11 Kegiatan Menarik di Kota Medan


foto taken from waspada.nuanterolabs.com
foto taken from waspada.nuanterolabs.com

Guru Patimpus adalah orang yang mendirikan kota Medan. Kota ini merupakan tempat berkumpulnya banyak ras mulai dari Melayu,Batak, mandailing, Jawa, Cina, India dan masih banyak lagi. Bisa kita lihat dari bangunan-bangunan tua yang berserak di kota ini walau sebagian nasibnya lumayan menyedihkan. Cerita tentang berdirinya kota Medan bisa di lihat di link ini, klik aja ya πŸ™‚

Sebagai kota no 3 terbesar di Indonesia, jelas Medan cukup menarik untuk di kunjungi. Saya tau persis banyak turis/wisatawan yang mengunjungi Medan hanya menjadikan kota ini sebagai batu loncatan/transit untuk ke Danau Toba, Berastagi, Bukit Lawang atau Aceh. I can say….sayang sekali kalau kalian melewatkan kota ini dan hanya menjadikannya sebagai tempat transit tanpa blusukan di dalam kotanya. Percayalah walau saya sering bete banget karena apa-apa di sini berantakan hahaha, tapi ada banyak yang menarik yang bisa kita temukan di kota ini πŸ™‚

Untuk yang tidak memiliki banyak waktu (seperti saya karena tinggal di Medan), ada beberapa list yang saya anggap menarik untuk menikmati kota Medan. Pasti saya tidak bisa bilang bersepeda di kota Medan menarik karena jalanannnya ruwet haha atau mendapatkan pantai, karena gak ada pantai di Medan hihihi. Percayalah setiap kota yang kita kunjungi pasti tetap ada sesuatu hal yang menarik untuk kita dapatkan dan bisa dijadikan sesuatu yang memikat.

01. Kuliner
Man……….jangan pernah ngomong udah pernah nyicipin semua makanan enak kalo belon pernah datang ke Medan. Syarat utama berwisata ke kota ini adalah lupakan diet dan hanya kosongkan perut kalian sebanyak mungkin, kalau perlu tambah jumlah usus supaya bisa mencicipi semua yang enak-enak di sini.

Beberapa kesukaan saya ya πŸ™‚ restoran seafood Nelayan. Di resto ini yang paling sedap sebenarnya dimsum dengan saosnya dan juice kendondong. Haduh…..harus makan deh, bakalan berasa di surga kalo makan disini. Kalo masih bisa bilang itu kurang enak, duhhh kurang ajar banget hahaha. Resto ini bisa di dapatkan di Sun Plaza, Merdeka Walk dan Cambridge. Jadi gak usah jauh-jauh main ke Mall dan temukan surga kecil ini.

Mie Aceh titi bobrok. Salah banget kalo orang mikir makan mie aceh harus ke Aceh, ihhhh mie aceh paling enak itu yah di titi bobrok ini. Rasanya terlalu gilaaaa tapi juga lemaknya makjang gak nanggung2. Kata temen saya abis makan satu porsi disini, 1 minggu lari 5 km tiap hari juga gak ilang lemaknya. Kalo kata saya sekali2nya makan berlemak gpp dong ya :). sekali tiap minggu huhahaha

Mie Kumanggo, saya suka karena enak. Matt suka makan bubur ayamnya. Heran deh, makan di resto mie kumango tapi yang di pesan koq bubur ayam. Dulu mie ini nyarinya susye, blusukan di antara bangunan2 tuek gitu, skr mah gampang, tinggal ke Sun Plaza aja.

Haduh kalo saya buatin jurnal kuliner di sini, bisa2 gak jadi posting tempat yang laen ya haha, kebanyakan kalo tempat makan. Tapi kalo pengen tau klik aja blog ini atau tanya saya di kolom komen, Insya Allah nanti saya cari tau atau rekomen yang laen ya πŸ™‚

02. Coffee adventure
Jangan bilang pecinta kopi kalo belon ngerasain kopi Medan. Ok kopi yang enak sampai hari ini yang udah saya telen itu selain kopi Flores, Toraja tentu aja kopi Vietnam tetapi……..kopi Medan gak bakalan bisa saya lupain. KOpi Medan itu rasanya lebih strong dan tentu aja gak masam (biasa arabica yang masam ya hehe). Kalau pengen nyobain kopi di Medan, pilihlah kopi Sidikalang. Saya biasa minum kopi hitam tanpa gula, rasanya ampun……………tetap ngantuk tapi enak banget hahaha.

