Belanja


pinjem topeng di toko disney haha (gak modal)
pinjem topeng di toko disney haha (gak modal)

Salah satu pertanyaan yang sering saya dapet pas nyampe ke US adalah “Udah belanja apa aja?” . Pertanyaan ini pantesnya sih di kasih ke Matt ya dan menjadi “Udah dikasih belanja apa aja istrinya?”.

Ngomongin belanja ke saya sih sebenarnya gak terlalu seru juga karena saya gak begitu (catat gak begitu) suka belanja kalo harganya mahal-mahal hihi. Saya lebih seneng belanja ke pasar-pasar model Chachutak, night market, Sukawati di Bali. Pokoknya yang ethnik-ethnik dan murah pasti deh saya betah. Begitu diajak belanja yang serius biasanya saya udah males duluan karena emang gak punya duit banyak hahaha.

Udah gitu saya juga gak yang model orang seneng ngider-ngider liat barang kecuali di tempat2 yang saya sebut di atas atau toko-toko pernik-pernik gitu. Nah kalo ditoko begituan ama warung sayur pasti betah juga sayanya hihi. Kalo window shopping biasanya saya lakuin di internet. Kalopun pergi ke mall dan nyari sesuatu pasti saya udah tau mesti dapetin dimana, begitu dapet pasti kalo gak minum2 dulu yah pulang.

Kalo mau jujur dulu pas masih kerja saya gak begini-begini amat loh hehe. Tiap bulan yah saya belanja apa aja yang saya mau. Sepatu, baju, tas dll (gak mahal tapi belanja loh) . Setelah nikah dan berhenti kerja otomatis tanpa dipaksa koq saya bisa ngerem nafsu saya sendiri biarpun kalo dipikir-pikir Matt itu gak pelit juga kalo saya minta walo tetep pake ngomong “kamu perlu ga sih? boleh beli tapi pikir dulu seminggu ya, kalo masih pengen baru kita beli”. Cuman saya selalu mikir daripada beli mending duitnya disimpan buat jalan-jalan yaaa hihihi.

Jadi begitu nyampe di US yang tadinya emang ibunya Matt dan adeknya udah merencanakan shopping trip saya menanggapinya ogah-ogahan. Pertama saya sungkan karena mereka suka traktirin saya (udah beberapa kali hihi) trus saya juga males beli-beli karena selain harganya mahal dan yang pasti untuk saat ini sebenarnya saya gak terlalu butuh juga sih. Coba apa iya saya butuh sweater super tebal banyak? lah pake yang ada sekarang aja gak abis-abis loh (akhirnya saya minjem eh make sweater ibunya Matt yang udah jadul-jadul dan gak dipake lagi. Kalo kayak sweater saya pikir modelnya yah begitu-begitu aja apalagi yang model rajut-rajut itu plus selera ibunya si Matt masih ok menurut saya dan gak aneh-aneh).

Dari Indo kemaren saya dan Matt cuman bawa 1 koper yang isinya beberapa potong jaket, sepatu boots UGG, sweater dan legging trus oleh-oleh macem-macem (kami bawa patung, topeng, batik, mainan kayu dll) trus si Matt malah cuman bawa 3 t’shirt doang sama sweater. Begitu nyampe airport ibunya bawain coat, sarung tangan, topi, syal buat kita karena cuacanya emang gak nangung2 dinginnya minus 10 😦 .

Di hari itu sebenarnya mereka udah merencanakan untuk belanja dikit untuk saya tapi karena kita capek baru besoknyalah ke toko. Nah biarpun katanya sale karena mau natal untuk saya tetep aja harga-harganya cukup lumayan apalagi kalo cuman dipake untuk orang yang pergi libuaran. Contohnya nih untuk coat yang saya pengen dan saya suka harganya diatas 100an dollar. Ada sih dibawah itu tapi saya gak suka dan akhirnya tetep beli juga karena dipikir butuh ehhh gak kepake karena yah  gak cukup hangat untuk saya hahha. Jatoh-jatohnya tiap pergi saya make coat dari ibunya si Matt.

