“I apologize If I Haven’t Been the Friend You Deserve…”


Salah satu series yang saya ikuti sejak beberapa 7 tahun lalu adalah Big Bang Theory, dan tentu saja yang paling saya suka di series ini Sheldon. Pokoknya dia favorite. Sheldon ini baik hati tapi agak sedikit kurang biasa haha. Mungkin hanya orang-orang yang tertentu juga yang bisa bertahan bertemen dengan orang seperti Sheldon.

Di season final ada adegan di mana Sheldon dan Amy istrinya mendapatkan penghargaan Nobel. Ini pidato yang entah kenapa bikin saya mewek trus kalau nonton. Bahkan nonton clip-clip nya pun tetep nangis. Pernah saya nonton tengah malam clipnya doang trus nangis tanpa henti. Iya mungkin karena hormon karena mau PMS (mungkin haha)

Untuk orang yang nonton series ini pasti tau karakter Sheldon yang salah satunya susah banget ngucapin terima kasih atau mengakui kehebatan orang lain. Sewaktu Howard kepilih jadi astronot aja dia gak ngakuin haha. Padahal orangnya dikirim ke luar angkasa. Trus selama ini Howard itu selalu dicengin si Sheldon karena dia ngerasa Howard kurang pintar. Intinya semua orang kurang pintar apalagi Penny haha.

Nah, di pidatonya itu si Sheldon ngomong gini

I apologize If I Haven’t Been the Friend You Deserve…but I want you to know in my way I Love You All”

41 tahun saya hidup tentu saja banyak sekali momen-momen kurang menyenangkan dalam berteman. Sampai hari ini sebenarnya saya hanya memutuskan tidak bicara lagi dengan 1 orang di Sby haha. Males. Lainnya sih, saya gak ada musuh. Seingat saya ya, tapi entah dalam kehidupan nyata. Mungkin ada temen yang tanpa sengaja sakit hati sama saya trus gak mau ngomong lagi. Mungkin juga ada temen yang baper trus memutuskan untuk berhenti berhubungan tanpa saya sadari. Pokoknya pasti dalam kehidupan bertemen gak ada yang sempurna karena persis seperti kata si Sheldon saya bukan temen yang sempurna jadi kalau ngarepin saya gak punya salah kayaknya emang gak bakalan mungkin.

Sebenarnya kalau temenan itu biasanya saya orangnya agak pilih-pilih. Maksutnya temen deket, ya. Bukan yang cuma saling tegur-tegur aja. Itu namanya kenalan haha. Karena pilih-pilih jadinya gak terlalu banyak juga temen saya. Beberapa orang doang tapi biasanya bisa saya andalkan. Temen-temen saya di Surabaya dulu paling tahu gimana saya ngelewatin banyak masa-masa paling gelap dan berat dan mereka kebanyakan selalu ada untuk saya. Begitu juga temen di Medan. Gak banyak. Ada beberapa orang doang tapi saya yakin mereka bisa saya andalkan walau mungkin tidak bisa selalu ada untuk saya.

Cuma nih, semakin tua tentu kita jadi sedikit lebih mengerti bertemen pun butuh effort. Kalau cuma mau enaknya doang kayaknya gak bakalan mungkin. Mau senengnya aja rasanya juga gak bisa. Semakin dekat berkawan tentu semakin banyak kemungkinan untuk “bergesekan” dan punya konflik. Sadar dengan kemungkinan konflik-konflik ini saya mungkin lain kali harus kasih tau dulu ke temen atau calon temen saya kalau gak mungkin saya jadi temen yang paling sempurna di muka bumi karena mereka pun demikian.

“If you make friends with yourself you will never be alone.”
– Maxwell Maltz

24 comments

  1. Aaaa aku udah lama gak nonton The Big Bang Theory 😭
    Niatnya mau maraton ngejar kalau udah mau abis, berarti sekarang saatnyaaa 💪🏻

  2. akuuuuu mewek dong nonton pidatonya Sheldon!!! Apalagi kalo inget Sheldon dari season 1.
    tulisan mbak noni pun bikin brebes mili. berasa diingetin lagi. Nuhun mbak

  3. Mba.. tulisan yg bagus. Aku merasa makin ke sini. Makin tua.. semakin kecio circle pertemanan aku.. dan makin mikir.. ke depannya apakah aku akan kesepian? Hiyaaaa komen apa pula ini

      • Ahahaha iyaaa mbaaa samaa kujuga kadang baper.. Apalagi ada sosmed yg seakan2 dekat tp tnyt jarang ktmu fisik. kupikir circle pertemanan tidak berubah, tdk ada yg pergi atau menjauh.. hanya prioritas saja yg berubah. Akhirnya mau nggak mau ya jd harus membiasakan diri *kata saya yg temen2nya udah makin sedikit*

  4. Huaa mini spoiler. Di Netflixku baru ada sampai season 11 nih, season 12nya belum ada, hahaha 😆 .

    Tapi nggak mungkin juga sih ya jadi teman yang “sempurna”. Yang namanya berteman mah mesti tahu plus/minusnya, ketidak-sempurnaannya.

  5. Suami ku selalu nonton the big bang theory, krn aku selalu di sebelah nya ya jadi ikutan nonton, hahaha. Padahal asli suka kesel sekaligus ketawa liat tingkah Sheldon, sampe orang ga boleh duduk di kursinya.
    Iya pertemanan selalu ada masa up and down nya, apalagi berteman di negara orang rasanya lebih berat dibandingkan di Indonesia dulu, menurutku lho😊

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s