DIY Electricity


pic pinjem disini www.123rf.com
pic pinjem disini http://www.123rf.com

Seperti yang saya janjikan kemaren untuk posting gimana cara membuat alternatif listrik πŸ™‚ mungkin saya gak terlalu pinter sih jelasinnya heehehe tapi kira-kira ajalah ya gimana benda-benda dibawah ini bisa kerja.

Ide-nya sendiri udah kepake pas si Matt tinggal di hutan. Jadi mereka mempergunakan aki mobil untuk sumber daya listrik di hutan sebelum dibangun solar panel.

Beberapa temen si Matt kan kemaren udah kasak kusuk tuh mau beli genset. Kita sih sebenarnya gak ada kepikiran beli genset karena saya pikir kalo sampe harus ada genset, itu adalah tugas PLN untuk pengadaanya dan harus gratis untuk masyarakat. Lain soal kalo sebenarnya toko-toko genset di kota Medan dimiliki oleh PLN hehe. Karena mulai ngobrolin genset itulah, si Matt kepikiran ama ide ini, selain emang lebih aman dan ramah lingkungan juga sih. So far udah 4 orang meninggal gara-gara keracunan asap genset di Medan. Sedih.

Mungkin kalau yang pernah tinggal di kampung2 kayak saya waktu kecil dulu tiap liburan ke rumah nenek, saya sebenarnya cukup akrab dengan ide-nya si Matt ini. BIasanya kami nonton tv dengan baterai mobil hehe karena listrik belon masuk desa.

Ok, langsung aja ya…….saya posting ini siapa tahu ada yang akhirnya membutuhkan ide ini dan bisa dipergunakan di rumah πŸ™‚ untuk yang di Medan saya sekalian posting toko dan harganya. Soalnya kemaren saya nyari semua bahan di 3 Ace Hardware kosong atau ada tapi barangnya rusak. Lucunya rusak tapi tetep ada didisplay. Kita pergi ke beberapa home smart, Gunung Sari, beberapa toko kecil di daerah Jl. Gatot Subroto, Setiabudi gak ada. Sumpah susah banget nyarinya. Akhirnya ketemu di beberapa toko yang berbeda.

Bahan Yang dibutuhkan :

01 buah Inverter. Saya pergunakan inverter hampir mirip gambar dibawah dengan 1200 watt. Watt disini berfungsi untuk mengetahui apa aja yang kita butuhkan. Contohnya 1 buah kipas angin 50 watt, 1 buah lampu LED 12 watt dll. Jadi kita bisa hitung apa aja yang kita butuhkan. Di rumah yang saya paling penting adalah lampu 2 buah (LED), modem wifi, charger hp/lamptop dan kipas angin sehingga inverter yang saya beli 1200 watt. Untuk penggunaan ac, tv,kulkas dll yah mungkin harus dipikirkan lagi untuk beli inverter yang berkekuatan lebih besar.

Inverter bisa didapat di Ace Hardware, Toko Gunung Sari Jl. Gatot Subroto Medan dan saya beli kemaren di Toko Sumber Audio Jl. Asia no 97 M, Medan. Telp 061 7360350 Rp 750.000

contoh inverter
contoh inverter.

02. Aki/ Baterai Mobil – Truk

Aki mobil yang kita pakai persis seperti gambar dibawah merk bosch 75 Ampere. Menurut si Matt dengan aki ini + inverter maka listrik yang kita butuhkan cukup memadai sampai sekitar 6 jam. Rata-rata mati listrik di Medan 3-4 jam. Rumus perhitungan Amps = Watts/volts per elektronik yang kita punya.

