Ta Phrom Siem Reap, Candi Paling Terkenal di Dunia


Siem Reap
Siem Reap

Ta Prohm adalah candi yang paling terkenal didunia. Setuju?

Kenapa saya bilang Ta Prohm adalah candi yang terkenal didunia? paling gak menjadi salah satu candi yang paling terkenal di dunia sejak film Indiana Jones dan Tom Raider.  Inget sewaktu Angelina Jolie dengan kostum hitam-hitam dan rambut dikepang berada di candi yang cantik ini?

Ini kali kedua saya ke candi Ta Prohm. Sebelumnya saya ke Siem Reap dengan 3 sahabat saya. Tahun 2014 Matt kembali mengajak saya ke Cambodia. Cambodia menurut saya adalah satu negara dengan tujuan wisata yang menarik, sayangnya terik mataharinya sangat menggangu. Terutama kalau datang di bulan April. Bulan April adalah bulan dimana puncak panas di Cambodia. Jadi saran saya jauh-jauh deh dari bulan April kalau mau kesini. Soalnya kalau terlalu panas, sangat-sangat tidak nyaman berkeliling dari satu candi ke candi lainnya.

Dibangun pada 1886, Ta Prohm pada mulanya dikenal dengan nama Rajavihara (The Temple of the King). Candi Buddha ini konon dibangun untuk ibu dari Raja Jayavarman VII, berisi 39 menara yang saling terhubung dengan serambi-serambi dan koridor-koridor sempit. Cnadi ini sendiri konon dapat menampung 18 Biksu Agung, 650 penari dengan 12.500 jiwa penduduk yang saat itu tinggal disekitar candi.

Ta Phrom Siem Reap
Ta Phrom Siem Reap
Ta Phrom Siem Reap
Ta Phrom Siem Reap
Ta Phrom Siem Reap
Ta Phrom Siem Reap
Ta Phrom Siem Reap
Ta Phrom Siem Reap
Ta Phrom Siem Reap
Ta Phrom Siem Reap
Ta Phrom Siem Reap
Ta Phrom Siem Reap

Ta Prohm sudah masuk sebagai daftar warisan dunia atau World Heritage Site UNESCO tahun 1992. Dibangun pada abad ke 12-13, dan di abad ke 17 sejak kejatuhan kerajaan Khmer, Ta Prohm ditinggalkan (diabaikan) selama berabad-abad sampai akhirnya direstorasi oleh beberapa lembaga arkeologi.

 

Ta Prohm menarik karena candi ini dibiarkan saja ditumbuhi lumut dan juga dicengkram oleh akar-akar pepohonan raksasa yang tumbuh disekitar candi. Beberapa bagian candi terlihat “remuk” didekap akar pepohonan besar. Karena ditumbuhi lumut menjadikan candi ini terlihat berwarna hijau.

Beberapa jenis pepohonan yang tumbuh disekitar candi adalah pohon Banyan, Randu (kapuk), dan Fig. Bahkan, beberapa akar yang melilit candi tersebut menyerupai ular raksasa. Sebenarnya akar-akar ini membuat candi lebih misterius dan cantik.

Ta Phrom Siem Reap
Ta Phrom Siem Reap

Karena Ta Phrom berdiri ditengah-tengah hutan kecil, candi ini terasa lebih gelap dan juga lumayan sejuk dibandingkan candi lainnya yang berada di alam terbuka.

Candi Ta Prohm merupakan sebuah biara dan universitas Budha Mahayana yang didirikan oleh raja Jayawarman VII di abad ke-12. Menurut sejarah, candi ini bisa menampung 18 Biksu Agung, dan 650 penari dengan 12.500 jiwa penduduk yang berada di sekitar candi. Kejatuhan kerajaan Khmer di abad ke-17, membuat candi ini ditinggalkan dan dilupakan. Puluhan pohon Beringin, Kapuk randu dan Ficus menyelimuti candi ini selama berabad-abad.

Akar-akar pohon raksasa tersebut mengitari dinding-dinding candi yang sebagian hampir runtuh ditelan waktu dan gempa bumi. Bahkan, membuat candi tersebut semakin tampak misterius, hingga dijadikan lokasi syuting film tersebut.

Saking populernya candi ini sehingga kita harus antri untuk berfoto disalah satu sisi dalam candi tempat syuting film Lara Croft. Dulu sewaktu saya kesini tahun 2011, antrian belum ada tetapi 2014 kami harus antri hanya untuk berfoto. Sepertinya setiap kali foto dibatasi hingga 5 menit karena antrian cukup panjang.

Ta Phrom Siem Reap
Ta Phrom Siem Reap

Selain terkenal dengan akar-akar pepohonan, candi ini terkenal juga dengan relief Stegosaurus. Tetapi menurut para ahli sebenarnya bukan relief binatang purba. Bisa jadi hewan yang ada disana adalah badak atau banteng yang dulu hidup di Cambodia. Sayangnya saya tidak ketemu relief tersebut karena luar biasa panas sehingga hampir gak bisa mikir lagi apalagi nyari-nyari relief haha.

