Aku……..Ternoda……..


pic pinjem dari www.logodecorps.co.id
pic pinjem dari http://www.logodecorps.co.id

Bukan saya yang ternodaaaa……sumpah hahaha……..

Ceritanya beberapa minggu lalu, tanpa sengaja kaos kaki putih si Matt nyemplung ke dalam cucian celana pendek nelayannya yang warnanya luntur. Saya juga gak ngeliat sih kalo ada kaos kaki di dalam tumpukan baju yang luntur itu 😦 jadi pas diangkat, jreng…..warnanya jadi agak-agak pink gitu. Karena cuman kaos kaki saya sih santai-santai aja sampai korbannya ngomong gini….

“Non…..aku mau bicara sedikit (sambil nenteng kaos kaki), sweety…….boleh kamu buat kaos kaki aku jadi warna beda? mungkin biru atau kuning dan bukan pink. It’s sooooo girly sayang………”

Untungnya cuman kaos kaki ya, gampang nyari gantinya dan relatif murah tapi gimana dong kalau yang kelunturan itu 4 biji celana levi’s baru dan 3 kemeja baru di beli? Pasti nyesek yaaa kan hehee.

Cerita saya tentang PLN pastilah udah kayak repetan tanpa ujung ya hehehe. Cerita lunturan ini juga berawal dari mati listrik yang tanpa henti di Medan ini. Salah satu temen saya karena kerja jadi gak punya cukup waktu buat nyuci baju + setrika. Jalan keluar yang paling gampang untuk sementara adalah pergi ke laundry kiloan. Soalnya gimana mau nyuci + setrika. Nyampe rumah listrik mati, pagi-pagi mati listrik juga, males sampe rumah mati listrik juga. Bah…..kapan sih ini nyalanyaaa PLN!!!!!!!!

Seingat saya dulu, karena dulu saya sering pake laundry kiloan untuk nyuci bed cover, sprei, selimut, kain jendela atau kain-kain lainnya yang berat-berat itu. Untuk baju saya jarang laundry karena emang bisa dikerjain sekali seminggu (pas masih kerja). Sementara untuk baju kantor saya laundry satuan itu yang emang lumayan mahal tapi jelas penggantiannya kalo rusak hehe plus emang baju kantor laundrynya dibayarin kantor. Eh….iya seingat saya nih, pernah satu hari saya mau ngelaundry baju kotor hasil traveling 2 mingguan. Disalah satu baju kebetulan ada yang luntur. Si Mas yang terima laundry langsung jelasin kalo mereka gak nyuci pisah-pisah gitu. Jadi sekaligus masuk satu kali, soal luntur atau gak, yah resiko kita karena mereka emang gak tau juga mana yang luntur mana yang gak. kebetulan saya juga nanyain soal lunturan ini.

Kejadian di temen saya ini, si mba tukang laundry gak jelasin aturan mainnya dan dia juga baru pertama kali nyoba laundry. Awal ngelaudry, doi udah cerita-cerita dengan happynya. Suaminya pun sempet ngobrol ama si Matt. Suaminya ini temen si Matt hehehe.

Sampai satu hari, saya baca status FB si temen, ehh saya disuruh baca deng hahahaha, karena dia kesel setengah mati dan berniat ngerame-ramein laundry ini.

