Utang Dong


Ini sebenarnya lagu lama, ya. Ada berapa banyak sih, orang di dunia ini yang akhirnya berantem, ribut-ribut, sindir-sindiran sampai akhirnya ada juga berita-berita yang mengerikan tentang pembunuhan gara-gara hutang. Serem.

Dulu awal-awal masih ngantor di Medan, ada satu temen yang suka pinjem duit saya. Dia bilang beberapa hari aja. Saya selalu kasih dan dia selalu balikin tepat waktu juga, sih. Giliran suatu hari saya butuh duit 5 juta (kurang 5 juta buat bayar beli mobil, cash koq) buat beli mobil dan duit di Deposito belon bisa cair pada hari itu trus pinjem sama dia, gak dikasih dong haha. Padahal cuma pinjem 2 hari doang. Ini jadi kayak “dendam” kesumat juga sih. Saya sedih banget waktu itu. Koq tega ya, gak mau pinjemin padahal saya kalau dia pinjam selalu kasih.

Setelah kejadian itu sebenarnya ada banyak lagi momen-momen dipinjemin duit. Mulai dari pinjem berapa juta balikin nyicil sampai duitnya gak berasa haha. Makanya saya kesel banget kalau ada orang minjem duit tapi balikinnya nyicil tapi daripada gak dibalikin. Ada juga yang suka minjem Rp 400-500 ribu (hampir tiap bulan) untuk keperluan sekolah anak katanya dan nantinya gak dibalikin. Aduh…yang begini-begini kayak bikin pelajaran ke saya kalau minjemin duit yang tadinya mau bantu orang akhirnya malah jadi bikin emosi.

Itu belon lagi yang pinjem orang yang kerja di rumah atau yang bantu-bantu kita. Kecil-kecil tapi dilupain. Niatnya ya itu tadi dari bantu sampe kesel. Makanya kalau dipinjemin duit biasanya saya nolak bilang gak ada atau kalau saya rela ya udah kasih aja gak usah mikir bakalan dibalikin.

Cuma, kalau nolak orang utang itu kadang saya suka kepikiran nanti kalau aku perlu duit gimana dong? kan gak selamanya hidup kita kayak gini trus hehe. Eh, tapi balik lagi ke cerita butuh 5 juta itu saya. Pas butuh gak ada orang mau minjemin.

Jadi…..kalau ada orang curhat ke saya soal hutang piutang itu koq rasa-rasanya kayak denger lagu lama, ya. Kita sudah tau hasil akhirnya gimana.

Makanya bulan lalu ada temen pusing karena diutangin sama temennya dia. Nilainya lumayan, loh. Saya bilang gak usah kasih aja karena menurut temen saya ini, si orang yang mau berhutang itu masih seneng-seneng. Masih keluar makan atau jalan-jalan. Lah, kan gak butuh ya kalau gitu. Cuma karena si temen entah gimana gak tega atau apa diutangin lah si temennya itu. Dari awal hutang aja dia gak suka trus sekarang bahkan si orang ini diem-diem aja sudah 2 kali jatuh tempo. Kan kampret, ya. Eh…tapi sebenarnya saya sudah prediksi sih.

Akhirnya si temen saya ini, curhat baru-baru ini “Niatnya baik sih, mau minjemin sapa tau butuh, ehhh sekarang malah emosi deh”

Tuh….kan………

20 comments

  1. Aku juga kenyang urusan soal utang ini. Bisa bertahun-tahun bayarnya. Yang “kecil-kecil” lebih banyak lagi. Sekarang beneran harus kejam, soalnya kalau lemah di awal, bikin gregetan ke diri sendiri.

  2. samaa mbak,

    kalo udh tau kebiasaannya mah, (gaksuka balikin)
    misal pinjem sejuta, suka bilang, adanya maratus mau gak?
    kalo pinjem maratus, adanya 200 mau gak?

    habis itu gakusah diinget2 lagi dan akadnya jd bukan utang, drpd dongkol 😀

  3. Menurut pengalamanku: sebagian besar orang yg pinjam duit ke aku (terutama yang nilainya di bawah 5 juta), sebetulnya berniat minta uang tapi terlalu gengsi untuk bilang minta. Mereka lebih memilih bilang ‘pinjam’, kemudian tanpa malu-malu memutuskan untuk tidak mengembalikan uangku tersebut.

  4. Kalo temen sih aku males minjeminnya, biasanya aku suka bilang klo aku jg lagi butuh uang buat keperluan ini itu. Kalo emang ada yg ga bayar ikhlasin aja (walo pake acara gondok dulu).

    Kalo kita baik sama si A, belum tentu si A bales kebaikan kita juga. Bisa jadi si B, si C, atau si D yang bales kebaikannya. Sebenernya ga usah takut berbuat baik sama orang, karena kita ga pernah tau bakal dapet pertolongan dari siapa. Ada kutipan, ‘Jika kita membantu di bumi, nanti kita juga akan dibantu sama yang di langit.’

  5. saya ga pernah berani berhutang dr dulu, lagi bokek2 jg gmn caranya biar ga berhutang, tapi malah dulu temen kost yang maksa2 pengen ngutangin-.-‘ krn tau saya blm gajian,begitu gajian langsung bayar. sampai skrg paling berani, suami ambil utang cm ke bank, di potong dr gajinya.saya pernah berhutang sm tetangga gara2 datang paket dgn sistem bayar ditempat, ga punya uang kecil, pinjem ke tetangga bawah, pulang suami ganti langsung ke sitetangga, lanjut ngomelin saya krn berani berhutang..ke tetangga-sejak saya itu ga berani minjem2 duit. kakak saya di indonesia, sering bgt di hutangin,terlalu baik jg sih orgnya, dan emang si penghutang pada ga tau diri, ditagih ngulur2 terus, giliran posting di FB lagi shoping di mall..disindir2 eh di block..manusian zaman now tuh.

  6. kalau gitu percaya aja, pas ngasih pinjeman anggap ngasih.. kalau dibalikin atau dicicil anggap dapat rejeki baru.. ^^

    yg mau berhutang ke aku umumnya gagal, lah duwitku seringnya lebih dikit, hehehe..

  7. Kalo hari gini tuh, galakan org yg ngutang drpd org yang ngasih utang, mbak….wkwkwkwk…makanya mending kalo ada yg mo pinjem2 gitu dan hati kita gak rela, ditolak aja. Kalo pun ternyata hati tergerak, dibantu sekemampuan dan sekeikhalasan hati, tapi abis itu dilupain. Kalo dibalikin ya syukur, kalo gak dibalikin seenggaknya dr awal hati kita mmg ud ikhlas ngasihnya.

  8. aq cuma minjemin uang ke ade aq, 2 orang itu aja. kalo gak dibalikin ya udah di ikhlasin atau kalo bayarnya cicil pun gak apa2. sama orang lain gak pernah minjemin, kalo ada sodara apa temen mo minjem aq kasih aja dg jumlah yang aq sanggup tapi gak minjemin krn gak mo ribut nantinya atau jadi kebiasaan buat minjemin lagi dan lagi. karena menurut aq kalo minjemin ke satu orang kaya ngebuka pintu utang buat orang lain gitu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s