang banget nemuin orang yang senyum, bantuin nahan pintu, ngajak ngobrol kecil pas lagi ngantri. Ini serius loh, entah berapa kali aja pas lagi ngantri dan bengong gitu saya ditegur orang. Awalnya yang ngobrol-ngobrol kecil sampe akhirnya sampe beneran ngobrol. Pernah juga pas lagi ngantri ada orang yang tiba-tiba kasih pujian. Soal ngasih pujian juga mereka gampang banget. Sangking gampangnya saya sampe ragu ini beneran muji atau iseng doang hahaha.

Kalo lagi jalan ama ortunya si Matt lebih parah lagi karena mereka berdua suka ngobrol jadi nanti tiba-tiba aja mereka udah ngobrol-ngobrol gitu ama orang baru. Topiknya bisa macem-macem, dari mulai cuaca sampe kue ๐Ÿ™‚ .

Kalau misalnya ketemu orang kita suka ditanyain “how are you?” . Tadinya saya pikir basa basi doang tapi beberapa kali saya liat ibu mertua saya nanya kayak gitu ke orang2 yang jaga toko dan pas orangnya curhat ehh didengerin aja sama dia dan akhirnya ngobrol. Yang kayak gini2 sering banget loh keliatan. Yang pasti kalo kita senyum atau tabrakan mata pasti deh minimal dapet senyum gede banget.

02. Ringan Tangan

Nah, yang ini awalnya saya pikir kalo kayak nahan pintu pas kita mau jalan, bantuin buka pintu, nawarin ngangkatin belanjaan yang berat normal kali ya tapi kadang-kadang mereka ini bener-bener yang ringan tangan sampe saya baca di koran ada satu pengantin tewas di jalanan gara-gara dia bantuin orang yang lagi dapet kecelakaan. Coba yaaaa ๐Ÿ˜ฆ ceritanya tragis banget sih tapi yang kayak gini-gini kata bapak si Matt sering banget kejadian.

03. Mereka Gak Perduli Keluarga

Tetotttt….salah banget. Setiap hari, catat yaa setiap hari saya lihat gimana dekatnya mereka satu sama lain. Bukan cuman keluarga si Matt tapi juga keluarga2 lain. Kalo lagi ke restoran gak jarang kita ngeliat satu keluarga kumpul-kumpul buat brunch, lunch or dinner bareng lengkap sampe kakek nenek. Matt selama di US, paling gak seminggu sekali pasti ketemuan ama kakeknya atau minimal telp. Kadang-kadang mereka ketemuan di toko buku. Sama ortunya kerjanya keruntelan melulu dan ngobrol ini itu mulai dari breakfast sampe tengah malam. Setiap hari loh itu, saya aja gak segitu2nya ke ortu di rumah. Eh iya sangking deketnya ya keluarga-keluarga ini kita pokoknya gampang bangetlah ketemu rombongan “sirkus” dimana-mana termasuk di taman-taman.

Sangking deketnya kadang-kadang ada banyak bapak dan anak (biasanya laki2) punya proyek kayak benerin mobil tua sampe jadi keren banget. Pas SMA bapak si Matt beliin Matt mobil Mustang tua tahun 1969 trus mereka bangun itu mobil sampe jadi keren dan hanya boleh jalan pas summer doang.

04. Masih Rajin Ke Gereja

Ini sebenarnya temen saya yang nanyain sih, saya agak-agak gak tau juga karena kan gak ke gereja tapi ada banyak banget gereja disini dan yang paling baru-baru itu gedungnya gede-gede banget. Kata si Matt ada yang gak bener juga sih tapi tetep aja menurut saya sih mereka masih termasuk taat beragama.

05. Free S3x

Tau gak memang banyak yang punya s3x sebelum menikah dengan pasangan mereka (pacar) tapi sebenarnya ada banyak juga cewek yang tetep berusaha virgin sebelum menikah hehehe. Tau darimana Non? yah pokoknya denger-denger mereka ngobrol aja sih (maksutnya si Matt n temen2nya, sotoy) . Eh tapi maksut free s3x itu kan bisa nges3x dengan siapa aja ya?

06. Tinggal Bareng Sebelum Menikah

Nah…..saya nih yang paling sering mikir kayak gini hahahaha. Kenyataanya kata Matt dan beberapa temen2 cowoknya ngapain juga tinggal bareng? bikin repot aja hahaha. Ishhhhhh. Emang ada sih yang tinggal bareng tapi mungkin itu kalo pacarannya udah kelaman trus gak pengen nikah.