Di Medan sama ajalah kayak kota2 besar di Indonesia, kedai kopi menjamur. koprol dikit udah nemu warung kopi. Sekarang di tambah kedai kopitiam yang di sajikan di cangkir keramik. Si kopi tiam ini juga banyak banget di Medan. Let’s say Killiney, Kok Tong, Coffee box dan entah apalagi namanya. Sangking banyaknya sulit buat ngapalin. Rasanya mirip2 dan penyajiannya khas banget. Selalu di dalam cangkir keramik bermotif bunga. Cangkir keramik ini ternyata adalah rahasia penyajian si kopi kok tong :). sehingga kemanapun kalian pergi kalo minum kopi di kopi tiam pasti cangkirnya gak pernah beda.

Kopi yang gak kalah top banget adalah kopi ACEH. Kalau saya bilang ini sih primadona ya, saya dan uwak saya paling suka minum kopi Aceh gayo. Pertama nyoba kopi aceh gayo ini waktu saya liburan ke Takengon Aceh. Kebetulan keluarga temen saya punya perkebunan kopi/buat kopi sendiri. Saya pun main-mainlah ke kebun kopinya dan kalap minum kopi di atas bukit. Rasanya gimana? 2 hari jantung rasanya gak berhenti-berhenti bertalu-talu haaha. Sangking kuatnya ya bow dan seperti biasa saya minum kopi kayak tukang becak tanpa gula, item dan kental. Rasakan ! DI Medan sekarang juga gampang nemu warung kopi Aceh, jadi gak usah jauh2 ke aceh disini aja juga udah enak koq πŸ™‚

03. Durian
Karena saya gak suka durian, agak susah ya merekomendasikan buah ini hihi. Ok…buah ini kan katanya buah surga ya……kalo buat saya surga banget karena begitu nyium wanginya pasti langsung keliyengan πŸ™‚
Tukang durian di medan ada di mana-mana. Yang paling ngetop kata ayah saya sih durian bang Ucok. Durian disini bisa dijadikan oleh-oleh juga loh. Nanti mereka akan bantu packing. Soal harga duh…..gak tau (maaf ya)
kalau repot bawa buah duriannya, bawa aja yang udah di jadikan cake semacam pancake durian atau cake-cake yang laen.

04. Oleh-oleh Khas Medan
Bika ambon? duhhhh kemana aja selama ini neng hehe. Bika ambon is sooooooo last century, sekarang trend oleh-oleh di medan yah selain semua-semua yang berbau cake durian itu tentu aja bolu gulung meranti, Risol Agogo di jl Majapahit, Manisan jambu, Srikaya, Teri nasi yang putih-putih dan enak banget itu, Sambal teri dengan kacang dan masih banyak lagi.

05. Taman Buaya
Kalo selama ini cuman liat buaya di kebun binatang yang paling isinya cuman 1-5 ekor, nah….sekarang coba dong main ke taman buaya di Asam Kumbang. Deket rumah saya nih. Kalo mau kesini pasti ngelewatin rumah saya. Taon 1980an ada 2 ekor buaya yang lepas dari tempat penangkaran ini dan salah satunya nyasar di teras rumah saya. Serius ini gak bohong loh. Nyokap yang ngeliat sambil teriak-teriak dan buayanya lari ke comberan tetangga kita. Dulu daerah tempat tinggal saya penuh dengan sawah dan hutan-hutan kecil, kalo sekarang nyari sawah disini berasa nyari babi di arab, udah gak ada.

Disini apanya yang menarik? baunya dong……bau bangkai yang khas hahaha. Koq jadi gak asik gitu ya πŸ™‚ ok kalo buat saya disini yang menarik adalah pembelajarannya ya. Kita bisa liat telur buaya, anak buaya, ngelus-ngelus buaya ( aku sih ogah), ratusan buaya yang tindih-tindihan berjemur sampai acara makan mereka yang sadis.

06. Belanja
Nah…yang ini saya agak-agak gak ngerti tapi ada beberapa tempat belanja seru di medan. Di medan ada banyak pasar yang kalau disini di panggil Pajak. Pajak sambu, disini bisa belanja semua-semuanya. MUlai dari kebaya sampai cobek. Kalau mau cari ulos nah pergi ke pasar ini aja karena harganya murah plus modelnya macem2.

Untuk yang mau belanja fashion bisa ke pajak petisah, biasanya barang-barangnya diambil dari bangkok, malaysia, singapore or hongkong.
sedangkan Mall yang hitzzzz sih Sun Plaza, Cambridge dan Hermes.

