Hidup Dengan Endometriosis


http://www.prensalibre.com

Kayaknya udah cukup lama saya gak nulis-nulis lagi tentang si endometriosis yang masih aja betah tinggal di dalam organ reproduksi hehe.

Memiliki endometriosis ini setiap saat seperti nungguin kesakitan yang datang tiap bulannya. Gak mau nunggu tapi nonggol juga. Kadang kesel banget apalagi jadwal mens kan gak teratur ya.

Ngomongin jadwal mens yang tidak teratur ini. November tahun lalu pas kita ke Jepang kebetulan saya lagi mens. Nah, mensnya itu kurang sakit. Saya dan Matt berfikir mungkin karena saya bergerak terus setiap hari dan peralihan cuaca juga mempengaruhi. Selain itu terbang berjam-jam juga bisa mempengaruhi masa-masa period.

Des saat saya di US ehhh sakitnya gila-gilaan. Padahal kami baru pulang liburan dan tentu aja hidup lebih santai haha. Harusnya jauh dari stress ya. Lagi-lagi kami kepikiran mungkin karena cuaca. Selama beberapa tahun ini setiap kali di US sebenarnya saya ngerasain kalau mens lebih sedikit dan durasinya lebih singkat. Pokoknya lebih santai walau tetap sakit ya. Tahun lalu gak tau kenapa volume tetap banyak dan tentu saja tetep kesakitan. Saking sakitnya hampir setiap saat saya selalu bawa-bawa hot pad kemanapun di rumah haha.

Pulang dari US, di Januari…..ehhh jadwal mens saya yang sudah setahun ini per 3 minggu sekali tiba-tiba ganti menjadi 2 minggu sekali. Aduh bayanginnya sudah males banget. Jadi kira-kira setiap per 17-18 hari saya sudah mulai dapat mens, durasinya lebih singkat dan total volumenya lebih sedikit tapi rasa sakit masih sama di hari 1-2 lalu setelah selesai ada 2-3 hari juga masih sakit cuma gak perlu makan terlalu banyak pain killer. Cukup 1-2 butir Ibuprofen.

Saya kan sering ya ditanya2in soal endometriosis. Jadi sebenarnya endo saya itu gak sembuh-sembuh sampai hari ini . Masih betah aja bercokol. Cuma nih kalau misalnya kamu penasaran dan pengen tahu kayak apaan sih pengalaman saya menderita penyakit ini, coba deh cek Podcast saya itu, karena saya banyak cerita-cerita soal penyakit ini hehe.

Moga-moga yaaa……kita semua yang menderita penyakit endometriosis, kista dan miom bisa sembuh. Amin

12 comments

  1. Semoga bisa teratasi nyeri endometriosisnya, mbak. Lebih nggak menyenangkan lagi ya kalau masa datangnya haid jadi lebih pendek. Saya pun begitu, dari dulu haid saya rutin setiap bulan hampi tiap 28-30 hari sekali datang bulan, tapi sejak pakai IUD jadi lebih pendek, haid datangnya selalu maju seminggu. Jadi tiap 21 hari. Dan volume darahnya lebih banyak setelah pasang IUD daripada sebelumnya. Duh, sampai lemes saya kalau pas heavy flow.

  2. ya ampun gak kebayang deh mba non harus mens setiap 2 minggu sekali.. udah gitu sakit kebangetan lagi yah.. endometriosis ini sudah dialami sama mba non dari awal mens gak sih ? eh iya ada podcastnya yah, tar dengerin deh

    aq baru mens lagi nih setelah melahirkan kmaren sempet kepikiran banget karena udah mo 10 bulan gak mens kan,, ternyata memang kalau menyusui mensnya jadi lebih lama..

  3. mba noniiii aku yang sakit tiap mau mens hari pertama aja udah ga betah bgt huhuhu apalagi mba noni yah , sehat2 terus mba noniii 🙂 semoga makin hari sakitnya makin berkurang :*

  4. Been there too non, keluhan haid dgn jarak dekat, waktunya lama (10-15 hari) dan banyak sampai menghabiskan pembalut berdus-dus karena ada miom dan salahsatunya miom geburt (highest risk)… but after getting operation selama 2 kali it’s getting better and better….
    Just sharing info aja, teman dan kk iparku akhirnya opr angkat rahim krn endometriosis sdh cukup membahayakan… not to make you more worry but maybe ada tindakan medis yg mmg (terpaksa) hrs dijalanin to make your life better.. just maybe..

    • Aku malah minta ke dokter di Penang supaya angkat rahim aja. Udah males berhubungan sama sakit tiap bulan tp belon dikasih. Katanya msh belon perlu 😬. Semoga kita semua sehat2 yaaa Shin

      • Udah juga Shin. Kayaknya udh setahunan aku minum ramuan si dokter itu. Tiap hari sampe bosen lama2 haha. Gak ngaruh. Yg aku belon coba dengan disiplin adalah makanan yg 100 % ganti. Selama ini yaaa gitu deh msh cheating2 mulu 😅

  5. Hi, Mba Non.. Salam kenal ya.. 4 bulan lalu saya baru aja laparoskopi pengangkatan kista plus ovarium kanan, hasil PA nunjukin saya punya kista yang isinya mix (gak cuma kista cokelat) plus ada endometriosisnya. sekarang masih berjuang pertahanin ovarium kiri yang ada kistanya juga, bulan lalu usg eh udah 7 cm aja. karena status saya belom nikah, dokter gak nyaranin operasi. selama 4 bulan pasca lap saya konsumsi visanne dan baru mau ganti ke yasmine untuk bantu ngecilin kistanya. aku udah denger podcast mba dan baca postingan soal yasmine, efeknya emang bisa beda2 ya, cocok2an juga. tapi kayaknya kalo soal mood swing, anxiety hampir semua ngalamin termasuk saya. huhuhu.. mba non ada tips gak ya untuk ngatasin si mood swing dan anxiety nya? soalnya rasanya roller coaster banget. huhuhu.. makasih ya mba buat sharingnya.. duh, malah jadi saya yang curhat di sini hehehe..

  6. Halo mba salasa salam kenal saya dea, saya sudah 8 kotak visanne tidak ada perubahan skrg dokter saranin utk laparaskopi lalu stlh operasi katanya di suntik setiap bulan selama 6 bulan berturut2 . Kayaknya kita sama mba kistanya ada dua di kanan dan kiri nempel dgn ovarium tpi dokter bilang dia akan coba buat perthanin ovarium aku krna aku jg blm menikah. Rasanya pgn ambruk se ambruk2nya dan smpe hrini aku belum memutuskan dan msh siapkn mental utk milih operasi. Semoga semuanya sehat selalu dan terap semangat dan sabar ngejalanin ini semua Untuk pejuang endo💪🏻

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s