Painted Ladies – Rumah Cantik di San Fransisco


Painted Ladies – San Fransisco

Apa sih yang membuat rumah-rumah yang disebut Painted Ladies di San Fransisco ini terkenal? kalau menurut saya sih gara-gara film seri Full House yang kebetulan mengambil tempat syuting persis di taman depan perumahan cantik ini.

Painted Ladies House memang terkenal banget. Untuk pecinta Full House rasanya gak mungkin melewatkan rumah ini termasuk saya yang sampai saat ini masih noton serialnya. Jadi begitu tahu akan ke SF, kita berdua langsung sama-sama ngomong “mesti deh ke sini” walau cuma sebentar.

Sebenarnya main ke sini itu yah udah cuma liat rumah aja, gak lebih. Gak ada restoran atau cafe deket-deket rumah ini. Beneran perumahan mewah yang berbukit-bukit gitu.

Sewaktu tiba di depan rumahnya saya langsung pengen teriak……..”Full House I’m coming” padahal film itu sendiri bukan direkam di rumah-rumah ini, hanya di taman aja haha. Rumah Full House terletak di tempat lain. Inget kan rumahnya dengan pintu merah menyala.

Jangan lupa ya nonton videonya šŸ™‚

Painted Ladies adalah rumah-rumah yang dibangun dengan arsitektur Victorian dan Edwardian HOuses. Rumah-rumah ini dicat ulang tahun 1906 dengan warna-warna yang menarik hati. Biasanya dalam 1 rumah ada 3 warna. Sebenarnya dulu itu di SF lebih banyak lagi rumah dengan arsitektur Victorian tapi saat gempa bumi dan kebakaran besar banyak rumah yang habis terbakar dan tidak sanggup lagi dibangun dengan model yang sama. Painted Ladies House adalah sebagian kecil rumah yang terselamatkan.

Kenapa dipanggil Painted House? Istilah ini pertama kali digunakan untuk rumah-rumah Victoria San Francisco oleh penulis Elizabeth Pomada dan Michael Larsen dalam buku mereka tahun 1978 Painted Ladies: San Francisco’s Respendent Victorians. Gara-gara Elizabeth lah akhirnya rumah-rumah ini dikenal dengan nama Painted Ladies.

Rumah-rumah bergaya Victorian begini sebenarnya tidak hanya ada di SF. Saya pernah liat Mackinac Island yang bisa kalian baca di link tersebut. Ada juga di New Orleans dan banyak daerah lain di Amerika.

Saking terkenalnya rumah-rumah di daerah ini kalau kalian main ke SF pasti deh bakalan nemu kartu pos atau magnet kulkas yang bergambar rumah-rumah cantik ini. Tau gak, pas lagi duduk-duduk di tamannya saya jadi kepikiran apa ya rasanya jadi orang yang tinggal di rumah tersebut?

2 comments

  1. Rumah-rumahnya memang bagus ya Non walaupun memang di sekitarnya nggak ada apa-apa (kecuali taman di depan rumah-rumahnya itu doang), hahaha. Ahhh jadi kangen SF!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s