So here’s my story.. We took our laundry the other day, and we found 4 pants got stained, 2 shirts got stained and 1 shirt not even ours and it’s in a bad condition..we went back there today and asking about this problem, but they keep saying “it’s pretty common,the kilo laundry usually like this”.. I keep asking and asking and asking and they keep saying biasa biasa biasa (common) and suddenly Mr. GMΒ said f**k off to them and shut them up..he got so mad and they got so scared…it’s pretty wild but I loved it…they deserved it..they’ll processed this problem and we hope they’ll paid for what had happened.. So guys if u live in Medan specially in Tasbih, don’t go to simply fresh laundry right beside super swalayan coz it sucks…
Dari 31 baju yang di laundry ada satu baju entah siapa yang punya masuk ke keranjang mereka dan sobek-sobek pula itu bajunya. Ada 7 baju yang terdiri dari 3 celana levi’s baru beli (mereka baru pulang dari US jadi beli beberapa baju/celana baru) kelunturan warna pink di berbagai bagian dan 4 kemeja yang berubah warna menjadi kepink-pink’an. Ini hitungan korban pakaian yang baru dihitung.
Sewaktu ditanyain ke petugas laundry, si petugas cuman ngomong ini udah biasa mba, di laundryan kiloan. Bah….mau dihajar nih mba Laundrynya hahahaha. Si istri yang lagi kesakitan karena PMS males ribut tapi tetep ngotot dong (orang Batak dilawan ya Ka………kumakan kau nanti). Suaminya yang denger si mba laundry asik ngomong biasa-biasa jadi esmoni dong. Langsung gebrak meja, maki2 dan si petugas gemeteranlah.
Akhir cerita complain nih katanya, yang diganti dari ketujuh baju rusak + 1 baju hilang hanya Rp 75.000 + 15 KG free laundry. Siapa coba yang mau ngelaundry di tempat itu lagi. Sementara pas di perhatikan tanda terima laundry juga gak jelas term conditionnya. Emang agak susah sih jadinya kalo mau ngajak ribut. Ada kejadian yang laen, di laundry laen, diganti 80% karena luntur.
foto inet
foto inet
Kemaren sih kita ngobrol mereka (temen kita ini) lagi mau nyobain pake vanish. Gak tau sukses atau gak sih, tapi saya jadi penasaran pengen nyoba untuk ngilangin noda di kaus kaki pink si Matt hehehe.
Saya udah beberapa kali sih denger-denger cerita kayak gini dari nyokap. Ada yang bajunya gak dicuci dan cumann di setrika + dikasih pewangi doang, ada yang kelunturan kayak gini atau ada juga yang hilang bajunya.
Bagaimana dengan kamu, pernah ikutan ternoda kayak cerita ini juga gak? atau punya pengalaman laudry yang lebih bombastis lagi πŸ™‚

123 comments

  1. Kalo kelunturan belum pernah Non, tapi pas nyuci sprei di londrian, hasilnya bukannya tambah bersih tapi tambah kotor 😦

  2. pengalamanku sama londri kiloan baek2 aja sih, emang jarang make jasanya juga.

    tapi temenku ada, dia londri kiloan, bajunya ilang, trus ada yang robek dan ada pakaian dalam orang lain… hihihihi… sama, orangnya selow selow gitu semua. akhirnya diganti sih, dan lumayan juga gantinya, tapi itu nah pake perang urat nadi segala (karena urat syaraf terlalu mainstream)

    • waks, kayaknya aku mesti kabarin tmen aku deh. soalnya temen dia diganti 80%, lumayan jgua kan ya untuk beli baju ganti. lah celana levi’s baru kalo 4 biji aja udah berapa itu, masa diganti 75 ribu doang hahaha

  3. kalo digantinya 75rebu doang mah, lempar aja tu duit ke muka orang londrinya *ikutan esmoni ngebayangin harga levi’s*

  4. kayanya baru sekali kemaren deh londri kiloan gegara pada mudik ga ada pembantu jadi ada baju numpuk 3 minggu.. tapi baikbaik aja tuh.. lumayan bersih, mungkin karena yang punya londri kenalan kita kali ya..
    biasanya yang ku londri cuma jas, jeans, bedcover, gorden.. yang beratberat deh.. sisanya cuci sendiri..
    woah kasian tuh jeans lepis..

