Kesalahan Konyol Berlalu Lintas


pic dari analisadaily
pic dari analisadaily

Pasti bukan hanya saya aja yang ngerasa “ngerih” ketika harus membawa kendaraan di jalan raya. Memang sih sekarang-sekarang ini saya udah jarang marah atau kecewa lagi tapi udah ketawa-ketawa aja dan ngerasa lama-lama sebenarnya saya lumayan “terhibur” juga di jalanan asal bukan saya yang nyetir hehe.

Apa-apa aja yang belakangan ini bikin saya “ketawa” ketika di jalanan :

01. Udah kasih sign ehh tetep aja ada motor dan mobil atau yang lainnya masuk. Contohnya nih saya mau belok kanan, dari jauh biasanya saya udah kasih tanda. Emm kira-kira 5-10 meterlah saya udah kasih tanda saya mau belok dan tetep aja loh masih banyak motor (yep, terutama si motor) ini yang berusaha mendahului saya. Yah memang sih saya bisa nungguin mereka tapi apa gunanya kan yaa saya kasih tanda mau belok?

02.Kendaraan bingung. Nah yang ini nih biasanya pengendaranya lagi galau, antara mau belok, parkir, jalan trus atau apa. Ciri-cirinya posisi menghalangi semua kendaraan di belakangnya, no sign, atau dengan sign tapi nanti memutuskan untuk jalan trus atau tiba-tiba belon atau parkir. Asli, ini yang bingung bukan cuman dia doang tapi kita juga yg dibelakangnya. Maka tidak heran kalau orang seperti ini dimaki supir sudako *BODAT KAU, BELAJAR NYETIR DULU SANA*

03. Nyetir sambil mainin HP. Yah, dulu zaman saya pakai HP yang bukan touch screen juga sering sih begini ini hihi *malu* tapi semenjak ganti ke touch screen gak lagi karena emang susah banget. Bukan sekedar susah tapi juga kayaknya koq menantang maut banget. Kalau emang penting banget, biasanya sekarang saya berhenti, pasang headset trus nelp atau kalau gak karena di mobil kita speaker telp bisa disambungkan ke radio/tape jadi saya telp pake itu aja hehe. Cuman sekarang udah jarang banget sih karena saya pun udah sepi pasaran sekarang yang telp atau kasih text.

04. Becak tanpa lampu di malam hari. Ini bener-bener ajaib untuk saya, gimana ya abang2 becak itu bisa ngeliat jalanan? apalagi rata2 supir becak kan udah pada tua gitu.

05. Bawa barang tanpa pengaman. Yang ini sering banget nih, semisal bawa besi panjang-Panjang sampe 10 meteran gitu, diikat ala kadarnya. DOh, ngeliatnya aja langsung ngilu karena coba kalo ikatannya teburai, apa gak besinya loncat ke dalam mobil atau mengenai langsung orang di belakangnya. Makanya kalo ada yang bawa barang, biasanya saya gak mau deket-deket.

06. Simpang Bingung. Gimana gak bingung kalo lampu jalanan mati, semua orang ngerasa harus duluan, yang dari kanan kiri, depan belakang semua maju kedepan trus chaos di tengah-tengah sampai gak bergerak πŸ™‚ yang ini sering banget saya alamin, hmmm setiap hari sih sebenarnya haha. Kadang-kadang saya berhenti nunggu tapi mobil atau kendaraan di belakang sibuk klakson-klakson. Pusing πŸ™‚

07. Buta Warna πŸ™‚ hmmm lampu merah dibaca ijo, ijo dibaca ijo, kuning juga ijo artinya gak perlu dong lampu jalan hehe.

08. Gak ngerti rambu-rambu jalan.

09. Muter seenak udel. Yep, muter dimana aja seenaknya bahkan bukan di tempat u turn 😦

10. Parkir sembarangan bahkan di tempat U Turn, yang ada macet aja dong atau kalau gak parkir di tempat yang sempit banget dan bikin mobil lain susah masuk.

Emmm apa lagi ya, kayaknya sih masih banyak sih ya. Entar deh saya tambahin lagi hehe.

Menurut kamu yang paling nyebelin di Jalan raya itu apa sih?

48 comments

  1. Sebenarnya banyak orang Indonesia belum siap nyetir tapi udah pegang kemudi. Yang paling parah ya urusan kematangan dan kedewasaan berlalu lintas. Disini semua pakai emosi, hajar sana sini, mentang2 ponakan polisi.

