Pentingnya Vaksinasi Untuk Wanita Dewasa


Beberapa tahun terakhir ini saya dan suami setiap kali pulang dari US entah kenapa selalu mendapatkan sakit flu yang luar biasa berat. Kebetulan memang kami selalu pulang mudik ke US akhir tahun pas musim dingin.

Musim dingin di US biasanya ditandai dengan banyaknya himbauan dan juga iklan komersil untuk melakukan flu shoot atau vaksin untuk flu. Awalnya sebagai orang Indonesia tentu saja saya gak ngerti apa gunanya sih vaksin flu. Flu di sini (minimal untuk saya dan keluarga) bukanlah dianggap penyakit yang berat dan butuh perhatian banget. Dulu malahan sewaktu masih ngantor udah flu berat sampai kepala rasanya mau pecah tetap harus masuk kantor.

Padahal nih ya, flu itu gak bisa dianggap enteng. Kalau kita cari informasi di Google mengenai flu maka salah satunya akan dijelaskan seperti di bawah ini.

Suatu infeksi virus umum yang dapat mematikan, terutama di kelompok risiko tinggi.Flu menyerang paru-paru, hidung, dan tenggorokan. Anak-anak, orang dewasa yang lebih tua, wanita hamil, dan orang dengan penyakit kronis atau sistem kekebalan tubuh lemah berisiko tinggi.Gejalanya meliputi demam, menggigil, nyeri otot, batuk, pilek, sakit kepala, dan kelelahan.Flu diobati terutama dengan beristirahat dan cairan untuk membantu tubuh melawan infeksi. Penghilang rasa sakit anti peradagangan yang tersedia bebas dapat membantu meringankan gejala. Vaksin tahunan dapat membantu mencegah flu dan membatasi komplikasinya.

Nah, karena si flu ini juga gampang banget nular ternyata setiap tahunnya ada sekitar 2 juta penderita penyakit flu di Indonesia. Sementara di US sendiri jumlahnya jauuuuuuh lebih banyak makanya begitu mulai masuk musim dingin langsung deh iklan-iklan flu shoot itu bisa dilihat dimana-mana. Untuk vaksinnya sendiri bisa didapat dengan mudah. Salah satunya pergi saja ke drug store atau toko obat.

While the impact of flu varies, it places a substantial burden on the health of people in the United States each year. CDC estimates that influenza has resulted in between 9 million – 45 million illnesses, between 140,000 – 810,000 hospitalizations and between 12,000 – 61,000 deaths annually since 2010. Info dari sini ya.

Nah di Indonesia sendiri sepertinya tahun ini seperti yang kita tahu karena pandemi COvid-19, vaksin flu mulai sering banget disebut-sebut. Yaiyalah ya vaksin emang sepenting itu untuk sebagai salah satu cara supaya tubuh bisa kuat menahan serangan penyakit.

Kembali ke cerita sakit flu yang lumayan lama setelah pulang dari US sementara saya gak berani ke rumah sakit saat itu akhirnya kami menggunakan layanan http://www.halodoc.com (applikasinya), lalu chat dengan dokter yang dipilih (bisa disesuaikan dengan tempat bahkan budget), bayar menggunakan Go-pay trus pas dikasih resep ehhh resepnya juga bisa langsung dibantu belikan. Sungguh memudahkan untuk orang yang lagi sakit.

Dari cerita di atas, akhirnya saya selalu vaksin flu dulu sebelum berangkat jika bepergian ke daerah yang dingin. Sebenarnya untuk wanita dewasa ada ada beberapa vaksin yang harus dilakukan untuk menjaga pertahanan tubuh.

01. Vaksin Flu – Vaksin Dewasa Flu Shot (Influenza HA)

Vaksin ini diperlukan untuk melindungi kita dari penyakit flu. Vaksin influenza sebaiknya diberikan setiap satu tahun sekali karena meski merupakan penyakit ringan, nyatanya flu bisa menimbulkan masalah besar bagi sebagian orang.

02. Hepatitis A dan Hepatitis B

Biasanya vaksin ini seringkali disarankan setelah saya selesai dengan medical check up tahunan. Ini vaksin yang penting banget juga mengingat saya masih suka jajan sembarangan dan terkadang makan makanan yang kurang sehat dan bersih.

03. HPV

Dilansir dari Centers for Disease Control and Prevention, pemberian vaksin HPV bertujuan untuk menghindari serangan dari virus human papillomavirus (HPV). Virus ini adalah penyebab utama terjadinya kanker serviks pada wanita dan kutil kelamin pada pria maupun wanita.

Saat remaja atau anak-anak adalah waktu terbaik untuk memberikan vaksin ini. Pasalnya vaksin HPV efektif bekerja jika diberikan sebelum seseorang aktif berhubungan seksual. Jika kamu masih belum mendapatkannya, penting untuk segera melakukan vaksinasi HPV.

