9 Kebiasaan Terbang


Beberapa waktu lalu saya baca tulisan dari satu website mengenai kebiasaan terbang orang Indonesia yang kocak di mata penulisnya. Sebagian menurut saya bener , sih. Lalu ini beberapa list yang saya sering banget liat sampai ada sebagian point yang suka bikin kesal karena sebenarnya saya kan Aviophobia (takut terbang) jadi kalau ada penumpang yang gak bisa dikasih aturan itu kayak jengkel bukan main.

01. Gak mau matiin hape

Rata-rata ini penerbangan lokal atau ke beberapa negara tetangga. Gak tau kenapa saya masih suka liat orang-orang itu kayak santai banget masih mainin hape pas di pesawat. Masih chatting bahkan ngecek Instagram atau FB. Penerbangannya pun bukan panjang-panjang bener, palingan 1-2 jam aja. Heran aja segitu gak perdulinya. Nanti matiin hape begitu pesawat mulai jalan. Entah beneran dimatikan atau enggak juga gak ngerti. Suka bikin ngeri yang beginian.

02. Nyalain hape begitu landing

Emmm segitu pentingnya sampai harus begitu roda pesawat menyentuh landasan hape pun dinyalain. Kayak gak bisa hidup tanpa hape sedikitpun. Setelah itu langsung notif masuk tang ting tung dan si pemilik juga sibuk menelpon si penjemput atau entah siapalah.

03. Langsung berdiri begitu landing

Sama seperti hape, sepertinya duduk terikat seatbelt itu emang menyiksa jadi begitu pesawat landing langsung pengen berdiri. Gak jarang saya denger pramugari berteriak ke penumpang yang berlaku seperti itu. Sabar kenapa ya, toh….gak bisa keluar juga.

04. Tas banyak bener

Ok saya itu adalah orang yang selalu terbang dengan AA. Di AA ada aturan main kalau hanya boleh membawa 2 tas ke kabin. 1 tas ukuran kabin dan 1 tas tenteng kecil. Keduanya pun hanya boleh 7 kg aja. Makanya gak jarang saya sering liat penumpang-penumpang yang terpaksa meninggalkan barang bawaanya karena dilarang naik ke kabin. Mulai dari boneka, kardus, tas plastik, tas dora-dora (tas yang dilipet trus jadi gede itu, loh) dan lain-lain. Kasian sih, tapi dipikir-pikir kabin itu kan tempatnya terbatas, ya. Kalau semua orang mau bawa banyak barang ke kabin entar susah dong banyak yang gak kebagian.

05. Nasi bungkus

Sebenarnya ini mulai jarang sih tapi kadang masih ada. Kebayang gak nasi bungkus isi ikan yang dibuka dipesawat? aduh alamak wanginya haha. Saya  pernah sampe ngerasa pusing karena bau-bauan ini. Ngerti sih, makanan dipesawat mahal tapi yah jangan ikan gitu, loh haha. Lagian 1 jam penerbangan, nanti aja makannya daripada bikin satu pesawat kelaparan haha.

06. Terlalu kece

Yah gak salah juga sih, ya. Kemaren kita terbang ke Bangkok pagi jam 5.30. Pas nunggu di ruang tunggu saya lihat satu cewek yang dari atas sampai ke bawah pake Gucci lagi mandangin hape. Saya kira dia lagi video call ternyata cuma live video doang haha. Pagi-pagi buta. Secara dia kayaknya keren banget jadi saya pikir ok juga nih. Lagi ngantri (per zona) kerja ini cewek serobot sana sini lalu tanya sana sini padahal jelas-jelas ada tulisannya. Heran.

Kalau lagi terbang jauh terkadang ada juga saya liat yang tetep necis dengan makeup full. Sebenarnya bagus juga sih, ya hehe. Rata-rata yang diliat kan pada muka-muka mau tidur semua. Sekarang cewek-cewek bule itu banyak juga yang dipesawat maskeran. Kalau saya jangan ditanya. 1 jam sebelum terbang biasanya kami berdua sudah bersih muka pake pelembab dan oil-oil kayak mau tidur. Pake training dan juga alas kaki yang nyaman. Apalagi saya gampang stress jadi emang mau terbang itu kalau bisa pakaian dan kulit wajah harus nyaman.

07. Orang yang ketakutan

Ok…ini adalah diri sendiri. Menurut Matt kalau terbang dengan saya sebenarnya dia ikutan stress karena dari seminggu sebelum berangkat pun, saya sudah uring-uringan. Makanya kami itu jarang banget beli tiket jauh-jauh hari karena lebih bagus saya stressnya jangan lama-lama haha.