  2. Klakson. Ini orang-orang ngira klakson itu mainan apa tongkat Nabi Musa yang diketuk-ketuk terus jalanan terbelah apa ya. Berisik banget. Angkot di Medan nyari penumpang pake klakson. Kalau trayeknya 20 km, sepanjang 20 km itu lah dia terus-terusan bunyiin klakson non-stop tiap 2 detik. Sakit pala awak lah.

  3. hahah.. ‘bodat kau’ itu Medan kali ya, mbak.. Wkwkwk.. πŸ˜€

    sesama kereta aja suka gitu kok, mbak. uda jauh ngasih lampu sen, tetep banyak yang nyalip. tahapa maksudnya. pernah kejadian kek gitu, jatuh lah aku sama si penyalip ini. ngga pake babibu lagi langsung hantam helm itu ke kepalanya. anak-anak ngga pake helm pulak. emosi jiwa.. -_-

    trus kalo parkir ngga sesuai tempatnya. yang lain nyerong eh ini malah lurus aja gitu. mana mepet bener, kereta gede lagi, ngga sanggup gesernya.. hiks.. jadi kepikiran pengen copotin pentil bannya. :p

    • ya ampun Beb, berani juga kamu ya haha. aku gak bisa bayangin kamu jatoh trus getokin kepala anak kurang ajar itu. Tapi emang sih anak2 kayak gitu harus di kasih pelajaran biar “begonya” gak sampe tuek

  4. kalau saya semua deh, tiap hari alami, sama Kota Klakson disini juga gitu orang baru minggir kalo klaksona besar sekali dan bunyi panjang. Kadang ada line parkir bisa dua mobil ada yang pangkir ditengah garis dunk sehingga muat cuma 1 mobil, ihhhh siapa yang tak darting deh kalo gini, pokoknya kacaulah…klo dimasukin hati bisa gila ya dianggap hiburan sajalah..

  5. Non, kalau si Frank malah suka loh ngelihat macet dan semrawutnya lalu lintas di Jakarta (dia ga nyetir sih ya haha) dan kota besar lain di Indonesia. Frank bilang seru!, mana ada spt itu di Jerman sini, semua serba teratur disini, harus taat aturan, ga ada serunya Non disini πŸ˜† .

  6. Aku paling senep liat motor masuk jalur cepet (yg harusnya terlarang utk motor) trus jalannya cuma 40 km/jam DAN di tengah2 DAN ngomel2 kalo diklakson, idiiihhh…. pengen ku cium pantat motornya pake bamper depan..! *keluar sadisnya*
    Non, kemaren sore pas pulang kantor dong, ada orang yg nyetir sambil nelpon DI JALUR CEPAT, trus yg tadinya di kiri, ujug2 mobilnya yg tadinya di jalur kiri, pelan2 ke kanan gegara setirnya dipegang cuma pake 1 tangan. Iyeppp, tanpa sign dan kayaknya dia nggak ngeh gitu kalo mobilnya pindah jalur. Hampiiiirrr nyerempet mobil kami. Akhirnya mobil di belakang kami yg kaget trus klakson2 edun. Yaampun, di jalur cepat loh itu. Kecepatan rata2 orang minimal 80 km/jam, gmn nggak shock nemu yg begituan, coba? 😦

  7. hahaha medan itu masih mending daripada jkt.. dimari yang salah malah lebih galak.. ku ogah nyetir dimari mah.. naik angkot aja.. tapi banyak kejadian lucu sebenernya walo nyebelin..

  8. Yang poin pertama itu memang realita di Indonesia ya, hahaha. Banyak banget sepeda motor yang nyetirnya ngawur dan seenaknya…

    Dan yang parkir sembarangan itu memang nyebelin banget!!! Egois banget gitu ya mereka nggak mikir bahwa mereka parkir seenaknya gitu kan menyusahkan orang lain!!

  9. sampai sekarang aku belum bisa and belΓΆm boleh bawa mobil..
    kata suami aku,
    ” mama kamu bawa motor aja masih ngak lancar apa lagi bawa mobil. mau kejadian tugu tani 2 “

  10. yang perlu jadi tambahan di sekolah itu emang etika berlalulintas dan etika mengantri ya mbak.. Soalnya suka bete sendiri dengan tingkah laku orang mengendrai kendaraan itu.