    • sama mba Tin, aku ke londri juga cuman yg berat2, kalo baju jaranggg bagnet karena diusahakan nyuci sendiri atau kalo skr nyuci dirumah, setrika dirumah nyokap hahahaha *licik*

      kasian banget, mana baru dan susah nemu ukuran suaminya itu

  5. pernah ngelaundri baju seragam aikido di laundri kiloan, ketuker sama sarung bantal butut T_T untung masih bisa balik lagi mbak. Soalnya kalo ilang digantinya cuma sebesar bill laundry kita doank, kan rugi bandar …secara baju kayak gitu harganya 200an. Sekarang jadi milih2 mau kalo mau ngelaundry baju

    • kamu ikutan aikido yaa DIt, ihh jago deh πŸ™‚

      kayaknya sih gitu ya, gantinya juga kecil karena kan harga laudrynya aja gak mahal huhu. cuman kalo baju2 bermerk gitu kan sedih banget yaaaa huhu

  6. wah non jujur kalau laundry kiloan aq blm pernah coba hbs ngeri kelunturan and ilang.
    so cuci sendiri ajalah…
    kalau ngΓΆsok baju baru nyuruh orang habis MALES and PANAS..

  7. seprei ku baru satu kali pake hilang di laudry kiloan..udah gitu dia minta bayaran atas pencucian seprei itu loh. mau ngamuk gak siih???

  8. Pernah dong karpet yang kaya permadani itu ketuker. Udah dibilang salah eh kata mas’nya itu barang yang bener, pake ditunjukin bukti pencatatannya segala. Lah, bingung kan yah mau diambil juga, itu kan bukan karpet yang aku punya. Cuma karpet yang punyaku juga gak ada. Ya udah dengan kesel diambil aja. Untungnya itu karpet lebih bagus dari pada punyaku. Gak tau deh tuh nasib yang dapat karpet buluk punyaku. πŸ˜€

    • astaga……….untung kamu dapet yang bagus. coba yg kayak bajunya ketuker2 itu, dapet yang jelek kan muntung banget huhuhu.
      skr aku jadi deg2an juga nih, secara masih punya sprei di laundrian haahaha

      • Hahaha, kalau langganan sih gak usah khawatir deh kayanya non, kecuali kalau baru pertama kali di laundry itu. Deg-degan sambil berdoa yang panjang. Hahaha.

      • ada yg langganan sih tapi mba2nya ganti kemaren. ini belon diambil barangnya. mudah2an gpp hehehe. kalo kayak temen aku itu, sial banget deh dia. kasian juga

  9. jaman masih ngontrak berdua suami dulu, kami pelanggan setia laundry kiloan, mb. sejauh ini sih belum pernah bermasalah aneh2 gitu sih. palingan cuma kalo baju yg warnanya putih, jadinya lebih cepet kusem aja, mungkin karena dicucinya gak terlalu bersih sama dicampur2 kali ya.. tapi ada temenku yg malah untung gara2 laundry ini salah masukin celana jeans yg bukan punya dia pas dia ambil laundry. jeansnya yg jeans mahal gitu, lupa merk apa, dan kok ya pas banget ukurannya. sebelumnya temenku dah balikin ke laundrynya, dan bilang itu celana bukan punya dia. tp mbak laundrynya malah ngeyel, katanya itu jadi satu sama punya temenku itu. ya wis.. anggep aja rejeki.. πŸ˜€

    • ini kejadian sama dengan Indah. dia dapet karpet lebih bagus n mahal. kalo dapet yang lebih jelek kan nysek yaa hahah.
      aku jg belon ada kejadian kayak gini sih tapi juga kalo baju2 akujarang mau londry. paling yg berat2 aja macem sprei, gorden atau bed cover

  10. Baru kejadian mba, baju orang lain nyasar di laundry aku, kayaknya harus mulai beneran hitung brp pcs baju yang di laundry. Soalnya aku ga pernah ngitung brp total pcs baju yg di laundry selama ini (amit-amit kalau ada yang hilang -_-)
    Kalo luntur selama ini belom ada, tapiii kalo nyetrika ngasal kadang terjadi.
    Btw untuk kain yang kena luntur kabarnya bisa direndam dengan air panas/hangat yang dicampur dengan baking soda, mungkin bisa dicoba mba? aku sih lom pernah coba haha.
    Vanish pink aku pernah pakai yang cairan, hasilnya memang lebih bersih. Tapi kalo ngilangin noda lunturan belom tau sih.