07. Mesjid raya, Kolam Dewi dan Istana Maimun
Saya bilang ini segi tiga emas. Dulu nenek saya cerita tempat ini cantik sekali dengan pohon-pohon besar, jalanan bersih dan teratur dan tentu aja sepi dari kaki lima. Sekarang……masih cantik koq kalo ngeliatnya pake sedotan haha. Gak ah….saya bercanda. Tempat ini masih teramat sangat cantik walo sepi pengunjung.

pic pinjem dari sini http://archive.kaskus.co.id/thread/6392001/0/8-bangunan-bersejarah-di-indonesia
pic pinjem dari sini http://archive.kaskus.co.id/thread/6392001/0/8-bangunan-bersejarah-di-indonesia

Mesjid raya sendiri masih gagah, kesini pas sunset dan fotolah dari atas Yuki Simpang Raya atau datanglah ketika shalat jumat sambil ngecengin pria2 alim pake baju koko (ngences). Pernah ya saya dan ex pacar bulan ramadhan shalat disini, ternyata surat2 yang dibaca panjang2 banget plus di baca lengkap dengan lagu. Cuman 1 kali doang shalat taraweh disini, sisanya nyari mesjid yang cuman 11 rokaat plus baca surat2 pendek aja *tampol*. Sebaiknya ketika main ketempat ini berpakailah yg rapih, kan ke tempat ibadah ya πŸ™‚ dan niatnya yang baik-baik juga hehe.

foto pinjem di sini http://lokasi-wisata-indonesia.blogspot.com/2012/08/kemegahan-keindahan-istana-maimun-kota.html
foto pinjem di sini http://lokasi-wisata-indonesia.blogspot.com/2012/08/kemegahan-keindahan-istana-maimun-kota.html

Istana Maimun ini dulu dipakai oleh kerajaan Deli sewaktu masih aktif memerintah. Istananya gede dan khas Melayu dengan warna-warna emas dan kuning cerah. Didalam istana yang gede banget itu bisa dilihat arsitektur kerajaan yang mewah.

dulu Nenek saya cerita mengenai Puteri Hijau. Nah si Puteri ini cantikkkkkkk banget. Sangking cantik dan putihnya kalau doski minum kopi, air kopi itu bisa keliatan ngelewatin lehernya yang putih jernih. Kalo saya bayanginnya sekarang koq serem ya, kalo yang lewat kepiting gimana? aw…..

Nah sangking cantiknya sang puteri, raja Aceh pengen meminang si puteri. Ehhhh tapi puteri gak mau, saya lupa kenapa dia gak mau. Pokoknya dia ogah di persunting raja Aceh. Sakit hati dong, gak cukup hanya dukun bertindak, perang pun harus dilaksanakan. Pokoknya yang sudah menolak cintaku, hancurkan aja negaranya. Ngerih ya kalo orang jaman dulu sakit hati, bawaannya perang hehe. Trus sewaktu perang nih, 2 orang kakak si puteri berubah menjadi naga dan membawa sang puteri kedalam sungai Ular, sementara yang satunya lagi berubah menjadi Meriam. Meriam itu sekarang terkenal dengan nama Meriam Buntung.

Berikutnya kolam Dewi. Dulu puteri2 kerajaan kalo pengen main air, mereka main deh ke kolam ini. Kalo sekarang kolam dewi penuh tukang jualan kaki lima. Yang saya rekomendasikan di tempat ini adalah rujak kolam hehee. rasanya enakkkkkk

Daerah segitiga ini juga terkenal sebagai daerah backpacker. Disini banyak banget hostel-hostel murah. Pokoknya kalo pengen nginep murah dan tujuannya pengen ke tempat2 ini, yah cari aja hotel disini. Yang paling saya inget namannya Zakia πŸ™‚

08. Naik Kendaraan Umum Khas Medan
Saya memang sering sewot dengan sudako ( angkot ) di Medan dan becak motor yang ugal-ugalan tapi kalau kalian ke Medan dan melewatkan ini koq agak gimana gitu ya. Rugi dong. Kalo angkot cukuplah diliat aja, soalnya gak nyaman hehe tapi kalo bentor (becak bermotor) wajib di cobain. Kalo perlu minta mereka buka plastik penutup becak dan nikmati ngebut-ngebutan di jalanan Medan. Jangan lupa pegangan erat-erat dan kalau perlu jantung di set ke level paling tinggi hahaha.

