LOMBOK { catatan perjalanan }


Lombok

31 Des 08

Pesawat saya menuju bandara selaparang delayad hampir 1 jam, yang tadinya di schdule nyampe jam 05.30 akhirnya molor menjadi jam 06.30 waktu NTB. Perjalanan sedikit tidak menyenangkan. Saya yang memang takut setengah mati naik pesawat, terpaksa trus komat kamit baca doa karena begitu pesawat take off ehhh malah hujan hiks.

Citilink yang saya tumpangi landing dgn mulus { sumpah pilotnya jagooooo banget, karena gak bikin saya khawatir pas landing } . begitu nyampe sdh dijemput loni, uci dan pacarnya loni. Agak merubah sedikit rencana yang tadinya mau langsung ke hotel, akhirnya mampir dulu ke rumah kakaknya uci, untuk dinner dan makanpisang goreng. Dari sini kita udah ditinggal, jadi mesti naik taxi ke senggigi, masalah pertama muncul, jam 8 nyari taxi ke senggigi kayak nyari jarum. Telp blue bird susahnya minta ampun, kalopun nyambung gak diangkat. Setelah diangkat, ditunggu 30 menit gak jg nongol, akhirnya kita keluar aja, ngikut dgn temennya kakaknya uci tapi arahnya malah berbalik menjauhi senggigi. Kita mutusin utk diberhentikan di perempatan jalan seruni, rencananya dari sini mau nyetop taxi aja .

Bukannya taxi yang datang, yang berhenti selalu entah siapa-siapa, gak jelas gitu, padahal gak ada satupun dari kita berpakaian mengundang L. Akhirnya ada juga sih taxi yang mau nganterin ke senggigi, itupun udah setengah males karena katanya jalanan pasti macet banget dan supirnya udah capek .

Begitu nyampe hotel. Dandan , kita langsung ke sentral, gak jauh dari hotel, cuman 5 menit jalan kaki. Puter-puter gak jelas, akhirnya milih papaya aja. Itupun dapet tempat yang gak asik. Mojok2 gak jelas gitu. Setelah pesan pizza yang enakkkkkkk banget, shirley temple yang juga enak , marilah kita berpesta hahaha, sayang kita salah pilih tempat. Kayaknya disini lebih tepat yang berpesta orang2 berumur 40 thn keatas, lagu-lagu pilihannya dohhhh udah yang lama-lama banget, cuman makananan dan kopi disini emang yahud sih….!!!

Eh iya ke kantor roni juga sih, bayaran hotel mascot tempat kita tinggal. Diajak mabok-mabok gak jelas dikantor rony tapi ditolak, mabok bir males kali ron .

Senggigi rameeee banget. Rame ama sepeda motor tepatnya. Dipantai lebih riuh lagi. Party2 gak jelas gitu. Bir bergelimpangan dimana-mana, orang-orang dansa dansi tapi hujan tetap aja mengguyur senggigi, yang ada bukannya pesta tapi kedinginan hahaha.

Jam 12 kurang , jam kita, jam café , jam orang2 dijalan, jam orang2 mabok gak ada yang matching . sehingga masih jam 12 kurang orang-orang udah membakar petasan dan menyalakan kembang api. Wahhhh gak spektakuler sih kembang apinya. Biasa banget malahan tapi kalo di nyalakan di pantai yang cahaya lampunya teram temaram tentu jadi indahhhh apalagi gak ada bintang dan bulan .

Happy new year for you all…………J

Love
Nonie

01 jan 09

Subuh disini siang banget, saya bangun dan shalat sebelum waktunya deh kayaknya hihi. Setelah itu tidur lagi dan baru terbangun jam 8 pagi, itupun karena ronny telp mau nganterin mobil rental. Tadinya sih kalo menurut rencana mau ke gili terawangan dan nginep disana, besok tgl 02 jan kita mau ke sekotong dan gili nanggu, then tgl 3 mkn ke tempat yang laen, dan tgl 4 sore saya pulang dgn citilink.

Tapi karena ada perubahan rencana, akhirnya hari ini cuman leyeh-leyeh gak jelas. Jam 10 baru jalan ke arah mataram, makan di restoran sasak murah meriah yang enakkkk banget, sumpah enak apalagi sambalnya , plus murah sayang gak ada ayam taliwang disana.