    • Betty….akku jadi penasaran pengen beli si vanish ini. lumayan untuk nyuci baju putih kan yaaa hehehe.

      nanti aku kasih tau temenku deh, siapa tau berguna, lumayan buat ngilangin lunturannya itu hehehe.

      trus baju kamu yang nyasar itu gimana kabarnya?

  11. Jadi anak kostan kaya aku pasti sering ke laundry kiloan buat ngehemat, hahaha πŸ˜› Tapi seh yang ilang/ketuker belum pernah, cuma balik2 jadi lebih bulukan seh seringggg >.< yang males sebernanya bukan nyucinya tapi nyetrikanya Mba, jadi milih laundry. cuma sekarang seh udah gak pernah ke laundry, mending bayar mba kostan, ntar nyucinya dipisah pakai tangan, lebih harum dan rapiiii digosokkk πŸ˜€

    • dulu waktu aku ngekos, nyuci + setrika sendiri dong hahaha. aku kerjain sabtu pagi2 bagnet Trid, makanya temen2 aku salut, koq yah masih mau2nya hehe. soalnya di kos gak ada mba yg nyuci sih, jadi gimana dong 😦

      • dulu waktu kuliah ia Mba, nyuci sendiri sama setrika sendiri, yang dicuci Mba kostan yang baju tidur aja. Pas kerja, awal2 masihhh Mba, sabtu pasti kebangun trus keinget cucian,hahaha. lama2 rasa males menang dan akhirnya sabtu sekarang bisa leha2 sampai agak siang πŸ˜› *pemalas ya aku* πŸ˜›

  12. yang diganti dari ketujuh baju rusak + 1 baju hilang hanya Rp 75.000 + 15 KG free laundry. …

    Lengkap dengan Lunturnyaaa jugaaaa ….
    Mau ???

    hahaha

    Yang jelas … memang paling sebal kalo baju kesayangan itu kelunturan … betul-betul ternoda rasanya

    salam saya Non

  13. Non, vanish ini memang ampuh loh. Miswa yang kesel karena kemeja favoritnya ketumpahan pulpen, berhasil membuktikan kecanggihan Vanish, tapi kudu dikucek-kucek…

  14. Aku kebayang bgt gimana itu gondoknya temen kalian, haha. Senggol bacok bener dah! *ngakak di bagian orang batak ku makan kau nanti! * huahaha…Dan ituuuu salah 1 alasanku kenapa sampe hari ini aku ogaaaahhh pake laundry, Non. Bela2in tangan kasar tapi puas sama hasil cuci sendiri, deh. Oh, ya. Catet ya, aku cuci manual pake tangan, mesin cuci cuma dipake ngeringin doang. πŸ™‚
    Btw, aku senyum baca betapa manisnya cara ngomong Matt ke kamu, Non. He’s soooo sweet yah? πŸ™‚

    • pake tangan FIT?SERIUSSSSSSSSS???? astaga itu bocah2 dan Myko kalo ngelawan sama kamu beneran kualat deh hahaha. aku gak bisa bayangin nyuci pake tangan. baju2 putih si matt aja aku cuci pake tangan (sabun telepon) tanganku meletek yang pecah2 gitu Fit. Kapok aku, akhirnya semua masuk mesin aja daripada tangan pecah2 hehehe.