07. Mereka Gak Terlalu Suka Traveling

Saya lupa pernah baca atau denger dari siapa tapi gak terlalu banyak orang US yang suka traveling karena mereka males keluar negaranya plus negaranya itu udah lengkap plus gede banget jadi bikin mereka gak pengen pergi-pergi dari negaranya. Kenyataannya saya pikir emang iya sih hahaha. Secara banyak orang yang saya jumpai sama sekali belon pernah pergi kemanapun selain muter di negaranya doang. Ehh tapi ini harusnya pake penelitian kali yaa sebelum ditulis hahaa.

08. ย Orang US Nikahnya Lama

Ahhh saya yang mikir ini dulu hahaha. Pas kesini dan liat temen2nya si Matt langsung mikir emmm ternyata mereka mah sama aja kayak orang Indonesia. Tamat S1 kebanyakan yah kerja, nikah, punya rumah sendiri, beli mobil, punya anak lebih dari satu (saya sering liat ada keluarga2 yang bawa anak lebih dari 2 malahan). Matt juga bilang kayaknya emang bener sih, rata2 temen dia semuaaaa udah nikah dan berkeluarga setelah kelar S1 ๐Ÿ™‚ .

09. Cerita-Cerita di Hollywood Itu Hanya Ada di Film

Contohnya pas nikah romantis banget, kenyataannya yah biasa-biasa aja atau menurut Matt yah gak segitu2nya sih kayak di film. Emang ada banyak cewek-cewek yang gila ngurusin kawinannya tapi sebenarnya yang cowok yah standard aja. Emm mirip di Indo dong hehe.

10. Coffee Shop Dimana-Mana

Bener sih dimana-mana tapi kebanyakan Starbucks ๐Ÿ˜ฆ kalo di daerah kampus2 gitu baru deh banyak coffee shop kecil yang cantik-cantik gitu tapi di Chicago atau daerah ibunya Matt tinggal yang saya liat Starbucks lagi……Starbucks lagi. Ada sih warkop tapi tetep aja gak sebanyak seperti harapan saya.

11. Menghargai Orang Banget

Contoh sederhana aja parkir untuk family, perempuan, handicap dll.

Menurut kamu orang Amerika itu seperti apa ya?

 

Advertisements

105 comments

  1. Maaaak eh Buuuuu. MAkasih buanget loh udah dibikinin postingan begindang. Hahahaha. Karena kebanyakan nonton film amrik dan ada temen yang berpendapat di komen sayah kemaren jadi kepikiran amrik itu gimanah. Aish seneng deh baca postingan ini.
    Kepengen bisa gampang ngobrol kayak si orang Amrik deh..

    • ini juga karena kepikiran kamu komen kemaren Dan jadi aku buat ajalah selain emang banyak temen yg nanya mirip di film2 gak sih disini hehe.
      orang amrik itu emang katanya sih ramah2 gitu dan kebetulan yang aku ketemu juga super ramah2 hehe

  2. tak bisa membayangkan tentang orang amerika… tahu nya orang amerika itu dari film hollywod aja… yang jelas masyarakatnya kreatif gitu karena kompetisi yang ketat disegala bidang kehidupan…

  3. eh mba… aku malah berpikiran org amrik emg santun2, suka nolong and ramah deh.. kayanya dr 11 itu, yg nomer 5 dan 6 itu yg masih nancep bgt di otak kalo itu bener2…hehe..ya efek liat film2 kali ya.. ๐Ÿ˜€

  4. Jangankan di negaranya, kalo di Indonesia ketemu bule aja rata2 mereka yang negur kita duluan sambil senyum *biasanya kalo lagi papasan*

    Terus dari bule Swedia (doi bukan mualaf, tapi sepertinya istrinya Indo muslim) malah aku diingatkan adab makan untuk menyantap makanan dengan tangan kanan. Hayoooo yang suka makan steak atau makanan western lainnya (pakai garpu dan pisau) biasanya kalian menyuap makanan pake tangan apaaaa? ^^

    • aku pake tangan kanan dong haha. abis dipotong2 dagingnya, pisau dibiarin aja dan tetep makan pake tangan kanan ๐Ÿ™‚ gak ada maksut apa2 sih cuman karena aku susah makan pake tangan kiri hihihi.