Tujuannya sih ke kuta, nanti dari sana mau ke tete batu liat rice field, tapi mau ke kuta aja nyasarnya 2 juta kali hahaha. Dari 3 orang plus 2 peta yang besar-besar ternyata gak satupun yang bisa baca peta dgn benar. Tetap nyampe sih di kuta yang ramenya gila. 2 thn lalu saya ke kuta sepi gak ada orang malahan. Begitu nyampe disini secara udah check out dari mascot, kita kepikiran nginep aja di novotel. Telp hotel kamar penuh, cari dari ronny gak bisa, sekalinya ada cuman villa yang mahal. Di kuta gak lama karena panas banget, cuman uci yang pesan kelapa muda. Saya cuman foto sebentar , udah males liat banyak orang dan liat matahari yang kayaknya ada 9 biji.


Rencana minum2 di loungenya novotel juga gak bisa karena mereka lagi penuh, jadi gak terima tamu dari luar huhu. Akhirnya nongkrong di satu warung-warung { dia nulisnya café sih } pinggir pantai. Pantainya lumayan sepi tapi masalahnya si tukang masak masih mabok jadi gak bisa masak, mrk cuman nyediain juice yang dibuat ala kadarnya gitu. Disini juga gak lama, ini yang punya warung gak niat banget deh. Selain suit2 melulu, trus belon juga siang udah tutup warung . huh…

Pulang dari kuta { gak dapet apa-apa hiks } , mulai gak jelas lagi mau ngapain. Tete batu katanya gak bagus , mau singgah ke desa adat saya udah pernah dan gak suka, akhirnya pulang ajalah, nanti nunggu sunset aja di senggigi ok J.

Hari ini kita nginep di puri senggigi, kalo dari mataram menuju senggigi sebelah kanan jalan. Hotel kecil biasa, lt 3, rate Rp 150.000 tetapi fasilitas lumayan . ac/tv 21 inc { sometimes dapet HBO dan cinemax loh } , ada air panas, tempat tidur bersih banget, handuk putih yang juga putihhhhhhh banget. Duhhh ini hotel budget yang menyenangkan sebenarnya hahaha.


Gak pake beberes langsung ke pantai lagi, ehhhh nyebrang jalan kita ketemu café alberto, ini salah satu café favorit saya. cafenya asik, kita duduk di pinggir pantai, liat sunset , sambil gosip-gosip gak jelas sambil ngeliatin sepasang bule kasmaran yang gipot { gila poto }. Sayangnya hari itu sunsetnya bantet alias gak jadi, mendung terlalu gelap.


Setelah obor-obor dinyalakan, entah dari mana hujan. Lari-lari kita bayar tapi entah kenapa café ini punya sistem pembayan yang lemot setengah mati. Ada kali kita 20 menit nungguin bill dan bayar. Hujannya gak mau nunggu, deras aja gila-gilaan gitu. Yasud beramai-ramailah kita nongkrong lagi di dalam resto.

Setelah hujan reda, balik hotel dgn jas hujan J. Jalanan penuh. Ada ritual mungkin ya kalo taon baru mesti ke laut jadi jalanan keluar senggigi penuhhhhhh banget.

Malamnya cum
an makan jagung di atas, setelah hotel sheraton ada banyak tukang jagung tuh, dulu saya ama ronni sering nongkrong disini malem-malem sambil ngitungin bintang dan dengerin gombalannya yang gak jelas haha. Kemaren berdua aja ama uci sambil dengerin saya ngerundel gak jelas karena jagung yang kita makan tak enakkkkkk !!!

Lebih larutttt malam lagi kita ke mataram, cari makan di daerah panjjengik kalo gak salah. Banyak tenda-tenda gitu deh. Makannanya juga beragam, rasanya di daerah mataram sendiri ada banyak warung2 kaget yang buka di tengah malam aja J.

02 Januari 2009

Bangun pagi liat langit biruuuuuu dan cerah ceria. Saya dan uci berencana ke gili terawangan. Sebenarnya sambil mandi saya lagi bayangin malesnya ke bangsal dan ditarik-tarik calo seperti beberapa waktu lalu, cuman secara si uci belon pernah ke gili yasud saya sih mau-mau ajalah nemenin.

