Belanja di Pasar Sa Pa – Vietnam


Sa Pa Market Vietnam

Belanja siapa sih yang gak demen, apalagi kalau duitnya gak terbatas, ya kan.

Salah satu kegiatan paling asik selain hiking dan trekking di Sa pa Vietnam adalah belanja. Bukan sembarang belanja tapi belanja kain dan pernak pernik kerajinan tangan khas penduduk lokal yang mayoritas berasal dari suku-suku H’mong.

Dari awal pertama kali menginjakkan kaki di Sa pa tahun 2010 saya sudah jatuh cinta dengan hasil kerajinan tangan mereka. Semuanya cantik banget. Hampir semua baju traditional dari suku H’mong dibuat sendiri dan tentunya organic. Pewarna baju diambil dari tumbuh-tumbuhan dan diproduksi di rumah masing-masing orang. Gak heran hampir semua tangan ibu-ibu H’mong berwarna gelap indigo hehe.

Selain kain, baju, tas, tutup kepala, selimut dan masih banyak lagi, biasanya Suku H’mong juga pintar dengan kerajinan perak. Ada banyak aksesoris yang mereka tawarkan ke turis-turis di Sa Pa.

Selain di pasar Sa Pa ada juga toko atau butik yang tentunya menjual barang-barang yang terkadang sama dengan di pasar atau lebih bagus dengan harga yang lebih mahal. Ada juga toko-toko atau bahkan langsung ke pengrajinnya di desa-desa seperti di Cat-Cat Village yang saya tulis di sihttps://nonikhairani.com/2019/08/05/cat-cat-village-di-sa-pa-vietnam/ni.

Untuk saya yang sebenarnya kurang suka belanja melihat banyak sekali kerajinan tangan di Sa Pa bahkan sampai tergiur. Bolak balik dengan Matt ke pasar atau ke toko-toko untuk beli beberapa suvenir dan pakaian ala penduduk Sa Pa. Baju-baju ala penduduk lokal emang bikin ngiler tapi setelah itu saya bingung mau dipakai di mana karena bahannya cukup tebal. Di Medan panasnya minta ampun huhaha.

Untuk harga karena di sini kebanyakan kerajinan tangan sebenarnya kita gak bisa bisa juga terlalu nawar, ya. Kasian yang ngerjain haha. Matanya sampe siwer bikin bordir atau nyulam. Koq rasanya gak tega buat nawar rendah. Mungkin buat yang tega nawar bisa dapat harga lebih murah di sini 🙂

Ahhh jadi kangen Sa Pa dan pengen beli SELIMUT haha.

4 comments

  1. Dingin banget ya Sa Pa ini, Mba? Lucu banget muka anaknya sampe bulet2 merah.

    Lalu itu foto ke-4 dari terakhir (2 anak), yang sebelah kanan memang foto kakinya aja ya? 😂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s