Makan Sayur


Sampai setua ini saya sering sekali nemuin orang yang gak suka makan sayur atau buah. Matt salah satunya. Jadi buah atau sayur yang dia mau makan itu beneran pilih-pilih banget. Buah pun hanya beberapa aja yang mau. Kebanyakan buah-buah yang keras haha. Contohnya jambu biji, kesemek, apel hijau atau peach. Sedangkan sayur lebih susah lagi. Walaupun dia gak keberatan makan salad tapi kalau di rumah jarang banget mau makan sayur.

Saya sendiri juga sama (duluuuu). Sayur yang saya suka itu dulunya gak banyak. Kangkung, bayam, bunga kol, sawi, toge dan banyak lagi sih, tapi kalau disuruh makan mentah kayak makan salad sudah pasti gak akan mau. Ogah. Dulu kalau dikasih salad di makanan yang saya pesan pasti dibuang gak dimakan. Sayang banget.

Sekarang…..huaa saya suka banget sayur. Mau mentah atau dimasak sama sukanya. Kayaknya semua tentang sayur berubah sejak saya tahu punya endometriosis dan kista trus sempet ikutan pola makan food combining yang lebih banyak sayurnya itu.

Sayur yang saya makan pun gak aneh-aneh masaknya. Cukup di rebus, kukus atau tumis dengan minyak kelapa/olive sedikit aja. Pokoknya cepet banget, deh.

Saking sukanya dengan sayur entah gimana ceritanya sekarang saya bisa makan sayur mentah. Bahkan celery yang biasanya orang-orang makan dengan cara dijus kalau saya sih cukup dipotong sepanjang jari tangan dan dimakan sebagai snack. Awalnya mau mati rasanya makan celery kayak gitu tapi kalau dijus gak suka dan males. Sekarang sih makan celery sebagai snack sama enaknya kayak makan kerupuk. Yang gak enak cuma harganya haha.

Gimana dengan kamu? suka sayur juga gak?

41 comments

  1. Wah doyan banget Non! Dari kecil malahan. Dibiasakan sama ortu buat makan sayur, disediakan di meja makan dan setiap hari ngelihat mereka makan sayur jadi akhirnya aku dan adik2pun doyan. Aku malah ga terlalu doyan daging merah dan ayam. Setiap malam aku dan suami makannya salad plus lauk. Dressing nya bikin sendiri atau kalau malas ya makan aja cuma sayur mentah. Kalau siang sayur tumis atau rebus. Setiap hari di rumah selalu makan ada sayur dan selalu makan buah. Bersyukurnya semua suka.

  2. Aku dulu waktu kecil benci sayur, setelah pindah ke mari dan orang2 disini jarang makan sayur malah jadi doyan (karna kangen). Suami demen banget sama sayur, dia dulu pacarnya vegetarian semua jadi udah kebiasa makan / masak vegetarian. Kami sesungguhnya jarang banget makan daging.

  3. aku makan sayur dan buah tuh waktu masa hamil – masa menyusui, lantas setelah umur 40 ^^ yaaa terlambat lebih baik daripada ngga samsek yaa.. sempet beberapa bulan vegan, lantas vegetarian, lantas piscetarian, demi “membayar” masa2 menyiksa tubuh..

  4. Aku juga sekarang nggak pilih-pilih lagi untuk makan sayur. Dulu wah susahnya minta ampun. Beberapa bulan ini udah menemukan “the joy of eating salad” karena aku udah tau jenis salad yang aku suka. Maksudnya pakai dressing apa. Aku suka salad yang dressingnya seger daripada yang creamy. Btw, batang seledri emang enak dicemilin, apalagi pake dip yang sesuai.

  5. Ini aku banget Non! Dulu pas kecil aku nggak suka sayur, tapi semakin kesini makin suka. Dan sama, beberapa sayur aku juga suka mentah (misalnya bayam, rucola, dan sayur2an yang umumnya dijadiin salad gitu) dan dengan dressing minimal (cuma olive oil aja) atau tanpa dressing sama sekali sekalian. Ya memang untungnya di sini sayur2an gitu kan segar dan bersih sih ya jadi nggak khawatir juga. Rasanya lebih enak aja gitu kalau makan sayur, badan lebih segar, pencernaan juga lebih lancar.

    Tapi sama, sering aku melihat beberapa orang di sekitarku yang bahkan masih sama sekali nggak mau makan sayur. Dibilangnya nggak suka sayur. Dan aku merasa heran banget sama ini, lha udah umur segini gitu! Hahaha ๐Ÿ˜†

    • Ih cerita kita hampir sama Zi. Aku sekarang gak tau kenapa mungkin juga karena ngerasa harus hidup lebih sehat jadi emang mau gak mau harus makan sayur + buah tiap hari. Hampir gak pernah bolong bahkan pas traveling sekalipun aku usahakan beli buah2an hehe

  6. Huwaa, aku gak suka sayur atau buah mbak, walaupun tau gak baik buat kesehaan ๐Ÿ˜…
    Buah tu buat aku banyak yg asem, trus klo sayur banyak yg pait ๐Ÿ˜‚
    Gimana caranya supaya bisa suka mbak?

  7. Jd keinget mbak dj kathy butterfly yg makan sayur krauk2. Aq suka makan sayur mentah tp lalapan doang. Klo sayur matengan trs dimakan mentah kok aneh ya?
    Btw, kak noni pernah coba makan pucuk daun mede?!

  8. Dulu waktu kecil nggak suka sayur…. sejak hamil dan menyusui terpaksa harus suka sayur karena bagus manfaatnya buat ibu dan bayi, sekarang makin tua mau nggak mau makan sayur karena bagus untuk kesehatan….

  9. Sejujurnya aku gak suka sayur tertentu sprt brokoli, couli flower, paprika dan sayur2 yg biasanya tumbuh di negara barat, tp aku suka kangkung, terong, pate, dll sayur yg biasa ada di Indonesia ๐Ÿ˜ tp di Inggris jarang nemu kangkung dkk ya walo gak suka brokoli dkk merem aja tetap makan krn tau tubuh butuh nutrisi ๐Ÿ˜‚

  10. Aku demen sayur, kecuali celery, parsley, daun ketumbar, pete dan jengkol.. hihi..
    Aku tuh nyoba makan celery pake dipping gitu, lah rasanya suer aneh banget.. udah takut duluan kalau disuruh nyoba lagi.. Mending makan sayur yang lain aja deh hehe..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s