Pas telp ronny mau nanya shuttle boat beli tiket dimana, ehhh ditawarin one day trip ke 3 gili yang lumayan murah { 50 % disubsidi dia kali hahaha }. Yasud tanpa mikir-mikir saya ambil aja paketnya dia. Jam 8.30 dijemput rony then jemput 1 org lagi cewek. Namanya mba Kori, pake jilbab dan dia sendirian { berani yaa hihi }.

Dari senggigi kita naik kapal yang ukurannya lumayan kecil, kalo tau kapalnya sekecil ini mending saya ke bangsal aja kali ya hahaha. Ombaknya lumayan tinggi hari itu. sempat bikin ketar ketir tapi selanjutnya saya sdh terkantuk2 gak jelas.


Gili yang pertama kali didatangi ada gili terawangan. Sebenarnya sih saya males ke gili-gili yang laen, kalopun mau paling ke meno doang. Maunya di terawangan aja lebih lama, masalahnya kita ada ber3 dan gak bisa dong maksain kemauan sendiri. begitu nyampe terawangan kepikiran snorkeling tapi karena lewat cidomo dan ditawarin utk muter-muter pulau, jadi saya pikir gpp dicoba. Yasud kita keliling-keliling pulau deh. Lumayan juga sih, walo ini sih kegiatan bersih kali yeeeee……ke pantai dan laut tanpa basah, tanpa jadi asin kalo dijilat, tanpa keringetan , tanpaaa gosong koq rasanya gak seru juga .


Dari terawangan si bapak husni { tukang boat } bilang entar makannya di meno aja. Uh saya mau makan di terawangan aja huhuhu. Gili terawangan ke gili meno jaraknya juga tdk terlalu jauh dan ombaknya juga flat , jd gak khawatir. Meno lebih sepiiiiiiii lagi. Cuman ada beberapa restoran yang buka males-malesan. Kita makan disalah satu resto dgn menu standard nasi goreng dan gado-gado. Lagi-lagi lamaa banget.

Abis makan langung menuju gili air, sampe disini mba kori mau snorkeling tapi alatnya udah dipinjemin si bapaknya ama orang di gili meno, behhhhhhh…..ngaco banget. Yasud akhirnya saya tertidur-tidur gak jelas, jam 2 balik lagi ke senggigi , ombak lebih tinggi lagi dan perjalnan kali ini bikin kita semua basah kuyup kecipratan air laut…….horeeeeee akhirnya basah juga hahaha dan tentu saja gosong !!.

Dari pantai senggigi, balik ke kantor roni nunggu mobil utk anterin ke hotel. Sambil nongkrong kepikiran nyewa motor ke malibu beach buat liat sunset. Begonyaaa !!.
Dari dulu saya benci naik motor dan rasanya ini terakhir kali saya mau naik motor kecuali diboncengin sama Nicky Hayden .

Tapi yaaaa guys….walo saya akhirnya cilaka hahaha { tetap aja cerah ceria walo udah kacaw banget } sunset sore itu gilaaaaaaa bagus banget. Sumpahhhh ini sunset terbagus yang saya liat selama ini. Dari mulai matahari masih diatas laut sampai habis dimakan air laut jelas banget. Lalu langit yang berubah menjadi warna pink, yellow , orange dan perlahan tapi pasti menjadi gelap.


Waktunya utk tidur, udah males inget2 kejadian setelah ini, tapi yang pasti besok saya sendirian di kamar, uci pulang pagi-pagi. Jam 10 si roni masih datang nganterin makan doang, saya udah males keluar kamar soalnya. Tapi gak bisa tidur terlalu banyak telp dari sana sini, panik ini itu , duhhhhhhhh !!

03 Januari 08

Abis sarapan pagi, bengong di depan kamar. Baca novel, bengong lagi, ke pantai sebentar tapi kata temen muka saya gak boleh kena matahari langsung, yasud diem aja dikamar. Siang jam 12 ke mataram ngambil tiket { o,yee….saya beli tiket buat pulang besok pagi2}. Ronny datang ke hotel sih nawarin istrinya nemenin saya { saya tolak karena kasian bayinya dia }, trus dari mataram ngambil tiket, kita pergi makan di daerah sayang-sayang, nama restorannya ilir-ilir. Restoran ayam taliwang yang nunggunya lamaaaaa banget tapi makanannya enakkkkkkkk terutama air kelapa madunya, sumpahhh nyummy.