      ihihihi…..si Matt emang lumayan manis tapi rata2 temen2 bule dia kalo ngomong ama istri/pacar2nya yah rata2 kayak gitu sih, jadi aku pikir standard kali ya. Bapake si Matt juga kalo ngomong ama ibunya yah kayak gitu itu πŸ™‚ masih sayang2an gitu dan masih peluk2 hahaha

      • dua riusssss, nyah..! Makanya, jangan kaget ya kalo ONE DAY nanti kita ketemu (aamiin, aamiin…! πŸ™‚ ) konsentrasi-mu ke A3 saja lah, jangan liat2, apalagi rasa2 telapak tanganku. Bisa pengsan! Hahaha…
        Iya, sekarang kamu ngerti kan kenapa aku suka sebeeeelll kalo A3 dan bapaknya nggak nurut ke aku? Perjuanganku ini loh, nggak sembarangan sebagai istri dan ibu… halaaaah! Lebay! πŸ˜†
        Oh, ya? Disana emang std-nya begitu ya, ngomong ke pacar/istri? Ah, beneran manis sekali deh! πŸ˜€

      • Haha koq gak masuk mesin aja sih Fit, udahlah capek kerja gitu. Hebat bgt kamu. Salut aku hihi. Kalo adek aku itu dia nyuci di mesin trus setrika di londri hehe.

        Mungkin loh yaaa Fit, abis yg aku liat begitu semua itu bule2 cowok ke pasangannya.

  15. Pernah bajuku 2 lembar + 1 celana jins kesayangan ilang wktu nge-laundry *keluh* -__- pas komplen yg diganti cm celana jins nya doang, mknya skrg kalo nge-laundry palingan bed cover, sprei ama gorden tp org laundry nya kukasih catetan (dan aku juga punya copy catetannya) ada brp lembar itu yg aku laundry sm dia hihihi biar gk ilang2 lg dan dia terbengong2 πŸ˜€

    • aku jd kepikiran bikin catatan Dang, abis baca komen2 disini tapi skr sih cuman ngelondry kain2 yang berat aja sebangsa bed cover atau sprei hehehe. baju aku kerjain sendiri di rumah

  16. dulu pernah minta tolong anak ibu kos nyuciin baju kita nih, Non, asli ampe terbengong loh, itu baju yang tadinya warna merah bata jadinya kuning gara2 teledor dikasih bayclin *helooow, baju warna di bleach?!* padahal bajunya masih sekali pake 😦
    trs kmrn pas pulkam, nyuci di londri terus kan tuh, baju baru putih2 dunk kelunturan πŸ˜₯ untung bukan baju lebaran, tapi untungnya pas dibawa kesini dan dicuci disini jadi kembali warna aslinya, love my husband banget deh πŸ˜€
    Paling jengkel emang kl londri kiloan pasti dicampur2, mereka mau praktis dan cepet aja sih, gak mikir harusnya ngasih service lebih baik ke pelanggan.

  17. Nggak pernah nyobain laundry kiloan sih, soalnya di rumah kan selalu ada mesin cuci. Tapi mamaku karena nggak ada mbak di rumah, jadi nyetrika kiloan. Baju tetep dicuci di rumah, tapi nyetrika-nya dibawa ke laundry kiloan. So far sih nggak ada masalah.

    Tapi sebenernya kalo dipikir-pikir, laundry kiloan itu kan sekilo paling banter 10.000, ya masuk akal sih kalo ada kelunturan atau apa, Pastinya mereka nggak akan misah-misahin warna dan putih. Ya kalo mau yang lebih terjamin ya jangan ke laundry kiloan ya, yang hitungannya per baju, itu juga kadang-kadang nggak mau tanggung jawab kalo ada kejadian kayak gini,

    • mamamu kayak adek aku Ngel. dia kan gak ada pembokat, anak 3 hehehe. jadinya nyuci di mesin tapi begitu kering langsung dibawa ke londry untuk disetrika πŸ™‚

      landry kiloan itu kalo dimedan 6000an harganya hehehe. emang sih ada harga ada mutu ya, lah yang perbiji aja bisa kelunturan apalagi yg perkilo gini.

