With This Ring, I Thee Wed….


My Bouquet
My Bouquet

With this ring, i thee wed

By the authority vested in me by the State of Indiana, I now pronounce you husband and wife. U may kiss your bride now, Matt……..

You may kiss your bride :)
You may kiss your bride πŸ™‚

Dan saya berlinangan air mata ketika Judge Bokota membacakan Vow dan segala ina itu dalam bahasa inggris.

Rencana menikah di US memang ada sejak kita punya menikah di Medan Maret 2013 kemaren. Sebelum berangkat pun ibu saya udah berpesan jangan lupa bawa kebaya dan perlengkapan menikah, siapa tahu beneran ada kesempatan menikah di US jadi bisa punya kostum yang bener. Nah pas packing seperti biasa dong, Matt protes karena saya bawa-bawa kebaya full payet didalam kotak besar hehe. Akhirnya kita tinggallah itu kebaya plus gaun yang tadinya mungkin bisa saya pakai juga untuk kawinan di US. Alasannya sih kata si Matt nanti kita bisa beli aja di US kalo emang beneran bisa nikah.

Sesampainya di US kita sibuk ini itu. Jumpa keluargalah, temenlah, tetangga, ikut acara ini itu dengan keluarga si Matt atau temen-temennya sampai akhirnya terlupakan rencana menikah ini plus udah gak pernah di obrolin lagi. Kemaren kita stuck di rumah (hujan salju gede 3 hari gak berhenti) trus tiba-tiba baru inget nikah ini. Matt cek di website Court gitu (entah apa nama pastinya ehh ternyata bisa apply online untuk menikah. Kita langsung dong apply online dan gampang banget. Hanya perlu isi biodata trus dikasih no registrasi dan bisa datang kapan aja (sampai 60 hari dari waktu apply) dari jam 08.30 – 03.00 sambil bawa :

  • Current, valid drivers license or state-issued ID card
  • Passport
  • Birth Certificate
  • Social security number

Sementara karena saya bukan warga negara US jadi hanya bawa birth certificate + paspor. Sebaiknya nih kalo sertifikat lahir kita masih yang satu bahasa jangan lupa langsung bawa yang udah di translate. Saya karena kebetulan baru ganti sertifikat lahir oktober kemaren ternyata udah 2 bahasa jadi gak perlu di translate lagi hehe.

Setelah apply trus ngomong ke ortu dan adeknya si Matt, kita janjian Β hari ini ke city hall buat menikah karena wiken kan tutup kantor trus senin ortunya Matt udah ngantor plus ponakannya masuk sekolah. Kita apply itu udah jam 2an sore sih. Asli gak punya nafas buat siap-siap. Malamnya pas mau keluar nyari sepatu dan gaun pengantin ehh salju yang ditunggu-tunggu gak berenti malahan kita liat di TV ada peringatan untuk gak keluar rumah karena salju yang turun bakalan gila-gilaan sampe kalo naik mobil bisa gak keliatan jalan. Ya wis, gigit jari deh πŸ™‚ . Eh iya ortunya Matt sempet kaget sih kita mau nikah lagi trus mereka langsung panik pengen bikin ini itu dan beli ini itu sampe mikir nyiapin mobil yang ada tulisannya just married, masalahnya kita gak punya waktu karena nikahnya besok pagi haha.

Saya dan Matt mikirnya ya udahlah kita pakai baju ala kadarnya aja toh cuman nikah di city hall koq tapi ibunya Matt stress haha. Lagian bajunya dia juga gede-gede gak bisa masuk di saya (gaun makstunya) trus cuacanya bener-bener jelek jadi mau gimana lagi ya πŸ™‚ .

Malamnya bapak si Matt ngotot kita berdua gak boleh tidur bareng karena sebenarnya kan baru besoknya menikah. Matt harus tidur di kamar lain haha. Pagi-pagi pun pas saya nonggol bapaknya teriak-teriak harusnya Matt gak boleh liat saya hahaha. Astagaaa πŸ™‚

cuaca di luar
cuaca di luar

Pagi harinya Matt minjem suit bapaknya karena suit dia kekecilan semua (dia tambah gendut jadi semua suit nyangkut di perut haha) dan saya hanya pake rok batik plus sweater hitam dengan kalung kupu-kupu. Berasa mau ke mall gitu jadinya tapi ya udinlah. Agak sedih sih saya kemaren gak ngotot bawa kebaya huhuhu. Karena dinginnya makin parah plus berangin pakaian saya udah gak ada benerr-benernya. Pake boots, legging, baju dobel-dobel hahaha. Rambutnya juga dicepol begitu aja, untung bawa jepitan. Bener-bener ngasal.