Abis pulang ke hotel, tidur ajalah ya bow. Jam 2 Zul ama Adi datang, jemput saya mau ke pantai, ngajak berenang, kano dan snorkeling sebenarnya sekalian mau liat saya udah tambah sehat atau udah melempem aja . tapi kalo saya nekat nyemplung kelaut alamat menggelepar-gelepar dong keperihan. Jadi kita gosip-gosip ajalah dan akhirnya kepikiran naik gondola di meninting. Jadi ceritanya kita naik “ getek “ atau perahu dari bambu gitu menyusuri sungai. Mereka bilang sih aman, gak kena matahari dan di sungai nanti banyak biawaknya J. Huraiiiiiiiii udah niat aja nih. Harga 1 paket utk lokal Rp 250.000.
Tapi emang Tuhan lagi sayang saya banget, daripada saya pecicilan lagi outdoor , gondola itu lagi tidak ada . orangnya tdk beroperasi karena lagi low season L. Hmmm next kalo ke lombok mesti dicobain pokoknya.

Jam 5 abis mandi, anak2 rinjani trekking udah nungguin saya di senggigi, saya mati2an gak mau dijemput naik motor { OGAHHHHH }, jadi sambil nunggu angkot ehh loni ngajak ke pura batu bolong. Dasar emang saya ini gampang di pengaruhi , janji dilewatin langsung ke pura batu bolong. Dari hotel sih deket tapi kita naik angkot Rp 2000 aja.

Ehh ternyata lagi ada upacara loh, upacara hari WEDA. Upacara weda ini adalah upacara turunnya kitab weda, upacaranya dewi kecantikan juga, kalo gak salah namanya Dewi Saraswati. Nahhh ada untungnya juga sih ke batu bolong, lumayan di dongenin ama bapak pendetanya yang baik . jadi di upacara hari ini semua umat Hindu merayakan hari turunnya ilmu pengetahuan dan juga kesenian. Upacara berlangsung hingga pukul 01.00 dini hari. Kenapa dini hari karena pada saat itulah dunia sdh hening dan damai, lalu nanti turun embun dari langit. Embun itu adalah air langit, air yang suci .

Setelah foto-foto sebentar, saya kembali ke pantai batu bolong, nunggu sunset rencananya tapi sebenarnya ngejer-ngejer gadis kecil berwajah menarik yang udah mencuri perhatian saya sejak datang ke pura ini . setelah ngobrol-ngobrol ama neneknya, ditawarin pisang dan kerumahnya segala. Ehhhh cucunya si nenek yang cowok malah menari utk saya. menari dgn latar belakang sunset { beruntung yaaa saya ini } trus foto2 mereka lagi deh. Ketawa-ketawa gak jelas lagi tapi……..sumpah saya beruntung banget hari ini. Oklah emang gak jadi ke sekotong dan gili nanggu tapi bicara , ngobrol, dengerin dongeng dan mendapat perhatian yang tulus dari orang2 yang baru kenal adalah anugerah yang juga gak bisa dibayar dengan apapun kan ??
Yang terpenting lagi saya bisa menghabiskan beberapa hari dgn adek saya, jadi itu semua gak ternilai harganya .


Eh iya disini ketemu cewek philipino yang manis, nanti saya ceritain soal dia ya .

Setelah pulang kembali ke hotel, ketemu roni, min kopi, ngobrol dgn petugas hotel dan bla-bla gak jelas, makan seafood di cak Mur then tidur karena besok pagi pesawat saya jam 6 dari lombok.

04 Januari 08

Di airport ketemu lagi dgn si pilipino, namanya Alysa J. Yasud kita chit chat, trus janjian travelling bareng kapan-kapan, kebetulan utk setahun ini dia tinggal di malang dan sering banget ke sby. Semoga aja jadi yaaa J

Nah…liburan kali ini emang gak terlalu sukses, tapi apa sih ukuran sukses hahaha.
Yang pasti saya puas karena bisa liat sunset bagus, saya senang bisa bicara dgn banyak orang, saya juga senang bisa makan enak trus menurus { sampai jd endut begini } dan yang pasti…….apapun yang terjadi saat liburan gak pernah bisa diukur dgn apapun. Mungkin emang gak jadi ke sekotong dan nanggu tapi bisa jadi ini adalah salah satu alasan saya utk bisa kembali ke lombok, tapii nanti kalo balik lagi harus ke danau satonda di sumbawa besar dan Dompu J.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s