Pilih Koper Besar Atau Koper Kecil


Ternyata selain koper dan ransel perkara bawa koper pun bisa jadi masalah. Koper ukuran besar atau ukuran kabin. Ukuran besar itu yang kalau gak salah 24 inci. Biasanya kalau kita ke toko koper kan ada 3 ukuran tuh, kabin dan bagasi. Nah, si bagasi ini biasanya ada 2 tapi yang kita pilih di sini yang 24 inci aja deh (cmiiw).

Dari dulu kalau traveling biasanya saya bawa 1 koper ukuran kabin (untuk keperluan baju dsb) lalu daily backpack untuk gadget, buku, dompet, dokumen dan juga obat-obatan ringan. Kebiasaan ini berlanjut sampai menikah. Kalau gak salah sampai 3 tahun lalu kalau hanya traveling dengan durasi 14 hari saya dan Matt hanya membawa koper kabin dan daily backpack (masing-masing.) Bahkan kita sempet liburan musim gugur di Jepang dan Australia hanya dengan model beginian 2 minggu.

Kebiasaan berubah sejak kita ke Praha 2 minggu. Saya bawa backpack kecil dan tas kabin lalu Matt bawa koper besar dan daily backpack. Semua keperluan kita selama 2 minggu di dalam tas besar sementara barang-barang penting di dalam koper kabin. Biasanya kita suka nyiapin 1-2 pasang baju/coat di dalam kabin takut kalau koper kita ada masalah atau gimana gitu. Cara ini lumayan nyaman untuk kita berdua karena gak terlalu banyak tas jadi gak ribet juga. Kami berdua pun bukan orang yang mesti gonta ganti baju tiap hari apalagi kalau kita kebetulan traveling pas musim gugur/semi/dingin.

Sementara kalau saya traveling sendiri tanpa Matt, biasanya cuma bawa koper kabin + daily backpack. Sudah bertahun-tahun tanpa masalah. Kemaren ke Vietnam ganti dong. Saya bawa koper besar + tas untuk gadget. Waduh kebiasaan packing dengan koper kecil atau koper gede tapi bagi 2 begitu dapat koper gede bingung sendiri. Semua mau dimasukin padahal gak butuh. Terbukti banyak banget yang gak kepake dan malahan saya ketinggalan topi dan pashmina. Kesel deh.

Ternyata mau koper besar atau kecil bawaan saya itu emang antara 11-17 kg haha. Biasanya pergi antara 10 – 13 kg dan pulang sekitar 17 kg karena sudah beli oleh-oleh.

Sebenarnya bawa koper besar cukup enak sih. Kita jadi bisa santai kalau pas mau belanja tapi jadinya lebih boros karena mikir ada tempat koq. Koper besar rempong banget kalau dibawa jalan-jalan. Akhirnya jadi naik turun taxi lebih sering dan bikin ongkos lebih mahal haha.

Menurut saya pribadi selain lebih legaan aja untuk traveling dengan koper besar selebihnya merepotkan haha. Saya lebih seneng koper kecil deh, kayaknya. Apalagi kalau gede gitu bikin saya jadi kek gak bisa kontrol bawaan. Semua-semua dibawa trus gak dipake. Kemaren ke Vietnam saya kelebihan baju 3 biji. Kesel banget rasanya karena ngapain juga dibawa yaaaa huhu.

Kalau kamu pilih yang mana?

30 comments

  1. Kami di China selama 2.5 minggu pake backpack. Punyaku 60L, punya suami 80L. Pertimbangannya karna kami bakal sering jalan jalan pindah pindah moda transportasi dan ga tau medannya kek apa. Tapi ransel tetep di checked in sih waktu terbang.

    Klo cm di Eropa doang kami biasanya pake ransel cabin karna males bayar lebih utk check in (maklum biasa terbang bujet), dan nunggu keluarnya pun lama di airport jadi klo pake tas cabin doang turun pswt tinggal cus.