  18. aku pernah non…laundry dress pesta warna ungu (waktu itu bikin modelnya kaya victoria beckham tapi dia punya putih silver) model duyung deh , ini kejadian 10 tahun lalu yah hehehe

    trus laundry sama temen balik2 warnanya berubah biru semua kaya biru nya kemasan sabun sebamed hahaha aslinya warna ungu kaya warna white musk body shop itu

    gak enak mau komplen juga -_-

    • skrg gak berani laundry rumahan (padahal itungnya juga per item) kl dress pesta di 5 asec…kl bed cover, quilt, quilt cover skrg cuci srndiri pake mesin, suka bete kl ke laundry rumahan tar dibalikin dibungkus plastik yg di steples nyangkut ke bed cover bikin kain jd sobek so far gak berani laundry kiloan takut nyucinya dicampur sm org geli hehehe kl orgnya ada penyakit terlalu parno* soalnya kl
      nyuci mesin kan kapasitas baju harus full semesin baru bisa jalanin ( tp ini yg front loading) kl yg top gak tau deh trus baju luntur, batik, putih, baju sekolah, baju kantor sama pakaian dalam gak masuk mesin

      • emmm aku baru tau soal ini. yang dideket rumah itu dia janji2 kalo gak dicampur ama org lain tapi entahlah karena gak pernah liat prosesnya juga kan ya. kalo baju aku udah gak pernah sih, cuci sendiri aja tapiiii kalo sprei, bed cover, selimut, quilt itu aku masih ke londri, males setrikanya hahahaha

    • ahhh baju pesta jangan di londry kiloan 😦 sayang banget yaaa. londry yang perbiji itu aja bisa loh luntur, rusak, kancing coplok dll. macem2lah masalahnya heheh. cuman kalo londri kiloan emang jadi rentan kena masalah gini

  19. Kalo sprei, bedcover dan anduk aku udah dr dulu laundry Non. Nah dari 2 bulan lalu aku laundry kiloan, setelah 4 bulan nyuci sendiri dan nyesek gegara banyak kali berasa waktu terbuang dan ngurangin jatah bikin kue pleus tanganku gak kuat rinso deh, meletek semua. Aku nyarinya yang testimoni bagus, dan pake tag ‘baju anda dicuci terpisah’ m hahaha aku parnoan kayak Felicia tuh , nah ini dia jamin dicuci terpisah per pelanggan *males banget bayangin baju kita digabung sama baju orang kan* dan pas prakteknya (mereka ngerjainnya di situ dan kulihat prosesnya) emang begitu. Jadi mesin cucinya ada 8, dan semua pakaian ditaro perkeranjang ada namanya. Agak mahal sih dibanding yang lain, tapi lumayanlah. Tapi tetep aja, pakaian dalam, baju kerja Edi dan batik batik , jeans serta baju pergi krucils dan kami yang kayaknya ringkih ya cuci sendiri daripada nangis kalo kenapa napa. Lumayanlah jadinya tiga hari sekali nyuci. Btw aku beli sabun Imse Vise dari Dhira itu, baunya macam sabun cap telepon Non tapi makjang, ampuh kali buat noda membandel. Gak tau tapi noda kelunturan ya.

    • ehh sabunnya mesti beli di dhira ya Ndang, ,jauh banget ongkirnya huhuhu. aku pengen nyoba utk baju2 putih si matt sama aku. suka ada noda2nya. entahlah kayak apa kami makenya tapi suka ada aja entah noda2 apa gitu nemplek. bikin sebel. aku kemaren nyuci pake sabun telepon yang ada tangan aku panas dan akhirnya pecah2 gitu. males jadinya skr pake sabun itu hehehe.