tuh dandanan yang mau nikah hehe
tuh dandanan yang mau nikah hehe
Bunganya beli dijalan dan yang merangkai ibu-ibu tua :)
Bunganya beli dijalan dan yang merangkai ibu-ibu tua πŸ™‚
foto was taken by Noni
foto was taken by Noni
Groom
Groom
Bride :)
Bride πŸ™‚

Sampe di court ternyata ngurusnya gampang banget. Kita ketemu sama bagian admistrasi, daftar ulang trus dia nanya beberapa pertanyaan seperti dibawah ini plus bayar USD 18 :

“kalian berdua gak ada hubungan saudara kan? ” trus kita berdua langsung ngomong gak mungkinnnn dan dia nyengir bilang agak stupid yaa pertanyaannya haha.

“Kalian berdua ada masalah dengan penyakit mental, depresi?” Kita langsung jawab gak (dalam hati iya kadang2)

“Kalian berdua gak lagi mabok kan?” Taon baru udah lewat madam πŸ™‚

Setelah itu nunggu ibu dan adeknya Matt datang karena mereka berhenti sebentar di toko bunga beli bunga tangan saya yang baru dipesan saat itu juga haha. Setelah mereka datang kita langsung dipanggil si ibu hakim, ttd dokumen dan bayar USD 50 plus USD 2 untuk copy sertifikat menikah.

Udah gitu kita masuk deh ke dalam tempat “pesta” kecilnya. Bisa milih sih bisa di ruang pengadilan atau di tempat pesta kecil itu. Jelaslah kita milih yang lebih cakep pake bunga palsu hahaha.

Setelah semua ready, ibu hakimnya bacain vow dan saya mulai terisak-isak gara-gara denger ibunya Matt nangis hahaha. Jadi selama dibacain vow-nya itu (yang traditional kata ibu hakim yang vow dibuat ama groom itu cuman ada di novel-novel, film hollywood sama kepala pengantin perempuan, kenyataannya kebanyakan yah pake Vow yang traditional aja ) kita sambil pegangan tangan dan liat-liatan gitu. Saya ngeliatin Matt dan Matt ngeliatin saya trus saya kedip-kedip mata dan lama-lama beneran nangis karena jadi gak lucu lagi pas saya denger isi Vow itu huhu. Pas nikah di Medan saya gak nangis loh, biasa aja tapi disini berlinangan air mata πŸ™‚ .

Selama pembacaan vow
Selama pembacaan vow
Now i pronounce you......
Now i pronounce you……
You may kiss your bride
You may kiss your bride dan waktu Matt meluk saya dia ngomong “I love you so much Mrs. Nowak…….so much”

Keponakan Matt, Michael jadi flower boy, jadi dia yang bertugas pegang bunga. Kelupaan kalo Michael harusnya dikasih job pegang cincin juga. So si Cincin dipake si Matt aja dua-duanya di jari, pas diminta pakein dia copotin aja gitu haha.

My flower boy :)
My flower boy πŸ™‚

Prosesnya cepet banget dan gak pake nunggu lama. Segala administrasi dan prosesi paling ngabisini waktu 30 menit dengan biaya yang jelas dan sesuai dengan di website. Setelah beres menikah, Matt dipanggil buat ngurus copy sertifikat πŸ™‚ . Sekarang kami sudah terdaftar sebagai suami istri di Indo dan US. Dengan ini juga saya tekankan ke Matt kalau kami punya 2 wedding anniversary plus 2 kado haha.

Kalo ada yang penasaran kenapa sih saya dan Matt mesti menikah lagi di US? kenapa gak ngurus pernikahannya di Indo aja? Memang sih kita udah Β nikah di Indonesia dan semestinya bisa melaporkan pernikahan kami ke US Embassy. Masalahnya saya sempet dapet cerita urusan di Kantor Agamanya rada bertele-tele plus banyak dokumen ini itu yang diminta. Saya males aja ngurusnya haha. Plus kapok di palak ama KUA 3 juta buat nikah kemaren. Ishhh kalo diinget-inget masih dendam. Karena saya dan Matt dapet kesempatan ke US why not kami menikah lagi aja disini, toh urusannya gampang banget dan langsung terdaftar di US juga pernikahannya, biayanya pun lebih murah dibandingkan saya terbang ke Jakarta buat ngurus pelaporan menikah ini ke Embassy πŸ™‚ . Oya plusnya lagi saya jadi ngerasain gimana sih prosesi pernikahan disini walo tanpa pesta, gaun putih dll. Ahh itu masalah kita kurang koordinasi aja kayaknya ya haha.