09. Nonton Striper Di MEdan? why NOT?
Astaga Non….gak salah? gak banget hahaha.
kalo di BKK bisa segitu ngetopnya dan nyedot segitu banyak turis kenapa di kita gak boleh? ok……sebenarnya gak boleh koq, sayapun cuman denger2 doang, belon pernah liat hihihi. Tetapi beberapa temen-temen saya yang lumayan nakal koq yah bisa nemu, padahal mereka ini cuman sebentar aja di Medan. Nemu2 gak sengaja katanya. Dibawa tukang becak ke cafe-cafe kecil gitu dan pas jam 12 malam jedar……ada show beginian. DIlanjutkan nonton?? katanya sih agak2 males, karena body stripernya bikin ilfil. Yang ini tentu tidak saya sarankan tapi lumayanlah buat menuh-menuhin list *toyor*

10. Di Tanah Deli U have to be lost in order To be Found!
Ada banyak bangunan tua yang menarik di Medan. Biarkan kendaraan kita berjalan tanpa tujuan, blusukan di antara gedung lonsum, stasiun kereta api, kesawan, pasar ikan dan daerah pecinan. Kita gak bakalan tau apa yang bakalan kita temui kalo gak kesasar kan?
jadi Sewaktu di Medan jangan takut kesasar kecuali kamu dikejar-kejar waktu. Banyak sekali kejutan yang bisa kita dapetin pas kesasar itu.

11. Mansion Tjong A fie

foto pinjem di sini http://baltyra.com/2011/11/07/catatan-perjalanan-menikmati-sepotong-nada-di-tjong-a-fie-mansion/
foto pinjem di sini http://baltyra.com/2011/11/07/catatan-perjalanan-menikmati-sepotong-nada-di-tjong-a-fie-mansion/

Tjong A fie ini dulunya adalah horang kaya di Deli. Kaya dan baik hati. COba….kombinasi yang langka kan? Gosipnya dia juga membantu dibangunnya mesjid Raya. Haduh orangnya baik budi bangetlah. Mansionnya yang cantik itu sekarang di buka untuk umum. Kalo pengen datang langsung aja ke JL. Ahmad Yani Medan. Pulangnya bisa singgah ke resto jadul TIp TOP atau nyobain es cream dan sate di sela-sela bangunan tua di Kawasan tersebut.

Bagimana? 11 cukup dong hehe. Selebihnya saya sarankan segeralah ke Danau Toba atau tempat lain. Kalau saya ketemu tempat menarik lainnya pasti saya share lagi :). Medan menyenangkan koq, serius *nyemangatin diri sendiri*

179 comments

  1. setuju dengan khas oleh2 Medan, terutama Meranti. Tapi kalau ada yg minta oleh2 meranti, pasti langsung keringetan, bayangin aja kl yang minta 10 orang hahaha…. trus aq bawanya rada susyaaah, aku nya kan ‘mungil’, kl nenteng2 dus gede meranti itu rasanya gimana gitu…xixixi

      • Judulnya keren ,,, siap siap saja pasti byk yg ngeklik πŸ˜› …. ditunggu judul judul keren dan menantang serta bikin penasaran di postingan postinganmu yg akan datang ya sis, ikut senang lho aku, beda sekali khan sama judul judul yg umum ?

        bau dan neg juga .. jadi no thanks deh, mending makan klepon hihihihi πŸ˜›

  2. kalo wiskul aku ngikuuut!
    dulu di samarinda suka beli mie aceh, enaaak banget! ampe pengen ngerasain aslinya begimana yak?
    suka bika ambon juga! sampe disini bikin bika ambon instan loh πŸ™‚ hehehe
    Aduh Non, liputan kuliner dunk! biar tambah ngiler , hihihi

  3. Ga bisa ya 2x ngelike? Suka banget sama postingan nya. Ih, apalagi tentang kopi kopi nya, tante ngiler deh. Duh buset, nyasar kok buaya??!!Edan. Horor banget, jd inget dulu di rumah ada kobra beranak nyasar di dapur aja kayaknya trauma nya bertaun taun apalagi liat buaya cing! pindah rumah kali gw. Sayang gak suka durian. Inget dulu pas bapak wisata ke medan pulang ke jakarta ditangkep petugas bandara karena menyelundupkan duren 6 kilo lol..niat banget ya mungkin karena enak nya dibela belain hihi.

    • Pop kalo ke jkt, let me know, entar aku kirimin kopi sidikalang. Kasih aja alamatnya.

      Astaga kobra itu gak kalah horornya yaaaaa.

      Bokap lu asli berani juga yaa bawa durian hihi

      • Aehh kita barteran aja non ga enak ah ongkang ongkang kaki dapet kopi LOL! *jingkrak jingkrak*.. Ayoo noni mau apa dari holland <–kok jadi ajang barteran ini blog nya hihi. Ho oh sampe sekarang masih trauma bener klo liat uler kobra item. Wah ketauan nya gara gara duren nya pecah satu bau nya masyarakaaatt langsung kecium deh.