Baju-baju plus coat ibunya si Matt juga buanyaknya minta ampun. Dia masih nyimpen baju-baju lamanya dari zaman piyik dulu. So, daripada keluar duit mending saya pinjem aja kan ya toh gak kepake juga. Agak kegedean dikit sih tapi masih bisalah dipake karena toh disini baju yang dipake harus berlayer-layer. Minimal tiap keluar saya pake 3 lapis baju dan celana.

Jadi nih ya hampir sebulan disini saya cuman beli 2 sweater, 3 pasang thermal underwear (dibeliin pun haha), 2 legging hitam, 1 jeans legging (hadiah natal), Pajamas 3 pasang (2 pasang adeknya Matt yang beliin), 2 coat (jarang kepake) dan 4 pasang sepatu (3 pasang sepatu boots) hihihihihi trus kemaren dikadoin cardigan plus daleman (kayak kamisol gitu) blink-blink ama si Matt buat pergi pesta dan 2 syal rajutan super tebal. Aduh kalo sepatu saya emang agak-agak gak bisa tahan selera 😦 padahal kan boots juga gak bisa saya pake di Medan dan harus di tinggal di US sini. Kita berdua emang males bawa barang ke Medan. Sangking malesnya, kemaren si Matt baru ngirim 2 kardus baju-bajunya plus buku-buku ke Indonesia. Selama 4 tahun tinggal di Indo, Matt itu cuman punya 10 biji polo t’shirt, 3 Jeans, 8 biji kemeja. Makanya nih kalo saya ke toko dia suka bilang gini “aku 4 taon di Medan bisa loh survive cuman punya bla….bla…..” .

Cuman sekarang saya punya hobby baru yaitu ngeliatin kataloq yang dikirim sebundel tebal gitu dari berbagai toko dengan kupon2 discount. Gila ya itu berasa window shopping banget walo yah tetep aja pas ke tokonya dan disuruh milih saya suka ngerasa sayang banget karenaaaaaa………harga dollar ke rupiah mangkin menjadi-jadi kan ya, sementara gaji kita masih pake standard Indonesia hahaha.

Mungkin nih, mungkin loh ya, kalo duit saya udah gak berseri lagi baru deh jadi menggila belanjanya 🙂 sekarang tahan selera aja deh .

Bagaimana dengan kamu? Udah belanja apa aja akhir tahun ini?

 

Advertisements

73 comments

  1. Ayo donk mumpung di kampungnya Matt, belanja yang buanyak *ngeracunin* :p
    Eh itu sepatu boot UGG anget dan empuk yahhh.. Aku nyesel kenapa ga beli waktu di Oz, ga kepake di sini dan harganya diatas 100 dolar sih hihi *pelit*

  2. Sama Non, teteh tipe yg ngga terlalu suka muter2in toko, cari yg dibutuhin, dan biasanya nitip mata sama anak-anak tolong liatin kalo ada cakep/bagus yg teteh mau, terutama harganyaaa hehe
    Mestinya pas musim panas ya Non, jd banyak yg bisa dipakai di medan, ya ntar pas musim panas balik ke Amrik lagi 🙂

  3. Aih.. Katalog pakaian itu kan ‘buku’ yang paling asik, Mbak Non. Hahah.. Jadi pengen liatin juga. Biar puas liat-liatnya. 😀

    Akhir tahun ini kayaknya cukup belanja di Pajak Melati aja. Wkwkwk.. Soalnya bulan kemaren belanja di Matahari uda nguras dompet. Beli onlen paling yang langsung dari suppliernya biar murah trus belinya banyakan dikit. Hihihihi.. Tapi bea cukai yang ngga nahan yak.

    Hebat bang Matt, bisa survive ya dengan jumlah baju yang sikit. Top! :p

    • iya katalog itu paling jahat deh. bikin pengen dan kita udah tau harganya juga kan ya hehe.
      pajak melati itu kata istri adek aku enak juga ya, aku jadi pengen ngecheck karena murah kan walo itu kan flea market hehe.

      matt mah cuek aja biar suka dikata2in bajunya itu lagi itu lagi haha

      • Hahah.. Aku kalo ke situ suka cari yang branded, Mbak Non. Mayan pedagangnya ngga tau barang branded, asal pande nawar trus pake muka lempeng tanpa ekspresi.. :p Kayak kemaren itu aku dapet baju knitting merk Popo Korea cuma 15rb, padahal di websitenya masih ada dan harganya selangiiiitt.. Hihihi..
        Walau pasar loak tetep yang beli banyakan naik mobil 😀