Ta Phrom Siem Reap
Ta Phrom Siem Reap
Ta Phrom Siem Reap
Ta Phrom Siem Reap
Ta Phrom Siem Reap
Ta Phrom Siem Reap
Ta Phrom Siem Reap
Ta Phrom Siem Reap
Ta Phrom Siem Reap
Ta Phrom Siem Reap
Ta Phrom Siem Reap
Ta Phrom Siem Reap
Ta Phrom Siem Reap
Ta Phrom Siem Reap
Ta Phrom Siem Reap
Ta Phrom Siem Reap
Ta Phrom Siem Reap
Ta Phrom Siem Reap
Ta Phrom Siem Reap
Ta Phrom Siem Reap
Ta Phrom Siem Reap
Ta Phrom Siem Reap
Ta Phrom Siem Reap
Ta Phrom Siem Reap
Ta Phrom Siem Reap
Ta Phrom Siem Reap
Ta Phrom Siem Reap
Ta Phrom Siem Reap

Sejujurnya ini salah satu candi favorite saya karena memang cantik dan photogenic banget. Rasa-rasanya motret disini gak akan pernah bisa salah, apapun device kamu 🙂 makanya saya seneng haha.

Dan inilah foto favorite saya

Ta Phrom Siem Reap
Ta Phrom Siem Reap

Untuk menikmati perjalanan dari candi ke candi di Siem Reap, kayaknya kita harus melakukan beberapa hal dibawah ini:

01. Start dari menjelang matahari terbit untuk mengejar sunrise di Angkor Wat

02. Sewa Tuktuk seharian. Biasanya sekitar USD 15 – USD 20

03. Beli tiket terusan kalau emang niatnya mau beberapa hari candi hunting

04. Banyak minum, makan buah

05. Pakai topi, payung, sunblock, bawa handuk kecil dan semprotan untuk wajah/kaki

06. Siapkan memory card yang besar

07. Harus tega menolak pedagang supaya gak digangguin hehe.

08. Enjoy

Sebenarnya saya masih pengen bisa datang lagi ke Siem Reap dan menelusuri kembali beberapa candi yang belum sempat didatangi tapi……..kalau inget panasnya jadi minta ampun haha.

Menurut kamu candi apa yang wajib dikunjungi?

Advertisements

41 comments

  1. jadi inget rumah akar yg ada di kota tua kak, hihi
    yg biasa dijadikan spot favorit para fotografer.

    ahhh jadi pengen pose di candi itu *laahh gagal fokus.

    hihihi

    candi favoritku malah ga ada.
    ya abisnya..kenapa yak candi itu berasa panas banget, di indonesia aja panas loh

    • Soalnya rata2 kan diluar ya kalau Candi trus terbuka jadi lngs menghadap ke matahari hehe. Mungkin dulu ketutup pohon ya 🤔 skr kayak Borobudur mana udah tinggi trus pas ada matahari, selesai deh. Panas

  2. Eksotis banget Mbak Non emang ya. Kebayang bisa berinajinasi apa aja kalo pas ke sana. Hehehehe. Panasnya lebih gila dari Surabaya ya Mbak? Kok sampe dahsyat banget keknya. Karena paling banter baru ke Borobudur, ya Borobudurlah yang jadi have to visitnya. Wkwkwkwk.

    • 2 kali Surabaya kali Dan haha. Soalnya kan diluar trus dan banyak pohon jadi lebih sumuk karena lembab). Baru keluar hotel aja udah keringetan. Bulan April itu emang panasnya luar biasa, temen si Matt yg penelitian disana tiap Maret-Mei dia balik ke negaranya karena gak kuat 😁. Paling pas itu datang antara Nov – Feb katanya karena msh dapat udara dingin dr Cina.

  3. Aaak saya pengen ke sana juga, hehe. Dulu waktu ke sana sempat ketemu relief yang konon stegosaurus, hehe. Kalau tak salah adanya di sebelah kiri pintu masuk utama, memang agak tersembunyi dan di bagian teduh sehingga agak lembap. Saya suka candi-candi Angkor soalnya beda reliefnya dengan candi-candi di Jawa Tengah, mereka punya langgam sendiri meskipun antara Jawa dan Kamboja sempat punya hubungan yang erat, hehe. Menarik sekali… apalagi candinya banyak banget.

    • emang gede banget kak, kalau gak mikir matahari, rasanya gak mau pulang2 ke hotel. Pas pertama kali datang, panasnya gak terlalu. Bulan Mei apa Juni gitu. April beneran deh, aku ampun2.

  4. Haduh, cakep banget foto-fotonya. Ta Phrom ini, salah satu candi favorit juga, habis adem banyak pohon :). Selain Ta Phrom, saya juga suka Banteay Sray, warna batuan candi dan ukirannya cantikkk banget Non..udah sempat kesana?

    • Yang pertama kan June datangnya, aku seharian gak pulang2 ke hotel. Keliling trus candi ke candi. Pas sama Matt beneran gak kuat. Jam 11 udah balik hotel, trus keluar lagi jam 4.30an gitu kalau gak salah. Hari kedua & tiga kami bar hopping aja hahaha.

  5. Candi Ta Phrom ini jadi keren karena adanya pohon2 dengan akar2nya yang bohay itu (menurut saya).

    Puanasnyaa poool memang yaa mbak..

    saya berharap Borobudur bisa lebih dikenal mendunia lagi seperti Ta Phrom ☺

  6. Iyaaa yaaa.. padahal Borobudur lebih spektakuler kalau menurut saya, dan jaman dulu pernah masuk sbg 7 keajaiban dunia..

    Heran juga knapa tidak bisa sepopuler candi2 di luar negeri yaa…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s