Bikin Jamu Sendiri


Beberapa minggu lalu saya iseng buat jamu sendiri. Gampang banget bikinnya dan khasiatnya juga banyak sekali.

Sebenarnya jamu ini sudah beberapa kali dibicarain di kelas yoga. Ada beberapa ibu-ibu yang rajin bikin lalu sempet dibawain supaya saya bisa rasa. Ternyata enak walau baunya minta ampun haha. Ada sebagian yang gak tahan dan pengen muntah tapi untuk saya pribadi karena emang sudah biasa minum cuka apel setiap pagi, jamu ini gak berasa banget baunya. Biasa aja walau emang kenceng sih baunya haha. Untuk yang baru pertama kali mungkin bisa jadi pengen muntah.

Jamu yang saya maksut adalah jamu yang terbuat dari bawang putih tunggal, cuka apel, lemon, jahe merah dan madu (saya pakai madu Uray).

Cara bikinnya gampang banget 🙂

  • 200 gr jahe merah / putih.
  • 200 gr bawang putih tunggal.
  • 200 ml air.
  • 200 ml air jeruk lemon (-+ 7buah)
  • 200 ml cuka apel.
  • 15 sdm madu asli.

Semua bahan diblender trus sarinya direbus dengan tambahan air. Setelah semuanya direbus lalu masukkan cuka apel dan madu. Siap deh, diminum. Saya biasa minum 2 sendok di pagi + malam hari sebelum tidur dan sikat gigi. Rasanya enak tapi baunya jangan ditanya karena ada campuran bawang putih juga haha.

Pas masak ini, rumah baukkkkkk banget. Trus karena jahe merahnya lumayan kenceng banget, yang ada saya sama si Tom, matanya berair-air hahaha.

Jamu ini sendiri berkhasiat membantu proses perawatan penyakit jantung koroner, hipertensi, diabetes, gagal ginjal dan stroke iskemik. Manfaat lain ramuan ini membantu proses perawatan asam urat, mengencerkan darah, membuat badan terasa segar, meningkatkan immunitas/stamina tubuh dan melangsingkan tubuh secara sehat alami. Kalau soal langsing kayaknya sih di saya gak ngaruh haha. Cuma setelah minum ini saya lumayan lebih tahan banting walau cuaca di luar ampun-ampunan panas bukan main. Gak gampang sakit lagi.

Beberapa temen katanya lumayan ngerasain langsung khasiatnya kayak badan jadi lebih kuat, trus maaf kalau BAB ada kayak lemak yang keluar-keluar gitu (jijik ya haha) tapi jadinya badan lebih ringan. Yah apapun itu namanya selama bisa menyehatkan dan gampang dibuat sendiri, kenapa gak dicoba, ya kan 🙂

14 comments

  1. waaah, hebat bikin sendiri dengan bahan jangkep..
    aku mah sebatas jahe + lemon + madu, tapi ngga konsisten, kalau pas lagi drop aja ^^
    smg sehat selalu ya Non!

  2. Papa aku juga minum itu, Mbak. Tau resepnya juga dari internet, cuma bawang tunggal diganti sama bawang putih biasa. Berpengaruh banyak ga ya, Mbak?

  3. hoooo ini aku rutin minum tiap hari mbaaak, alhamdulillah badan enakan dan gak gampang masuk angin lagi, tapi aku beli sihhh ga sanggup kalo bikin sendiri 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s