Solo, BErdua atau Beramai-Ramai


SOLO, BErdua Atau Beramai-ramai

Melakukan perjalanan sendirian, berdua, bertiga, atau beramai2 tentu ada plus minusnya. Tapi dari beberapa kali perjalanan saya lebih senang melakuannya berdua atau berempat. Jumlah ganjil kesian kalo lagi naik bis atau pesawat kecil karena gak ada temennya.

Solo traveling pernah saya alami ketika masih sering main ke bali atau bandung. Paling bete kalo lagi pegnen ke kamar kecil semua barang2 bawaan mesti dibawa masuk, dan gak jarang ikutan basah karena jatuh atau apalah. Kalo ada temen asik, bisa di suruh nungguin tas. Solo traveling ke lombok tahun 2006 , semestinya sih ber2 dgn loni,tapi sampai disana dia asik pacaran, sehingga saya terlantar sendirian. Untunglah ada roni , pemilik travel di sengingi yang saya temui saat book hotel di mascot . dari roni saya malah akhirnya ngiterin lombok , blusukan gak jelas, makan kangkung plecing terenak di gang kecil di pinggir pantai, nombak cumi yang super gede malam2, main kano sampai tangan saya bengkak 4 hari hihi , ngobrol sampai tengah malam di pinggir pantai atau sekedar ngupi2 di coffee shop kecil di sebelah kantor travelnya. Intinya sih biarpun kita sendirian tapi kalo ketemu temen di tempat tujuan tetap seru. Soalnya solo traveling itu menurut saya paling melas kalo lagi makan atau sakit. Sedih aja kalo sendirian hihi.

Pergi berdua. Ini tetap asik, apalagi kalo perginya dgn pacar yang apa2 dibayarin * asik *. Beberapa perjalanan berdua yang asik dan memorable….

Dgn loni ke phuket. Asli kita gila2an banget. Pake baju sesuka hati, bangun tidur ampe siang, tidur tengah malam, nonton thai girl show sampe pengen muntah, belanja2 sampe kaki saya biru2, nunggu sunset di pinggir pantai sambil menggosip gak jelas. Seruuu banget karena jalannya menyenangkan. Pembagian tugas juga jelas banget, jadi jarang berantem , kecuali pada saat saya ditaksir pemilik boutique arab di pinggir patong beach. Loni lebih hati2, saya lebih gak pake otak .akhirnya ribut, tapi ahirnya saya ngalah, gak jd kencan dgn orang itu hihi.

Berdua dgn nyokap di Bangkok. Isinya belanja dan makan2 melulu hahaha. Ibu saya kan penakut, diajak naik kapal di sungai gak berani. Dia nungguin di pinggir sungai, pulang2 mejanya udah penuh makanan. Senengnya lagi, kita berdua suka jalan kaki { jalannya harus rata lohh… }, jadi hampir tiap hari kita jalan2 dari hotel ke pasar kecil di sudut jalan dekat grand palace hanya buat makan2 dan belanja2 gak penting ehhhh penting deng, secara summer dress di bkk itu murah2 hahaha dan sepatu2 juga murah…ohhhhhhh no pengen ke Bangkok .

Dgn opik ke bali. Ternyata setelah saya inget2 , ini termasuk perjalanan yang menyenangkan. Hotel kita bagus, kalo opik main golf, saya spa dan belanja J. Menyenangkan walo belanjanya pake duit sendiri hiks….

Trus beberapa tempat di bali saya udah pernah datangi, dan opik belon. Biasanya saya yang nyetir dan opik baca peta . menyenangkan karena kita bisa nyanyi2 sepanjang jalan dgn suara fals saya, menyenangkan karena entahlah…..rasanya hati saya agak menghangat mengingat liburan itu hiahaha…..

Berdua dgn eboy/ebbie ke bromo. Tadinya mau rental mobil, tapi akhirnya kita naik bis karena saya belon pernah naik bis pergi jauh. Ebbie jadi tour guide yang menyenangkan, secara dia keliling indo sendirian jadi dia enak banget kemana2 naik bis, saya percaya2 aja haha. Lucunya dia selalu marah2 tiap kali saya ramah2 dgn supir bis dan lainnya. Berkesan karena saya yang baru sembuh dari luka2 karena jatuh dari motor di lombok, kali ini ditantangin naik motor keliling bromo sampai ke savana2, dgn janji eboy, saya gak akan menyentuh debu sekalipun. Dan itu terbukti….berasa jalan dgn anak muda India karena jago banget hahaha.