      Kalo di Medan si Matt kapok Dai kasih senyum or negur orang lain jadilah dia cuek gitu, padahal awal2 datang gak gitu loh dia

      • Ah untung kita sama Non.. soalnya kalo aku perhatikan teman2, mereka suka potong steak pakai pisau di tangan kanan, terus nyuapin potongan dagingnya pake garpu di tangan kiri, hehehe..

        Kasian Matt, orang Indo ternyata lebih susah kasih senyum ya sama orang asing..

      • banyak juga yang negor Dai, biasanya cewek2/ibu2 atau anak kecil minta foto atau teriak2 mister2 haha. kalo kita ketemu di komplek pas lari/jalan dan disenyumin trus mereka pasang muka “sebel” gitu atau “apa2an nih senyum2”

  5. hai mba.. ๐Ÿ™‚
    eh kalo aku tuh ga tau kenapa belum tertarik ya sama Amerika ๐Ÿ˜€ ikut program pertukaran gitu nyarinya yang ke Eropa, atau kalaupun ke benua Amerika.. milihnya ke Kanada. ๐Ÿ˜€
    ga ada alasan khusus, tapi belum tertarik aja hehe. kecuali ada gratisan ke sana ya pasti mau lah :))

    • aku dulu juga gak pernah kepikiran mau ke US, gak tau kenapa sampe ketemu Matt dan akhirnya malah ke US dulu sebelum nyambangin benua lain (amin mudah2an bisa ya) tapi ternyata menyenangkan disini ๐Ÿ™‚

      • aamiin.. semoga aku bisa ke Amerika juga ๐Ÿ™‚
        eh mungkin salah satu alasan ga kepengen ke sama gara-gara bayanganku Amerika ngga secantik Eropa kali ya. padahal pasti banyak tempat cantiknya juga kan.. ๐Ÿ˜€

      • aminnn ๐Ÿ™‚
        sebagian tempat masih banyak bangunan tuanya. contohnya chicago, st louis itu banyak bangunan2 tua. Mungkin gak sebanyak eropa juga kali ya tapi Amrik ini kan gedeeeee banget. semua2 kayaknya mereka punya hehe. jadi kalo bisa kelilingin benuanya mungkin bisa dapetin semuanya deh

  6. quite surprise ya, ternyata mereka cukup ramah. barangkali mungkin orang Eropa yg emang susah senyum dan nggak gampang ngasih bantuan ke orang hehe, tapi ini jg nggak bisa digeneralisir. Kadang di pikiran udah beranggapan kalau orang luar khususnya, Amerika/Eropa itu individual dan susah buat sosialisasi dgn orang baru, sangat beda dengan orang Indo. Tapi ternyata enggak,

    • mungkin karena disini rata2 kayak gitu ya ramah2 jadi hampir semuanya gitu walo ada juga yang jutek sih hehe. kalo orang eropa yang dibenuanya belon tau tapi kalo yang dimedan kan rata2 temen Matt orang eropa sih ramah2 dan ringan tangan juga hehe

  7. Owhh klo soal keluarga itu akhirnya ngeh mereka saling care pas nonton serial Blue Bloods ๐Ÿ˜€ Emang sih film2 itu berpengaruh ke paradigma kita ke org barat yah. Makanya temen2 traveling kan sering ngomong. Org barat itu ramah dan warm, klo indo ramah aja katanya.. katanyaa.. hehehe

  8. Iya sih disini orang2 lebih mau menolong, Makanya dulu wkt nyokap khawatir saat aku mau mudik ke Indo ama anak2 doang; aku blgin disini sih pasti deh ada yg bantuin angkat dan ambil tas di pesawat, gga perlu minta tolong, asal berdiri dan liat ke compartment pasti deh ada yg nolongin, Dulu banget; sepulang nganter bonyok ke Calif, aku dan anak2 yg saat itu masih toddler flew back ke Midwest, pas mendarat anak aku yg plg gede bobo gga mau bangun, Eh ada passenger bule lgs gendong my 4 yrs old dan dia minta misoanya untuk take care of their luggages sementara dia bantuin aku, aduh sampe segitunya baiknya….Mengenai orang sini lebih murah senyum, iya juga cuman menurut misoa malahan orang Indo lebih ramah…….. lol