  4. Dulu waktu keluarga ke Medan aku ditinggal Hiks.
    Nah ada temen kantor yang asli Medan, pas pulkam dikasih oleh-oleh kue yang bertabur kacang dan dalamnya juga diisi kacang. Enak dahsyat! lebih oke ketimbang Bika Ambon (imo) tapi lupa namanya apa.

    Kalo jalan-jalan di Medan relatif aman gak mbak Noni? ^^ Palembang kan gitu, kalo dari luar ‘horor’ banget orangnya. Padahal kan orang Palembang baek-baek hahaha.

    • Tingting kalo gak salah namanya, itu dari siantar. Di medan ada jg sih toko yg jual hehe.

      Ayo dong ke medan😊

      Nahhh kalo jalan2 sendirian pk kaki aku koq yoooo gak yakin aman ya, apalagi kalo diatas jam 10an. Takut hehe

      Tiap ngobrol ama kamu aku pengen empek2 huhuhu

  5. jadi ingeeeet makan durian sepuaspuaspuaspuasnya di Medan duluuu. ditraktir ama orang kantor yang baiiiiik banget. Sampe mabok. Aaaaak. meskioun cuman seminggu di Medan baca postingan ini jadi kangeeeeeeeen. *komennya teriak mulu*

  6. sebagai anak “MEDAN” saya setuju sama kakak πŸ˜€
    Makanannya itu loh, Kaya rasaa, mau masakan asli daerah batak, sampai makanan peranakan pokoknya enak. kalau semua jari ini jempol, jadinya 10 jempol dah.
    Kalau dateng ke medan jangan lupa sarapan pagi pakai Mie Balap. dengernya sih yang enak di daerah jalan wahidin. *lupa namanya*. tapi kalau langganan saya, Mie balap bang sunny, Dijalan Bhayangkara (y) (^_^) (y)

  7. Duluuuuu thn 89 ke Medan waktu ada kunjungan balasan ke USU, masih tingkat 3 waktu itu πŸ™‚
    Jalan2nya cuma ke Istana Maimum sama mesjid Raya. Banyakkan di kampus 😦

  8. DUREN!!Favorit aku sekali! Aih tapi ga suka ya kak? Enak lho padahal, hehe
    Pernah dibawain bika ambon sama bolu meranti, dan dua-duanya suka! \m/
    *terus aku komennya makanan mulu << ketawan rakusnya

  9. Wah, postingannya jadi kangen ingin pulang ke Medan, terakhir tahun 2010 tapi nggak lama 😦
    Ingin bawa anak-anak mengenal tanah leluhurnya πŸ˜€
    Benar ya, kuliner di Medan itu mantaaaapp.

  10. Tambah pengen ke Medan! hehehe. Next destination buat travelling nieh..
    Paling penasaran dengan naik angkutan umumnya mbak. Soalanya banyak teman yang cerita, lajunya sedap! hihihi

  11. Aaak abis baca postingan ini jadi pengen ke Medan deh. Duriannya, aduh ngebayanginnya aja udah ngiler :D. Aku penasaran sama Tanah Deli nya deh non, aku suka bangunan tua & suka blususkan disitu (asal aman), pasti cantik cantik ya.
    Penasaran juga sama resto seafood Nelayan. Temenku yang tugas kantor ke Medan pasti cerita soal resto ini. Kayaknya enak πŸ˜€

  12. kalo aku selalu nitip sm adek beliin komik di pajak usu, lebih murah dibanding di gramed hehehe
    ade ipar sih ngejanjiin ngajak makan duren ama seafood yang katanya uenaaak bgt klo kita ke medan lg, ga sabaaarr!!! tp kapan ya?

  13. Wah, dulu hampir tiap tahun ke Medan dan udah nyobain bolu meranti serta seafood nelayan, tapi yang lainnya belum nyoba nih. Cuma kalo mau ke Medan harus mikir ribuan kali nih, secara mantan m****a tinggal di Medan….qiqiqi…

  14. Temen kuliah saya kalau habis pulkam dari Medan, oleh2nya Bika Ambon mulu. Next time saya suruh bawa Bolu Gulung Meranti, Cake Durian, Risol Agogo ah :mrgreen:
    Yang Taman Buaya itu ga ada penampakan fotonya ya? :mrgreen:

  15. Salam perkenalan..thanx for info;)saya dr malaysia dan akan ke medan next month.tertarik utk try makanan yg dinyatakan..nk tau exact location restoran nelayan n mee tersebut..halal utk muslim ye?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s