  4. Ga ada pikiran belanja buat diri sendiri akhir taon ini Non, banyakan sih cuma beli baju2 buat Millie aja hehehe

    Btw gw juga ga gitu demen belanja2 sih, gw juga ga gitu suka ke mall cuma sekedar liat2, klo misalnya ada yg mau dibeli, baru deh masuk ke tokonya, klo ga ada yg dibeli yaudah ajakin Millie maen aja drpd cuci mata trs ujung2nya mupeng hahaha

  5. kalo uda berstatus emak emg suka sayang belanja mba.. apalagi kalo sudah ada buntut. duitnya ditabung aja buat sekolahnya anak..apalagi pendidikan skrg mahalnya naudzubillah 😆

    • kalo pas sale disini bener2 sale loh dan 🙂 murahnya sih bisalah kebeli apalagi kalo untuk pakaian2 kita yang tinggal di tropis, sepatu apalagi. kamu bisa kalap beneran kali kalo ke US dan belanja OL untuk yang sale haha

  6. Udah kebanyakan dari baju, sepatu sampe peralatan dapur. Brenti deh belanjanya tahun ini. Tahun ini loh, kalo akhir Januari nanti last round sale bisa 75% dan aku liat ada yang ok, aku mungkin beli, kan udah tahun 2014 ha….ha….

    • ahhh aku mending kemaren pinjem punya mba Yo dong hahaha. aku yang gak bisa nahan itu sepatu doang mba sama pernak pernik ehh sekarang suka liat peralatan dapur/rumah juga sih tapi kan gak mungkin dibeli 😦 . Jadi taon depan apa aja nih yang mau dibeli? (want to knowwww)

  7. Aku lagi ngurangin belanja terutama belanja baju, sepatu dan pernak perniknya non. Akhir tahun habis bongkar lemari baru sadar baju tuh masih banyaaaak banget yang jarang dipake atau bahkan gak di pake. Hmmm penyakit nya tiap buka lemari pasti kepikirnya kok gakpunya baju aja yah :lol:.
    Ah kupon diskon itu ya, aku sering nonton acara Extreme Couponing di TLC, gila yah kalo niat banget tuh ngumpulin kupon diskon bisa saving sampe 100% loh. Tapi ya emang mesti niat banget ngumpulin dan milah milah kuponnya 🙂

    • May, yang coupon itu beneran deh kalo pinter n jago kita bisa dapet disc + potongan harga banyak banget. Cuman kan secara orang baru plus si matt pun gak yang perduli2 gitu yah kita gak ngerti juga hihi. Kalo belanja ama ibunya si Matt tuh, dia sih suka punya coupon2 itu 🙂 jadi lumayan harganya.

      kamu emang harus diet belanjaaaa

      • Iya kan? itu kalo aku liat mesti telaten non, kalo gak telaten sih ya ga maksimal hasilnya. wuiiih kalo telaten beneran diseriusin sampe di filing segala, bisa buka toko kelontong dengan modal nol tuh 🙂

        I know, emang mesti diet belanja :lol:. Coba ntar pas pindahan lebih kebongkar lagi deh dosa nya *siap siap di pelototin si Mbul :lol:*

      • Iya kan? itu kalo aku liat mesti telaten non, kalo gak telaten sih ya ga maksimal hasilnya. wuiiih kalo telaten beneran diseriusin sampe di filing segala, bisa buka toko kelontong dengan modal nol tuh 🙂

        I know, emang mesti diet belanja :lol:. Coba ntar pas pindahan lebih kebongkar lagi deh dosa nya *siap siap di pelototin si Mbul :lol:*

  8. iya nyah, kayaknya kita setipe…. suka window shopping di internet dan males belanja mahal2 (krn emg budget ga nyampe segitu, hahaha). aku klo beli tas dan sepatu, ya beli online, merk lokal yg harga dan model passss di kantongku 😆 kmrn aku ke Garlick yg di belakang Mirota, beli sepatu 160rebu/2 pasang; itupun merk yg biasanya aku beli online, hihi, tp dia titip jual di Garlick situ.