08. Gak mau antri

Saya tau sih, antri itu malesin apalagi kalau udah lama di dalam pesawat. Ada rasa mungkin pengen cepet-cepet keluar masalahnya kita kan gak sendirian. Masih banyak orang lain juga. Paling keliatan banget kalau saya terbang ke luar negeri, pas keluar dari tempat duduk, biasanya orang di belakang saya bakalan ngasih waktu dan space supaya kita bisa ngambil tas di kabin dan jalan. Beda dengan penerbangan menuju Medan yang biasanya malah gak akan mau kasih cela untuk masuk heihihi.

Yah tapi itu gak semuanya sih.

09. Buka seatbelt buru-buru

Nah ini sering banget kejadian. Coba deh perhatikan atau malah udah notice juga. Begitu pesawat landing langsung buka seatbelt. Klik….klik…..klik…..padahal pesawat masih jalan dan belon parkir dengan sempurna. Mungkin dikira udah aman kali ya, padahal saya inget banget beberapa bulan lalu ada 2 maskapai penerbangan yang lagi di parkiran saling nyenggol sayap pesawat. CObaaaa…….

 

 

Advertisements

26 comments

  1. Semuanya udh pernah tak alamin kak.. sungguh paling menyebalkan itu yang lngsung berdiri padahal pesawat belm berhenti sempurna. Itu biasanya yg duduuk dibelakang jadinya kita susah mau ambil tas di kabin. Tapi kesel2 ya potong aja antriannya haha

  2. satu lagi suka selfa selfi di pinggir jendela. jadi ada kejadian anakku masih berdiri nunggu ada mbak-mbak yang lagi selfi di kursi dia.
    hai non lama gak komen tapi aku sering liat di ig…

  3. Hape itu ada aturannya Non, dan sepertinya tiap negara agak berbeda-beda dikit. Kalau di Eropa, begitu mendarat dan pesawat keluar dari landasan pacu, hape boleh dinyalakan seperti biasa kok (At least kalau KLM/Air France, haha 😛 ). Dan di sepanjang perjalanan menggunakan hape juga diperbolehkan selama flight mode 😀 . Beberapa maskapai kan sekarang juga menawarkan wifi di pesawat 😀 .

    Hahaha itu pakai maskernya setelah di dalam pesawat kan ya Non? Kebayang dah kalau dari sebelum boarding trus pas boarding biasanya diperiksa kan identitasnya. Trus petugas check-in-nya nggak bisa memastikan karena ada masker di muka, hahaha 😛 .

    • Kalau flight mode di AA biasanya mereka bolehin Zi tapi pas mau take off dan landing harus disimpan. Aku baca2 karena katanya supaya penumpang fokus dengan situasi di pesawat jika terjadi apa2 bukan dengan hapenya.

      Iyalah pake masker di pesawat. Aku pikir bener juga haha. Kalau ada perjalanan panjang kayaknya mau juga ah coba

  4. ya ampun mbak non yang nomor 1 baru kejadian tadi pagi, aq sebel banget deh, masa pesawat udah antri di run away mo take off tiba2 hp penumpang depan aq bunyi dong, heuheu pengen lempar majalah yang ada di kantong bangku belakangnya, tadi aq juga naik AA dan itu pramugarinya udah bolak balik ngingetin untuk switch off hp dan orang yang depan aq itu udah kena tegur juga, kok kaya gak penting banget deh keselamatan, padahal baru banget ada kejadian juga kan..

  5. Wkwkw bener banget. Nyalain hp padahal belum keluar dari pesawat. Udah kayak jadi orang paling sibuk sedunia sampai ga bisa nunggu 5-10 menit lagi sampai masuk bandara. Padahal penerbangan ga sampai 2 jam.

  6. aku belum pernah nemu yang bawa nasi bungkus ke pesawat jd bengong banget pas bacanya. kalo yang lain-lain semuanya udah pernah ketemu. Apalagi masalah hp tuh emang gemesin.
    Klo aku termasuk tipe yang bakal ngidupin hp saat pesawat udah landing dan lagi mau parkir tp tetap di flight mode dan disimpen di tas. ini lebih krn loading hp-nya lama =)). kayaknya aku termasuk yang parno dan ga bisa tenang walaupun hp udah di flight mode, jadi biasanya juga kumatiin hp-nya.

  7. Aku suka sebel sama diriku sendiri sih. Terkadang pas mepet mau landing malah kebelet mau pipis, padahal kan lavatory ga boleh dipakai sampai pesawat benar-benar berhenti. Jadilah ketika pesawat stop orang-orang pada sibuk ke luar, aku malah sibuk minta sama pramugari buat pake lavatorynya 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s