Cara membuat surat keterangan hilang


Gak terbayang harus ketemu polisi lagi. Biasanya ketemu pak polisi kan cuman buat ngurus sim, bayar pajak mobil yang sekarangpun mangkin gampang, sangking gampangnya bisa bayar di juga loh.

Nah saya baru sadar nih kalau kartu jamsostek dan polis asuransi ilang. Nyokap mulai nyap-nyap dong karena bentar lagi mau pindah dan saya pikir mending di urus sekarang aja daripada nanti pas udah pindah ke Medan.

Cara membuat surat kehilangan itu gampang banget loh ternyata. Saya tadi datang ke kantor polisi Gubeng, trus ketemu ama bapol (bapak polisi) di suruh nunggu tapi tanpa no antrian.

Setelah ngantri 15 menit giliran saya, sebelumnya di serobot ama ibu-ibu lain, payah. Ini cara-cara mendapatkan surat tsb :

1. Kasih ktp asli / photo copy juga bisa kayaknya.

2. Kasih data-data apa aja yang hilang. Nanti di tanyain bapolnya nah daripada salah ketik tulis aja jg gpp or kasih copynya.

3. Pastiin kira2 ilangnya dimana, saya sih karena lupa yah ngarang jadinya hehe.

4. Si bapol ngetik2 sebentar trus selesai deh.

5. Ttd dan di stempel ama mereka

6. Bayar sukarela. Saya ngasih Rp 25 ribu aja, dan mereka terima koq hehe.

Untuk layanan ini kantor polisi buka 24 jam loh, jadi kalo hilang yah langsung aja lapor.

40 responses to “Cara membuat surat keterangan hilang

  1. yang suka bingung memang kalo dibilang bayarnya terserah. Jadi takut ngasih terlalu dikit. Etapi kalo di Lampung dulu nasabah saya suka diminta Rp. 15.000,- Hehehe

    • Lah baik banget itu bapolnya, tapi aku lihat untuk bikin skbb/skck ya namanya itu cuman 10 ribu koq harga resminya. Mestinya gak jauh bedalah ya dengan surat kehilangan ini

  2. aku juga pernah bikin surat hilang tuh, gara2 dompet ga tau kemana T_T
    Ngasihnya juga sukarela.. tapi pas dikasih dikit, ditegor.. ahahaha..

  3. Ooo, mesti bayar ya… *noted*
    Dulu pernah ngurus sekali tapi nggak dimintain duit, ato apa aku yang langsung pergi aja nggak pake bayar hahahahaha… :D *soalnya ngeliat di spanduknya klo polisi nggak nerima duit* :p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s