    • bener ya itu berarti ๐Ÿ™‚ aku juga ngerasa banget kayak gitu bahkan yang kecil2 kayak nahan pintu bahkan anak2 kecil aja udah bisa melakukannya. aku sering banget dibantuin anak2 nahan pintu pas belanja padahal kan pintu di US ini beratnya amit2 hahaha.
      aku sih tetep ngerasa orang US lebih ramah dan kaatanya orang kanada lebih ramah lagi, orang indo sih coba deh ke Medan ๐Ÿ™‚

  9. wawaawawaaaw… bener-bener nambah pengetahuan ttg US nya aku deh mbaknon.. akupun selama ini tahunya cuma lewt film dan serial-serial sinetron gituh hahaha…

    Jadi kalau pertanyaannya “How are you?” Ga selamanya jawabannya harus “I’m fine thank you, and you?” kayak yang diajarin di sekolah.. hahahah x)

  10. Inti nya emua nya dimana aja sama yaa kak, tinggal tergantung individu masing2. Tapi jadi nambah pengetahuan nich ๐Ÿ™‚ btw disana kedinginan ngak ??? baca berita kata nya ini musim terdingin sepanjang masa, bener ngak sech ???

    • kedinginan bangettttttt ๐Ÿ˜ฆ ngalahin kulkas karena udah minus 27an lebih huhuhu. Di US kalo soal ramah n bantu2 itu kayaknya banyak banget mas, heran deh kalo liat mereka gampang banget ketawa, senyum dan ngobrol atau bantuin kita.

  11. free s3x itu kan bisa nges3x dengan siapa aja ya?

    >> mungkin maksudnya: pre-marital s3x gitu nyah. jadi sebuah perbuatan *halah* sebelum menikah. tapi kalo setelah menikah, melakukannya dgn yg bukan suaminya, ya tetep disebut free s3x ๐Ÿ˜†

    btw istilah free s3x itu cm ada di Indonesia ya? kalo di Yu-Es (US) sana ntar diartikan dengan: s3x gratisan dong? hahahaha. tanyain Mr.Novak dong nyah, hahaha, apa padanan katanya free s3x dlm bhs.Inggris.

  12. Beberapa point mungkin tergantung daerahnya juga kali ya Non? Kayak yang nikah muda gitu, misalnya di daerah metropolitan macem NY mungkin nggak berlaku kali ya *sotoy*.

    • kalo musim dingin iya kali ya fit, kalo si matt n ibunya kayaknya tiap hari deh mandi. yang laen kalo mau pergi aja pergi hahaha soalnya dingin banget fit dan gak keringetan samsek kecuali nyekopin salju

      • Iya ya? Yah namanya juga film ya non. Yang namanya american dream kan gara2 orang kebanyakan nonton film hollywood. Semua pada mikir hidup di Amrik udah pasti makmur dan enak ๐Ÿ™‚

      • Yaaah akibat film tuh non. Eh tapi bisa jadi juga gara2 cerita orang yg imigrasi kesana dan keliatannya lebih oke hidupnya. Temen aku ada yg ngelepas karirnya disini, nekat ke amrik dan minta suaka, selalu cerita kalo hidup dia disana jauuuh lebih oke. Yang begitu kan bikin jadi kepengen ya. Tapi aku sendiri sih biar kepengen ga yakin mau ngejabanin pindah gitu. Biar gimana home sweet home lah Indo ini ๐Ÿ™‚

  13. mbak..kalo nonton berita tadi di chicago lagi badai salju ya??

    btw….ternyata pelem2 dan serial amriki itu bener2 brainwash ya….
    amriki ternyata gak seseram yang saya bayangkan…

  14. aaaaa yang nomer 1 tuhh bener tuhh, eh maksudnya bener mereka sebenernya ramah.
    murah senyum tuh ramah kan ya? lagi jalan terus papas-papasan gitu, eh disenyumin, padahal kenal aja nggak kan ya, otomatis jadi kebawa senyum dan mood langsung berubah.
    agak beda kalau sama masyarakat indonesia, disenyumin malah diliatin, mungkin mikir “ni anak kenapa yak? ada maunya apa gmn? apa gila?” :lol::lol::lol::lol:

    sebenernya kuncinya menurut aku adalah PEDE untuk ngomong.
    kadang kan suka ga pede gitu ya kak kalau ngomong sama bule, takut salah lah, takut belibet ngomong atau malah ga ngerti dia ngomong apa saking cepetnya itu bule ngomong.
    jadi sekarang aku muka tembok aja, kalau keliatan ada bule yang lagi bingung aku tanya aja kenapa, ngerti atau nggak urusan belakangan, yang penting bantuin ๐Ÿ˜†