  9. sama mbak non, aku jg kalo belanja di tempat mahal gitu ga suka, soalnya sakit rasanya kalo barangnya mahal *dasarpelit*
    seru juga ya kalo ada katalog gitu, aku jg suka ngeliatin katalog, berasa kayak shopping *yeaaay*

  10. Salut bisa ngerem napsu. Buat aku ke US kemarin sempet belanja gila2an. Salah satunya karena Black Friday – dimana kita (aku, temen aku, adik perempuan sama mamanya) berangkat ke mal di Philly jam 4 pagi. JAM 4 PAGI sodara2! demi dapat tempat parkir yang asoy, dan ternyata bener beruntung walopun itu mal tempat parkirnya sudah penuh jam 4 pagi tadi!

    Aku sendiri bukan ratu belanja, bisa ada jeda waktu sangat panjang sampe belanja lagi, tapi sekali langsung brek banyak, karena males ngeliat orang ke malnya klo belanja sering2, mending sekalian. Kalau pas US kemarin, kayaknya HARUS yang namanya belanja, secara VAT disana cuman 5%, bahkan ada yang 0% di negara bagian Delaware, sementara disini VAT barang2 25%. Kebayang dong kalap liat barang “murah” di US? 😀

    • aku mungkin bisa ngerem karena emang gak ada duitnya EV haha plus aku selalu mikir taon depan kita pengen ke US lagi, jadi mending duitnya disimpen, coba kalo duit aku banyak, ughh pasti gak berenti belanja kayak kamu hahaa. kemaren abis natal, toko2 kan buka sejak jam 5 pagi dan katanya nih udah rame aja dong 🙂 aku baru datang ke toko jam 4 sore dan itu masih sesak 🙂 gilaaaa

      • aduhhhh dibilang banyak uang…diaminin aja ya semoga kejadian beneran hehehe…

        Cuman beda harga say, jadi kalap gitu, beda 25% kan lumayanlah.

        Tapi emang bener kayaknya konsumerisme di Amerika lebih gila yak dibanding disini (Eropa)

  11. Aku malah blm beli apa2 selama natal ini. Udah 4 bln stay disini aja, coat cm 1 sweater 3 biji (sisanya pake punya suami dan bntknya jd kyk org2an sawah -__-), celana jeans2 dr Indo 3. Sisanya baju summer semua di lemari. Huuuuuuuft. Mau belanja tp inget ntar bln dpn dan feb biasanya baru ada sale gila2an utk ngabisin stock winter. Jadi belanjanya nunggu itu aja. Hehehe sementara msh bs bertahan dgn coat 1, sweater seadanya, dan converse kesayangan. Aaaah tak sabar mau blanja jadinya.

  12. Gak belanja apa-apa Non. Padahal dapet kupon potongan H&M €5 loh, hahaha 😆 .

    Btw, iya ya. Kalau beli yang model pakaian musim dingin gitu hitungannya rugi kalau tinggalnya di Indo. Lha di Indo kapan makenya kan? Hahahaha 😀 .

  13. Aku belanja klo benar2 butuh Non, soalnya lemari cuma 1, klo bela beli mulu paling simpan di kardus 😆 . Klo udah rusak misal sepatu baru beli. Klo mau belanja barang2 winter thn depan klo udah lewat musimnya diskon gede2an 😀 .

  14. Belum belanja apa-apa mbak Noni, karena uangnya aku pake buat kemaren liburan ke Garut 😆 *dadah dadah ke tas inceran yang lagi diskon*. Kalopun belanja, awal bulan kemaren sempet kalap beli 4 novel 😆 ini untuk novel rada susah di kontrol ><
    kalau baju, tas, sepatu/ sendal sih aku masih bisa nahan mbak noni.

    • aku dulu sempet parah banget soal baca novel, tiap bulan abis beberapa ratus ribu hahaha untung sekarang udah tobat. aku lebih suka baca di inet
      atau kalau gak yah beli tapi bacanya diirit2. ada bonus akhir bulan kan yaaa

  15. Hmmm baru belanja tas 1pcs ma kemeja 2pcs wkkwkwkww, beli tas juga karna tas yg lama udh rusak dan kemeja buat kerja karna udh hampir setahun ndk beli kemeja….tiap ke mall selalu niat belanja tp pas liat hargany pasti mundur teratur deh hahhaaa

  16. Waks itu dah banyak banget belanjaan nya hahaha. Btw kayak nya ada kemiripin nich kita, gw termasuk orang yg ngak suka belanja atau beli oleh2 kalo liburan tapi paling demen ngumpul2 ngopi2 ganteng di cafe2 bareng teman2.