    Kami jarang pake koper sekarang, kecuali klo niat mmg mau belanja (kek klo ke Indonesia)

    • Kamu kuat banget Va, masih bisa bawa2 ransel gitu. Aku bawa daily backpack aja udah males sebenarnya haha.
      AKu juga males bayar kelebihan bagasi, makanya sebisa mungkin koper gak beranak atau isinya nambah banyak. Sebelum berangkat disediakan beberapa kg untuk oleh2 atau belanjaan.

  2. aku sejak 3 tahun lalu beralih ke koper kabin dan daily backpak karena diomelin dokter akibat sakit punggung. tapi, kemarin ke Vietnam – Kamboja 4 minggu keluarin backpack 60L dan daily backpack karena baca ulasan pejalan lain hostel2nya naik turun tangga. dan benar saja dengan backpack lebih enak bergerak .. koper soalnya lebih berat untuk dipanggul naik turun tangga mana sering dapat kamar di lantai 4 or 5 🙂

  3. Mau besar atau kecil aku pengennya cuma punya 1 koper kalau pergi. Jadi gak banyak printilan kecuali bawa sling bag/backpack untuk sehari-hari. Tapi kalo harus milih kayaknya mending koper besar deh hehehe.

  4. kebanyakan pake koper cabin sih. Awal-awal kalo ada yang traveling bareng saya peraturannya wajib pake koper cabin gak boleh lebih besar. Tapi makin kesini saya melunak, kalo teman2 pengen pake koper besar silakan asal siap nambah bagasi dan kerempongan ngangkatnya. Sayanya jadi kadang-kadang pake koper besar juga. k

  5. beneerrrr, mending bawa koper kabin tapi yg expandable gitu sih…kapok aku bawa2 koper 29 inch ke Korea, bawa baju kebanyakan, sok2 buka jastip padahal gak suka belanja, pulang-pulang kesel wkwkwk

  6. Aq jelas tim koper besar sejak ada bayi dan suami 😂😂 perintilan mereka berdua buanyaak. Apalagi masbeb tuh tipe yg suka galau urusan pakai baju bisa ganti beberapa kali cuma buat outift jalan2 (dasar libra)

  7. Kalau aku tergantung lama waktu perginya Non. Kalau cuma singkat (setengah minggu kurang), biasanya pakai koper kecil aja cukup (apalagi kalau cuma 1-2 hari, ransel aja cukup dah, hahaha 😆 ). Kalau sudah semingguan gitu biasanya bawa koper sedang (ga bisa masuk kabin sih ini, tapi nggak gede-gede banget juga). Lebih dari itu baru yang besar deh. Eh tapi tergantung musim juga ding. Kalau musim dingin kayaknya nggak mungkin juga bawa koper kecil (ukuran kabin) karena printilan bawaannya mau gak mau bakal banyak dan tebel kan, hahaha 😆

    • Iya yang paling ribet itu musim dingin karena bawa bajunya tebal2. Makanya kalau ke US kita jadi gak bs cuma koper kecil, pasti harus bawa koper besar padahal jaket aku paling 1 biji haha.

  8. Tos sama la aku juga tipe koper kabin sama tas punggung buat kamera dkk.

    Cuman gegara sekarang udah ada bayi, aku nggak ada bawa sandal santai lagi, terus baju (semua dress untuk mengirit tempat) pun paling 3-5 yang tipis2 biar kalo kotor cuci di hotel. Tapi kemaren perjalanan 2 minggu sih pulang banyaj bawa baju soalnya nggak sempet (alesan) nyuci melele dan pas jalan beberapa kali ke emol terus nemu stradivarius (satu2nya toko fav) yang merupakan kekalahanku😭

  9. Liburan 2 minggu aku bisa bawa koper kabin dan tas tangan Non kalo naik pesawat. Kalo roadtrip naik mobil, koper 1 juga bisa tapi pulangnya bawa oleh-oleh banyak ha..ha..h….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s