Why I Love Lake Toba?


20130104-225723.jpg

Bukan………bukan karena tempat ini punya arti sentimentil untuk saya dan Matt. Danau Toba untuk saya adalah tempat yang bisa memenuhi semua mimpi-mimpi saya akan keindahan satu tempat wisata. Tidak hanya indah tapi sekaligus menyebalkan koq kadang-kadang hehe.

Saya tinggal di Medan sejak lahir. SeWaktu saya kecil, saya inget banget saya dan keluarga sering ke tempat ini untuk piknik dengan teman2 bokap, nonton pesta Danau toba yang gaungnya sekarang sungguh menyedihkan karena sepi banget, mancing, jalan-jalan dengan bokap ke hutan-hutan kecilnya sambil ngumpulin biji-biji pohon yang berjatuhan. Tempat ini adalah kenangan indah untuk saya.

Tempat seindah ini tiba-tiba tidak lagi menarik sejak satu kejadian mengerihkan waktu saya SD. Ferry yang kami tumpangi terperangkap hujan lebat. Saya ingat sekali ibu memeluk saya dan adik yg terus menangis ketakutan, semua penumpang harus duduk di tengah kapal untuk menjaga keseimbangan, sementara hujan semangkin menggila.

Sejak saat itu keluarga kita berhenti main-main ke Toba. Saya terakhir mengunjungi Toba tahun 2000 dan pada saat itu kondisi danau Toba sungguh mengenaskan. Sampah dimana2, enceng gondok menggila, hutan kecil tempat saya dulu berjalan-jalan habis di babat, wisatawan menurun drastis dan kalau tidak salah debit airnya juga berkurang.

Tahun 2011 saya mengunjungi D. Toba lagi setelah 10 tahun tidak berjumpa. Layaknya clbk (cinta lama belum kelar) saya terpesona dong, tempat ini berubah, memang belum 100% tapi Alhamdullilah semangkin membaik. Sampah masih banyak tapi yahhhhh mau gimana lagi ya, enceng gondok hilang kalaupun ada sudah berkurang banyak, cafe dan hotel bermunculan kayak jamur di musim hujan, pelaku wisata dan masyarakat mulai lebih ramah dan lebih giat memasarkan tempat ini, beberapa musisi lokal mulai keluar dan ini berarti mereka juga akan memberikan dampak positif untuk promosi. Transportasi dari Medan ke Perapat lebih mudah dan murah.

Ok cukup preambulenya hehe, sekarang kenapa saya cinta tempat ini sampe berulang2 kali datang?

1. Udaranya bersih banget, viewnya dahsyat, makanan dan minuman murah, hotel murah.

2. Banyak objek foto.

3. Keliling-keliling pulau dan selalu menemukan kejutan2 kecil semacam pesta adat, toko roti yang enak banget dengan gedung seperti tempat tinggal pembunuh berdarah dinginπŸ™ˆ, arak dan jamur memabukkan.

4. Hutan kecil dengan air terjun.

5. Sawah yang hijau atau siap panen dengan burung kuntul putih, kerbau yang di jaga gembala kanak-kanak berseragam SD yang akan bercerita penuh semangat kalau cita2nya menjadi artis ternama tetapi sore ini harus masak makanan babi haha.

6. Penyanyi dan musisi dengan suara surga. Pernah dengar broery nyanyi, di Toba/samosir kita bisa menemukan mereka dimana2 dan gratis.

7. Danau tenang dengan air jernih yang saya curiga berasal dari evian. Nelayan dengan kapal kecil hilir mudik. Langit biru atau kelabu dan tetap akan indah. Bukit barisan yang hijau.

8. Cerita tentang raja2 batak yang perkasa dan juga menyeramkan. Dongeng tentang pulau ini. Wisata kuburan yang menarik, tarian di sela2 rumah batak dan bebatuan kuburan.

9. Kain ulos dan cerita di setiap seratnya. Perempuan tua yang membuat kain2 cantik ini dengan mulut penuh pinang merah.

10. Udara yang sejuk, kabut yang menyelimuti badan pulau, lelaki ganteng anak pemilik hotel (akhirnya ditampol Matt deh) dan………….

Saya atau kamu pasti bisa menemukan alasan lain untuk bisa jatuh cinta dengan tempat ini.

Tulisan saya yang lain bisa di klik di sini

20130104-233304.jpg

20130104-233417.jpg

20130104-233516.jpg

20130104-233651.jpg

20130104-233740.jpg

20130104-233901.jpg

20130104-233953.jpg

20130104-234305.jpg

20130104-234348.jpg

20130104-234432.jpg

20130104-234611.jpg

20130104-234733.jpg

20130104-234822.jpg

20130104-234914.jpg

20130104-234957.jpg

20130104-235145.jpg

24 comments

  1. suka ama foto2nya.. terutama yang pertama…
    bagus ya kayaknya lake toba. nyesel dulu pas sering ke medan pas diajakin temen ke lake toba, gua gak mau. dulu gua paling males soalnya ngeliat2 objek wisata gitu… belum ngeblog sih dulu. huahahhaa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s