Apakah saya seneng? iyaaaaaaaaaaaaaa saya seneng banget paling gak bisa ngerasain gimana sih pas dihadapan hakim, menikah dan dibacain vow-nya. Ahh sumpah itu bener-bener mengharukan. Kalo saya pake gaun yang lebih ok plus bisa ngundang2 lebih banyak orang lagi plus sempet nyari photographer pasti lebih asik lagi hahaha.

Setelah pulang dari court, kita lunch di resto fine dinning (ditraktir bapaknya Matt) tadinya saya ngotot pengen lunch dan ngewine di vineyard tapi ternyata jalanannya gak memungkinkan secara licin banget. Daripada konyol di jalan ya udah kita makan di resto yang deket-deket aja πŸ™‚ . Toh sama-sama happy koq hehe.

So….tolong didoakan supaya saya dan Matt awet-awet aja ya sampe maut memisahkan :), amin…….

Ps : sebagian foto diambil oleh adiknya Matt dan bapaknya

with Michele
with Michele
My flower boy
My flower boy
Di rumah
Di rumah
Matt and his Family
Matt and his Family
Jomplang gitu bajunya. Huh tetep kesel
Jomplang gitu bajunya. Huh tetep kesel
Isi omongan si ibu hakim yang bikin saya tersedu-sedu
Isi omongan si ibu hakim yang bikin saya tersedu-sedu
Advertisements

168 comments

  1. uhh noni bacanya jadi ikut terharu juga, sampe berkaca-kaca :’)
    pasti senengg bgt ya rasanyaa, udah ngurusnya juga gampang jadi kalian ga kebeban urusan ini itu kayak dulu di Indo. semoga awet sampe kakek nenek dan sampai maut memisahkan ya non :’)

  2. Ya ampun simple banget ya nikah di US. Bandingkan dengan kerempongan nikah di Indonesia. Nggak usah lah ngomong yang beda warga negara. Yang sama-sama WNI aja ribet kok dan biayanya juga nggak murah.

    Congrats ya Noni & Matthew, udah sah suami istri di Indo dan US. Asyik ya bisa ngerayain 2x anniversary dalam setahun πŸ™‚

  3. waa Noni, tampilan themenya baru ya? gw baru buka lagi dari laptop, selama ini selalu baca dari feedly, hihi. Bagus deh themenya πŸ™‚

    Congrats yaa Non, walaupun kamu ngga hepi sama outfitnya tapi menurut gw cantik banget, plus you look very happy :*

    • udah 2 bulanan kayaknya Met, jadi agak berat kali ya soalnya banyak foto juga sih sekrang hehehe.

      makasih ya Met, aku emang agak2 nyesel gitu karena gak bawa kebaya haha padahal ada dirumah πŸ™‚ tapi makasih yaa Met pujiannya hehe. Jadi bikin happy

    • makasih yaa Badai πŸ™‚

      kayaknya sih kita dipalak doang karena matt bule, kalo gak 3 taon lalu adek aku 700 ribu aja Dai, itupun kalo liat di webnya sebenarnya hanya 30an ribu loh biaya nikah di indo 😦

  4. Awww.. Noni.. it’s just too sweet :’) Ikut meleleh deh waktu bacanya..Ih Noni itu sih dandanannya udah keren tau lagian yang paling penting kan moment sakralnya.
    I’m happy for you, Noni and Matt, wish you happily ever after.. aamiin.. πŸ™‚ πŸ™‚

  5. aaaaah hahahahaha ini judulnya penganten metaaaaaal *kasih 3 jari anak metal.. gak penting bajunya, yg penting cinta ya non *pret :P…. congratz for Noni and Matt, may you both happily ever after..

  6. Sekali lagi selamat, Mbak. Semoga selalu saling mencinta sampai selama-lamanya
    *eh karena nikah di US, harusnya aku kasih selamat yang ini juga pakai Bahasa Inggris ya Mbak :D*

  7. o mai God nonniiiii…aku terharu banget bacanyaaa…
    so sweet…iyah sayang di gaun yah, sbenernya yg simple asal putih pasti cocok banget…
    tapi its okay, kamu cantik banget deeehhhh…en buketnya manis sekali…si matt ganteng banget en terlihat heppi banget kalian berduaaaa….

