Jalan-Jalan ke Pasar pagi di Luang Prabang


Luang Prabang morning market

Sebenarnya jalan-jalan ke pasar pagi ini tidak masuk dalam rencana perjalanan saya selama di Luang Prabang. Pasar pagi atau pasar becek kayak beginian juga banyak di Medan. Depan komplek ada satu malahan haha. Jadi gak terlalu istimewa lah. Sombong banget, ya.

Pagi-pagi setelah sarapan kami jalan kaki menuju ke salah satu butik untuk membeli sisa belanjaan milik teman sekalian mengembalikan sepeda. Eh, begitu keluar dari gang malah ketemu si pasar. Emang sudah ditakdirkan untuk main ke pasar. Sebenar-benarnya adalah pasarnya emang persis di tengah-tengah kota tua jadi pasti ketemu haha.

Pasar pagi di Luang Prabang ini menempati satu gang lurus. Persis ditengah-tengah gang gitu. Segala kebutuhan sehari-hari ada di sini. Mulai dari sayur, ikan, baju, perlengkapan sehari-hari kayak ember, ceret dll juga dijual di tempat ini. Kalau gak salah ada satu pasar lagi agak keluar dari kota tua dan ukurannya lebih besar tapi yang ini paling banyak dikunjungi turis-turis. Kalau ke sini pagi-pagi nanti kita ketemu group-group turis main ke pasar sambil foto-foto dan pegang-pegang segala jenis dagangan. Antara penasaran dan kaget terutama pas megang ulet hehe.

Kirain rumah lebah taunya rumah ulat haha. Setiap yang iseng megang pasti jerit-jerit.

Sebenarnya gak rugi juga sih main ke pasar terutama karena gak tau lagi mau ngapain hehe. Di sini ada beberapa dagangan yang kurang biasa saya lihat. Contohnya si ulat itu trus kepiting yang diikat cantik banget. Sampai mikir ini kepiting apa bukan sih?

Selain dagangan biasa kita juga bisa ketemu berbagai macam makanan yang dijual di sini. Standardlah ya kayak kue-kue basah, ketan, salad pepaya, ikan bakar, dll. Sebenarnya kalau mau hemat jalan-jalan ke Luang Prabang salah satu tips nya adalah belanja di pasar. Beli makanan di pasar juga trus nanti tinggal dimakan di jalan atau di penginapan. Jauh lebih murah daripada makan di night market atau di restoran.

Dulu di Medan sering liat akar ini tapi lupa apa namanya.
sambil nungguin dagangan menjahit juga
Ada yang tau ini apaan?
ini cabe kecil-kecil pedesnya gak nanggung. Sampe dower mulut rasanya
morning market Luang Prabang

9 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s