Mungkin kalo bukan dgn eboy, saya gak akan mau naik motor lagi, daripada muka saya benjut2 gak jelas dan biaya ke Ester / dokter kulit mahalnya minta ampun.

Kelimutu berdua dgn kupeng. Arghhhhhhh ini perjalanan yang tak terlupakan. Karena saya nungguin matahari bersinar di kelimutu dari jam 4 pagi sampai jam 9 siang, dgn tubuh beku kedinginan, tapi hasilnya sepadan. Kelimutu cantik sekali. Seneng bagnet karena biarpun nunggu lama tapi orang yang jalan dgn kita gak keberatan nemenin karena hobbynya sama. Jadi sama2 ngotot hahaha. Waktu matahari muncul dan danau beberapa warna itu keliatan , saya kayak orang sinting berlari kesana sini sangking happynya. Lucunya matahari juga seolah bercanda, dia menyinari danaau warna hijau, lalu tiba2 tertutup dan pindah ke warna yang lain, seolah2 mengajak saya menari2.

Sigura2 waterfall dgn Greg. Saya pingsan 2 kali huhahaha. Pertama kepanasan, kedua karena abis berenang2 saya kelaparan dan kita lupa bawa makanan.ihhhhh ternayta saya emang suka pingsan loh kalo kepanasan dan kelaparan hihi. Dgn Greg bukan kejadian pertama loh .

Yogya dgn Mr. L. karena fresh from the oven, what I can say reader….trip yang terakhir ini bener2 mahal banget hahaha. Mahal di hati terutama, karena adrenalin bermain di kepala dan hati hihi.

Bertiga….

Emmmm ada beberapa trip sih bertiga. Asik sih, karena kalo nginep di hotel masih bisa extra bed. Paling menyedihkan kalo naik bis or kereta kasian kalo yang duduk sendirian, kalo ama dini sih gak masalah, secara dia ratu molor hihi.

Berempat….

Trip paling sempurna berempat ke karimun jawa. Saya dini, ellen, dan ivan. Waduhhhhhh seru banget. 4 orang yang sinting banget. Dari mulai dini sakit sampai 6 jam di kapal jahanam { pinjem istilah Luke } . sempurna karena dari kita ber4 gak ada yang bengong sepanjang perjlaanna. Nyanyi2, ketawa2 atau kalau saya lagi me time kayak baca buku tetap aja menyenangkan karena tdk terlalu riuh……

Saya pikir sebuah perjalanan akan menyenangkan ketika semua yang pergi gak suka ngambek, marah2 atau merajuk gak jelas. Semua saling membantu dan senangnya pergi dgn mereka, tiap kali saya berlama2 di satu tempat karena ada sesuatu yang menarik hati, mereka akan nungguin saya sambil melakukan kesibukan2 yang membuat saya gak akan merasa bersalah karena udah bikin mereka nunggu. Kesibukannya itu makan huhahaha.

Berlima….

Trip saya dgn gank kupang biasanya. Entah kenapa dari kita berlima ini saling melengkapi. Misalnya flo yang selalu siap sedia dgn tissue, makanan kecil dan susu . lalu lady yang jago dan straight dgn pengeluaran dan budget, membantu banget pada saat traveling dgn budget terbatas, ellen yang cari info tempat tujuan dan saya yang follow up semuanya , termasuk pesan2 tiket dsb ,lalu dini bagian penggembira.

Berenam, bertujuh…..

Emmmmmmm cuman enak di bagian bagi2 pengeluaran aja, lebih murah hahaha. Lainnya pusing, karena banyak maunya dan cuek atau gak mau tau. Belon kalo bangun kesiangan dsb….erghhhhhhhhhh mau marah2 deh kalo kayak gini, cuman tetap aja ada bagian2 yang seru. Entah itu pas foto2 keluarga, pas makan2 dan gak pernah sepi, atau dibagian rame2 ketawa2 cekikikan.


Bener kata ernest Hemingway “ jangan pernah bertualang bersama seseorang yang tak anda cintai “

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s