    • huhahaha iyaaa banget, si matt sering bete pas awal2 pindah kan dia suka senyum atau negor orang gitu trus diliatin berasa aneh kali ya, akhirnya skr dia jutek atau cuek banget kalo di medan.

      soal ngomong itu sebenarnya kalo disin malah gak pernah diketawain loh kalo salah, merkea cuek banget dan malahan bantuin kita buat ngerti jadinya gak malu buat ngomong, beda ama kita di indo. salah ngomong langsung diketawain

  15. No. 2 iya aku sempet baca juga non, dan pikiranku sama, duh koq ya si pengantin sempet2nya nolong orang..
    No. 6, pernah juga kepikiran gitu… hehehe
    tp ngeliat postingan noni belakangan ini, kyknya Matt ini emang keluarganya akur banget ya…dan ramah.
    dan kalo aku sih suka ngeliat bule2 ini sampe tua aja mereka masih romantis2an

    • aku juga mikirnya gila banget orang itu ya mba ๐Ÿ˜ฆ dia beneran bantuin ibu2 yang keperosok gittu trus mereka berdua malah disamber mobil lain didepan penganten perempuannya. sadis

  16. Jadi pgn bikin postingan kaya’ gn juga. Hehehhee. Aku selama ini (kalo lyat american funniest video) jd mikir org amrik itu gila2, nekad dan seru deh… Bener gak sih kaya’ gt, mksdku gila dan nekad itu, kadang2 suka ngerjain org lain dan suka melakukan hal2 konyol yg menantang bahkan kdg2 membahayakan

  17. Dan tahun kemarin guwe natalan di Dublin, altar serversnya muka Asia semua. Eh pada kemana semua anak-anak Irlandia?

    Anyway, menurut guwe orang America itu ngomongnya blak-blakan banget yang gak biasa pasti kaget dan nganggep gak sopan.

  18. Yang ramah itu bener banget kok Non. Kalau ketemu orang Amerika pas lagi travelling (di hostel biasanya, haha), biasanya mereka ramah banget dan suka ngajakin ngobrol memang ๐Ÿ™‚ .

  19. Orang bule lebih ramah daripada orang korea, liat aja di mall, di jalan, di kereta di seoul org2 korea pd asik dng gadgetnya (lho koq jd nyambung ke sini). Sama kayak di Oz org2nya ramah2, pada ngajak ngobrol sok kenal gitu di jalan ato di supermarket haha..

  20. Aku dulu sempet punya temen dari US waktu sekolah bahasa. Keliatan sih dari yang lain, mereka jauh lebih pede dan ga takut keliatan konyol kalo salah2. Tapi kesamaan lainnya, dua2nya ramah banget..

    • Be, kekurangan orang asia kalo belajar bahasa kan kata si Matt suka malu gak berani ngomong karena di sini (asia aplagi indo) kalo salah ngomong diketawain. di sini (US) aku ngomng salah mereka gak ketawa sama sekali tapi berusaha ngerti atau bantuin benerin jadi kitanya gak takut ngomong selain emang harus ngomong juga sih haha

      • Ini bener banget deh mbanoni, aku pribadi sekarang jadi suka takut2 ngomong bahasa Inggris, takut salah, soalnya ya itu orang2 kita kan suka mendadak jadi grammar police gitu ๐Ÿ˜ฆ padahal mah hajar bleh aja ya, namanya juga belajar..