    Ada yang di traficlight berenti di sebelah kiri tapi pas jalan malah motong ke kanan (biasanya motor) ada yang laju bawa mobil dan ngedim padahal di jalan kecil dan dia yang salah (lah kok dianya yang malah ngedimin kita) pokoknya banyak deh. Hmm

  11. Paling sebel sama simpangan bingung, tempat aku beneran ada beberapa simpangan yang bener2 bikin macet bahkan nggak ada lampu jalanannya emank, so semuanya pada mau neyerobot dah, klakson sana, klakson sini tapi tetap aja nggak jalan2 orang nggak ada yang mau ngalah, ckckck.. emank banyak yang harus dibenahi dan perlu kesadaran dari setiap pengguna kendaraan emank πŸ™‚

  12. Wkwkwkkwwkwkwk yaaaaa kali uda ke medan..rasanya jalanan di jakarta masih lebih manusiawi.. tp emang ya galak2 itu supir sudako.. anyway knp angkot diseburnya sudako ya di medan?

  13. eitssss mba noni, saya pengendara motor loh hehehe..
    tiap hari berangkat – pulang kerja bawa motor ( loh kok di bawa kan beraat yaaa di bawa-bawa hahahah )

    No 2 mba, itu bisa bikin macet juga hehehehe

  14. mba, saya silent rider niy… πŸ™‚ thanks untuk review2 nya tentang medan ya mba.
    beberapa yang ajaib di lalulintas medan :
    1. pengendara mobil dengan mental bawa motor. jadi dia ngerasa klo mobilnya ramping gitu jadi nyelip2 diantara trotoar, mobil bahkan motor. hahaha..
    2. angkot dan becak yang suka tiba2 di kanan, tiba2 ke kiri dan brenti, hanya dia dan Tuhan yang tau kapan dan dimana mreka brenti.
    3. saya pernah naik motor, pas lampu merah brenti di garis sebelum zebra cross, dan saya didorong dong sama angkot di belakang saya..
    4. motor yang suka naik ke trotoar, saya juga pernah di maki pengendara motor di belakang saya, karena menghalangi jalan dia naik ke trotoar. πŸ™‚
    5. banyak kelakuan aneh motor2 yang bikin saya sampe sekarang gak berani bawa mobil… bahkan di jalan kecil sekalipun.. hahaha.. cemen banget yakk.., padahal klo dipikir pikir lebih aman naik mobil kan ya?..

  15. Hai mbak noni, apa kabar? salaman duyu ya habis pindah rumah *wkwkwkw* πŸ˜€
    buat daku kesalahan yang paling konyol itu ya,

    1.pengemudi yang galau, sering banget liat pengemudi yang galau trus mendadak action sesuatu entah belok ataupun berhenti mendadak, ga cuman angkot kok, motor bahkan mobil juga sama 😐

    2. Maenan HP pas nyetir ato berkendara, aduhai ngeri

    3. Ngga pake helm pas naik motor / seatbelt pas naik mobil pada saat berkendara

    Ini kesalahan konyol ato hal yg paling dibenci pada saat berlalu lintas yak? entahlah yg jelas buat saya itu konyol kalo dilakukan, karena pada dasarnya semua orang pasti bakal sampai dengan selamat jika mau mematuhi berkendara/berlalu lintas dengan baik dan benar πŸ˜€

  16. Semua yang mba noni bilang juga ada di Pekanbaru hehehe. Tapi ada juga yang ajaib mba, yaitu angkot/oplet yang bisa tiba2 serong kiri (diagonal) di jalan raya. Cuek bebek aja gitu gemes gak tuh

  17. semua yg di list sering liat di jalan baik di solo, bandung ato jakarta πŸ˜€
    berhubung cuma bisa naek motor, aku suka lupa hidupin lampu sein kiri sebelum belok alhamdulillah nya belum pernah nabrak..kebiasaan buruukkk tapi walaupun naik motor aku ga pernah naek ke trotoar..amit-amit dah klo sampe ngelakuin, mungkin gara2 suka jalan kaki kemana-mana juga hehe

    kalo di korea yg suka diliat tuh:
    1. sopir taksi yg suka ngelanggar lampu merah yg ga ada cctv pas malam hari
    2. tukan delivery yg pake motor dan tiba2 jalan di trotoar trs suka ngelanggar lampu merah dan banyak yg ga pake helm dan ngebuttt (di korea helm ga wajib, tergantung kesadaran sendiri :D)
    3. kalo jalanan macet banyak mobil pribadi masuk jalur paling kanan (kiri kalau di tol) yg harusnya buat bus, jadi tetep aja bus jalannya kesendat jg πŸ˜›