    Tiap pulang kerja selalu ke mall tapi bukan windows shopping atau belanja, cuman buat ngopi + liatin orang mondar mandir 🙂

    • hahah itu belanja karena perlu Mas dan kebanyakan pun hadiah. aku kan 44 hari dsini jadi emang perlu juga sih baju ama sepatu. aku sama banget kayak kamu lebih seneng ngabisini duit utk pergi atau makan2/ngopi cantik

  17. Belanja boots emg seru sih ya Non,, Ya walaupun ga bs dipake di Indo nnti kan bisa dipake kl kesana/ke tpt salju2 lagi. Akhir taun ini banyak belanja buat ngisi rumah. Kl aja duit udah ga berseri pengennya sih ngisi rumah aja tiap hari. Hahaha

    • gak mungkin dipake di Indo Mar, entar kaki aku meleleh karena keringetan hahaha. belanja utk rumah seru yaa kan 🙂 ishh asik deh, kalo ada duit kamu ke yogya/bali aja bia dapet yang murah

      • iyaa makanyaa, sebel ya padahal kan boots lucu. tp kl dipake di Indo malah jadi saltum karna disini panaas. kl yogya dimananya non buat beli pernak pernik yg murah gt? aku jg dgr disana murah katanya, lumayan kl ntar dpt tiket promo :p

    • 44 hari tepatnya mba Ika hehe. aku kan emang liburan trus sejak berenti kerja feb kemaren 🙂 si matt tetep kerja disini tapi semua dikirim online or skype kalo ada meeting hehe.

  18. aq habis belanja blazer mbak, alhamdulillah aq dah begin to work again 🙂
    dilema sih mbak, but for better future
    yang penting ntar komunikasi kudu di depan, komunikasi sm art sma suami dan semua org 🙂
    eh kok malah curcol sih

    hayuk mbak back to work, somtime aq mikir dengan kerja kita lebih sehat karena terschedule hehehehe

  19. Disini yg big sale seperti Blavk Friday di US adalah tgl 26 Des, Boxing Day. Biasanya sampe 80%, tapi aku malas krn harus desak2an plus sering barangnya uda abis juga. Sama dengan kamu, sepatu is my weakness! Lol….happy holiday dan happy shopping Non! 🙂

  20. Aku belanja apa ya… Sleeping bag utk persiapan ngemper, beli celana kargo utk granting yg sobek… Udah ga Ada rendang belanja lagi I xixixiix… Kerja juga modal wear pack Jadi aman ga Ada stock kemana

  21. Sama Non, kalo lagi winter gini shopping juga males, soalnya kan winter collection. Manalah bisa dipake di Jakarta. Sumuk!!
    Biasanya kalo lagi jalan-jalan gitu kalo emang ada dananya, pasti aku alokasiin dana buat shopping-nya, jadi emang udah disiapin juga uangnya. Kemaren pas liburan cuma belanja skin care aja (itu juga udah bikin langsung bokek!), cuma plan mau beli itu aja sih, jadi nggak ngelirik-ngelirik yang laen.

  22. Iya yah, agak sayang juga belanja macam rajut2an gitu.. Lah di indo panasss ginih..hahaha :p

    Kalo belanja sih kmren menghilaf di krisna bali.. Maklum, daster2nya emang paling nyaman sejagad raya.. :p

  23. Aku ga gitu suka belanja2 baju mbanon, tapi belanja sepatu sama tas mah bisa bikin kalap hehe. Akhir tahun kemarin ga begitu tergoda beli ini itu, alhamdulillah bisa nahan selera 😀

  24. Aku ga gitu suka belanja2 baju mbanon, tapi belanja sepatu sama tas mah bisa bikin kalap hehe. Akhir tahun kemarin ga begitu tergoda beli ini itu, alhamdulillah bisa nahan selera 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s