Diy Rocket Stove dan Rak Tanaman


Tanaman liar

Jadi sejak bulan lalu itu saya rada-rada risih sama halaman belakang rumah karena agak kurang rapi. Maksutnya banyak sekali pohon dan tanaman di pinggir-pinggir bangun. Kesannya jadi berantakan dan kurang bersih. Belon lagi susah untuk bersih-bersih lantainya. Jadilah kepikiran buat beli rak tanaman.

Kagetnya saya pikir rak tanaman itu murah loh, taunya lumayan mahal juga ya. Yang paling murah sekitar Rp 350 ribu sementara saya perlu sekitar 2-3 rak tanaman untuk semua tanaman di rumah ini. Iya…walaupun gak banyak tanaman tapi emang rak-raknya ternyata banyak juga ya.

Setelah mikir-mikir tadinya mau bikin sendiri aja. Iya sok ngide gitu bikin dari kayu palet tapi……pas Matt liat-liat Pinterest ehh ketemu ide lain. Yaitu bikin rak tanaman dari block lubang angin. Kita cek-cek wah seru juga. Saya langsung semangat karena kalau bikin model begini malah sebenarnya gak perlu bantuan Matt. Bisa bikin sendiri aja.

Trus kita juga jadi pengen bikin diy rocket stove untuk masak steak dan bbq burger di belakang rumah. Nyari-nyari bata tahan api gak ada yang jual di panglong deket rumah. Ya udah pake batu bata biasa aja yang ternyata kurang bagus nyalanya. Malahan susah banget. Mungkin karena basah ya.

Oya balik ke diy rak tanaman tadi, menurut saya sih lumayan banget nih. Harga modalnya sekitar Rp 550.000 untuk 3 rak tanaman. Dipikir-pikir emang lebih murah daripada beli yang dari kayu ya haha. Modelnya mungkin emang agak sedikit bulky dan kurang cocok kalau dimasukkan ke dalam rumah sih tapi untuk di luar rumah oklah. Malah lebih kokoh untuk pot-pot yang lebih gede 🙂

Akhirnya lumayan sih, jadi bisa hemat beberapa ratus ribu hehe.

Rocket stove nya sendiri masih gagal. Lagi nyari-nyari batu bata tahan api atau fire bricks yang ada dijual deket rumah. Mungkin kalau ada pengen beli untuk bikin stove dan oven 🙂

So far ini pencapaian selama karantina huahhaa.

4 comments

  1. samaan mba, kami jg sabtu kemarin abis bikin rak bunga dari palet. Krn cek online mahal. Jadinya bikin sendiri ternyata jauh lebih hemat hampir sejutaan. Krn bunganya banyak. 😀

  2. Rak tanaman dari block oke banget hasilnya 🙂 klo saya pernah dibikinin suami rak tanaman, minta bikin lagi malah suruh beli di amazon aja. Itu bibit microgreen apa? kenapa ditutup? bibitnya jadi ga dapat sinar matahari dong.

  3. Wah, jadi lucu juga ya mbak bentuk rak tanamannya. Aku juga pengen beli rak tanaman, tapi lagi mikir modelnya yang lucu-lucu 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s