04. Vaksin cacar

Pemberian vaksin ini bertujuan untuk mencegah penyakit cacar air. Penyabab dari penyakit ini adalah virus varicella zoster. Biasanya vaksin cacar juga masuk dalam paket imunisasi yang diberikan saat balita. Jika kamu belum mendapatkannya, biasanya dokter akan menganjurkan dosis yang berbeda.

05. Measles, Mumps, dan Rubella (MMR)

Mencegah penyakit measles atau campak , mumps atau gondong, dan rubella atau campak Jerman dilakukan dengan pemberian vaksin MMR. Tidak hanya orang dewasa, anak kecil juga dianjurkan untuk mendapat vaksin ini. (info halodoc.com)

Vaksin tentu saja dibutuhkan juga oleh manusia dewasa terutama kita wanita. Untuk kamu yang kebetulan tinggal di Yogyakarta sekarang bisa dengan mudah mendapatkan layanan vaksin yang dibutuhkan. Vaksin Yogyakarta dapat diakses di https://www.halodoc.com/ atau melalui aplikasinya. Tunggu apalagi silahkan download appnya 🙂

13 comments

  1. Di Indonesia juga salah kaprah sih, yg dibilang flu itu common colds doang sebenernya. Influenza yg “asli” itu sebenernya parah banget dan justru jarang di negara tropis karna mungkin ada hubungannya dengan musim juga. Di negara dingin toh juga adanya penyakit menyerang di musim dingin.

    Aku pernah kena influenza disini rasanya seminggu badan remuk, ngga bisa ngapa2in, ngga kaya common colds yg cm palingan batuk, pilek meler (dan mungkin masi bisa kerja)

    Disini jg kebiasaan dapet flu shot tiap tahun gratis dari kantor tapi itupun jg gambling karena influenza sendiri strainnya banyak banget

    • Nah iya aku dapat influenza itu beberapa kali setelah pulang dari US. Dapatnya selalu pas udah nyampe di sini. Paling lama tahun ini, ada kali aku sama Matt harus istirahat 3 mingguan. Sakitnya gak ketulungan. Kapok deh haha

  2. Baca komennya mbak kutubuku saya manggut2. Saya mulai vaksin flu tahun 2018 krn akan Umroh, atas rekomendasi bulek saya. Krn sepulang umroh dia ada gejala flu spt batuk pilek dan tmannya yg vaksin Flu ga kena gejala ini, walhasil alhamdulillah saya segar bugar. Th ini blum vaksin lg, menimbang2 pergi ke RS nya di musim wabah begini (semoga segera berlalu pandemic ini)

  3. Sama Non dsini juga kalo uda masuk winter pasti ada banyak slogan untuk flu vaccine. Ada pro dan kontranya si. So far keluarga aku blom pernah flu vaccine. Karena masih lebih memilih cara alami untuk mengatasi flu dan rasanya kalau less chemical ditubuh kita lebih baik. Terakhir kena yg beneran flu mungkin 5 tahunan lalu. Semoga kita sehat semua ya. 🙏🏼

    • Amin semoga sehat2 semuaaa ya.

      Aku selalu dapat 2 tahun terakhir ini Ria. Dapatnya begitu nyampe di Medan atau pas di pesawat. Keknya ketularan yaa karena udaranya muter2 di situ2 aja

  4. Di Indonesia sendiri menurut aku sudah lazim vaksin influenza untuk segala usia dan terjangkau. Memang juga yang lazim dilakukan orang yang hobi travelling: vaksin meningitis dan vaksin influenza. Vaksin influenza sendiri sudah terbukti di anakku, hampir setahun bertahan tidak flu. Alhamdulillah.
    Vaksin Hepatitis diberikan gratis sejak aku SD ke sekolah-sekolah bahkan sampai sekarang. Vaksin MMR biasa diminta universitas LN sebagai salah satu syarat untuk kelengkapan administrasi masuk kuliah.
    Yang lagi hits rumah vaksinasi, informatif dan harga terjangkau.

    • Nah ituuu dia bener juga ya, kalau ada layanan yang bisa ke rumah2 sekarang penting banget hehe.

      Oh skr vaksin hepatitis malah gratis ya. Mba sering dapat note doang pas terima hasil check up

  5. Beberapa jenis vaksin sepertinya memang sudah “diwajibkan” di Indonesia kan ya Non?

    Dulu sebelum ke India baca-baca rekomendasi resmi departemen kesehatan sini untuk travelling ke India, disarankan ambil beberapa vaksin. Jadilah aku ambil. Ternyata rekomendasinya sama untuk kalau mau ke Indonesia, hahaha 😆 .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s