Jalan-Jalan Murah Ke Kuala Lumpur


Petronas tower . foto taken by Matt

Petronas tower . foto taken by Matt

Bukannya gak cinta Indonesia loh kalo saya bikin postingan ini hehehe. Cuman gak ada salahnya kan memposting tentang negara tetangga kita itu, siapa tau ada yang pengen kesana dengan budget pas-pasan kayak saya :) sebenarnya sih bisa lebih murah lagi sih ke KL karena dulu pernah ada satu tulisan di komunitas backpacker yang nulis doi cuman ngabisin 3 juta aja buat keliling Singapore, Malaysia dan Thailand. Saya sih gak sampe segitu ngiritnya hehe, cuman bisalah di jadiin ide kalo emang budget kesono pas-pasan.

Ke Kuala Lumpur bisa murah meriah koq, walau pas kemaren nukerin duit sempet kaget kalo MYR udah segitu tingginya ya, terakhir saya ke KL kalo gak salah MYR masih sekitar Rp 2.800 ( taon 2010 ) ehhhh sekarang udah Rp 3.329 aja ( minggu lalu ). Kemaren sih kita ke KL sebenarnya cuman gegara Matt harus ngurus perpanjangan visa sosial budaya, trus dipikir-pikir semenjak menikah kita belon pernah pergi liburan berdua,  mending saya ikutan aja kata Matt. Ya udalah banci jalan-jalan inipun langsung packing hahaha.

Ok….gimana caranya menikmati KL dengan murah? btw…..perlu ditegaskan soal murah gaknya tergantung masing-masing orang ya :) buat saya yang segini ini masuk budget kami berdua, entah buat orang lain. Bisa jadi kemurahan atau malah kemahalan.

01. Belilah tiket jauh-jauh hari. Jangan 3 hari sebelum berangkat baru beli tiket hahaha.  Yang namanya budget airlines baru kerasa murahnya kalo belinya jauh2 hari, kalo belinya mepet tetap aja mahal. Jadi pastikan kita udah tau kapan mau liburan dan kalo perlu udah megang list libur taon berikutnya, sehingga punya tiket jauh-jauh hari. Dulu tiap AA bikin promo saya dan gank saya pasti mantengin web-nya sampe tengah malam cuman buat beli tiket murah hehe. Sekali lagi……..pas beli tiket, pastikan kalian bisa libur / cuti :) karena biasanya tiket promo gak bisa di refund. Kita berdua kan males bayar yg gak perlu2 , jadi kalo pergi2 kita biasanya jarang beli bagasi kecuali untuk pulangnya:) karena biasanya pas pulang kita juga belanja dikit2 dan perlu bagasi. kita juga gak pernah bawa tas gede sih, jadi supaya ngirit mending gak usah bawa bagasi aja tapi hati2 dengan bawaan kalian.

Nah pesawatnya apa aja dong neng noni yang promo ? waduhhh, saya gak tau ya kalo dari daerah kalian pesawatnya apa, Tapi Air asia rasanya sekarang ada di semua daerah ya, Jadi better berlangganan newsletternya atau pesawat lain supaya kita gak ketinggalan promonya :)

http://www.airasia.com

http://www.lionair.com

http://www.firefly.com.my

http://www.malaysiaairlines.com

biasanya sih saya suka ngechek skyscanner.com untuk tau harga tiket termurah, terutama kalo perginya mepet kayak kemaren :)

02. Browsing-browsing jangan pernah bosen. Makin banyak yang kita tau makin bagus. Terutama browsinglah mengenai hotel, tempat wisata yang di tuju, bis murah / gratis atau apa aja.

03. Akomodasi murah. Kuala Lumpur seperti layaknya kota besar di dunia pasti punya bed & breakfast, guest house, hotel kecil atau dormitory untuk menginap yang murah meriah. Saya dari dulu tiap ke KL pasti nginep di daerah Bukit Bintang karena dari tempat ini tinggal jalan aja ketempat yang saya pengen. Biasanya dulu ke KL buat beli sepatu Vinci atau hanya transit untuk ke tempat lain seperti Melaka, Genting dll.

contoh kamar double budget di orange pekoe :)

contoh kamar double budget di orange pekoe :) biasanya sih tanpa pohon bunga itu hehehe

