Pertanyaan tentang Endometriosis dan Obat Herbal


Karena saya punya beberapa tulisan mengenai endometriosis, kista atau miom. Ternyata topik ini lumayan banyak ditanyakan. Jadi ada beberapa email, DM, inbox yang saya terima seputaran penyakit atau pengobatannya.

Saya belum sembuh dari endometriosis. Terakhir check up, kista dan miom gak ada tapi endometriosisnya tersebar diseluruh indung telur kiri. Indung telur kanan saya sudah diangkat tahun 2012 lalu.

Ceritanya di sini

Seperti beberapa tulisan saya sebelumnya, endometriosis itu seperti penyakit yang mungkin gak bakalan hilang di badan saya. Nempel aja terus walaupun sudah dioperasi sebelumnya. Jadi tetep muncul. Penyebab endometriosis sampai hari ini belum diketahui dengan pasti. Segala macem hal bisa aja menyebabkan endometriosis seperti genetik, makanan, pola hidup, stress, dan masih banyak lagi. Oya, penyakit ini gak menular.

Cerita-cerita lain tentang endometriosis cek di sini ya.

Nah, kembali ke pertanyaan yang sering ditanyakan ke saya :

01. Sudah sembuh belum kak?

Belum, lihat jawaban di atas.

02. Kenapa belum sembuh?

Hahha….gak tau juga sih, mungkin karena saya masih tengil juga sih. Maksutnya harusnya saya mulai bener-bener gak cheating lagi dengan pola diet untuk penderita endo. Masalahnya saya gagal trus.

03. Setelah operasi masih sakit gak waktu mens?

Yes, masih sakit sampai hari ini dan gak tau kapan bisa hilang. Mungkin penyakit ini bakalan saya bawa sampai menopause. Rata-rata penderita endometriosis itu kalau gak operasi diangkat rahim dan teman-temannya, yah hilang pas menopause.

04. Obatnya apa kak?

Nah, info terakhir dari dokter di Penang pas saya check up adalah gak ada obat. Paling di operasi tapi masalahnya setelah operasi bisa muncul lagi. Beberapa temen saya sampai bosen bolak balik penang untuk laparoscopy.

Menurut dokter di Penang, untuk kasus saya yah, emang harus tahan-tahan hidup dengan si Endo ini, makanya dia gak ngelarang minum pain killer.

05. Obat herbal gimana kak?

Hmm obat herbal itu saya gak percaya jadi emang gak mau nyoba. Saya pernah nyobain ehh masuk rumah sakit 5 hari. So, gak lagi deh. Kalau sakit pas mens, ya udah saya minum ibuprofen.

Tapi terima kasih untuk yang menyarankan untuk mencoba obat-obatan herbal 🙂

Hanya nih sekedar saran aja, daripada coba-coba obat herbal tanpa tau detailnya, mendingan ke dokter deh. Serius, jangan nanya orang-orang atau dukun gitu. Mendingan langsung ke ahlinya.

06. Obatnya apa kak?

Gak ada obatnya untuk menghilangkan penyakit ini. MInimal di kasus saya ya. SEpertinya sih harus rajin olahraga + ganti pola hidup dan jangan stress. Soalnya tiap kali liburan saya kayaknya gak terlalu sakit haha.

Saya punya semua obat pain killer kayak minyak-minyak essential, pain killer dari bahan alami tapi semua gak ngaruh. Yang ngaruh cuma pain killer semacam Ibuprofen. Minum obat ini mesti hati2 juga karena bisa bikin maag. Jadi biasanya saya konsumsi obat setelah makan atau setidaknya saya ambil sesuatu untuk ngisi perut. Big no…no…makan pain killer pas perut kosong.

07. Bisa hamil gak kak?

Hihihi……andaikan saya bisa menjawab pertanyaan itu 🙂 mungkin sebaiknya ditanyakan ke dokternya yang ahli. Serius serem saya jawab pertanyaan ini.

08. Dietnya gimana kak?

Nah, dietnya itu lumanyan banyak aturan mainnya. Kamu bisa cek di sini ya.

https://halosehat.com/tips-kesehatan/kesehatan-reproduksi/makanan-untuk-endometriosis

09. Kak, saya Alhamdullilah sudah punya anak 1 tapi mau punya 1 lagi koq susah ya?

Emmm……saya punya 1 aja belon haha. Lagi-lagi ke dokter deh. Pertanyaan seperti itu rasa-rasanya saya gak akan pernah bisa jawab. Lagian kalau punya endo, kista, miom, bukan saya bilang gak bisa punya anak tapi mungkin ada hal-hal tertentu yang harus dibicarakan ke ahlinya. Bukan ke Noni yang cuma blogger haha.

10. Dokter yang di rekomendasikan?

Gak ada. Saya kalau check up selalu pindah-pindah dokter. Habis setelah ketemu banyak dokter (puluhan kali), hampir semua sama aja. So, daripada saya capek nungguin dokter, yah udah yang ada aja.

So yah, semoga kita semua sehat-sehat aja dan inget deh, pola makan, pola hidup yang baik dan tentu saja olahraga saya rasa akan membantu mengurangi rasa sakit ketika menstruasi.

 

Advertisements

6 comments

  1. Semangaat Mbak Noni. Aku pun terakhir cek, dia kembali lagi dan memang katany akan menjadi teman seumur hidup sampai menopause. Yasudahlah ya, dinikmati sajaa hehe.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s