  21. eh orang amerika bukannya terkenal ramah yak ๐Ÿ˜€ yg jelas klo di kampus atau asrama yg suka bantuin atau ngajak ngobrol itu orang amerika atau eropa, orang koreanya sih cuek beibeh ๐Ÿ˜›

    wah coffee shop dimana-mana yak di amrik, berarti emang orang korea hobi banget nirunya sama2 banyak coffee shop ๐Ÿ˜›

    klo soal free s3x, ke gereja dan menikah cepet itu mungkin tergantung banget ama individunya kali yak, kan disana katanya emang ngehargain apapun pilihan orang hihi
    kata sodara dan temen jg begitu ini ๐Ÿ˜€

    • yang aku tau orang kanada yang ramah banget nit, orang US itu katanya kan suka ngomel2 dan complain tapi ternyata bener juga sih mereka itu suka grumpy tapi juga ramah banet haha.
      coffee shop ada dimana2 tapi kebanyakan yah starbucks hehe.
      kalo di daerah suburban rata2 kali yawalo eamgn tergantung ama individunya juga sih

      • ah iya orang canada ramah-ramah, tapi mereka suka sebel kalo orang tuh mikirnya north america tuh isinya US doang hihi, canada suka terlupakan

  22. Wah kesringan nonton film holywood tanpa tau kenyataannya yang ada di Amerika bikin banyak salah kaprah dan anggapan2 yang gak bener dong ๐Ÿ˜€

  23. Waktu masih kecil, aku pikir orang Amerika itu ‘sama’ semua dengan orang Barat lainnya. Hahah.. Jadi kalo bule-bulean ya mikirnya orang Barat, tanpa tau kalo bisa beda negara juga.

    Sama, aku mikirnya juga di Amerika itu uda akrab sama yang namanya free s*x. Cuma dari sekian juta cewek US, ngga mungkin begitu semua. Pasti ada yang ngejaga virginnya juga sebelum married, walaupun cuma beberapa persen aja. Logika ku sih gitu. ๐Ÿ˜€

  24. ‘Hey, how re ya doing? I saw you yesterday, i remember your pretty shoes’

    begitu kata salah satu penumpang kereta yang sama2 aku naikki di Philadelphia ๐Ÿ™‚

    I Love American !!

  25. dalam bayanganku, orang amrik terbuka, ramah, bebas sebebas bebasnya (termasuk freeesek) ketemu sekali langsung bisa bobobareng hihihi… pengaruh pilem juga nih Non. thks sudah kasi laporan pandangan mata

  26. Dulu pernah di ktr jg gtu, bule.. Mau nahan pintu untuk gue, sampe gw ngerasa tersanjung lhoo hanahaha… Gmn klo di us sekalian ya? Norak sedunia mgkn gw krn hampir smua tuh mau nahan pintu buat qta, hehe.. Mudah senyum, ternyata klo baca postingan ini, org indo dibilang org nya gampang senyum salah dong yaaa… Kebanyakan gw nemuin org disini malah seringnya dikasih senyum malah pura2 gak liat kita yg udh ksh senyum lebar. Klo rajinke gereja atau gak.. Ini gw ga tau ya non… Tp pernah dpt crt dari guru ingg, dulu dia kul di chicago (klo ga salah ingat), dia pernah crt, katanya disana yg ke gereja sih kebanyakan orang2 tua, org mudanya jarang bgt, malah katanya bs dikatakan hampir ga ada tuh yg ke gereja kecuali seremoni khusus tertentu aja hehehehe… *eh ini aku mnrt crt dari guru ingg ku yaa hehehe.. Tp so far menyenangkan bgt ya org2 us tuh… ๐Ÿ™‚

    • chris, aku tuh mikirnya gini kenapa sampe ada omongan orang indo itu ramah2 haha. Kalo orang indo ketemu bule/turis pasti kan disapa2 dikasih senyum selebar2nya, diajakin ngobrol dll jadilah mereka pikir kalo kita itu ramah padahal kalo sesama orang indonesia yah gitu itu, kebanyakan malah gak mau negur/say hi kan ya haha.
      kata bapaknya matt emang gereja itu ramenya pas hari2 gede sih tapi tetep aja menurut aku rame mengingat gereja dideket rumah si matt selalu ada jemaat yang datnag

  27. Setuju mbaaa.aku juga dulu sebelum ke LN dan tggal di luar, beneran stereotyping semua foreigner negara2 barat itu yg buruk2. Pas udah tinggal disini jd malu sendiri. Bhkan paling malunya, pas summer liburan ke Indonesia, aku ngerasa sikap2 sosial portuguese atau org2 eropa lainnya lbh baik drpda org indonesia. Contohnya hal sesimpel ngebantuin cewek sependek aku naikin cabin luggage. Pas di indo, semuany ngacangin aku. Kalo disini, ga usah mnta tlg udah ada yg nawarin bantuan.

