Ngapain Jauh-Jauh…Kalau….


Saya mau cerita tentang traveling ke daerah yang mirip-mirip dengan Indonesia. Menarik juga soalnya.

Jadi sebenarnya saya sering atau adalah beberapa kali baca komen, DM atau mungkin liat IG, blog, forum yang isinya kira-kira seperti ini “Kalau cuma mau liat danau, yah ngapain jauh-jauh. Mirip gitu kayak Danau Toba” atau “Kalau sawah di Indonesia juga banyak, ngapain pergi jauh-jauh” atau malahan lebih sangar lagi “Cuma gedung tua, banyak yang mirip kayak gitu di sini” bahkan dulu saya juga komen ke temen yang kalau liburan lebih seneng santai di hotel sambil minum-minum di kolam renang atau tiduran mulu “Kalau cuma mau males-malesan, mending di rumah aja” iyaaa…saya sendiri juga komen yang sejenis haha.

Tapi tau gak, biarpun misalnya pas saya ke Sa Pa Vietnam kemaren lebih banyak trekking di sawah dan kampung. Bayar pula. Sebenarnya gak akan pernah sama dengan di “rumah” sendiri. Atau misalnya kita jauh-jauh makan di restoran Afrika di Melbourne, ehh dagingnya mirip sama rendang trus saya komen “gila babe, sayang amat yaa kita jauh-jauh makan rendang” *gak…saya gak komen kayak gitu koq*

Bahkan ketika saya dan Matt makan di restoran Indonesia di Chicago (1 kali doang untuk ajakin keluarga Matt) atau Belanda (diajak temen) kita cuma ketawa-ketawa aja. Gak juga saya ngerasa udah jauh-jauh masa iya makan bakso dan soto. Mending gitu di Medan aja. No….rasanya beda! tapi emang kita usahakan gak makan di restoran Indonesia kalau lagi traveling hehe. Supaya lebih maksimal aja ngerasain makanan baru.

Pergi traveling untuk saya bukan jadi ngerasa gimana-gimana sih. Saya cuma butuh ngeliat hal lain. Hal baru. Keluar dari rumah. That’s it. Mudah-mudahan aja bs berguna untuk orang lain haha. Keluar dari rumah itu walau yang diliat sawah, rumah tua, gedung yang mirip-mirip karena yang bangun kolonial yang sama atau makanan yang hampir sama……buat saya tetep berbeda.

“Travel is the only thing you buy that makes you richer”

Kaya ini konteksnya banyak ya. Bisa jadi emang beneran kaya karena gara-gara traveling jadi banyak job. Bisa jadi hatinya yang rasanya lebih “kaya” karena ada banyak yang dilihat dan juga dirasa. Bisa jadi juga traveling emang bikin jadi bokek tapi pengalamannya dong. Yah…kalau bisa janganlah juga traveling membabi buta sampai lupa nabung hehe.

Jadi kalau ada yang komen ngapain jauh-jauh pergi toh sama-sama aja? hmm sebenarnya beda loh. Orangnya, udaranya, pakaian yang dipakai penduduknya, bahasa, makanan, minuman, udara yang kita cium, transportasi, warna warni kehidupan di sana, dan masih banyak lagi. Bahkan traveling yang paling sial sekalipun tetep ada ceritanya yang seru. Yah emang akan terasa “kosong” dan sama aja kalau kita cuma fokus sama “yang sama” itu doang!

Jadi kalau ada yang iseng komen “ngapain jauh-jauh liat sawah juga?” coba cek yang pergi ke ladang koq pake baju beda dengan di daerah kita? koq di sini dingin sementara di Medan panas, koq petani di sini pakai pupuk A, di sana pake pupuk B dan masih banyak cerita lainnya.

Dulu waktu saya masih siaran di radio. Salah seorang mentor saya ngomong gini “Kamu kalau pergi kerja atau ke mana aja jangan selalu di rute yang sama. Harus beda! kenapa? supaya kamu bisa lihat hal-hal baru walau masih di kota yang sama. Kamu harus lakukan itu supaya kamu bisa ngerasa banyak sekali perbedaan dan bisa kamu ceritain balik pas lagi siaran. Gak semua orang bisa ngerasain hal-hal berbeda itu. Kebanyakan orang hanya merasa itu biasa padahal bisa jadi menarik karena sebenarnya bagian dari hidup sehari-hari!”

Ini membuat saya ingat kenapa nginep di hotel di kota tempat kita tinggal tetep menarik karena kita merasakan pengalaman baru 🙂

Lagian kalau kita sudah harus mengeluarkan uang banyak dan hanya ngerasa sama aja, hmmmm ????

31 comments

  1. karena beda alam, beda lingkungan, beda udara dan bahan, kenapa saya juga tertarik nyobain sesuatu yg sama tp di tempat yg berbeda… ibarat makanan, sama bahan dan bumbu, teknik masak, tp kalo beda tangan beda pula hasilnya 🙂

  2. “Travel is the only thing you buy that makes you richer” suka sama quote ini.

    Terus Mba, walaupun makanannya sama, tapi kan tempatnya beda, pengalamannya beda, ambiance nya beda, orang – orangnya beda. Gimana juga bisa sama ya hehehe..

    Pengen traveling jadinya, loh!!!! hahaha

  3. Ya setuju banget….paling minimal x kita keluar dr kota kita, lht udara lain didaerah orang ..
    Banyak juga temenku yg suka bilanh begitu..alahh..kan sama aja sich dimedan jg ada pantai, ada sawah ngapain jg jauh2 ke sana..
    Buang2 uang..
    Kesel lht orang seperti itu.
    Tp mau gimana lagi..itu hak dia ngomong seperti itu..hahahahaha.

  4. Ahh, setuju banget Non. Mungkin danaunya, atau sawahnya, atau gedung-gedungnya dirasa sama, tapi kan ketika kita berada di suatu tempat nggak cuma merasakan danaunya, sawahnya, atau gedung-gedungnya doang ya. Atmosfernya, orang-orangnya, udaranya, dll banyak bedanya daripada samanya! Hahahaha 😆 .

  5. yang komen gitu paling kalo diajak apalagi gratisan pasti mau aja.
    traveling itu manfaatnya banyak kok, meski terlihat sama, liat sistem yang bagus dinegara tujuan, lingkungan yang bersih, pengen sama, ya kita mulai dr diri sendiri memulainya, keluar kandang biar tahu dunia luar…biar bisa juga mengenal toleransi dsb. yaang suka2nya nyinyir2 doang biasanya hidupnya kurang piknik..hehe

  6. Kesel banget akutu kalo liat IG orang lagi jalan2 terus ada yang komen “Ah liat ini mah gak usah jauh2, di kota sebelah juga ada” Gimanaaaa gitu rasanya, kayak woy emang danau/pantai/hutan/kastil dimana2 ada tapi kan suasananya berbeda gitu loh!

  7. Hhhahaha… aku banyak dinyinyirin gitu kak… sebenarnya mereka ga tau kalo esensi utama dari traveling itu adalah belajar dan mengenal suasana yang baru… bukan cuma foto aja… kek ginilah kalo main2 nya ga pernah jauh kak… nyinyiiirrr aja… palak awak ya kan… hhhahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s