  18. ah iya aku blm pernah ke medan jadi ga bs bandingin, tp kata temenku orang medan jalanan di jakarta lebih manusiawi πŸ˜€
    oh iya jadi ingat, bus surabaya yang kalo nyalip suka ga kenal tempat..ampe pernah aku papasan ama bus surabaya, motornya ampe di rumput dah ga di aspal lagi saking seremnya πŸ˜€

  19. kalau di Bandung,,,sekarang di tiap perempatan ada ruang khusus perhentian buat motor di depan gt mbak,,biar motor2 lgsg ngegas pas lampu ijo,,eh tapi ruang khusus itu seringnya di pake mobil,,ga tahu karena mereka ga tahu kalau itu khusus untuk motor,,ga tahu emang tebel muka aja pengen duluan 😐

    satu lagi yang bikin kesel sama motor atau mobil yang suka berhenti di zebra cross lampu merah,,pengen mukul-mukul rasanya,,,hak sebagai pejalan kaki ke ambil kendaraan bermotor,,,saking keselnya, kadang aku tetep masa bodo jalan di antara motor-motor dan tetep di zebra cross sambil natap si pengendaranya satu-satu πŸ˜†

  20. Dua hari lalu si babeh pesan besi pipa panjang 6 meter ke toko besi, dan minta diantar ke rumah seperti biasa. Aku pikir diantar pake mobil. Tahunya pake motor…..
    Itu pipa besi (6 meter lho bayangin) ditaro di pundaknya dipegang 1 tangan. Tangan 1nya pegang stang.
    Berasa kayak lihat sirkus deh…
    Trus aku kan tanya si mas-nya, emang nggak takut jatuh atau waktu belok itu besi nyamber orang atau kendaraan lain. Dia enteng aja bilang udah biasa kok, malah kendaraan lain pada takut deket-deket dia…
    Indonesia bangeettttt…….

  21. 1. Klakson” yang bikin panik sendiri karena berasa di buru” padahal mah ga ada apa”
    2. Orang yang seenak udel nyebrang sembarangan
    3, Angkot yang suka ngetem dan turunin penumpang tiba” ato juga di tengah jalan

    Di medan becak masih in ya mba? Di jakarta udah tinggal di pasar” buat ke rumah. Jadi udh ga lewat jalanan besar.. πŸ™‚

  22. yang pertama itu ceracauan wajib pK tuh….
    yang becak tanpa lampu….errr motor aja suka lupa atau males nyalain lampu lho…padahal kan jelas bahaya buat diri dan orang lain.
    trus bawa barang tanpa pengaman, aku kan cerita ke pK kalau di tol beberapa kali liat barang terburai gitu, padahal kan pasti diiket ya….udah macam film final destination kan….eh pK malah cerita kalau bapak temennya meninggal karena tertancap besi loncoran dari mobil ang terburai gitu….sereeemm….

  23. Yang pertama itu nyebelin banget deh!! Paling kesel sama motor-motor itu, aku kan tinggalnya di jalan raya ya, mau belok ke gang rumah itu susah banget kalo macet. Padahal udah kasih lampu sen tetep aja si motor-motor itu nyalip2 grrrrhhh…

    Yang laen juga bener semua sih.

  24. ini gw punya pengalaman non, tahun 2007 wkt masih kere kan budget trip k medan seminggu, gw naik angkot, itu abang muter ditempat yg gak seharusnya plus gayanya udah kaya pembalap, aku peringatkan secara aku duduk di dkt pintu, bang.. pelan2 lah.. dijawab: ” aaaah kau ini naik taxi sajalah kalau kau mau pelan-pelan” – langsung diem.. *kansayagacukupbudgetbuatnaiktaxibang*

  25. ahahaha.. Lucu lah yah kalo sampe diteriakin bodat gitu.. Semoga ga jadi bodat beneran *dibahas*..

    Ehh iya yah, mikir juga klo malem2 gitu pengendara becak nya masih keliatan yah? Apa krn saking lamanya sampe hapal banget jalannya, makanya ga butuh lampu. πŸ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s