Contohnya

Kipas Β merk Miyako yang berdiri = Β 50 Watt / 220 Volt = 0,23 Amps

Iphone charger = 1 Amps (gunakan rumus diatas untuk ngecheck ya)

Charger Apple Mac book Air = 3,1 Amps

Lampu belajar LED merk Krisp = 0,2 Amps

Total seluruhnya adalah = 4,53 Amps

Karena kita punya aki dengan ukuran 75 Amps, amannya penggunaan hanya sekitar 37,5 Amps atau dibagi 2. Sehingga untuk perhitungannya berapa lama kita bisa pakai semua peralatan elektronik kita adalahΒ 37,5 Amps : 4,53 Amps = 8,27 jam (kira-kira).

Kita harus selalu memperhatikan keadaan baterai. Sama kayak hp gitu deh. Tiap saat kan beterainya berkurang. Repotnya sih kita mesti jaga2 supaya baterai tidak sampai mati.

100 % = 12,77 V

75 % = 12,54 V

50 % = 12,29 V

25 % = 11,99 V

dead – 11,75 V

sewaktu angka sudah menunjukkan 11,75 sebaiknya baterai harus di charger ulang.

Aki bisa dibeli di semua toko baterai. Kita kemaren beli di Jl. Asia karena nemu Inverter disana juga. Untuk harga baterai BOSCH ini Rp 1.000.000 + Rp 50.000 untuk kepala baterai.

pic pinjem disini www.bindons.co.nz
pic pinjem disini http://www.bindons.co.nz

03. Charger Baterai

Baterai charger ini fungsinya untuk ngecharge beterai kita setelah dipergunakan hehe. Saya beli yang merk weldtech Rp 500.00 di Jl. Pandu Medan.

pic pinjem dari edwardyaoyao.en.ec21.com
pic pinjem dari edwardyaoyao.en.ec21.com

Kita juga harus beli alat pengukur baterai untuk mengetahui seberapa banyak baterai yang kita punya :), karena kita sudah punya jadi gak beli lagi. Coba aja di cek di toko2 baterai atau Ace Hardware.

Setelah semua alat tersedia dan siap dipergunakan ketika mati listrik, saya cukup puas karena suara yang ditimbulkan inverter lumayan kecil dan gak ganggu. Mirip suara mesin air tapi lebih kecil. Gak ada asap πŸ™‚ hanya kita harus sering-sering ngecheck baterai mobil tsb. Hari ini kita udah pergunakan sekitar 6 jam dengan peralatan yang saya sebut diatas. Untuk charger HP + laptop bergantian karena begitu full, kita harus segera lepaskan supaya kekuatannya juga gak berkurang.

Total biaya yang kita keluarkan sekitar 2,3 apa 2,4 juta kayaknya kemaren. Lupa hehe.

So….kalau kalian punya Aki bekas mobil dan masih bisa dipergunakan, kenapa gak cobain ini hehehe. Untuk lebih hemat sih sebaiknya beli aki yang bisa dipergunakan juga oleh mobil kita πŸ™‚

Kata si Matt + temen2nya……..PLN, we have Β conquered you πŸ™‚

20130924-000353.jpg
Nah itu alat2 yg kita pake skr. Sorry msh berantakan gak tau mesti ditarok dimana plus kabel yg wara wiri hihi

88 comments

  1. Suamiku juga kepikiran untuk listrik alternatif gini mba noni waktu rumah kita suka mati listrik, tapi karena beli alat2nya lumayan mahal untuk keuangan kita saat itu, jadi diskip deh, lagipula udah jarang banget mati listrik kalo iyapun paling cuma sebentar.kan sayang *istri pelit*. πŸ˜€

  2. wah idenya keren yah mbak,,lebih ramah lingkungan, aman, dan penggunaannya bisa sampai 6 jam.
    Soalnya setau saya mati lampu di Medan tuh bisa parah banget sampai 4 jam lebih kan yah..