    Aaaaa dlu aku salah kaprah bangeeet*malu tuutuup muka*

  28. Semua yg kamu tulis bener Non, aku juga ngerasain hal yg sama pas di Canada..klo dibilang orang Indonesia itu ramah2, aku sih kurang setuju klo dibandingan org yg tgl di Canada.. Klo dlu pulang ke Canada selalu males krn jauh, tp klo skrg malah pgn balik kesana lagi, soalnya merasa lebih dihargai, bersih, dingin, orgnya ramah2 n yg psti shoppingnya…hahahahahaha…miss u so much Non n Matt,cepatlah kln pulang…umak umak

  29. ya kadang emang sih kita salah menilai orang….
    semacam menilai kalau indonesia ini kaya raya melimpah ruah kekayaan alamnya, nyatanya banyak yang hidupnya susah…..
    ๐Ÿ˜›

    • karena kekayaaannya udah diambil belanda dulu trus sisa2nya diambil sama pejabat2 kurang ajar plus pihak luar yang juga karena ulah pejabat kita ngeruk semua kekayaan negara ini

  30. Soal bule US yang ramah bener banget tuh mba. Aku pernah ketemu bule US di Pekanbaru, dia sekeluarga lagi jalan-jalan ke pinggir Sungai Siak gitu bawa temennya dari Jepang. Trus si bule ini sekeluarga ngajakin ngobrol penduduk sekitar sungai, sampai anaknya juga gak malu2 say hi ke anak2 di situ, dan mereka bisa bahasa indonesia, keren deh. Sayangnya endingnya agak kurang oke karena anak2 disitu pada minta duit, pake bahasa minang ngomongnya, kurang lebih gini “pak agiah piti pak.. agiah piti..” Jederrr, aku pas liat ya malu banget dong ya sbg orang Indo. Untungnya bulenya ga ngasihin duit cuma geleng2 aja sambil senyum. ๐Ÿ˜€

    Trus selang sebulan kemudian, aku ketemu lagi bule2 itu di airport, jemput anak sulungnya yang abis liburan ke Jogja dan jemputnya kayak ‘rombongan sirkus’ ramean sekeluarga. Heartwarming banget ngelihat mereka sekeluarga kompak dan sayang satu sama lain gitu.. ๐Ÿ™‚

  31. hallo mbak noni salam kenal.
    setuju banget ama mbak noni ., malah orang kita yang banyak sombong. kalo lagi di busway ada bule kalo ada perempuan ato orang tua bule langsung ngasih tempat duduk nya orang kita kadangan pura- pura tidur hehehe.

    blog mu menghibur banget mba aku suka banget

    • hi Renee ๐Ÿ™‚

      salam kenal juga ya. makasih udah suka blog aku, semoga betah hehe.

      sebenarnya sih di luar juga ada yang tingkahnya kayak gitu tapi karena gak sebanyak kita jadi gak terlalu keliatan ya ๐Ÿ™‚ kalo di Indonesia kan buanyak banget yang tingkahnya begitu hehe.

  32. Hello,

    Salam kenal ya mbak..

    Menurut aku no 1 dan 3 itu yang selalu aku pikir.. Tapi ternyata setelah merit ma hubby, keluarga mereka tuh dekett and ramah banget… Heheh

  33. Hy mba, salam kenal yaa

    Ihh pencerahan banget baca postinganya, bener2 jungkir balik semua konsep saya ttg org Amrik, bener2 keracun Novel sama pilem nih keknya wkwkwk
    Kalo soal ramah sih pernah denger dikit mba, katanya kalo bumil belanja sendiri, kadang ada aja yang dengan sukarela bawain belanjaanya sampe ke mobil, so sweet deh,,
    Eh tapi mba, jangan2 banyak juga orang Amrik yang nilai orang Indo hanya dari pilem dokumenter ato bacaan2 gitu yaaa,, mending kalo isinya positif, kalo negatif… duh!

    • hi Fanda, salam kenal ya
      yah itu dia kita2 ini kemakan ama film2 jadinya salah kaprah semua hehe. kayak orang bule banyak mikir indonesia masih hutan2 melulu
      padahal kalo kesini bisa serem dia liat jalanan

  34. Suami saya pernah blg kalo org Amrik paling jarang keluar negeri. Apa karena negaranya yang luas itu ya? Haha jadi kepikiran pas baca no 07 ๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s