Sebelum Menggunakan Mobil, Perhatikan Kondisi 4 Bagian Mobil


Ketika menjelang akhir tahun pasti banyak sekali orang yang ingin bepergian mudik ataupun liburan ataupun untuk pemakaian sehari-hari. Tak jarang juga banyak pemudik yang ingin pulang ke kampung halamannya menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil. Untuk kembali ke kampung halaman menggunakan mobil pribadi bukanlah hal yang mudah. Kamu pasti akan melewati jalanan yang tak dekat bukan.

Nah, supaya kamu dan keluarga tetap nyaman dan selamat saat mudik
menggunakan mobil, pastikan memeriksa kondisi kendaraan mesin terlebih dahulu dong. So, apa saja sih bagian mobil yang perlu diperhatikan dan harus mendapatkan perawatan maksimal? Langsung saja yuk cek bagiannya di artikel ini!

Mesin mobil

Mesin mobil menjadi komponen yang pertama kali dan penting untuk di cek sebelum kamu melakukan perjalanan jauh. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah melakukan tune up standar mesin mobil. Setelah itu periksa busi, cek karburator, cek air radiator dan juga air reservoir.

Pastikan air reservoir dalam keadaan mencapai batas level yang ditentukan. Sedangkan untuk air radiator pastikan terisi secara penuh. Kalau sudah, cek juga selang radiator serta selang reservoirnya. Kalau kamu menemukan selang yang sudah retak atau menggelembung, segera ganti dengan yang baru supaya tidak pecah ketika kita sedang mengendarai mobil tersebut. Memasangnya pun tak boleh sembarangan, pastikan selang dalam kondisi kencang supaya tidak terjadi kebocoran.

Rem mobil

Jarak dekat maupun jauh, rem merupakan bagian mobil yang penting dan vital. Pasti kalau rem dalam keadaan tak memungkin akan terjadi hal fatal. Pada rem kamu harus memperhatikan selang minyak dan juga kampas remnya. Kamu cukup cek ketebalan dan membersihkan kampas remnya. Jika kampas rem sudah mulai aus segera ganti dengan yang baru. Sedangkan untuk minyak rem, kamu harus mengeceknya apakah terjadi kebocoran. Minyak rem sendiri berfungsi untuk memberikan tekanan piston rem supaya sepatu rem bisa berfungsi dengan baik.

Oli mesin

Supaya performa mesin kendaraan tetap bekerja secara optimal kamu harus rutin mengganti olinya. Mesin akan terus bekerja ketika kamu berkendara di jalanan yang macet. Disinilah peran dari oli sebagai pelumas mesin. Jadi, sebelum melakukan perjalanan jauh seperti mudik kamu wajib mengecek oli mobil. Pastikan volume oli mesin cukup. Kamu bisa mengeceknya melalui dipstick oli. Volume ideal oli sebuah
kendaraan adalah berada garis Low dan Full. Jika volume oli berada dibawah garis L (low), segeralah menambahkan oli secukupnya. Selain itu, kamu juga bisa mengecek olinya melalui jarak tempuh dari kendaraan.

Ban mobil

Meskipun keadaan mesin kendaraan baik, tapi kalau ban mobilnya keadaannya kurang baik akan percuma. Kalau ban mobil dalam keadaan bagus tentu perjalanan akan terasa nyaman dan aman. Apalagi ketika mudik dengan membawa barang- barang yang menjadi beban dari mobil. Pastikan ban mobil kamu dalam keadaan optimal, tidak kempes, tidak memiliki benjolan pada permukaannya, tidak gundul serta tekanan angin yang standar di angka 30 hingga 32 psi.

Selain itu, sebelum melakukan perjalanan yang jauh kamu juga harus melakukan spooring supaya keseimbangan roda terjaga. Jangan lupa juga bawa ban cadangan yang kondisinya baik, untuk mengantisipasi terjadinya kebocoran ban utama. Banyak merk roda yang bisa menjadi pilihan kamu, seperti GT Radial, ban Dunlop, Bridgestone, Falken dan masih banyak lagi lainnya.

Sebelum berangkat mudik, kamu harus memastikan kalau bagian-bagian di atas pada mobil dalam keadaan normal. Kalau sudah yakin bagian-bagian tersebut normal, mobil pun siap untuk digunakan untuk mudik. Saat mudik jangan lupa juga membawa perlengkapan mobil tambahan seperti, dongkrak, ban mobil cadangan, kunci pembuka baut roda dan juga kabel jumper aki. Tetap patuhi peraturan lalu lintas, ya!

PS : Pada saat pandemi Covid-19 harap perhatikan peraturan dari Pemerintah dan juga WHO.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s