Beberapa Bed and Breakfast dibawah ini bolehlah dicoba. Harga kamarnya mulai dari 100 ringgit sampai 200 ringgit. Kalo mau lebih murah lagi coba cek hostelworld.com atau booking.com

http://www.orangepekoe.com.my/  bed and breakfast ini udah paling ok untuk saya dan Matt. Kamarnya bersih banget, tempat tidur gede dengan sprei putih bersih yang licin hehe, ac dingin, kamar mandi dengan air panas, trus dapet sarapan ( roti / kue2 / kopi/ teh / milo ) . Lokasinya deket banget dengan resto, bar, mall, monorail dan gak terlalu ramai tapi masih di daerah Bukit Bintang. Kalo pengen nginep disini mending booking dari jauh-jauh hari karena kamar disini selalu full :)

http://lacommeinn.com.my/ saya sempet nginep sehari disini. Hampir mirip dengan orangepekoe sih tapi kamarnya lebih gede soalnya lebih mahal dikit hehe. Disini juga dapet sarapan sih pagi2, tapi suasananya gak seseru di Orangepekoe.

Travellers Pam Lodge, No 10, Jalan Rembia Off Tengkat Tong Shin.

Kuala Lumpur Hotel Al Jaffs, Jalan Angsoka. Kalo naik taxi minta berenti didepan hotel Istana aja trus jalan deh. Hotelnya di belakang hotel Istana.

Tune hotel Bukit Bintang. Pantengin aja harganya karena suka ada promo. Kalo perlu abis beli tiket langsung beli aja kamar hotelnya :)

Sebenarnya ada banyak hotel lain lagi sih, kalo pengen jalan nyarinya juga ok. Disepanjang Bukit Bintang berserakan tinggal milih aja. Pokoknya hati2 aja karena saya liat ada banyak prostitusi juga sih hehe.

04. Transportasi. Nah dari airport bisa naik bis ke KL Central. Harganya sekitar RM 8, trus dari KL central kalo emang nginepnya di daerah BB ( BUkit Bintang ) bisa naik monorail atau taxi. Taxi di KL harus ditanyain pake meter atau gak? jadi pastikan kalian pegang peta atau GPS supaya ngerti kira2 seberapa jauh supaya gak ditipuin hehehe. Kalo saya dan Matt sih pegang peta tapi tetap aja pake feeling :)

foto pinjem dari web go KL

foto pinjem dari web go KL

Di KL ada tuh bis yang namanya GO KL. kita juga baru ngeh  hari ke2 pas mau ke KLCC nonton MPO . Selama ini saya gak pernah tau ada bis gretongan hhihi. Cuman karena kemaren pas nonton MPO kita well dress jadi gak mungkin naik bis secara saya pakai high heels 11 cm, jadi yah naik taxi. Cuman besok-besoknya tetap dong naik GO KL aja kemana2 hehehe. Pengen tau GO KL itu apa, klik aja disini.

Enaknya lagi ada beberapa tempat menarik yang bisa di lalui bis ini kayak Bukit Bintang, KLCC, Gedung Telkom, Pasar Seni dll. Senenglah gratisan ini cuman modal jalan aja ke halte hehe.

05. Makanan. Saya gak bisa milih makanan Indo or Malay yang lebih enak hehe tapiiiiiii kalo ke KL saatnyalah saya berpesta dengan semua makanan INDIA, PAKISTAN, MAROKO, ARAB,TEH TARIK dan entah apalagi. Pokoknya jauh-jauh itu restoran padang hahaha. Saya pasti muterin Bukit Bintang buat dapetin semuaaaaaaa yang gak saya dapet di Medan. Trus mahal gak sih? well tergantung sih. Kemaren rata2 tiap makan kita ngabisin sekitar RM 100 – 150 cumannnnn don’t worry be happy dong karena saya sempet makan makanan India dan kita berdua cuman ngabisin RM 16 ( asikkkkkk, setelah itu langsung Matt ke Bar hahaha ). Intinya kalo pengen makan yang murah dan sesuai dengan budget, cek aja buku menu didepan resto supaya tau harganya atau pergi ke resto2 buffet gitu. Caranya gampang koq, pasti kita ngertilah :)

saagaf (bener gak sih nulisnya ) dari Sahara Resto :) super yummy

saagaf (bener gak sih nulisnya ) dari Sahara Resto :) super yummy

Yang laen lagi adalah cobain deh warung-warung kecil di sela2 toko di Bukit Bintang, Central Market atau dimanapun kalian nginep/berada karena selalu ada aja tempat makan murah meriah yang seporsinya cuman sekitar Rm 3-6. Teh tarik di Malaysia juga entah kenapa rasanya beda gitu. Pokoknya pesta deh saya, walo setelah minum teh tarik pasti murus2 hahaha. Gak peduliiiiiiiiiii.