      aku kalo baju karena cuman ber2 plus gak kerja yah kerjain sendiri, pake mesin hehehe. kalo kain2 yang berat gitu aku kirim ke londrylah, bukan males nyucinya sih tapi males setrikanya

      • hihihi yoi, pas itu sabun dateng dan kucium wanginya macam sabun telepon ya ngikiklah akuh teringat masa lalu. Emang ampuh sih, kaos kaki Gaoqi yang warna putih dan suka dipake lari lari di halaman dan suka kecoklatan, pake itu bisa bersih. Trus noda makanan si Gama kan sama di clodinya, okelah. Btw tanganmu aja gak tahan sama si telepon ya, bayangin deh mertuaku make itu jadi shampoonya. Katanya itu yg paling cucok setelah selama ini make shampoo apapun ketombean/ronton eh make si telepon enak. Beuh.

      • mak…..serius itu ibu mertuamu pake sabun telepon???? kata ibu aku ada sabun batangan warna pink yang sama kuatnya kayak si telepon itu sih, tapi aku lupa namanya. kemaren dia beliin tapi karena tangan aku udah meletek yah gak aku pake Ndang hahaha.

        aduh apa aku beli aja yaa sabunnya si Dhira itu hehehe

  20. Risiko laundry kiloan ya πŸ˜› . Dan itu enak bener ya ngomongnya “udah biasa kayak gini”. Bah, enak bener mereka berbuat “salah” dan ketika customer komplain tinggal menjawab gitu.

    Untung selama ini disini nyuci sendiri kaga pernah ada masalah deh πŸ˜€ .

  21. Hahahahaha gw pernah banget Non, waktu zaman mahasiswa kan semua cucian gw londry kiloan, itu gw sampe bikin catatan panjang baju apa-warna apa-mereknya apa sebelom dimasukin londry tapi masih aja dapet baju tak dikenal.
    Kalo kelunturan sih Alhamdulillah gak pernah, walopun kadang kalo dipikirin jijay juga yah cucian kita dicampur-campur sama cucian orang tak dikenal tapi apadayaa…..gw males nyuci πŸ˜€

    • samaaa….cuman karena pakaian aku sama matt cuman berdua doang aku kerjain sendiri ajalah. yang berat2 plus lebar aku males setrikanya jadi kirim ke londri aja hahaha

  22. Oh, gue sering banget kena kasus baju kelunturan gara-gara asal gabruk pas nyuci, hahahahhahaahah.
    apalagi kalo yang nyuci sn, nggak cuma kelunturan, anduk pun bisa ikutan dicuci bareng baju kerja, huahahahahahaha. Nempel semua itu serat anduk di baju πŸ˜†
    Tapi gue lebih milih pake laundromat sih daripada laundry kiloan.

    • Erlia, aku baca blog kamu koq gak bisa yaaa 😦

      laundromat itu apa ya? laundry otomatis yaaaaa. di indo kalo mau laundry perbiji kan gak kuat ya, muahal hehehe.
      ini di medan gara2 mati listrik trus2an, akhirnya bisnis laundry jadi gila2an deh tapi juga makin banyak baju rusak

  23. aku usahakan nyuci sendiri Non… gpp deh capek2 dikit….
    lha wong aku ini kan gak cocokan, terutama bagaimana harus melipat baju. Jadi ya dari laundry masih kulipat lagi 😦
    kecuali bed cover, tak sanggup lha aku nyuci

      • tapi aku kan gak doyan setrika kaya kamu Non…hahahaha
        makanya habis angkat dari jemuran sebisa mungkin langsung dilipet atau kalau gak sempat ya dilipet kasar gitu, tar dilipet lagi