  3. .. dan ini adalah postinganmu yang paling bikin aku pusing, Non… Ilmiah pisaaaan, mana mau otakku kerja keras mencerna ini… *payah* :mrgreen:
    Ini PLN makin kebat kebit deh nih ya sekarang…. Hati2 PLN, ada yang nantangin, niiihh…! πŸ˜†

    • huhahaha aku juga pusing banget pas dijelasin Fit, manalah ngejelasinnya pake bahasa inggris pula. gak nyampeeee hahahaha.. cuman pas barang2nya datang trus kita ngerjain bareng, baru deh aku mudeng hahaha

  4. ituh tv nya tukeran ama tv ku yg lebih kecil aja mbak, hemat listrik *wink*
    thanks infonya ya, aku nih yg dijakarta pinggiran sering mati lampuk jugak TT_TT

  5. jadi inget dulu banget pake aki di rumah paman, aki dari mobil dinasnya malah di aceh sana.. parah ya listrik padam di medan.. gimana kalu mertua datang tuh non? inep di rumah apa hotel nih?

    • nah ada perhitungannya Andi :), ada alatnya untuk ngukur si charger ini dan kita harus liat2 gitu supaya gak kehabisan baterai. pas listrik nyala, kita charge deh sekitar 1-2 jam supaya baterai terisi lagi full πŸ™‚ sama kayak pake hp sih

  6. Pas baca langsung kleyengan Mba, paling payah kalau beginian, tapi takjubbb banget Mba, Matt + temen2nya bisa nemuu πŸ˜€ Izin copas ya Mba, buat dikasih ke Papa, biar ntar bisa dipraktekin di rumah Pekanbaru yang listriknya “mati segan hidup tak mau” πŸ˜›

  7. Non mudah mudahan nanti bisa terus di kembangin ya, kan lumayan. Daripada genset gak sehat & bahaya gitu. Kita juga susah kan kalo hidup gak ada listrik. Tapiii lebih dari itu sih semoga di Medan gak sering sering lagi mati lampu ya *peluk * πŸ™‚

    • amin…amin doanya May. Kayaknya sih udah mulai tuh ada demo2, petisi dll. kapan2 aku ceritain deh ada satu cerita yg bikin miris bagnet. BTw……PLN hari ini juga ngomong kalo pembangkit yang baru telat karena banyak barang2nya dicuriin huhuhu

      • Haaaa dicuri non? astagaaa parah bangetsih. Tapi emang sering mati listrik kan bikin gerah ya, stress liat elektronik pada rusak pelan pelan, belom lagi kan ngeri kebakaran. Aku aja esmosi tiap baca di twitter, kok ya @pln_123 itu gak panas bacanya ya 😦

      • iya, mereka bilang gitu sih. ada yg dicuriin hihi. aneh2 aja ya 😦
        ahhh udah banyak yang rusak May, paling gak laptop lama aku deh. PLN sih kayaknya udah jadi batu, udah gak pake esmoni lagi dia

      • haduh kalo sampe di curi itu ampun deh, emang gak bisa nyuri barang yang lain apa? ngegemesin ya non :(.
        Pastinya non, dulu pas aku di kos kulkas aku jadi korban, mesti turun mesin. sedih deh.

      • yah itulah bangsa kita May. Ada cerita lagi dari si matt, ada satu daerah selalu komplain mereka susah gitu dapet signal telp. telkomsel ama kantor si matt bantu bikin BTS. ehh begitu BTS ada, yah udah ada aja yang dicolongin. gilaaa kan

      • Soal colong mencolong emang bikin aku geleng geleng kepala non. Inget kan jembatan Suramadu?
        Merugikan banget, padahal yang perentilan kayak gitu kalo dicolong terus dijual juga duitnya gak seberapa ya. Maksudnya gak kayak ngejual emas juga kan :(.

  8. Ah ini dia postingan yang ditunggu-tunggu warga Medan – Pekanbaru dan sekitarnya πŸ˜€ Makasih mba noniiii, izin share yah, kali-kali bisa dicoba juga di daerahku yang juga sering mati listrik hihihi. πŸ˜€

  9. wah saya juga membuat powerbackup dengan inverter dan aki mobil. Sangat membantu kerjaan, karena bisa menggunakan laptop lebih lama. karena biasa mati lampu lebih dari 5 jam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s