Info aja nih kalo pengen beli makanan murah di LCCT ada kantin karyawan gitu, nah disana bisa tuh beli makanan murah :) cuman ini hanya berlaku kalau kalian lagi berada di airport ya.

06. Shopping. Emm untuk yang ini dulu sih saya sering belanja di daerah Bukit Bintang karena ada banyak mall kecil, toko2 kecil yang harganya agak miring tapiiiiiiiii sekarang males belanja karena bokek hahaha.

So…biasanya saya ke KL pertama sowan ke Sephora beli perlengkapan ngelenong dan ini ada di Bukit Bintang sebelum Pavilion, trus ke H & M dan Cotton On/ Forever 21, trus ke vinci dong ceki2 sepatu. Nah kemaren malah kita gak belanja samsek karena gak punya duit hahaha. Lagian Matt berkali2 nanya saya mau beli ini itu gak? koq dipikir2 sayang ya, mending duitnya di simpen aja utk trip lainnya. Jadilah kita cuman ke IKEA buat beli piring warna biru ( saya obsesi dengan piring warna biru dan ketemu di IKEA ), trus makan meet ballnya Ikea dan apple pie sama beli Lampu tidur. Gak bisa belanja banyak juga karena gak ada duit huahhahaha ( selain bagasi yang gak ada juga )

07. Tempat Wisata

foto was taken by abang2 di aquaria

foto was taken by abang2 di aquaria

Ada banyak tempat wisata di Kuala Lumpur yang bisa dinikmati gratisan loh.

01. Istana Negara Putrajaya

02. Nongkrong di Bukit bintang sambil People watching dan makan ice cream turki :) apalagi pas malem2 bisa sambil ngisep shisha….seneng

03. Pelataran parkir twin tower petronas malem2 sambil foto2 :)

04. Ke pasar seni. cuci mata sambil liat2 yang lucu. kalo ketemu yang dari indonesia bisa cekikikan juga sebenarnya masih banyak lagi sih, tapi…..yah itu yang bikin tulisan ini juga gak kesono hahaha.

trus saya ngapain aja kemaren ke KL. emmm kita pergi ke Aquaria (  HTM RM 50 ) trus nonton MPO ( HTM cek website )  trus ngapain lagi dong ? kita berdua karena judulnya mesti mondar mandir KBRI jadi gak kemana2 kecuali ngemall tiap hari, makan-makan, ngebar karena Matt lagi kerasukan beer jepang trus yah jalan-jalan sambil makan es cream atau gak nongkrong2 cantik nontonin orang-orang lewat hehe. Ehhh iya kita juga jalan kaki loh kemana2 apalagi pas tau ada skybrige gitu dari Pavilion ke KLCC, ihhh jadi ngelunjak kemana2 jalan kaki karena gak panas dan ada ac :)

ini skybridge dari pavilion bukit bintang ke KLCC. Surga untuk pejalan kaki deh ini karena ketutup dan pake ac plus banyak satpamnya :)

ini skybridge dari pavilion bukit bintang ke KLCC. Surga untuk pejalan kaki deh ini karena ketutup dan pake ac plus banyak satpamnya :)

08. Oleh-Oleh

foto was taken by Matt

foto was taken by Matt

Ihh oleh2 ini udahlah bikin berat tas ya trus harganya mahal banget juga kan kalo diitung2. Saya sih jarang beli oleh2 hahaha. Soalnya berat dan kita gak punya duit. Jadi biasanya utk orang2 yang paling deket saya suka beliin yang kecil2 aja misalnya anting perak / syal atau sesuatu yang lucu dari tempat itu. Kalo gak yah saya suka nyetak foto pas pergi2 itu trus dipigurain dikasiin ke nyokap sih biasanya hauhahaha.

Trus buat saya sendiri biasanya beli apa dong kalo ke KL? panadol untuk menstruasi ( nyetok tapi biasanya dapet dari bapak saya juga sih hehe ), MILO ( milo di Indo dengan Malay kenapa rasanya beda? ), trus teh tarik deh :) So……gimana? masih kurang murah? bisa koq di ceki2 di inet :) ada banyak sekali tips murah meriah di KL tanpa bikin melarat / sakit2 pas liburan hehe.

Bagaimana dengan kamu? ada tips murah meriah dan happy yang lain??

About these ads