      • hahahaha dibahas
        harus sama Non…lebarnya…
        aku kan kebiasaan punya lemari kecil, dan kuusahain 1 lapis lemari berisi 2 tumpukan baju, jadi ngelipetnya harus kecil, dan tumpukan harus lurus dari atas ke bawah πŸ˜›
        dulu di kos-an, lemariku paling rapi dan suka dikomen sama temen2 πŸ˜›

        eh….dapet suami yang asli berantakan, sampe ponakan ternganga liat perbedaan lemari kami πŸ˜›

        ibuku aja sampe nyerah, meskipun baju bersih menumpuk, beliau jarang mau bantuin ngelipet, karena tahu bgt aku gak bakal cocok dan ngelipet ulang πŸ˜›

      • Kebayang aku Lu. Pasti km stress liat lemari baju aku. Dilipet sih tp asal haha. Matt lbh rapih dr aku tapi skr udah ketularan jg serampangannya

      • hahahahaha…iya Non, emang nular…..
        dulu aku malessss liat sprei kusut
        tapi kalau ada pK dan Inot nih, tiap bangun pagi pasti sprei kusut
        lama-lamaaaaa…..aku cuek aja, hahahaha

  24. Aku agak rewel dikit soal cucian, jadi lebih suka nyuci sendiri… Sesekali dicucin mbo kos, selalu aja merasa ngga puas, berasa ga bersih lah, dari bau baju ketauan airnya kurang bersih…. Tapi kalo lagi capek ato males ya udah ‘ditelen’ ajaa hasil cucian si mba haha

  25. Dan gw sering banget keilangan kemeja di laundry kiloan, Ada kejadian kalo celana jeans maka gw ngak mau di lipet yg ada garis tengah nya, dah gw jelasin berkali2. Tapi kejadian lagi lagi dan lagi, langsung gw murka. Yang awal nya gw kalem, akhir nya ketempelan setan dari hutan belantara. Secara itu 2 celana jeans gw beli pake darah dan air mata di HK.

    Setelah itu gw kapok pake kiloan, kecuali seprei, bedcover dan karena gw tinggal sendiri maka sekarang suka jadi upik abu alias nyuci sendiri, alhasil kadang baju gw tumpuk2 di keranjang baju kotor dan tak tau kapan mau di cuci hahaha

  26. Kalo sampe kelunturan sih Puji Tuhan sampe skrg enggak, tapi kalo ilang pernah.. Manalah itu sprei baru beli, ehh.. sarung bantalnya ilang..ckckckc.. Eh sama punya orang nyelip juga pernah..ckckkc.. Laundry kiloan itu mmg seringnya ga profesional sih dimn2..

  27. aku ngelaundry hanya untuk bed cover aja karena kan besar, berat dan sprei2 aja karena di rumah tempat ngejemurnya sempit. tapi punya pengalaman nyebelin saat anakku-remaja ngelaundry bonekanya (tinggi semeter) janji seminggu pas dijemput ternyata tuh boneka blum dicuci juga malah lagi asyik dipake main anaknya yang punya laundry. asem!

  28. Aahhh judulnya buat aku tersentak..jiaahhh tersentak bahasanya nissss ahahahaha
    Btw aku belum pernah nemu si vanish ini lhoo, engen coba jugaa kadang suka gak sengajaa ngelunturuin entah kaos or daleman or apalah huehehehe

  29. Untungnya aku jaman ngekos dulu belum pernah punya pengalaman buruk sama laundry kiloan hehehe. Dulu aku langganan ngelaundry bed cover, boneka dan baju2 yang dipake ospek dan kotornya naujubile (soalnya kasian kalo ibu cuci kosan yang nyuciin) hehehe. tapi masalah soal luntur2 gini emang bikin gemes ya mba, apalagi kalo karena kesalahan laundry, udahlah kita yang bayar, trus baju kita pula kan yang kena getahnya kalo rusak/kena luntur gitu 😦

  30. ada temen yang handuknya di laundry, dilipat rapi dan cantik. Pas dibuka tengahnya bolong kena seterika panas. Disini soal service emang harus gebrak meja, kalau gak gitu gak mau ganti. Di luar gebrak meja, dipanggilin polisi, harassement πŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s