  8. Happy wedding ya mb Non…
    Jadi sah di sana dan di sini ya mb…

    Dengerin janji nikah memang selalu bikin berkaca-kaca mb Non, apalagi mengucapkan sendiri ya… πŸ™‚
    Once again, congrats…

  9. Liatnya terharuuuuuuuuuuuuuuuu I love your bouquet!!! Yellow rose is my personal favorite and thus will be my bouquet too!!! I’m so glad to see it on your hand Non, it’s so beautiful! =)
    I’m so glaaaaaaaaadddd to read this and so so so happy for both of you! =’)

  10. itu katanya katanya….maknyesss banget ya, selamat yaa atas pernikahannya semoga bahagia dan bersama terus selama lamanya, aamiin πŸ™‚

  11. So….tolong didoakan supaya saya dan Matt awet-awet aja ya sampe maut memisahkan :), amin……. <- Amin! *baru tau post ini* telat ngucapin gpp ya mbak noni & matt πŸ˜€

  12. Wah pengen juga nikah disni cuma lupa bawa akte lahir ku ya ampun………baca baca ini lebih ringkas dan gak ribet… kalau pelaporan di embassy itu cuma pelaporan doang itupun asli ribet non, habis duit banyak pula .. tapi mendaftarkan di US itu baru ter record negara US, jadi suami gak akan macam macam bisa nikah di negara lain… banyak kasus USC mudah sekali ambil surat keterangan bebas menikah di berbagai negara mudah cuma bekal di sumpah doank.. ternyata di negara asal dah duda or cerai dengan banyak anak.. kasihan yang istrinya di kibulin..makanya memang sebagai istri kita perlu… melakukan pelaporan pernikahan di US or paling simple pakai cara noni, nikah modal cuma 52 usd simple gak ribet dan syah… dapat marriage certificate deh..ntar semoga ada waktu deh main kesini lagi .. aku bw nti akte lahir…

    • Yahhhhh koq lupaaaaa hihihi. Pasti rempong ya pas mau berangkat. Insya Allah bisalah pergi lagi Siti. Iya kita pikir nikah lg di US itu jauh lebih mudah dan udah terdaftar juga, means kita dilindungi oleh 2 hukum dan matt juga terdaftar udah nikah dunk hihihi. Ehhhh kasus USC itu ceritanya gimana?

      • banyak banget case USC yang memang niat jahat ikutan dating site cari cewek dari berbagai negara Asia yang bule hunter, terus datang deh ke Indonesia ketemuan tuh cewek trus kawin deh dengan mudah minta CNI di embassy itu gak di verifikasi ke state asal cowok loh, asal isi form aja tercatat pernah ambil CNI doank lalu dia isi form bayar 50usd di sumpah tanda tangan 10 menit dapat tuh surat padahal nih cowok sbnarnya ya ada istri disana..dia berpetualng saja, stelah enak nikahin cewek indo dia balik ke negaranya gak balik lagi, nyari korban berikutnya di negara lain kayak malaysia or Thailand…gampang,,banget deh… dapat CNI itu negara lain tuh ribet banget harus ada surat single dari RT di negaranya dan lain lain.

      • Iya inget. Si matt kemaren cuman ke Embassy trus dapet deh. Temen kita yg canada juga mudah. Yg negara lain aku kurang tau juga. cNI itu apa? Lagian kawin di indo juga gampang sih, kalo mau bayar lebih gak usah lengkap2 dokumennya juga bisa. Lagi2 ke sistem kita ya hihi

      • makanya banyak wna yang melakukan petualnagannya dengan mengetahui kelemahan sistem itu, kalau case ku sebenarnya sih bisa kayak noni aku sisa nikah di city hall namanya ya, cuma MB punya id card state disni expire sebulan lalu kalau mau perpanjang ribet, mesti ada alamat pasti tempat tinggal dan mulai dari 0 lagi sedang kita alamatnya alamat ibunya doank dan itu tak bisa karena dia memang stay di Indonesia..
        terus mau pelaporan pernikahan aku belum urus dari kedutaan dan depag dlll nya…..kami sudah telpon tadi ke kantor apa gitu malah dijawabnya kalau sudah nikah di LN atau state lain gak usah di daftrakan lagi otomatis sudah……..
        tapi menurut US embassy pencatatn pernikahan di asal suami di statenya perlu biar ter record biar suami tak bisa macam macam lagi ….hak istri bisa di dapat dan lainnya……………….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s